1. Oleh-Oleh Khas

12 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Pekalongan Murah & Populer

Setiap berkunjung ke suatu daerah, satu hal yang tak akan lupa dibawa pulang adalah oleh-olehnya baik jajanan tradisional sampai barang khas yang sedang hits. Seperti di Pekalongan, sampai sekarang kota di Jawa Tengah ini memiliki batik yang terkenal sampai ke pelosok Negeri. Namun, bukan hanya soal batik, Pekalongan juga menawarkan berbagai buah tangan lain yang bisa kamu bawa pulang. Untuk itu, berikut oleh-oleh khas Pekalongan yang tidak kalah favorit dari batik yang wajib dibawa pulang.

1. Kue Lumpang

kue lumpang
Kue Lumpang, Foto Oleh Ceroboh Com

Kue Lumpang termasuk jajanan kue basah yang diminati hampir seluruh wisatawan. Bentuk kue ini mirip mangkok, berwarna coklat dan rasanya gurih. Kue Lumpang berbahan santan dan gula aren yang kemudian diproses hingga jadilah adonan. Saat kue sudah matang, pada bagian atasnya ditaburi topping parutan kelapa dan daun pandan. 

Oleh-oleh khas Pekalongan satu ini masih menerapkan kemasan tradisional, yakni memakai bungkusan daun pisang. Karena konsep kemasannya yang sederhana, maka Kue Lumpang akan terasa segar dan nikmat. Rasa manis gurih di setiap gigitannya dijamin akan membuatmu tak bisa berhenti nambah.

Tempat: Toko Kue Nyonya Djoe
Alamat: Jalan Sumatera No. 16B, Sapuro Kebulen, Pekalongan

2. Limun Oriental

limun orientak
Limun Oriental, Foto Oleh Inibaru Id

Mencari softdrink legendaris di Pekalongan? Limun Oriental jawabannya. Limun Oriental populer sejak awal abad-19, tepatnya pada masa kekuasaan Belanda di Tanah Air. Karena dulunya hanya dikonsumsi kaum Hindia, sehingga limun ini disebut sebagai Banyu Londho yang berarti “Minuman orang Belanda” pada masanya. Terbuat dari air lemon dan gula aseliest tentunya rasa khas minuman ini adalah manis dan segar.

Istimewanya, sampai sekarang minuman limun dibuat tanpa memakai bahan pengawet. Selain sebagai penghilang dahaga alami dan otentik, pelancong juga kerap membawa pulang Limun Oriental untuk dibagikan kesegarannya bersama keluarga. Bagaimana denganmu, tertarik membawa limun sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah?

Tempat: Limun Oriental Cap Nyonya
Alamat: Jl. Rajawali Utara No. 15, Pekalongan
Harga: Sekitar Rp7.000

3. Capret Pekalongan

capret pekalongan
Capret Pekalongan, Foto Oleh Viva Co Id

Membawa buah tangan Capret merupakan suatu pilihan tepat ketika sudah di Pekalongan. Capret adalah kerupuk khas Pekalongan yang berukuran kecil. Walau teksturnya keras seperti kerupuk kebanyakan, tetapi soal rasa Capret tak pernah mengecewakan penikmatnya. 

Berbahan dasar aci dengan beberapa bumbu khusus yang akan menghasilkan renyah dan gurih Capret khas Pekalongan. Ada beragam rasa yang ditawarkan yakni original, balado, pedas asin, jagung bakar BBQ dan sapi panggang. Oleh-oleh khas Pekalongan satu ini paling nikmat dijadikan sebagai camilan bersantai keluarga di rumah.

Tempat: Toko Si Pitung
Alamat: Jalan Gajah Mada Bendan, Pekalongan
Harga: Sekitar Rp10.000

4. Ogak Jahe

ogak jahe
Ogak Jahe, Foto Oleh Javatravel Net

Ogak Jahe atau akrab disebut binteng jahe. Cemilan khas Pekalongan ini bercita rasa manis dan sesuai dijadikan teman bersantai dengan segelas teh hangat. Bahan utama Ogak Jahe yakni jahe dan kelapa yang dicampur gula. Karena terdapat jahe maka rasanya tak hanya manis tetapi sedikit pedas. Tentunya cita rasa itulah yang bikin kamu tergoda segera menyantapnya. Uniknya lagi bagi kamu yang sedang menghadapi cuaca dingin di Pekalongan, Ogak Jahe cocok sebagai penghangat tenggorokan. Oleh-oleh khas Pekalongan ini praktis, nikmat dan bakal bikin kamu ketagihan ketika menyantapnya.

Tempat: Toko Ijo
Alamat: Jalan Hayam Wuruk No. 80, Pekalongan
Harga: Sekitar Rp30.000

5. Kue Glundung

kue glundung
Kue Glundung, Foto Oleh Inibaru Id

Bertemu lagi dengan kue terkenal di Pekalongan, namanya Kue Glundung. Dalam bahasa Jawa, Glundung berarti menggelinding, julukan ini ditujukan karena bentuk kuenya seperti bola dan mudah menggelinding. Kue khas Pekalongan ini terbuat dari ketela pohon dengan isian gula aren. 

Kue Glundung sering dikaitkan dengan makanan jemblem karena dari penampakan dan isiannya mirip. Rasanya manis dan ketika dikunyah akan memberi sensasi gurih legit yang membuat siapapun ketagihan. Menikmati Kue Glundung sendirian masih belum terasa puas, ada baiknya jadikan oleh-oleh dari Pekalongan buat orang tercinta.

Harga: Mulai Rp2.500

6. Kerupuk Gendar

kerupuk gendar
Kerupuk Gendar, Foto Oleh Tokopedia Com

Oleh-oleh khas Pekalongan selanjutnya adalah Kerupuk Gendar. Terbuat dari nasi yang digiling dan dibumbui ketumbar, sagu dan bawang putih. Bahan tersebut kemudian dihaluskan dan dikukus. Adonan dibentuk pipih memanjang lalu dijemur di bawah sinar matahari. Jika sudah kering kerupuk hanya tinggal digoreng. 

Cita rasa gurih asinnya menggugah selera, cocok buat teman menyantap soto atau dimakan langsung sebagai cemilan santai. Di Pekalongan kerupuk ini kerap dijuluki Cracker karena tekstur renyahnya. Jadi, jangan sampai ketinggalan membawa pulang Kerupuk Gendar untuk kawan makan siangmu di rumah.

7. Kopi Tjanting

kopi tjnating
Kopi Tjanting, Foto Oleh Javatravel Net

Kopi menjadi salah satu minuman yang tak pernah absen dicari saat berlibur, termasuk Kopi Tjanting. Kopi khas Pekalongan ini ramai diburu wisatawan karena rasa khasnya. Biji kopinya dipetik langsung dari perkebunan di daerah Jolotigo. Disinggung soal rasa khasnya, rasa tersebut diperoleh karena proses membuat Kopi Tjanting memakai teknik roasting medium. 

Tersedia bermacam varian biji kopi, yakni robusta, arabika dan excelsa. Kopi ini dikemas dengan masing-masing warna berbeda untuk setiap rasa. Warna merah untuk jenis excelsa, keemasan untuk arabika dan hitam untuk kopi jenis robusta. Jadi, bagi kamu pecinta kopi belum rasanya ketika tidak membawanya pulang sebagai buah tangan.

Harga: Sekitar Rp50.000

8. Keripik Tahu dan Tempe

keripik tahu dan tempe
Keripik Tahu dan Tempe, Foto Oleh Keripiktahu Blogspot Com

Keripik Tahu dan Tempe khas Pekalongan menjadi cemilan favorit semua kalangan sebab rasa gurihnya tak terlupakan. Meski banyak menjual jajanan ringan ini diberbagai daerah lain, tetapi tak akan menandingi kelezatan Keripik Tahu dan Tempe asal Pekalongan ini. 

Cita rasanya khas karena diolah dengan metode sederhana dan tradisional. Rasanya gurih dan renyah, bertekstur keras dan cenderung renyah membuatnya semakin menggoda. Tak hanya juara soal kerenyahannya, kedua varian keripik ini juga menyehatkan karena terbuat dari bahan alami, yakni kedelai. Jadi, tega melewatkan oleh-oleh khas Pekalongan ini?

Tempat: Keripik Tahu Tempe dan Sale
Alamat: Gang I Jalan KH. ABD. Wahab No. 38, Pekalongan
Harga: Sekitar Rp15.000

9. Tauco

tauco
Tauco, Foto Oleh Shopee Co Id

Jika kamu familiar dengan kelezatan Soto Tauco, pastikan untuk mengetahui pula rahasia dibalik kelezatannya, yakni ada pada penggunaan Tauconya. Tauco sendiri merupakan olahan dari fermentasi rendaman kedelai. Kudapan khas Pekalongan ini bercita rasa nikmat dan cocok dijadikan bumbu utama kelezatan masakan. 

Kamu juga dapat menjadikan Tauco sebagai lauk sedap, misalnya dibuat sambal, tauco mentah yang diberi cabai dan garam akan lezat jika dicocol bersama lalapan. Jadinya semua masakan kamu terasa sempurna dengan menambahkan oleh-oleh dari Pekalongan ini sebagai bahan tambahannya.

Tempat: Toko Ketjap & Tauco
Alamat: Jl. Salak, Kelurahan Sampangan, Pekalongan

10. Batik Tangan Khas Pekalongan

batik pekalongan
Batik pekalongan, Foto Oleh Kompas Com

Tak akan lengkap rasanya berkunjung ke Pekalongan tanpa membawa cinderamata batiknya, seperti Batik Tangan Khas Pekalongan yang dibuat langsung oleh pengrajin. Batik Pekalongan ini memiliki ciri khas yaitu warna-warna kecoklatan (sogan) dari pewarna alami kulit kayu. 

Beberapa jenis batik khas Pekalongan yang dibuat tradisional memakai canting umumnya relatif mahal. Namun, dengan keindahannya yang otentik, kamu tak akan menyesal ketika membawanya pulang sebagai cinderamata. Jadi, bagi kamu pecinta batik, Batik Tulis Pekalongan wajib banget kamu bawa pulang.

Tempat: Pusat Kerajinan Batik
Alamat: Jalan Darma Bakti No. 24, Medono, Pekalongan

11. Apem Kesesi

apem kesesi
Apem Kesesi, Foto Oleh Blogbrukubasajawa Blogspot Com

Makanan khas Pekalongan ini tak jarang dijadikan buah tangan terenak yang ada di kotanya. Berbentuk bulat pipih, berwarna coklat dengan cita rasa manis. Apem Kesesi terbuat dari gula aren yang diolah khusus sampai menghasilkan cita rasa nikmat. Apem Kesesi biasanya juga disajikan dengan lapisan daun pisang di bawahnya. 

Saking terkenal kelezatannya, kue asal Pekalongan ini sering dijuluki Apem Comal. Kamu bisa menemukan jajanan tradisional Pekalongan satu ini di Pasar Kesesi dengan harga terjangkau. Jangan sampai melewatkan menikmati kelezatan Kue Apem Kesesi dan bawa pulang sebagai buah tangan buat keluarga tercinta.

Harga: Sekitar Rp5.000

12. Gethuk

gethuk
Gethuk, Foto Oleh Javatravel Net

Buah tangan Pekalongan yang tak kalah enak dan sederhana yakni Gethuk. Termasuk jajanan terbuat dari ketela, bercita rasa legit dan nikmat disantap untuk penghilang lelah setelah seharian bekerja. Selain ketela pohon, bahan lainnya yaitu beras, ketan, gula aren dan kelapa parut. 

Jajanan tradisional Pekalongan ini bisa dengan mudah dijumpai di daerah Pekalongan, bahkan tidak sedikit pusat oleh-oleh menyediakan Gethuk dalam jumlah banyak karena belum sampai sehari saja sudah ludes. Berikan oleh-oleh khas Pekalongan terbaik dan istimewa seperti Gethuk untuk keluarga di rumah.

Harga: Sekitar Rp15.000

Buah tangan akan selalu ditunggu usai melakukan perjalanan keluar kota. Kamu bisa membeli 12 oleh-oleh Pekalongan di atas untuk keluarga di rumah. Bawa pulang semua kenangan manis ketika berada di Kota Batik dengan membawa semua buah tangan khasnya untuk keluarga di rumah. Jadi, mau membeli oleh-oleh khas dari Pekalongan mana untuk keluarga di rumah?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 12 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Pekalongan Murah & Populer

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Nasi goreng seafood menjadi salah satu hidangan nasi goreng yang paling populer di Indonesia. Hidangan ini biasanya menggunakan berbagai macam seafood, seperti cumi, udang, dan ikan. Membuat nasi goreng seafood bisa menggunakan berbagai variasi bumbu sesuai dengan selera, seperti bumbu pedas, oriental, hingga ala Chinese. Kini, kamu tak perlu pergi ke restoran untuk menikmati nasi […]

    Trending