Ayu Setya Rini culinary enthusiast

26 Makanan Khas Kalimantan Selatan Terenak 2020

8 min read

Mandai

Kamu sedang berada di daerah Kalimantan Selatan? Hari yang menyenangkan untuk mencicipi berbagai kuliner khas di sana. Kalimantan Selatan bukan hanya terkenal akan kawasan pesisir pantainya yang indah, namun banyak kuliner khas Kalimantan yang cocok dinikmati bersama keluarga. Beragam menu makanan khas Kalimantan Selatan mulai dari yang berkuah, bercita rasa manis sampai gurih siap memanjakan lidah. Sekilas kuliner Kalimantan Selatan mirip dengan makanan khas Pontianak, namun jangan salah kedua daerah tersebut punya cita rasa kuliner yang otentik dengan penyajian yang menarik. Untuk itu, simak ulasan lengkap apa saja makanan khas tersebut dalam artikel berikut ini.

1. Ikan Patin Baubar

Ikan Patin Baubar
Ikan Patin Baubar, Foto Oleh Rreddoorz Com

Makanan khas Kalimantan Selatan yang wajib banget kamu cicipi saat pertama kali singgah di kota ini adalah Ikan Patin Baubar. Dimana Ikan ini diolah dengan dipotong-potong, dipepes lalu diberi bumbu khusus kemudian dibakar. Cita rasanya yang khas dan kaya akan rempah menjadikan kuliner ini jadi favorit semua orang. Tidak cukup sampai disitu, aroma daun pisang yang khas juga bakal bikin kamu tergoda untuk segera menyantapnya. Ikan Patin Baubar akan semakin terasa nikmat ketika disantap bersama nasi hangat.

Harga: Mulai Rp20.000

2. Nasi Kuning Banjar

Nasi Kuning Banjar
Nasi Kuning Banjar, Foto Oleh Cookpad Com

Hidangan khas Kalimantan Selatan ini merupakan salah satu kuliner yang banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, Nasi Kuning Banjar. Makanan khas Kalimantan Selatan yang dihidangkan dengan lauk bumbu merah, daging ayam, bebek juga ikan. Cita rasanya yang khas dan pastinya mengenyangkan membuat kuliner khas satu ini jadi favorit semua kalangan. Uniknya lagi, Nasi Kuliner khas Banjar ini memiliki warna yang tidak terlalu terang seperti nasi kuning Jawa. Jadi, ketika berkunjung ke Kalimantan sempatkan waktu mencoba kelezatan nasi kuning satu ini.

Alamat: Jalan Raya Mulyosari Nomor 224, Mulyorejo.
Harga: Mulai Rp10.000

3. Mandai

Mandai
Mandai, Foto Oleh Kumparan Com

Bagi kamu pecinta buah cempedak, sekarang adalah saatnya untuk mencicipi olahan dari kulit buah cempedak, yaitu Mandai. Kuliner Kalimantan Selatan ini merupakan kulit buah cempedak diawetkan menggunakan garam, lalu disimpan selama beberapa saat sehingga rasanya menjadi asam. Semakin lama Mandai disimpan maka rasa asamnya akan lebih terasa. Cita rasa mandai yang khas cocok disantap bersama nasi hangat dan menjadi lauk di segala macam suasana.

Harga: Mulai Rp10.000 – Rp50.000

4. Gangan Paliat

gangan paliat
Gangan Paliat, Foto Oleh Dutatv Com

Makanan khas Kalimantan Selatan selanjutnya yang juga tidak boleh terlewatkan adalah Gangan Paliat. Gangan Paliat merupakan olahan khas Kalimantan Selatan yang menggunakan ikan baung untuk bahan dasarnya. Sekilas olahan ikan ini hampir mirip tampilannya dengan opor, hanya saja tekstur kuah Gangan Paliat lebih kental. Perpaduan cita rasa gurih dan tekstur lembut ikan menjadi kan Gagang Paliat akan terasa makin nikmat saat disantap bersama nasi hangat.

Harga: Mulai Rp25.000

5. Ketupat Kandangan

ketupat kandangan
Ketupat Kandangan, Foto Oleh Borneo24 Com

Selain Gangan Paliat, makanan khas Kalimantan Selatan ini juga hampir mirip dengan opor, Ketupat Kandangan. Seperti namanya, makanan enak dari Kalimantan Selatan ini menyajikan hidangan dengan bahan ketupat. Sedangkan untuk lauk biasanya menggunakan telur atau daging ikan. Agar makin terasa nikmat, kamu dapat menikmati Ketupat Kandangan bersama sambal acan. Perpaduan rasa yang khas dan pastinya nikmat bakal bikin perut kenyang dan tidak ingin berhenti mengunyah.

Tempat: HJ Ida
Alamat: Jalan Kampung Melayu Darat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Harga: Mulai Rp18.000 – Rp25.000

6. Es Jagung

Es Jagung
Es Jagung, Foto Oleh Id Tastemade Com

Setelah berkeliling menikmati jajanan khas Kalimantan Selatan, belum lengkap ketika menghilangkan rasa dahaga kalau tidak mencoba Es Jagung. Es Jagung merupakan minuman khas Kalimantan Selatan berbahan dasar jagung manis rebus yang kemudian dicampur dengan es batu, gula dan susu kental manis. Perpaduan cita rasanya yang manis dan pastinya menyegarkan cocok disantap ketika cuaca panas. Jadi, tertarik untuk mencoba kesegaran Es Jagung ketika berada di Kalimantan Selatan?

Alamat: Jalan Alfalah Raya, Medan Timur, Medan
Harga: Mulai Rp10.000

7. Makanan Khas Kalimantan Selatan Soto Banjar

Soto Banjar
Soto Banjar, Foto Oleh Masakapahariini Com

Menu favorit satu ini wajib banget untuk kamu coba. Soto Banjar memiliki aroma dan cita rasa yang lebih kuat daripada soto di daerah lainnya. Cita rasa makanan khas Kalimantan Selatan yang khas dengan dua varian kuah yaitu dengan kuah bening dan kuah kental cocok disantap di segala macam suasana. Apalagi ketika kamu menyantapnya bersama nasi hangat, bikin tidak ingin berhenti mengunyah lagi dan lagi.

Alamat: Jalan Banua Anyar No. 6, Benua Anyar, Banjarmasin Timur, Benua Anyar, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Harga: Mulai Rp20.000

8. Iwak Karing Sapat

iwak karing sapat
Iwak Karing Sapat, Foto Oleh M Tribunnews Com

Kalimantan memiliki banyak jenis sungai yang mengalir ditengah kota, maka dari itu tak heran jika banyak pula makanan khas Kalimantan Selatan yang menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya. Salah satunya adalah olahan nikmat bernama Iwak Karing Sapat. Seperti namanya, panganan khas Kalimantan Selatan ini dibuat dari ikan-ikan kecil yang digoreng sampai renyah. Teksturnya yang garing serta tahan lama membuat Iwak Karing Sapat juga jadi idola sebagai buah tangan ketika berkunjung ke Kalimantan.

9. Nasi Itik Gambut

nasi itik gambut
Nasi Itik Gambut, Foto Oleh Traveloka Com

Ingin mencoba makanan khas Kalimantan Selatan berbahan olahan itik? Kamu bisa menikmati Nasi Itik Gambut. Seperti namanya olahan ini terbuat dari itik yang dimasak menyerupai rendang. Cita rasanya yang khas serta teksturnya yang lembut bakal bikin kamu ketagihan untuk mencoba berulang kali. Apalagi kamu menyantapnya bersama dengan nasi hangat? Bikin ingin ngunyah lagi dan lagi.

Tempat: Nasi Itik Gambut Tenda Biru
Alamat: Km. 14 Jalan A.Yani, Banjarmasin.
Harga: Mulai Rp20.000

10. Sate Tulang

sate tulang
Sate Tulang, Foto Oleh Bisniswisata Co Id

Bagi kamu pecinta olahan sate maka sate unik khas Kalimantan Selatan ini wajib dicoba, Sate Tulang. Seperti namanya jenis sate ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu menggunakan bagian ayam yang biasanya tidak dipakai untuk bahan pembuatan sate, seperti kulit dan lemak yang masih ada pada tulang serta leher. Rasanya yang khas dan pastinya nikmat cocok disantap bersama dengan sambal kecap maupun sambal kacang. Jadi, tertarik mencoba sate unik satu ini?

Tempat: Rumah Makan Borneo
Harga: Mulai Rp3.000

11. Sayur Kambang Tigaruan

sayur kambang tigaruan
Sayur Kambang Tigaruan, Foto Oleh Tribunnews Com

Bagi kalian para pecinta sayur dan lalapan, maka makanan khas Kalimantan Selatan ini bakal jadi favorit kamu, Sayur Kambang Tigaruan. Seperti namanya, olahan khas Kalimantan ini terbuat dari Kembang Tigarun. Rasanya yang segar serta pastinya khas membuat makanan ini selalu jadi idola masyarakat Kalimantan Selatan. Untuk itu, ketika berada di Kalimantan wajib banget mencoba olahan satu ini.

12. Sop Mutiara

Sop Mutiara
Sop Mutiara, Foto Oleh Ccokpad Com

Makanan khas Kalimantan ini cukup populer dengan kuah yang berbeda dari sop pada umumnya. Sop Mutiara adalah olahan khas Kalimantan Selatan hasil perpaduan bakso, kuah susu, wortel, bawang merah dan putih serta berbagai bahan lain. Cita rasanya yang unik serta otentik menjadikan Sop Mutiara ini disukai semua kalangan. Selain itu, perlu sobat Kuliner Kota tahu, Sop Mutiara merupakan makanan khas dari Tionghoa. Jadi, tak heran jika kamu bisa dengan mudah menemukan olahan ini di dalam perayaan seperti imlek, pernikahan dan ulang tahun.

Tempat: RM. Istana Sop
Alamat: Karang Taruna, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan
Harga: Mulai Rp40.000.

13. Cacapan Asam

cacapan asam
Cacapan Asam, Foto Oleh Cookpad Com

Cacapan Asam merupakan makanan khas Kalimantan Selatan hasil perpaduan antara bawang merah, penyedap rasa, garam, cabai rawit, asam jawa serta topping buah-buahan. Memiliki ciri khas perpaduan rasa pedas, asin dan manis yang otentik membuat Cacapan Asam biasa disajikan sebagai cocolan beragam menu makanan. Menarik bukan? Untuk itu ketika berada di Kalimantan jangan lupa cicipi kuliner khas satu ini.

14. Sambal Acan

Sambal Acan
Sambal Acan, Foto Oleh Kumparan Com

Sambal Acan juga menjadi salah satu primadona sambal yang populer di Kalimantan Selatan. Sambal ini terbuat dari campuran mangga asam, limau wangkang, terong asam, gandaria dan binjai. Perpaduan rasa pedas dengan tekstur kental yang khas membuat Sambal Acan bakal bikin selera makan kamu naik ketika dijadikan menu pelengkap. Untuk itu, berada di Kalimantan Selatan belum sah kalau tidak mencoba kelezatan sambal satu ini.

Tempat: Rumah Makan Sambal Acan Raja Banjar
Alamat: Jalan RE Martadinata Depan Hotel Victoria, Banjarmasin.
Harga: Mulai Rp18.000

15. Ikan Seluang Goreng

ikan seluang goreng
Ikan Seluang Goreng, Foto Oleh Cookpad Com

Dapat ditebak bahwa makanan khas Kalimantan Selatan ini menggunakan Ikan Seluang sebagai bahan utamanya. Ikan Seluang sendiri adalah jenis ikan kecil yang banyak ditemui di daerah Kalimantan. Ikan Seluang Goreng merupakan hidangan pelengkap yang cocok dinikmati sebagai menu pelengkap bersama nasi hangat maupun cocolan sambal rawit. Cita rasa gurih dan pastinya juga awet membuat olahan ini juga jadi primadona buah tangan untuk dibawa ke kampung halaman.

Harga: Mulai Rp30.000 – Rp100.000

16. Kue Apam Barabai

Kue Apam Barabai
Apam Barabai, Foto Oleh Blog Uad Ac Id

Selain beragam menu nikmat, Kalimantan Selatan juga terkenal dengan cemilan yang unik, salah satunya yaitu Kue Apam Barabai. Kue ini berasal dari daerah Kalimantan Selatan, berbahan dasar tepung beras, tape singkong, gula merah dan gula putih. Perpaduan cita rasanya yang manis serta pastinya dengan tekstur yang lembut cocok dijadikan sebagai oleh-oleh maupun mengganjal perut saat dalam perjalanan.

Harga: Mulai Rp5.000

17. Ikan Patin Gangan Asam

ikan patin gangan asam
Ikan Patin Gangan Asam, Foto Oleh Cookpad Com

Makanan khas Kalimantan Selatan berbahan dasar ikan memang tidak ada habisnya, masih ada Ikan Patin Gangan Asam yang wajib kamu coba. Panganan satu ini berbahan dasar ikan patin dengan siraman kuah kental dan berlemak serta dipadukan dengan timun, cabai hijau, kacang dan kol. Cita rasanya yang segar dan gurih bakal makin terasa lengkap jika disajikan sebagai hidangan utama bersama nasi hangat serta disantap bersama keluarga tercinta.

18. Bubur Baayak

bubur baayak
Bubur Baayak, Foto Oleh Cookpad Com

Bagi kamu penikmat bubur, maka Bubur Baayak khas Kalimantan Selatan ini wajib dicoba. Bubur Baayak merupakan olahan bubur bercita rasa manis dan gurih. Ada dua macam cara pengolahan untuk kuliner khas Kalimantan Selatan ini, yaitu dimasak dengan campuran santan atau tanpa santan. Ketika tidak menggunakan santan, biasanya sebagai penggantinya Bubur Baayak disajikan bersama kuah santan di atasnya. Rasanya yang gurih, nikmat serta pastinya menggugah selera membuat olahan ini cocok dijadikan sebagai pengganjal perut saat tidak ingin makan berat.

Harga: Mulai Rp10.000

19. Lontong Orari

lontong orari
Lontong Orari, Foto Oleh Liputan6 Com

Membahas tentang makanan dengan olahan ketupat, Lontong Orari menjadi andalannya. Tidak seperti lontong pada umumnya yang dihidangkan dengan kuah kari atau santan, potongan sayur labu, tahu dan buncis saja, maka Lontong Orari khas Kalimantan ini disajikan bersama tambahan telur ayam bumbu, ikan gabus atau daging ayam. Cita rasanya yang khas dan pastinya mengenyangkan membuat Lontong Orari wajib masuk daftar kuliner Kalimantan Selatan yang tidak boleh terlewatkan.

Tempat: Rumah Makan Lontong Orari
Alamat: Jalan Seberang Masjid, Banjarmasin

20. Klepon Martapura

klepon martapura
Klepon Martapura, Foto Oleh Cookpad Com

Selain terkenal di daerah Jawa, klepon juga cukup populer menjadi makanan khas Kalimantan Selatan, Klepon Martapura namanya. Dinamakan Klepon Martapura karena memang kue ini berasal dari daerah Martapura. Memiliki tekstur yang kenyal serta dihidangkan bersama gula merah cair, membuat cita rasa manis semakin kuat dan menggugah selera. Kamu bisa menikmati Klepon Martapura sebagai camilan ketika menyeruput secangkir kopi. Dijamin makin nikmat dan tidak ingin berhenti mengunyahnya lagi dan lagi.

Harga: Mulai Rp2.000 – Rp10.000

21. Gangan Humbut

gangan humbut
Gangan Humbut, Foto Oleh Cookpad Com

Makanan khas Kalimantan Selatan selanjutnya yang tidak boleh terlewatkan adalah Gangan Humbut. Makanan tradisional khas Kalimantan ini berbahan dasar humbut atau tunas pohon kelapa. Gangan Humbut diolah dengan aneka macam bumbu sehingga cita rasa gurih dan agar sedikit manis. Rasanya yang otentik inilah yang menjadikan Gangan Humbut akan terasa makin nikmat saat dijadikan sebagai pendamping sepiring nasi hangat.

22. Kue Bingka

kue bingka
Kue Bingka, Foto Oleh Kataomed Com

Kue khas Kalimantan Selatan yang tidak boleh terlupakan adalah Kue Bingka. Kue tradisional Kalimantan Selatan ini memiliki tekstur lembut dan sedikit ulet. Tidak hanya itu, cita rasanya yang manis dengan pinggiran yang gurih bakal bikin perpaduan yang sempurna dalam tiap gigitannya. Kue khas Kalimantan ini biasanya juga dijadikan sebagai takjil ketika berbuka puasa. Untuk itu, mau mencoba bagaimana kelezatannya saat berada di sekitaran Kalimantan?

Tempat: Bingka Bunda
Alamat: Sungai Bilu, Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Harga: Sekitar Rp65.000

23. Otak-Otak Ikan Pipih

otak otak ikan pipih
Otak-Otak Ikan Pipih, Foto Oleh Sajian Sedap Grid Id

Pada umumnya, otak-otak dibuat dengan olahan ikan tenggiri, tetap berbeda dengan otak-otak khas Kalimantan Selatan ini. Otak-otak khas Kalimantan Selatan terbuat dari ikan Belida atau ikan Pipih. Dimana, ikan tersebut akan dicampur dengan santan, parutan kelapa dan telur ayam. Cita rasa gurih dengan tekstur kenyal sukses bikin kamu ketagihan saat menyantapnya bersama nasi hangat. Tidak cukup sampai disitu, Otak-Otak Ikan Pipih jug cocok dijadikan sebagai buah tangan, untuk itu tertarik membeli dan membawanya pulang?

Harga: Mulai dari Rp30.000 – Rp50.000.

24. Itik Panggang

itik panggang
Itik Panggang, Foto Oleh Cookpad Com

Olahan itik juga banyak ditemui di Kalimantan,maka dari itu makanan dengan bahan daging itik mudah kamu temukan disana, termasuk Itik Panggang. Seperti namanya, Itik Panggang merupakan itik yang diolah dengan cara dipanggang. Umumnya bumbu yang dipakai yaitu gula merah, gula pasir dan berbagi bahan lain. Memiliki perpaduan cita rasa gurih, aroma khas dan pastinya tekstur daging yang empuk cocok ketika kamu menyantapnya dengan cocolan sambal terasi. Jadi, mau mencoba bagaimana kenikmatan olahan satu ini?

25. Kalangka

Kalangka
Kalangka, Foto Oleh Commons Wikipedia Org

Kalangkala merupakan buah yang berbentuk bulat berwarna merah muda saat matang serta banyak tumbuh di hutan Kalimantan. Memiliki cita rasa mirip alpukat dengan tekstur daging dalamnya yang lembut menjadikannya punya sensasi rasa khas. Biasanya buah khas Kalimantan ini sering dijadikan sebagai bahan utama sayur Kalangkala. Dimana, sayur kalangkala diolah dengan kuah bening serta ditaburi sedikit garam. Tidak cukup sampai disitu, bagi yang suka pedas, kamu juga bisa menambahkan cabai.l Rasanya yang otentik dan tidak duanya membuat sayur kalangkala ini wajib jadi menu yang tidak boleh terlewatkan.

Tempat: Rumah Makan Sambal Acan Raja Banjar
Harga: Mulai Rp5.000.

26. Lamang

lamang
Lamang, Foto Oleh Bobo Grid Id

Makanan khas Kalimantan Selatan ini juga tidak boleh ketinggalan masuk list kuliner saat di Kalimantan, Lamang. Kuliner Kalimantan Selatan yang terbuat dari beras ketan. Umumnya, Lamang ditata di bagian tengah mangkuk atau piring, kemudian disiram bumbu sate serta diberi topping telur asin dan kacang. Memiliki cita rasa gurih dengan tekstur kenyal menjadikannya cocok dijadikan sebagai hidangan ketika bersantai untuk mengganjal perut.

Tempat: Pasar Pabukoan Padang Zulherman
Harga: Mulai Rp10.000

Bagaimana cukup beragam bukan makanan khas dari Kalimantan Selatan? Kamu bisa memulai menulis daftar menu apa yang ingin kamu cicipi terlebih dahulu. Jangan sampai sudah jauh-jauh ke Kalimantan tapi melewatkan untuk berwisata kuliner. Untuk itu siapkan budget khusus dan bikin momen liburan kamu makin berkesan dan berwarna dengan mencoba semua kuliner Kalimantan Selatan yang pastinya enak banget.

Last Updated on November 25, 2020

Ayu Setya Rini
Ayu Setya Rini culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *