1. Tempat Makan

20 Rekomendasi Tempat Nongkrong yang Unik dan Hits di Jogja

Jogja, ibukota provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan kota tujuan wisata banyak kalangan. Mendengar kota Jogja, mungkin Kawan Kuliner sudah membayangkan beragam destinasi wisata dan tempat nongkrong yang ada di kota di Jawa ini. Tidak dipungkiri, antusias masyarakat untuk berkunjung ke Kota Budaya ini cukup tinggi terbukti dari ramainya wisatawan yang datang ke Jogja setiap minggunya. 

Selain destinasi wisatanya, ada banyak pilihan tempat nongkrong di Jogja yang cocok untuk bersantai menikmati suasana kota Jogja. Beragam pilihan tempat tersedia mulai dari tempat nongkrong di Jogja bernuansa alam hingga perkotaan. Namun, kali ini Kuliner Kota akan merekomendasikan 20 tempat nongkrong di Jogja yang nyaman dan unik yang dapat menjadi pilihan kamu ketika berkunjung ke Kota Gudeg ini. Check this out!

20 Rekomendasi Tempat Nongkrong yang Nyaman dan Unik

1. Cafe Momento

Sumber: @momentokarawang on Instagram

Berlokasi di Jalan Pandeansari Blok IV Nomor 10, Condong Catur, Sleman, tempat nongkrong di Jogja murah ini seringkali dijadikan sebagai tempat pertunjukkan musik, cocok untuk pengunjung yang gemar berdendang ria. Tidak hanya live music, Cafe Momento juga menyediakan fasilitas lainnya seperti wifi yang dapat pengunjung akses dengan mudah. 

Menu favorite di sini adalah Choco Melt, roti coklat yang di dampingi dengan es krim vanila yang lezat. Selain itu terdapat menu lain seperti Sup Binte, Cha Masalla, hingga Bakmi Jawa. Cafe ini beroperasi mulai pukul 15.00 hingga 24.00 WIB sehingga dapat menjadi pilihan kamu yang mencari tempat nongkrong di Jogja hingga malam hari. Cukup terjangkau, harga yang ditawarkan Cafe Momento juga cukup bersahabat, hanya dengan Rp50.000 saja kamu sudah bisa menyantap banyak menu di Cafe ini.

2. Luxury Internet Cafe Jogja

Sumber: @mades.ta on Instagram

Salah satu cafe yang berlokasi di Jalan Kaliurang Kilometer 5.2 atau merupakan kawasan kampus serta sekolah, sehingga tidak heran tempat nongkrong di Jogja ini banyak dikunjungi ana muda. Pada awalnya, cafe ini merupakan bilik komputer yang menyediakan layanan internet alias warnet, namun kemudian berkembang sehingga menjadi sebuah cafe seperti saat ini. 

Cafe ini cocok untuk kamu yang ingin nongkrong sembari mengerjakan tugas atau hal lainnya yang membutuhkan akses internet dengan kecepatan tinggi. Tempatnya yang bersih dan nyaman akan bisa membuat banyak pengunjungnya betah berlama-lama menikmati suasana cafe satu ini. Menu-menu yang ada pun dibanderol dengan harga yang cukup ramah. Pengunjung bisa menjumpai berbagai jenis makanan dan minuman ala cafe modern dengan harga kantong mahasiswa sehingga cafe ini dapat masuk ke list tempat nongkrong di Jogja murah.

3. Le Travail Coffee

Sumber: @letravailn on Instgram

Berada di selatan Universitas Pembangunan Negeri Veteran, Seturan, wajar apabila tempat nongkrong di Jogja satu ini ramai dikunjungi oleh mahasiswa. Sesuai dengan namanya, cafe ini menyediakan berbagai varian kopi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan harga yang ditawarkannya pun cukup bersahabat. Beberapa menunya antara lain seperti cappucino, blackforest muffin, hingga macaroni schotel. Tempat nongkrong di Jogja murah ini merogoh kocek mulai dari Rp15.000 saja. Cukup terjangkau bukan?

4. Bong Kopitown

Sumber: @bongkopitown on Instagram

Pernahkah kamu membayangkan makan di dalam sebuah penjara? Kamu dapat merasakan hal tersebut dengan berkunjung ke Bong Kopitown, salah satu tempat nongkrong di Jogja yang berlokasi di kawasan Sagan, Yogyakarta. Desain interiornya yang unik ini memiliki standar dari buku menu yang tidak biasa, pasalnya buku menu tersebut tersedia dalam bentuk koran. 

Di sekitarnya pun dikelilingi jeruji besi persis seperti di dalam penjara. Namun, penjara ala ala ini cukup nyaman karena Bong Kopitown menjaga kebersihan cafenya dengan baik. Cafe ini bisa juga kamu jadikan tempat untuk berfoto ria sehingga dapat masuk ke list tempat nongkrong di Jogja instagramable kamu. 

Menunya yang disajikan cukup unik karena disajikan seperti halnya jenis makanan yang ada di dalam penjara. Beberapa menunya antara lain nasi goreng tom yum, grandma porridge, dan es ketan jadoel. Hmm.. bagaimana? Apakah kamu penasaran sehingga cukup tertarik untuk berkunjung?

5. Tap House Beer Garden & Beer House

Sumber: @Ferri Ramli on Google Maps

Sedikit berbeda dengan beberapa tempat nongkrong di Jogja sebelumnya, tempat yang satu ini memiliki desain interior yang unik, yakni sengaja dibuat seperti puing-puing bangunan yang sudah tidak digunakan lagi. Dindingnya terdapat banyak lumut serta susunan batu dengan kesan lawas. Walaupun terkesan angker dan tidak terawat, suasana di dalam cafe ini cukup menyenangkan terlebih terdapat live music atau DJ performance setiap weekend. 

Lokasinya Tap House Beer Garden & Beer House terletak di Jalan Jlagran Nomor 18 dan buka hingga pagi hari mulai dari pukul 18.00 hingga 02.00 pagi dan hanya berjarak 250 meter saja dari kawasan Malioboro. 

Sesuai namanya, tempat nongkrong di Jogja satu ini menyediakan bir. Banyak merek dan jenis bir yang dijual di sini, mulai dari bir impor sampai bir-bir lokal seperti Bintang, Anker, Bali Hai, Panther, dan Kuda Putih. Tidak perlu khawatir bagi kamu yang tidak suka minum bir karena masih ada beberapa minuman lain yang tersedia seperti jus buah. 

6. Tickles

Sumber: @tickles_cafe on Instagram

Next, tempat nongkrong di Jogja ini dikenal sebagai tempat nongkrong dengan gaya Inggris yang ada di Jogja. Maka dari itu, wajar apabila sajian utama yang dimilikinya berbentuk pasta. Pada bagian depan cafe ini berbentuk seperti halnya ruang tamu yang juga dilengkapi dengan meja serta kursi dan dapat digunakan untuk mengantri ketika tempat makan di bagian dalam dipadati oleh pengunjung yang sudah terlebih dahulu datang. Berlokasi di Jalan Kenari Nomor 4, Demangan Baru, kamu dapat mengunjungi Tickles dari pukul 11.00 siang hingga 22.00 malam. 

Berbicara tentang menunya, menu yang tersedia sebagian besar merupakan menu western. Contohnya seperti Oxtail Soup, Salad, Sandwich, Pizza, Milkshake, Smoothies, hingga coffee.

7. Cinema Bakery

Sumber: Cinema Bakery on Google

Sesuai dengan namanya, tempat nongkrong di Jogja satu ini memiliki nuansa film atau cinema. Bahkan lokasinya pun terletak di bagian depan dari Cinema XXI di Jalan Urip Sumoharjo Nomor 111 A. Toko kue ini memiliki desain interior yang menarik untuk berfoto. Hal ini juga tidak lepas dari konsep cinema yang ditunjukkan dengan banyaknya poster-poster film hampir di setiap sudut tempat nongkrong di Jogja instagramable ini. 

Tempat ini dilengkapi dengan berbagai properti dalam dunia perfilman sehingga memberi kesan unik pada setiap sudutnya. Selain kue, Cinema Bakery juga menyediakan hidangan lain seperti quiche dan minumannya terdapat squash hingga coffee. Jika kamu tertarik, kamu dapat mengunjungi Cinema Bakery mulai pukul 11.00 hingga 23.00 malam.

8. Kedai Kopi Mataram

Sumber: Kopi Mataram on Google

Tempat nongkrong di Jogja murah satu ini cocok untuk kamu yang ingin mengerjakan tugas atau mengerjakan hal lainnya yang membutuhkan akses internet yang cepat. Pasalnya, Kedai Kopi Mataram menyediakan jaringan wifi yang cukup kencang dan memiliki banyak sudut yang menyediakan colokan sehingga tidak perlu khawatir apabila baterai gadget kamu habis. Berlokasi di Jalan Mataram Nomor 55 B, Danurejan. 

Kedai ini menyediakan berbagai menu seperti nasi goreng, omelette, ayam goreng, burger, sandwich, spaghetti, hingga pancake. Untuk minumannya tersedia hot/ice latte, coffee, jus buah hingga hot/ice chocolate. Kisaran harga untuk menu tersebut pun cukup terjangkau yakni mulai dari Rp12.000 hingga Rp37.000 saja. Kamu dapat mengunjungi Kedai Kopi Mataram mulai pukul 10.00 hingga 00.00 dini hari.

9. Warkop Semesta

Warkop Semesta
Sumber: Glenn Holmer on Google Maps

Warung Kopi Semesta berlokasi di Jalan Abu Bakar Ali Nomor 2, Kotabaru. Meskipun namanya warung kopi, tempat nongkrong di Jogja murah satu ini tidak hanya menghidangkan kopi saja. Terdapat menu makanan serta minuman lainnya seperti nasi goreng, penyetan, rica-rica, roti bakar, soft drink, milkshake, hingga es krim. Kisaran harganya pun cukup murah yakni mulai dari Rp10.000 hingga Rp25.000 saja. 

Selain itu, bagi kamu yang ingin nongkrong hingga pagi hari, Warkop Semesta dapat menjadi pilihan kamu karena warung ini buka selama 24 jam non stop. Sebagai tambahan, tempat nongkrong di Jogja ini juga menyediakan fasilitas wifi yang memudahkan anda melakukan kerja kelompok atau bahkan diskusi dengan teman-teman.

10. House of Raminten

House of Raminten
Sumber: Wikipedia

Digadang-gadang sebagai tempat wajib yang harus dikunjungi ketika berada di Kota Jogja, House of Raminten dikenal dengan konsep unik, antik, dan elegan. Tempat nongkrong di Jogja satu ini merupakan sebuah restoran yang fenomenal di kalangan para wisatawan. Memiliki kesan masa lalu melalui tampilan konsep yang lebih kekinian, pengunjung akan disambut oleh para pelayan yang menggunakan kemben serta pakaian adat jawa juga alunan musik gamelan. 

Cara penyajian dari menu makanan serta minumannya pun cukup unik dan bahkan jarang terdengar dari menu makanan saat ini. House of Raminten menawarkan aneka kuliner lezat dengan porsi yang banyak tapi harganya cukup terjangkau. Kamu dapat mengunjungi salah satu tempat nongkrong di Jogja ini di Jalan Faridan M Noto Nomor 7, Kotabaru pada pukul 09.00 hingga 22.00 WIB.

11. HeHa Sky View

HeHa Sky View
Sumber: @hehaskyview on Instagram

Bagi kamu yang mencari tempat nongkrong di Jogja view bagus, kamu dapat mengunjungi HeHa Sky View yang terletak di kawasan perbukitan Gunungkidul. Walaupun berjarak 40 menit dari pusat kota Yogyakarta, tempat ini terbilang worth it karena kamu dapat nongkrong sembari menikmati kota Yogyakarta dari ketinggian. HeHa Sky View menawarkan ragam kuliner yang lezat yang dapat kamu santap setelah atau sebelum berfoto-foto ria di banyak spot foto yang tersedia. 

Tempat nongkrong di Jogja instagramable ini memiliki beberapa spot foto seperti spot replika balon udara, spot love box, dan masih banyak lagi. Untuk berfoto pada spot tersebut, kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp20.000 per orang. Fasilitas lain yang tersedia seperti musholla, toko souvenir, kursi roda, dan area parkir yang cukup luas.

12. Puncak Sosok

Puncak Sosok
Sumber: Runskisdayanti Official on Google Maps

Puncak sosok menjadi pilihan tepat apabila kamu mencari tempat nongkrong di Jogja bernuansa alam dengan view yang bagus. Terletak di wilayah timur Kabupaten Bantul dengan topografi pegunungan cocok untuk tempat kamu menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga. Dengan pemandangan kota Jogja yang memukau, pengunjung dapat berfoto sembari menikmati pilihan kuliner. 

Ada pula jembatan kayu yang di desain unik untuk latar berfoto kamu. Kamu dapat memilih tempat di bangku dan meja atau menggelar tikar yang tersedia. Sajian makanannya meliputi tahu walik, bakso tusuk, sempolan, siomay, sate gajih, cilok, hingga jagung bakar. Sedangkan untuk minumannya terdapat kopi, teh, dan jeruk. Puncak Sosok juga menyediakan pertunjukan musik lengkap dengan panggung berlatar Kota Jogja. 

13. Watu Langit Jogja Coffee and Resto

Watu Langit Jogja
Sumber: @watulangitjogja on Instagram

Hampir sama dengan tempat nongkrong di Jogja sebelumnya, Watu Langit juga merupakan tempat nongkrong di Jogja malam hari dengan view bagus berupa Kota Jogja dan Kota Klaten dari ketinggian. Terletak di Mlakan, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, tempat nongkrong di Jogja malam hari satu ini menyajikan panorama yang sangat indah dengan udara sejuk khas dataran tinggi. 

Bangunan resto terbuat dengan unsur tradisional menggunakan kayu dan memiliki area yang cukup luas dan asri dengan pepohonan hijau yang menambah suasana tentram. Watu Langit memiliki menu andalan yaitu manual brew coffee dan wedang jahe yang cocok untuk menghangatkan tubuh di malam hari. Kamu dapat mengunjungi tempat nongkrong di Jogja bernuansa alam ini pada hari Selasa sampai Minggu pukul 10.00 hingga 20.00 WIB.

14. Tebing Breksi

Tebing Breksi
Sumber: Julia Pesulima on Gogole Maps

Selanjutnya, terdapat tempat nongkrong di Jogja yang memiliki tampilan yang cukup unik. Destinasi wisata ini merupakan perbukitan batuan breksi yang memiliki corak yang indah sehingga memiliki daya tariknya tersendiri. Fakta uniknya, sebelum menjadi tempat wisata seperti sekarang, Tebing Breksi merupakan tempat penambangan batu alam, lho. 

Jika kamu berkunjung kesini, kamu dapat menikmati pemandangan lanskap Candi Prambanan, Candi Barong, Candi Sojiwan, Gunung Merapi, Kota Yogyakarta dengan latar langit yang megah dan semakin indah ketika petang menjelang. Pada malam hari, pemandangannya akan berupa citylight cantik dari Kota Yogyakarta. Fasilitas yang tersedia meliputi musholla, foodcourt, toilet, hingga tempat penginapan. 

15. Bukit Paralayang Watugupit

Bukit Parayalang
Sumber: Nurul Muhibbah on Google Maps

Tempat nongkrong di Jogja satu ini merupakan salah satu tempat favorit untuk nongkrong karena disini kamu dapat menikmati pemandangan pantai selatan yang indah sembari menikmati hidangan yang tersedia seperti gorengan, mie, dan teh. Hidangan tersebut dapat dinikmati mulai dari harga Rp4.000 sampai Rp13.000 sehingga menjadi salah satu tempat nongkrong termurah di Jogja.

Bukit Paralayang Watugupit terletak di kawasan Giricahyo, Purwosari, Gunungkidul. Waktu populer untuk berkunjung ke tempat nongkrong di Jogja bernuansa alam ini adalah saat matahari terbenam. Untuk masuk ke tempat ini, perlu membayar Rp5.000 per orangnya. 

16. Bukit Bintang

Bukit Bintang
Sumber: Muhamad Isep Ismail on Google Maps

Bukit Bintang termasuk salah satu tempat nongkrong di Jogja yang populer. Terletak di tepi Jalan Jogja-Wonosari, Bukit Bintang menyajikan lanskap senja dan malam yang indah. Selain itu, tempat ini memiliki pemandangan berlatar Gunung Merapi dan Merbabu yang megah dan memiliki pesona yang memukau. Terlebih saat malam hari, pengunjung dapat menyaksikan gemerlap lampu di kota Jogja dari ketinggian. 

Pada sepanjang tepian jalan di Bukit Bintang, terdapat banyak restoran yang tersedia untuk bersantap. Menu makanan yang disajikan mulai dari makanan khas Indonesia, mulai dari makanan berat hingga camilan seperti jagung bakar. Tidak hanya restoran, terdapat juga ragam penginapan dengan variasi harga sesuai fasilitas. 

17. Bukit Tompak

Bukit Tompak
Sumber: @bukittompak on Instagram

Terletak di Jalan Sumur Bandung, Srimulyo, Piyungan, Bantul, perbukitan yang rimbun dan hijau dengan suasana yang damai ini menjadi tempat nongkrong yang cocok untuk melepas penat. Lokasi ini juga merupakan destinasi yang digandrungi para pesepeda karena memiliki rute yang menantang. 

Sembari menikmati pemandangan hamparan hijau alam yang memesona, pengunjung juga dapat menikmati beberapa warung yang menyajikan makanan dan minuman yang dapat dinikmati di pendopo maupun gazebo yang tersedia. Sebagaimana tempat wisata ketinggian lainnya, Bukit Tompak juga menjadi tempat nongkrong di Jogja instagramable karena memiliki banyak spot foto. 

18. Pawon Purba

Rawon Purba
Sumber: Teguh Trisaputra on Instagram

Tempat nongkrong di Jogja selanjutnya yaitu Pawon Purba yang terletak di Nglanggeran Kulon, Patuk, Gunungkidul. Pawon Purba menyediakan menu makanan khas pedesaan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Tempat nongkrong di Jogja bernuansa alam ini dikelilingi pepohonan dan sawah yang hijau sehingga menciptakan suasana yang rimbun dan damai sehingga cocok untuk menjadi destinasi akhir pekan atau liburan yang menyenangkan. 

Desain bangunan Pawon Purba memiliki tema tradisional sehingga menambah kesan kuno yang asri. Tentunya, banyak spot foto yang dapat dijadikan latar untuk mengabadikan momen seperti sawah, cocok untuk kamu yang hobi berfoto ria terlebih dengan nuansa alam.

19. Warung Layar Sentuh

Warung Layar Sentuh
Sumber: Gun Gun Abdul Ghofur on Google Maps

Warung Layar Sentuh merupakan tempat nongkrong di Jogja yang dikelilingi area sawah dan memiliki suasana pedesaan Sleman. Lokasinya terletak di Jalan Palem Raya, Tambakan, Ngaglik, Sleman dan buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 23.00 WIB. Pengunjung dapat menikmati suasana pedesaan Sleman sembari menyantap ragam menu makanan dan minuman yang murah. 

Bangunan Warung Layar Sentuh didesain dengan konsep terbuka menghadirkan cahaya alami yang membuat nyaman. Terdapat area indoor dan outdoor yang dapat kamu pilih. Area outdoor dilengkapi dengan lesehan menggunakan bean bag sehingga membuat pengunjung betah untuk nongkrong dalam waktu yang lama.

20. Watu Amben

Watu Amben
Sumber: Imasbi Channel on Google Maps

Rekomendasi tempat nongkrong di Jogja yang terakhir yaitu Watu Amben yang berlokasi di Jalan Dlingo-Patuk, Piyungan, Bantul. Tempat nongkrong di Jogja malam hari ini merupakan wisata kuliner dan alam. Pengunjung dapat menikmati pesona kota Jogja dari ketinggian sambil menyantap makanan dan minuman yang disediakan oleh warung sekitar. 

Baca juga: 10 Tempat Makan di Jogja yang Terkenal Enak & Murah

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Watu Amben adalah ketika matahari terbenam hingga terbit. Ketika malam hari, pengunjung dapat menyaksikan gemerlap cahaya lampu Kota Jogja. Terdapat banyak pepohonan disekitarnya, menambah suasana tentram dan sejuk sehingga nongkrong terasa lebih sejuk dan asyik. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 20 Rekomendasi Tempat Nongkrong yang Unik dan Hits di Jogja

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]