1. Ramadhan
  2. Tak Berkategori

8 Menu Buka Puasa Rendah Kalori untuk Program Diet

Bulan puasa ramadhan merupakan momen istimewa untuk umat muslim di seluruh dunia. Umat muslim yang memenuhi kriteria syarat berpuasa diwajibkan melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh dengan menahan lapar serta haus demi mendapatkan pahala juga ridho Allah SWT. 

Tidak hanya mendapatkan pahala, momen istimewa ini juga biasa dimanfaatkan untuk program diet puasa atau menurunkan berat badan. Banyak menu diet puasa ramadhan yang dapat dikonsumsi. Akan tetapi, ada beberapa hal penting juga yang perlu diperhatikan agar program diet puasa tetap aman dan sehat untuk dilakukan. Berikut ini tips dan cara diet puasa untuk menurunkan berat badan.

Cara dan Tips Diet Ketika Berpuasa

1. Tidak Melewatkan Makan Sahur

Meski melakukan program diet puasa atau ingin mengurangi berat badan, orang yang menjalankan ibadah puasa ramadhan sebaiknya tidak melewatkan makan sahur karena akan membuat orang tersebut menjadi tidak bertenaga dan berpotensi makan berlebihan ketika berbuka puasa. Pilih menu sahur yang mengandung karbohidrat kompleks, contohnya seperti nasi merah, gandum utuh, atau yang lainnya.

2. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Air putih merupakan pilihan cairan terbaik yang paling mudah diserap tubuh. Selama puasa, perhatikan kebutuhan cairan dengan minum air putih setidaknya delapan gelas atau dua liter per hari. Bisa juga dengan mengatur pola konsumsi air putih dengan dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas setelah shalat Maghrib hingga setelah makan malam, dan dua gelas ketika sahur. Kurangi minum minuman berkafein seperti kopi, teh, soda, dan lain-lain karena bersifat diuretik yang menyebabkan sering ingin buang air kecil.

3. Rutin Berolahraga

Aktivitas yoga
Yoga di rumah (Sumber: Pixabay)

Saat puasa ramadhan, usahakan tetap rutin berolahraga minimal 30 menit per sesi setidaknya dua kali seminggu. Hal tersebut dapat menjaga stamina ketika berpuasa. Perlu diperhatikan untuk melindungi diri ketika berolahraga dan terpapar sinar matahari pada siang hari karena dapat menimbulkan dehidrasi.

4. Mengonsumsi Takjil Ringan Saat Berbuka Puasa

Cobalah membatalkan puasa dengan menu takjil ringan yang sehat seperti air putih, kurma, sayuran, dan lainnya. Sebaiknya jangan langsung berbuka puasa dengan makanan tinggi karbohidrat. 

5. Memilih Menu Diet Puasa Ramadhan yang Sehat 

Sebaiknya pilihlah menu diet puasa ramadhan yang sehat seperti makanan yang teknik memasaknya dengan direbus atau dikukus. Selain itu, daripada mengkonsumsi nasi atau mi lebih baik pilih makanan dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau gandum utuh. Disarankan juga untuk mengkonsumsi jenis protein rendah lemak seperti kacang-kacangan, ikan, atau ayam tanpa kulit. Sertakan juga buah dan sayur untuk pelengkap sajian menu diet puasa ramadhan. 

Rekomendasi Menu Buka Puasa Rendah Kalori yang Cocok untuk Diet

Selain tips dan cara diet puasa, Kuliner Kota juga menyajikan rekomendasi menu diet puasa ramadhan bagi kamu yang sedang atau ingin menjalankan program diet puasa. Yuk, simak beberapa rekomendasi menu diet puasa ramadhan berikut ini.

1. Salmon dan Tuna

salmon
Salmon (Sumber: Pixabay)

Ikan salmon merupakan salah satu menu diet puasa ramadhan yang sarat dengan protein yang berkualitas tinggi, lemak sehat, dan berbagai nutrisi penting. Sedangkan ikan tuna merupakan makanan rendah kalori dan lemak, namun tinggi protein sehingga cocok untuk menjadi menu buka puasa ramadhan yang dapat membuat kenyang selama berjam-jam.

2. Nasi Merah

Penelitian menunjukkan bahwa nasi merah memiliki kandungan protein, serat, dan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih. Nasi merah atau beras merah ini secara signifikan lebih berpotensi untuk melawan radikal bebas dan mengandung konsentrasi antioksidan flavonoid atau zat yang membantu mengurangi resiko dalam tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras coklat. 

3. Salad Buah

salad buah
Buah-buahan (Sumber: Pixabay)

Buah atau sajian segar dan sehat ini dapat menghindarkan diri dari obesitas atau kelebihan berat badan. Namun perlu diperhatikan, ketika ingin membuat salad buah, pastikan terlebih dahulu kandungan buahnya lebih banyak dibandingkan dengan saus atau dressing saladnya agar menu diet puasa ramadhan kamu tetap rendah kalori. Selain itu, jangan tambahkan susu kental manis pada salad buah kamu, ya.

4. Dada Ayam

Dalam 172 gram dada ayam terdapat 284 kalori dengan 53 gram protein sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan protein dan lemak baik dalam tubuh ketika berpuasa. Dada ayam memiliki kandungan protein dan rendah lemak sehingga baik untuk dijadikan sebagai menu diet puasa ramadhan yang lezat dan sehat.

5. Full-Fat Yogurt

Yogurt
Yogurt (Sumber: Pixabay)

Menu diet puasa ramadhan selanjutnya yaitu full-fat yoghurt atau jenis yoghurt yang mengandung bakteri probiotik dan dapat meningkatkan fungsi usus. Pastikan untuk memilih full-fat yoghurt dengan kultur aktif dan penuh lemak karena beberapa jenis yogurt lainnya tidak mengandung probiotik. Seperti halnya yogurt rendah lemak yang biasanya sarat akan gula sehingga sebaiknya kamu hindari.

6. Alpukat

Penelitian menunjukkan bahwa alpukat mengandung banyak lemak sehat yang dapat meningkatkan penyerapan antioksidan karotenoid lebih banyak 2,6 hingga 15 kali lipat dibandingkan dengan sayuran. Tak hanya itu, alupkat juga mengandung banyak nutrisi penting di dalamnya, termasuk serat dan kalium. Selain itu, buah satu ini juga mengandung banyak air dan serat.

7. Telur Utuh

Telur memiliki protein dan lemak yang tinggi sehingga sangat mengenyangkan. Dalam sebutir telur, terkandung vitamin B12, vitamin B2, vitamin A, vitamin B5, selenium, dan sejumlah nutrisi lainnya seperti kalsium, zat besi, potasium, folat, vitamin E, dan zinc. Selain itu, telur terutama kuning telur memiliki banyak nutrisi sehingga dapat membantu untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan dalam diet terbatas kalori. Agar lebih sehat, kamu dapat menyantap telur ini dengan cara direbus. 

8. Kurma

Kurma
Kurma (Sumber: Pixabay)

Buah Kurma merupakan buah yang kaya akan manfaat dan mengandung nutrisi yang baik untuk program diet puasa seperti potasium, magnesium, zat besi, vitamin B6, hingga fiber yang dapat memperlancar pencernaan. Maka dari itu, menu diet puasa ramadhan ini cocok untuk kamu yang sedang menjalankan program diet puasa agar pencernaan kamu juga lancar.

Baca juga: 10 Resep Takjil Kekinian Mudah & Praktis Untuk Buka Puasa

Demikianlah tips dan cara diet puasa serta beberapa rekomendasi menu diet puasa yang dapat kamu manfaatkan untuk menyukseskan program diet puasa kamu. Jangan lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan air dan hindari makanan tinggi kalori. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 8 Menu Buka Puasa Rendah Kalori untuk Program Diet

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]