1. Oleh-Oleh Khas

10 Oleh-oleh Khas Nganjuk yang Paling Diincar Wisatawan!

Berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Bojonegoro, kota Nganjuk memiliki beragam pesona kuliner yang tidak bisa Sobat Kuliner lewatkan. Kota Nganjuk juga dikenal memiliki julukan sebagai kota angin karena merupakan daerah dengan lahan pertanian yang subur dan mampu menghasilkan berbagai olahan yang menarik. 

Maka dari itu, tak lengkap rasanya jika Sobat Kuliner berkunjung namun tak membawa pulang oleh-oleh khas Nganjuk untuk keluarga dan teman. Berikut daftar 10 rekomendasi oleh-oleh khas Nganjuk Jawa Timur yang bisa dipilih untuk dibawa pulang.

10 Oleh-Oleh Khas Nganjuk Jawa Timur yang Paling Populer dan Diincar Wisatawan

1. Sambel Pecel

Sambel Pecel (Sumber: @kulinernganjuk.ig on Instagram)
Sambel Pecel (Sumber: @kulinernganjuk.ig on Instagram)

Nganjuk diketahui terkenal dengan kuliner pecelnya. Nah, jika pernah mencicipi sambel pecel khas Nganjuk, pasti dapat dengan mudah untuk membedakan rasanya dengan sambel pecel khas kota lain. Rasanya memang unik dengan cita rasa gurih namun tidak terlalu pedas. Sobat Kuliner tidak perlu khawatir saat membawanya berpergian karena sambel pecel ini hadir dengan kemasan higienis dengan harga Rp2.000 – Rp7.000 saja per bungkusnya.

2. Kerupuk Upil

Kerupuk Upil (Sumber: @dapurdidowardah on Instagram)
Kerupuk Upil (Sumber: @dapurdidowardah on Instagram)

Mungkin Sobat Kuliner bertanya-tanya kenapa ya namanya upil? Penamaan yang unik pada oleh-oleh khas Nganjuk ini karena kerupuk satu ini memiliki rasa yang lumayan asin. Bentuknya kecil dan memanjang serta hadir dengan berbagai warna cerah seperti pink dan hijau. Kerupuk ini juga unik dalam pembuatannya karena digoreng menggunakan pasir sehingga kental akan tradisional. Harganya dipatok mulai dari Rp5.000 – Rp15.000 saja per bungkusnya.

3. Dumbleg

Dumbleg (Sumber: @dumblegnganjuk on Instagram)
Dumbleg (Sumber: @dumblegnganjuk on Instagram)

Dumbleg merupakan salah satu oleh-oleh khas Nganjuk yang banyak dicari wisatawan. Memiliki bentuk, aroma, serta warna yang khas membuatnya mudah dikenali. Dumbleg ini terdiri dari 2 jenis, Sobat Kuliner bisa memilih dumbleg warna merah atau putih sesuai selera. Makanan tradisional satu ini berbahan tepung beras, santan, dan gula jawa. Kemasannya juga unik karena menggunakan pelepah pinang. Untuk mendapatkan dumbleg ini, Sobat Kuliner cukup merogoh kocek sebesar Rp7.000 – Rp10.000 saja.

4. Onde-Onde Ketawa

Onde-Onde Ketawa (Sumber: @erwin3010 on Instagram)
Onde-Onde Ketawa (Sumber: @erwin3010 on Instagram)

Memiliki nama yang unik, oleh-oleh khas Nganjuk ini memang hadir dengan tampilan yang berbeda. Jika pada umumnya onde-onde berbentuk bulat, berbeda seperti onde-onde ketawa khas Nganjuk yang memiliki tampilan atas terbuka dengan tekstur yang kering. Rasa manis dan renyah ini membuatnya menjadi olahan yang wajib Sobat Kuliner bawa pulang. Harganya juga terjangkau, kok, yaitu sekitar Rp13.000 per bungkusnya.

5. Gethuk Pisang

Getuk sisang (Sumber: @pawone_tari on Instagram)
Getuk pisang (Sumber: @pawone_tari on Instagram)

Meskipun pada awalnya getuk pisang merupakan oleh-oleh khas Kediri, hal ini tak membuat masyarakat hanya bisa menemukan makanan satu ini di kota Kediri saja. Bagaimana tidak, getuk pisang menjadi salah satu oleh-oleh khas Nganjuk yang populer. Dengan rasa yang memanjakan lidah, gethuk pisang terbuat dari pisang murni yang telah dihaluskan dan dibungkus menggunakan daun pisang. Jika ingin membeli gethuk pisang ini, Sobat Kuliner perlu merogoh kocek mulai dari Rp20.000-Rp30.000 saja.

6. Bawang Goreng Kriuk

Bawang Goreng Kriuk (Sumber: @nganjuk_foodies on Instagram)
Bawang Goreng Kriuk (Sumber: @nganjuk_foodies on Instagram)

Nganjuk merupakan daerah dengan bawah merah sebagai komoditas unggulannya, tak heran rasanya mengetahui bawang goreng kriuk menjadi salah satu oleh-oleh khas Nganjuk yang populer. Bawang goreng kriuk khas Nganjuk ini hadir dengan berbagai varian, yaitu original, asin, dan pedas. Teksturnya yang renyah dan tidak lembek dapat dipadukan dengan berbagai macam masakan yang bisa meningkatkan selera makan.

7. Keripik Tempe

Keripik tempe (Sumber: @kretuk_id on Instagram)
Keripik tempe (Sumber: @kretuk_id on Instagram)

Saat Sobat Kuliner menyantap sebuah keripik, biasanya tenggorokan akan terasa panas dan gatal yang umumnya disebabkan oleh minyak goreng yang digunakan saat pembuatan keripik. Namun, pada keripik tempe khas Nganjuk ini, Sobat Kuliner tidak perlu khawatir karena keripik ini menggunakan minyak kelapa dengan kualitas terbaik. Camilan ini juga dapat dipadukan dengan nasi hangat dan lauk pauk serta harganya pun terjangkau, lho.

8. Beras Kencur

Beras Kencur (Sumber: @beraskencurnirwana_id on Instagram)
Beras Kencur (Sumber: @beraskencurnirwana_id on Instagram)

Beras kencur merupakan minuman tradisional yang memiliki banyak manfaat, antara lain mengobati penyakit maag, meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan sariawan, dan masih banyak lagi. Hadir dengan rasa manis, oleh-oleh khas Nganjuk ini memiliki ketahanan hingga lebih dari satu minggu. Rasanya yang nikmat akan semakin sempurna ketika dikombinasikan dengan es batu. 

9. Tepo Mbah Umbruk

Tepo Nganjuk (Sumber: @bekalnaura on Instagram)
Tepo Nganjuk (Sumber: @bekalnaura on Instagram)

Di daerah Jawa Timur seperti Magetan dan Ngawi, kuliner bernama tepo ini dapat dengan mudah dijumpai. Uniknya, cara penyajian di tiap daerah berbeda-beda, tak terkecuali di kota Nganjuk yang memiliki Tepo Mbah Umbruk. Bentuknya serupa dengan lontong. Cara membuatnya yakni dengan mengukus beras ke dalam daun pisang sampai matang. Biasanya tepo ini dikombinasikan dengan tahu, kecambah, dan kacang panjang rebus.

10. Sate Kenul

Sate Kenul (Sumber: @asli.nganjuk on Instagram)
Sate Kenul (Sumber: @asli.nganjuk on Instagram)

Bagi Sobat Kuliner penggemar sate, ada kuliner legendaris dari kota Nganjuk yang bisa jadi oleh-oleh khas Nganjuk yang bakal jadi favorit kamu. Sate kenul terbuat dari olahan daging kambing yang diberi bumbu kelapa muda parut, gula pasir, dan cabai. Biasanya sate kenul disajikan bersama dengan sayur usik yang merupakan hidangan berkuah dari potongan daging kambing dengan tulang sapi yang diberi bumbu rempah. 

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas Nganjuk Jawa Timur yang bisa Sobat Kuliner bawa pulang untuk diberikan kepada keluarga atau teman. Oleh-oleh khas Nganjuk tersebut dapat dengan mudah dijumpai di pusat oleh-oleh khas Nganjuk, Kabupaten Nganjuk Jawa Timur. Selamat berbelanja!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Oleh-oleh Khas Nganjuk yang Paling Diincar Wisatawan!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]