1. Kuliner

21 Makanan Khas Sukabumi yang Terkenal Enak Menggugah Selera

Sukabumi merupakan kota di Provinsi Jawa Barat yang menjadi salah satu kota dengan luas wilayah terkecil. Meskipun wilayahnya tidak terlalu luas, kota yang mendapat julukan kota santri ini menyimpan keindahan destinasi wisata alam memukau. Tidak hanya itu, kota ini juga senantiasa menyuguhkan ragam kuliner khas melegenda dan siap memanjakan lidah. Deretan makanan khas Sukabumi punya resep turun temurun yang terjaga kenikmatannya hingga kini. Itulah sebabnya ketika bertandang ke Sukabumi Jawa Barat, 21 kuliner khas Sukabumi ini wajib banget kamu cicipi.

1. Bandros

bandros
Bandros, Foto Oleh Ringkaskata Com

Bandros telah menjadi primadona masyarakat Sukabumi sejak dulu. Selain enak, makanan khas Sukabumi ini selalu dikaitkan kemiripannya dengan kue pancong. Sedangkan perbedaan kue bandros dan pancong ada pada bahannya, Bandros menggunakan tapioka sedangkan kue pancong tidak menambahkan bahan tersebut. Kue ala Sukabumi ini memiliki berbagai varian rasa seperti original, keju, gula tabur, coklat dan vanila. Tentunya, camilan yang sempurna dijadikan teman minum segelas teh hangat di malam hari.

Tempat: Bandros Mang Ata
Alamat: Jalan Gudang No.4, Kebonjati, Sukabumi
Harga: Sekitar Rp5.000

2. Tutug Oncom

tutug oncom
Tutug Oncom, Foto Oleh Jateng Poskota Co Id

Harta karun tersembunyi lain di Sukabumi yakni Tutug Oncom. Hidangan ini merupakan salah satu makanan berat yang laris dijual di berbagai tempat makan di Sukabumi. Seperti namanya, hidangan khas dari Sukabumi ini merupakan nasi dengan campuran oncom dan bumbu lainnya. Biasanya, Tutug disajikan bersama lauk khas Sunda yang tentunya tak kalah lezat. 

Rasa hidang khas Sukabumi ini terasa lezat dan beraroma karena berasal dari kencur yang dicampurkan ke dalam nasi saat proses penumbukan. Perpaduan rasa nikmat dan aroma harum yang dijamin bakal bikin kamu tergoda menyantapnya lagi dan lagi.

Tempat: Tutug Oncom Bu Tini
Alamat: Jalan Ikik Wiradikarta Tasikmalaya
Harga: Sekitar Rp7.000

3. Mochi

mochi sukabumi
Mochi, Foto Oleh Katalogwisata Com

Siapa yang tidak mengenal Mochi? Terlebih Mochi khas Sukabumi yang kenyalnya tiada tanding. Cemilan enak ini menjadi favorit bukan hanya oleh masyarakat setempat tetapi juga wisatawan. Teksturnya yang lembut dan kenyal, ditambah tampilan warna-warni makin membuatnya terlihat menarik. Soal rasa sudah pasti manis dan lumer di mulut. 

Ada beberapa varian Mochi yang dijual di Sukabumi, diantaranya mochi rasa original, kacang hijau, kacang durian, blueberry, kombinasi dan masih banyak lagi. Jadi, bagi sobat Kuliner Kota pecinta Mochi makan kuliner Sukabumi ini wajib banget dicoba.

Tempat: Mochi Kaswari Lampion
Alamat: Gg. Kasuari No.19, Selabatu, Kota Sukabumi
Harga: Sekitar Rp55.000

4. Geco

geco
Geco, Foto Oleh Blog Misteraladin Com

Bagi masyarakat Kota Santri pasti tak asing lagi dengan kuliner Geco. Geco atau tauge dan tauco biasanya dijadikan menu sarapan masyarakat Sukabumi, karena mengenyangkan dan bikin nagih. Kamu dapat dengan mudah menemukan tempat makan yang menjual kuliner ini di sekitar jalan Jenderal Sudirman, Sukabumi.

Tentunya, makanan khas Sukabumi ini berbahan mie, tauge, ketupat, tahu dan tauco. Bahan tersebut kemudian diolah hingga tercipta perpaduan rasa sempurna. Rasa lezat dan gurih dalam setiap suapan Geco membuat kamu wajib banget mencobanya ketika bertandang ke Sukabumi.

Alamat: Jl. Lingkar Selatan, Kelurahan Jayaraksa, Kecamatan Baros
Harga: Sekitar Rp9.000

5. Nasi Uduk Ungu

nasi uduk ungu
Nasi Uduk Ungu, Foto Oleh Kometoday Com

Hidangan khas Sukabumi berikutnya adalah Nasi Uduk Ungu. Kuliner ini cukup populer karena memiliki warna ungu yang menarik. Warna ungu dari nasi uduk khas Sukabumi ini berasal dari buah bit atau ubi ungu. Dalam tiap porsinya kamu akan mendapatkan isian berupa ayam goreng, tahu, tempe, telur dadar, lalapan dan sambal. Selain terlihat menarik tentunya perpaduan rasa dan tampilan unik bakal bikin kamu makin berselera untuk segera menikmatinya.

Tempat: Mamih Ungu Resto dan Cafe
Alamat: Jl. Brawijaya No. 16, Sriwidari, Sukabumi

6. Sekoteng Singapore

sekoteng singapore
Sekoteng Singapore, Foto Oleh Travel Tribunnews Com

Tak hanya soal makanan khasnya, ada juga hidangan penutup Sekoteng Singapura yang terkenal enak dan nyegerin. Masyarakat Sukabumi percaya bahwa sekoteng ini memang datang dari Singapura. Cita rasanya yang manis dan memberi kehangatan ketika diminum membuat kamu wajib banget mencobanya. Tentunya, akan terasa lebih nikmat karena Sekoteng khas Sukabumi dilengkapi dengan biskut serta buah lengkeng. Selain dua bahan tersebut, semangkuk Sekoteng Singapura juga berisi kuah sekoteng yang dicampur jahe, kacang hijau, kacang tanah, agar-agar dan roti potong. Penasaran untuk segera menikmati lezatnya Sekoteng saat berada di Sukabumi?

Harga: Sekitar Rp15.000

7. Bolu Pisang

bolu pisang
Bolu Pisang, Foto Oleh Ayobogor Com

Kudapan khas Sukabumi ini sering dijadikan buah tangan oleh wisatawan, Bolu Pisang namanya. Bolu Pisang memiliki cita rasa manis dengan tekstur lembut. Masyarakat setempat biasanya memproduksi kue bolu dengan metode homemade. Sedangkan tak hanya rasa pisangnya, beberapa toko buah tangan juga menjual Bolu Pisang dengan tambahan varian lain seperti coklat dan pandan. Tentunya rasa manis dan legit yang sempurna ketika kamu jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Tempat: Bolu Pisang Ibu Onih
Alamat: Jalan Raya Sukaraja, Gg. Mesjid, Sukabumi

8. Bubur Ayam Sukabumi

bubur ayam sukabumi
Bubur Ayam Sukabumi, Foto Oleh Kompas Com

Selain Geco, Bubur Ayam Sukabumi juga recommended buat teman sarapan. Bukah hanya karena porsinya mengenyangkan, namun juga rasa bubur ayam yang berbeda dari bubur ayam kebanyakan Tambahan jeroan ayam dan bumbu rempah semakin menambah keunikan makanan khas Sukabumi ini. Dilengkapi dengan topping bawang goreng, emping dan kerupuk juga makin membuatnya terasa nikmat.

Tempat: Bubur Ayam Pengkolan Sukabumi
Alamat: Jalan Surya Kencana, No. 60-62, Selabatu, Sukabumi

9. Bubur Ayam Odeon

bubur ayam odeon
Bubur Ayam Odeon, Foto Oleh Tripadvisor Co Id

Jika sudah mengenal Bubur Ayam Sukabumi, kali ini bubur ayam selanjutnya tentu lebih unik, Bubur Ayam Odeon namanya. Meski sama-sama bubur, Bubur Ayam Odeon berbeda dari bubur lainnya karena campuran kaldu ayam kampung juga tekstur buburnya kering dan wangi khas. Bahan lainnya yakni pangsit, bawang goreng, sawi asin, tumisan kentang, irisan daging dan topping daun bawang juga irisan mentimun makin membuatnya terasa menggugah selera. Jadi, bagi kamu pecinta bubur, Bubur Ayam Odeon wajib banget untuk dicicipi.

10. Surabi Sukabumi

surabi sukabumi Khas Sukabumi
Surabi Sukabumi, Foto Oleh Gotravelly Com

Tak hanya Bandung, di Sukabumi kamu juga bisa menemukan kuliner Surabi loh. Surabi Sukabumi menjadi kuliner paling banyak diburu pelancong karena rasanya yang nikmat. Perpaduan cita rasa gurih dan lezat tentunya bakal sulit untuk ditolak. Apalagi berbahan dasar durian, serta aneka rasa lainnya dijamin bikin ingin nambah lagi ketika pertama kali menjajalnya. Jadi, tertarik untuk mencoba bagaimana kenikmatannya?

Alamat: Jl. Jenderal Soedirman, Sukabumi

11. Wedang Ronde

wedang ronde Khas Sukabumi
Wedang Ronde, Foto Oleh Putratravel Net

Jalan-jalan di Sukabumi saat cuaca dingin? Coba hangatkan tubuh dengan menikmati Wedang Ronde. Wedang Ronde disajikan dengan kuah jahe, ronde warna-warni bertekstur kenyal dan berbagai isian lainnya. Rasanya yang nikmat dipadukan dengan tekstur kenyal dari isian ronde bakal bikin rasa sempurna dan pecah di mulut. Tentunya kamu akan dengan mudah menemukan Wedang Ronde khas Sukabumi ketika malam hari. Jadi, kalau kamu sedang berkeliling Sukabumi untuk kulineran malam, coba saja Wedang Ronde yang nikmat ini.

Tempat: Ronde Kota Paris
Alamat: Kebonjati, Kec. Cikole, Sukabumi
Harga: Sekitar Rp5.000

12. Leor Daging

leor-daging Khas Sukabumi
Leor Daging, Foto Oleh Putratravel Net

Leor Daging terkenal akan kelezatan daging yang dipakai. Dimana, olahan khas Sukabumi ini menggunakan daging pipi sapi dengan tekstur dan rasa mirip semur. Cita rasa yang dihasilkan adalah pedas manis karena memakai rempah khas termasuk cabai khas Sukabumi. Kuah Leor juga tidak kental dan lebih memberi sensasi segar. Bahan lain yang menyempurnakan masakannya adalah garam, pala bubuk, kecap manis dan lada putih bubuk. Nikmati makanan khas Sukabumi ini bakal terasa sempurna ketika disantap bersama nasi hangat.

Baca Juga : Tips dan Aneka Olahan Daging Kambing Praktis

13. Nasi Hijau

nasi hijau sukabumi Khas Sukabumi
Nasi Hijau, Foto Oleh Putratravel Net

Sukabumi memang jagonya mengkreasikan segala hidangan, termasuk pada kuliner Nasi Hijau khas Kota Santri. Warna hijau dari nasinya terbuat dari daun bayam dan bumbu khas lain. Disajikan lengkap dengan telur dadar, ayam goreng, tahu, kerupuk, taburan bawang goreng serta tak ketinggalan sambal nendangnya. Recommended buat kamu penggila pedas, dijamin selera makanmu akan bertambah setelah mencoba suapan pertama makanan khas dari Sukabumi ini!

Harga: Sekitar Rp7.000

14. Kue Jahe

kue jahe Khas Sukabumi
Kue Jahe, Foto Oleh Masakandapurku Com

Kue Jahe merupakan cemilan berbahan jahe parut yang dicampur gula. Rasanya manis dengan tekstur empuk yang bikin berselera. Jajanan khas Sukabumi ini termasuk dalam kue legendaris karena sudah ada sejak zaman Belanda. Kini, Kue Jahe pun juga sudah diolah menjadi berbagai bentuk menarik dengan pilihan rasa istimewa sehingga cocok dijadikan buah tangan. Selain itu, tentunya kamu juga bisa menjadikan jajanan khas dari Sukabumi ini camilan pelengkap menikmati sirup dingin ataupun teh hangat sore hari.

15. Sagon Bakar

sagon bakar Khas Sukabumi
Sagon Bakar, Foto Oleh Bukabukumu Com

Kuliner Sukabumi ini terbuat dari buah kelapa yang biasanya disajikan berbentuk persegi panjang atau kotak. Cita rasanya gurih manis dan renyah berasal dari kelapanya. Terdapat berbagai rasa di antaranya original, kopi, coklat, keju dan masih banyak lagi. Bagi kalian yang alergi terhadap gluten maupun sedang diet rendah lemak, Sagon Bakar cocok dijadikan pilihan. Apalagi kamu menikmati makanan khas Sukabumi ini bersama teh hangat, dijamin ingin nambah terus.

Harga: Sekitar Rp2.500

16. Pisang Coklat Cakra

pisang coklat cakra Khas Sukabumi
Pisang Coklat Cakra, Foto Oleh bowlofclover Com

Berbahan dasar pisang dan coklat berbalut kulit lumpia, Pisang Coklat Cakra menjadi salah satu kudapan khas Sukabumi paling dicari pelancong. Bentuknya pipih memanjang bercita rasa gurih pada bagian kulit lumpia serta berpadu manis coklat yang lumer dalam tiap gigitan. Selain itu, di Sukabumi juga tersedia pisang coklat mentahan yang dapat digoreng di rumah saat membelinya. Jadi, bagi kalian yang bingung mencari camilan ataupun buah tanga, Pisang Coklat Cakra bisa dijadikan pilihan tepatnya.

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Gunung Parang, Sukabumi
Harga: Sekitar Rp15.000

17. Ciuk

ciuk Khas Sukabumi
Ciuk, Foto Oleh Budaya-Indonesia Org

Ciuk termasuk dalam makanan ringan khas Sukabumi yang disajikan menjelang bulan puasa. Berbahan dasar aci dan bawang sehingga bercita rasa gurih. Biasanya Ciuk, sisajikan dengan tambahan siraman bubur kacang tanah(suuk). Selain aci dan bawang, bahan pelengkap lainnya yakni garam dan penyedap rasa.

Bahan tersebut kemudian dicampur sambil diaduk lalu di masukan sedikit demi sedikit air. Setelah matang, adonan dituangkan dalam wadah kemudian dipotong-potong setelah dingin. Tak lupa topping bawang goreng dan irisan seledri untuk penambah selera. Semakin ingin segera mencicipi enaknya Ciuk bukan?

Harga: Sekitar Rp1.000

Baca Juga : Resep Sate Kambing Empuk, Enak dan Mudah Dibuat

18. Sate Aci

sate aci Khas Sukabumi
Sate Aci, Foto Oleh Bukabukumu Com

Jika biasanya sate berbahan dasar daging, berbeda dengan Sate Aci Sukabumi satu ini. Seperti julukannya, Sate Aci terbuat dari bahan Aci yang ditusuk kemudian dibakar lalu disajikan bersama bumbu kacang dan irisan cabai sebagai topping. Cara membuatnya pun sederhana, yakni kanji dicampur dengan air dan penyedap rasa kemudian adonan tersebut diaduk di atas kompor dengan api kecil.

Biasanya pembuat Sate Aci tidak sampai adonannya menggumpal karena akan mengurangi tekstur kenyalnya. Setelah mendidih barulah dituang ke dalam cetakan, jika sudah dingin kemudian dipotong membentuk sate. Bagaimana cukup unik dan menarik bukan makanan khas Sukabumi satu ini?

Harga: Mulai Rp7.000 – Rp24.000

19. Deblo

deblo Khas Sukabumi
Deblo, Foto Oleh Cookpad Com

Olahan singkong akan menjadi salah satu hal yang mudah kamu temukan ketika berada di Sukabumi. Salah satunya yakni hidangan khas Sukabumi Deblo. Deblo merupakan makanan khas Kota Santri yang hampir langka keberadaannya. Terbuat dari singkong yang dibumbui bawang putih, kunyit, daun bawang, garam, merica dan penyedap rasa. Kemudian, semua bahan tersebut ditumbuk halus lalu dibentuk bulatan dan digoreng hingga kecoklatan. Perpaduan rasa gurih dan manis menghasilkan memori tak terlupakan di setiap lidah ketika kamu menyantapnya. Dijamin nagih ingin nambah lagi dan lagi.

20. Roti Priangan

roti priangan Khas Sukabumi
Roti Priangan, Foto Oleh Idntimes Com

Makanan legendaris di Sukabumi ini sudah lama menjadi buruan wisatawan. Roti Priangan biasanya menjadi roti sarapan saat tidak sempat menyantap nasi. Cita rasanya sudah pasti manis, gurih dan lezat. Istimewanya, roti khas Sukabumi ini dibuat tanpa campuran bahan pengawet, sehingga sehat dan selalu diperbarui setiap harinya. Salah satu varian yang menjadi favorit adalah Roti Tanduk. Perpaduan tekstur dan rasanya yang sempurna dijamin bikin ingin ngunyah lagi dan lagi.

Harga: Sekitar Rp8.000

21. Coklat Unaichoco

coklat unaichoco Khas Sukabumi
Coklat Unaichoco, Foto Oleh Javatravel Net

Pecinta coklat jangan sampai melewatkan kudapan satu ini, Coklat Unaichoco. Salah satu olahan coklat khas Sukabumi yang terbuat dari 100% coklat asli dan diolah dengan tangan ahli sehingga hasilnya pun akan memuaskan setiap lidah.

Coklat Unaichoco menyajikan beragam varian rasa diantaranya coklat keju, coklat strawberry, coklat mete, coklat blueberry dan coklat permen. Selain sebagai oleh-oleh, Unaichoco juga bisa dijadikan souvenir pernikahan. Jadi, bagi kamu pecinta coklat, coklat khas Sukabumi ini wajib banget dibawa pulang.

Tempat: Unaichoco
Harga: Sekitar Rp35.000

Cukup beragam bukan makanan khas Sukabumi yang bisa sobat Kuliner Kota coba? Kamu bisa memulainya dengan bubur sebagai menu sarapan ketika berada di Sukabumi. Selanjutnya jangan lupa menutup hari dengan hangatnya wedang ronde. Jadi, ketika bertandang kesini sudah menjadwalkan ingin mencoba kuliner Sukabumi mana terlebih dahulu?

Baca Juga : Nikmati 10 Kuliner Malam Sukabumi Lezat Dan Murah

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 21 Makanan Khas Sukabumi yang Terkenal Enak Menggugah Selera

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]