1. Kuliner
  2. Tempat Makan

Daftar Menu Lumpia Gang Lombok, Harga, & Lokasi

Semarang merupakan ibu kota Jawa Tengah yang memiliki banyak wisata bersejarah yang usia bangunannya sudah cukup tua. Tidak hanya terkenal akan wisatanya, Semarang juga memiliki beragam kuliner yang legendaris, salah satunya adalah Lumpia Gang Lombok yang kerap kali menjadi incaran wisatawan. Penasaran seperti apa? Yuk, cek artikel Kuliner Kota berikut ini!

Kedai Lumpia Legendaris Tertua di Semarang

Lumpia Gang Lombok merupakan lumpia tertua di Semarang
Untung Usodo, penerus dan pengelola Lumpia Gang Lombok (Sumber: Sabrina on Jawa Pos)

Ketika berkunjung ke Kota Semarang, Sobat Kuliner tentu harus mencoba kuliner Semarang yang populer satu ini. Yap, Lumpia Gang Lombok merupakan kuliner legendaris incaran banyak wisatawan. Lumpia Gang Lombok berlokasi di Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jadi, sudah tahu kan kenapa diberi nama Lumpia Gang Lombok?

Lumpia Gang Lombok ini merupakan kuliner legendaris khas Semarang yang selalu menjual habis lebih dari 1000 porsi lumpia perharinya baik lumpia basah maupun goreng. Penikmat lumpia satu ini mengaku bahwa cita rasa Lumpia Gang Lombok tidak pernah berubah dari waktu ke waktu. Bisa jadi karena sang pemilik kedai selalu mewariskan resep rahasianya turun temurun selama lebih dari 100 tahun. Hmm.. cukup lama juga, ya?

Kedai kecil yang menjual lumpia legendaris ini berdekatan dengan Klenteng Tay Kak Sie di daerah Kota Lama, Semarang. Perlu diingat, kedai lumpia tertua ini tidak membuka cabang di tempat lain sehingga Sobat Kuliner hanya bisa membeli lumpia legendaris tersebut di satu lokasi tadi. Lumpia Gang Lombok Semarang ini buka pukul 08.00-17.00 WIB. Disetiap jam bukanya, kedai satu ini selalu ramai pengunjung, lho!

Eitss.. Walau ramai pengunjung, Sobat Kuliner tidak perlu khawatir bakal menunggu lama karena antrian yang sangat banyak. Cukup dengan datang tidak terlalu sore karena sudah pasti akan mengantri cukup lama dan mungkin akan kehabisan. Selain itu, jika ingin memesan lumpia dalam jumlah banyak, sebaiknya pesan sehari sebelumnya agar menghindari antrian yang terlalu lama.

Namun, apabila sudah terlanjur datang di tempat saat sedang ramai-ramainya, Sobat Kuliner bisa langsung pesan ke penjualnya. Jika ingin makan di tempat, berikan nama dan nomor telepon setelah itu bisa mampir ke warung sekitar sembari menunggu pesanan kamu jadi. Hitung-hitung sekalian explore Kota Semarang, bukan? Atau jika malas antri atau datang ke kedainya, terdapat fasilitas delivery by ojek online kok. 

Proses Pembuatan dan Penyajian Lumpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok
Lumpia Gang Lombok (Sumber: Roomme)

Kedai Lumpia Gang Lombok Semarang selalu menjaga kelestarian dan keaslian rasanya yang sudah turun temurun. Maka dari itu, pemilik kedai ini masih membuat lumpianya dengan cara tradisional. Umumnya, lumpia adalah makanan yang dibalut dengan kulit tipis berbahan tepung yang diisi dengan rebung, telur, dan bisa ditambahkan dengan daging.

Lumpia yang ditawarkan di kedai ini adalah lumpia basah dan lumpia goreng dengan dua pilihan rasa yakni lumpia ayam dan lumpia udang. Yang menjadi favorit pelanggan adalah lumpia dengan isian udang. Tidak perlu takut amis karena lumpia legendaris satu ini tidak seperti lumpia pada umumnya yang memiliki bau atau rasa amis ketika dikonsumsi. 

Banyak pelanggan yang menyebutkan bahwa rasa lumpia legendaris satu ini tidak amis. Hal tersebut dikarenakan, pemilik kedai selalu mencuci rebung-rebungnya hingga bersih sehingga tidak ada bau amis yang tertinggal. Mereka juga menggunakan rempah-rempah yang berkualitas supaya rasanya tidak amis dan dapat tahan lama. 

Bagi Sobat Kuliner yang kepo bagaimana proses pembuatan lumpia legendaris satu ini, bisa tahu dari deretan langkah di bawah ini. Jadi, kira-kira begini, nih..

  1. Memasak udang dengan dicampur bumbu resep rahasia yang sudah turun temurun untuk isian lumpia.
  2. Memasak puluhan butir telur sehingga tampak seperti telur orak-arik.
  3. Udang dan orak arik telur tersebut disatukan sambil dimasukkan rebung-rebung yang sudah dicuci bersih, kemudian dimasak hingga rata.
  4. Lalu, mereka menambahkan bumbu resep rahasia lagi untuk memastikan bahwa olahan isi lumpia tersebut sudah pas rasanya.
  5. Puluhan lembar kulit lumpia dijejerkan di atas meja dan mulai dituangkan isiannya sesuai porsi.
  6. Tak sampai 1 menit, para pegawai langsung menggulung kulit lumpia tersebut dan memisahkannya sesuai dengan pesanan, yakni goreng dan basah.

Semua proses pembuatan diatas, benar-benar dilakukan secara gesit dan cepat, menandakan semua pegawainya sudah lihai melakukan tahapan demi tahapan di atas. Tidak heran, beberapa pengunjung terkadang merasa terhibur dengan melihat proses pembuatan Lumpia Gang Lombok Semarang ini.

Tidak seperti kuliner lainnya, kedai Lumpia Gang Lombok menyajikan hidangannya bersama dengan selembar daun selada segar, daun bawang serta cabe rawit untuk menambah sensasi pedas. Sajian tersebut dianggap sebagai cara makan yang unik oleh beberapa pelanggan baru. 

Sobat Kuliner juga akan disajikan cocolan saus dari tepung maizena, kecap dan juga irisan bawang putih. Terbayang, kan, rasa manis, asin dan juga gurih yang pastinya lezat dan tidak membosankan?

Menu & Harga Menu Lumpia Gang Lombok

Nah, setelah kita telusuri dari lokasi hingga proses pembuatan dan penyajian lumpia legendaris Gang Lombok, pastinya kepo dong, kira-kira berapa sih harga Lumpia Gang Lombok? Berikut daftar menu harga Lumpia Gang Lombok.

Harga Lumpia Gang Lombok

  • Lumpia Basah Rp17.000/buah
  • Lumpia Goreng Rp17.000/buah

Harga Minuman

  • Es Teh Rp5.000
  • Es Jeruk Rp5.000
  • Air Putih Gratis

Harga Parkir

  • Kendaran motor Rp2.000
  • Kendaraan mobil Rp3.000

Gimana, nih, Sobat Kuliner? Sudah tertarik mencicipi Lumpia Gang Lombok Semarang belum, nih? Kalau sudah, jangan lupa berikan review kamu di komentar ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Daftar Menu Lumpia Gang Lombok, Harga, & Lokasi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]

    Trending