Ayu Setya Rini culinary enthusiast

25 Makanan Khas Klaten Terkenal Menggugah Selera

9 min read

sop ayam pecok

Kabupaten Klaten, mendapat julukan kota seribu mata air yang terkenal cantik nan eksotis. Ada beragam mata air di daerah Klaten yang memiliki panorama memanjakan mata juga tak kalah unik di setiap namanya. Bukan hanya itu, beragam kuliner Klaten juga siap memanjakan lidah. Penasaran dengan apa saja keunikan kuliner khas Klaten? Kuliner Kota punya 25 rekomendasi makanan khas Klaten yang wajib kamu coba.

1. Sego Gudangan

sego gudangan
Sego Gudangan, Foto Oleh Cookpad Com

Di Klaten apalagi saat pagi hari, kamu akan menemukan banyak warung yang menyediakan Sego Gudangan. Dalam istilah bahasa Indonesia sego artinya nasi, sedangkan gudangan berarti urap, sehingga masyarakat juga menyebutnya nasi urap. Makanan khas Klaten ini memang terkenal akan aneka sayur dan sejenis acar yang dihidangkan.

Kesan segar dan penambah energi juga akan kamu dapatkan ketika mengkonsumsi kuliner ini. Sudah pasti karena sayur-sayuran terkandung di dalam Sego Gudangan memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selanjutnya, kedua bahan tersebut ditambah dengan bubuk kacang dan parutan kelapa serta siraman saus tempe. Perpaduan rasa yang sempurna bakal bikin kamu tergoda untuk menyantapnya lagi dan lagi.

Harga: Sekitar Rp3.000 per porsi.

2. Sego Wiwit

sego wiwit
Sego Wiwit, Foto Oleh Perpus Jatengprov. Go Id

Saat sedang diadakan tradisi Selamatan(Sedekah Bumi) di daerah Klaten, Sego Wiwit sudah pasti ada di dalam daftar menu yang tidak boleh terlewatkan. Seiring berkembangnya zaman maka kuliner ini bisa kamu temukan di berbagai tempat makan di Klaten. Dimana, kamu akan mendapatkan seporsi Sego Wiwit yang berisikan sayur, nasi, aneka lauk dan lalapan. Perpaduan rasa yang sempurna dijamin bakal bikin kamu tergoda untuk menyantap lagi dan lagi.

Tempat: Sego Wiwit Prambanan
Alamat: Jalan Manisronggo, Tlogo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Harga: Sekitar Rp7.000 per porsi.

3. Nasi Trancam Khas Klaten

nasi trancam
Nasi Trancam, Foto Oleh Pegipegi Com

Masih seputar olahan nasi, kamu wajib banget mencoba Nasi Trancam khas Klaten sebagai hidang saat berada di kabupaten ini. Nasi Trancam Khas Klaten Jawa Tengah menawarkan isian sehat dan segar berupa kacang panjang, kol, mentimun, petai cina, kemangi juga tambahan parutan kelapa yang sudah diberi bumbu pedas. Terdengar cukup unik dan menarik, ternyata Nasi Trancam juga disebut saladnya orang Indonesia. Perpaduan rasa gurih, pedas, manis dan asin bakal bikin rasa yang dijamin bikin ngiler untuk menyuap lagi dan lagi. Jadi, tertarik untuk menikmati kelezatan kuliner Klaten ini?

Tempat: RM Bu Mayar Cawas

4. Sego Tumpang Lethok

sego tumpang lethok
Sego Tumpang Lethok, Foto Oleh Sajiansedap Grid Id

Bagi kamu pecinta olahan daun pepaya maka makanan khas Klaten Sego Tumpang Lethok wajib banget untuk dicoba. Hidangan khas Klaten ini berisikan telur rebus dan daun pepaya nangka muda, bacem, daun jeruk, koyor dan krecek yang kemudian disiram dengan kuah sambal tumpang.

Kuah sambal tumpang adalah salah satu sajian yang terbuat campuran tempe, santan, cabai dan aneka rempah lainnya. Perpaduan rasa yang pas dan tentunya nikmat akan semakin lengkap dijadikan sebagai menu sarapan. Itulah sebabnya, tertarik mencoba bagaimana kelezatan kuliner dari Klaten satu ini?

Harga: Mulai Rp9.000 – Rp15.000 per porsi.

5. Soto Bebek

soto bebek
Soto Bebek, Foto Oleh Cookpad Com

Bagi kamu pecinta soto, maka makanan khas di Klaten Soto Bebek ini bakal jadi salah satu soto favoritmu, Soto Bebek. Seperti namanya, Soto Bebek berbahan dasar daging bebek sebagai bahan utamanya. Potongan daging bebek yang empuk dan gurih bakal semakin nikmat ketika ditambahkan siraman kuah bening kaya rempah. Kaldu yang gurih dan nikmat dijamin bakal bikin kamu tergoda untuk segera menyantap Soto Bebek khas Klaten ini.

Tidak cukup sampai disitu, kamu juga bisa memilih soto khas Klaten ini dengan dua varian penyajian sesuai selera. Yakni, dipisah antara nasi dengan sotonya maupun dicampur. Rasanya yang nikmat tentunya bakal bikin kamu ingin terus menyuap nikmatnya Soto Bebek khas Klaten ini.

Tempat: Soto Bebek Bu Siswo
Harga: Mulai Rp7.000 – Rp9.000 per porsi.

6. Bebek Bacem

bebek-bacem
Bebek Bacem, Foto Oleh Cookpad Com

Sajian Bebek Bacem mungkin akan banyak kamu temui di restoran atau tempat makan di Klaten. Sudah pasti alasan utamanya karena kuliner ini sudah legendaris apalagi mudah untuk ditemukan. Bacem atau Baceman merupakan salah satu cara memasak khas Jawa Tengah. Bumbu yang menjadi bahan olahannya yakni bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, santan dan gula merah.

Bahan-bahan makanan khas Klaten tersebut dimasak sampai meresap ke dalam daging bebek. Soal rasa tentunya sudah pasti Bebek Bacem memiliki rasa manis gurih yang meresap sampai ketulang-tulang. Ketika menikmati olahan khas Klaten ini kamu akan disuguhkan dengan daging bebek, sambal goreng tempe dan sayur kol hijau yang sudah dimasak menggunakan bumbu gudeg. Tidak hanya itu, disajikan pula pilihan lauk lain seperti sambal kering tempe, sambal goreng tahu dan ikan wader bumbu pedas. Perpaduan rasa yang lengkap tentunya bakal bikin rasa yang sempurna sejak dari suapan pertama.

Tempat: Warung Nasi Bebek Bu Sis
Alamat: Dekat Pasar Ngino, Desa Margoagung, Kec. Seyegan, Sleman
Harga: Sekitar Rp13.000 per porsi.

7. Bakmi Miroso

bakmi miroso
Bakmi Miroso, Foto Oleh Bukabukumu Com

Makanan khas Klaten legendaris selanjutnya yaitu Bakmi Miroso. Kuliner satu ini wajib banget untuk kamu kunjungi ketika bertandang ke Kota Klaten. Bakmi Miroso sendiri adalah olahan sejenis chinese food halal dan mudah ditemukan di daerah Klaten. Bakmi Miroso berisi ayam koloke, nasi goreng dan mie pangsit.

Ketiga varian makanan tersebut dibuat menggunakan resep turun temurun yang tentunya sudah pasti nikmat. Rasa pedas dan gurih yang diperoleh dari berbagai macam olahan tersebut membuat lidah semakin betah untuk menyuapnya lagi dan lagi.

Tempat: Bakmi Jawa Miroso
Alamat: Jalan Caman Raya Nomor 70, Jaribening
Harga: Sekitar Rp25.000 per porsi.

8. Swike Kodok

swike kodok
Swike Kodok, Foto Oleh Marikeklaten Blogspot Com

Swike Kodok merupakan salah satu makanan unik yang ada di Kota Klaten. Sama persis dengan namanya, masakan ini berbahan dasar kodok montok yang diolah memakai bumbu rempah khusus. Kamu pasti dibuat ketagihan saat pertama kali mencobanya saja.

Konon, masakan berkuah khas Klaten ini merupakan campuran antara ramuan dari Tionghoa dan lokal, jadi rasa tentu sudah ramah di lidah masyarakat. Biasanya untuk menambah rasa nikmat Swike Kodok diberi tauco. Perpaduan rasa unik tentunya bakal bikin kamu berselera untuk mencobanya berulang kali.

Tempat: Warung Swike Bu Reso
Alamat: Ds. Karangduwet, Mejayan, Klaten, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari Rp10.000 – Rp15.000 per porsi.

9. Sop Ayam Pecok

sop ayam pecok
Sop Ayam Pecok, Foto Oleh Masakanmama Com

Makanan khas Klaten berikutnya adalah Sop Ayam Pecok. Hidangan khas Klaten ini cukup populer karena kaldu ayamnya yang jadi andalan, juga proses memasak yang berbeda dari olahan ayam lain. Rasa yang disuguhkan tentunya lezat dan bakal menghipnotis kamu ketika mulai menyuapnya. Pecok sendiri berarti daging ayam yang dipotong acak langsung bersama tulangnya. Dari sinilah keunikan Sop Ayam Pecok diperoleh. Perpaduan rasa gurih dan tentunya nikmat bakal bikin kamu tergoda menjajal lagi dan lagi Sop Ayam Pecok khas Klaten.

Tempat: Ayam Pecok Pak Min
Harga: Sekitar Rp5.000 per porsi.

10. Ayam Bakar Khas Klaten

ayam bakar khas Klaten
Ayam Bakar Khas Klaten, Foto Oleh Masakapahariini Com

Belum lengkap rasanya mengunjungi Klaten tanpa mencicipi ayam bakar khasnya. Ayam Bakar khas Klaten sudah pasti berbeda dengan ayam bakar di daerah lain. Dimana, sebelum melalui proses pembakaran, daging ayam diungkep terlebih dulu menggunakan santan dan rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa manis dan gurih. Cita rasa khas inilah yang menjadikan Ayam Bakar khas Klaten semakin memikat wisatawan lokal maupun mancanegara. Harganya yang terjangkau dan tentunya punya cita rasa nikmat sukses bikin kamu ingin menyuap lagi dan lagi.

11. Keripik Belut

keripik belut
Keripik Belut, Foto Oleh Travel Tribunnews Com

Tidak hanya Kota malang yang punya olahan keripik sebagai buah tangan. Klaten punya Keripik Belut yang tak kalah nikmat dan wajib kamu coba. Seperti namanya makanan khas Klaten ini berbahan dasar belut dan memiliki rasa gurih serta renyah yang siap menggoyang lidah dalam tiap gigitannya. Tidak hanya nikmat, tentunya panganan dari Klaten ini juga kaya akan manfaat. Jadi, tertarik membawa belut sebagai camilan ataupun oleh-oleh untuk keluarga di rumah?

Harga: Sekitar Rp20.000 per bungkus

12. Keripik Ceker Ayam

keripik ceker ayam
Keripik Ceker Ayam, Foto Oleh Cookpad Com

Selain keripik belut, Klaten juga menghadirkan cemilan unik berupa Keripik Ceker Ayam. Cara membuat Keripik Ceker Ayam cukup unik, yakni tulang ceker dimemarkan terlebih dulu menggunakan palu dan barulah diambil tulangnya. Setelah melalui proses pengulitan, ceker ayam kemudian dijemur.

Sedangkan untuk proses memasaknya diperlukan dua kali goreng, tahap pertama dipakai untuk mengeringkan kulit luar dan tahap kedua digunakan untuk bagian dalamnya. Itulah sebabnya, oleh-oleh khas Klaten ini memiliki tekstur Crispy yang makin terasa nikmat ketika dimakan menggunakan sambal.

Harga: Sekitar Rp100.000 per kilogram.

13. Slondok

slondok
Slondok, Foto Oleh Tokopedia com

Kudapan khas Klaten selanjutnya adalah Slondok. Makanan berbentuk cincin ini merupakan oleh-oleh khas Klaten yang tidak boleh kamu lewatkan. Slondok berbahan utama singkong yang sudah digiling dan direbus bersama bumbu khusus. Setelah matang dan tercampur, adonan Slondok akan dibentuk seperti cincin dan dijemur sampai kering. Selanjutnya, Slondok yang sudah kering akan digoreng sampai matang. Perpaduan teksturnya yang renyah serta beragam pilihan rasa, tentu bakal bikin kamu tergoda menikmatinya sampai habis.

Harga: Sekitar Rp10.000 per porsi.

14. Kapelan Khas Klaten

kapelan
Kapelan, Foto Oleh Jogjaupdate Com

Rasanya belum sah datang ke Klaten jika tidak mencoba Kapelan. Kapelan adalah makanan ringan yang berasal dari Desa Keden, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten. Bahan dan cara pembuatannya pun cukup sederhana. Kapelan dibuat dari tepung terigu dan campuran bumbu seperti bawang putih, bawang merah, garam, merica, sedikit penyedap rasa dan air.

Semua bahan tersebut dihaluskan dan dicampur sampai membentuk adonan, selanjutnya barulah digoreng kecil-kecil. Perpaduan rasa yang khas akan semakin nendang ketika dinikmati dengan saus kacang ataupun sambal.

Alamat: Sepanjang jalan utama Kecamatan Pedan
Harga: Sekitar Rp5.000 per bungkus.

15. Geplak Khas Klaten

geplak
Geplak, Foto Oleh Perpus Jatengprov Go Id

Makanan khas Klaten berbahan dasar kelapa memang tidak pernah ada habisnya, masih ada Geplak yang wajib kamu coba. Cemilan khas Klaten ini terbuat dari parutan kelapa dengan cita rasa manis, legit dan teksturnya sedikit kasar. Proses memasaknya juga mudah, yaitu parutan kelapa dimasak dengan tambahan gula.

Dibentuk menyerupai bola bola kecil makin membuat Geplak terlihat menarik dan menggugah selera. Apalagi dengan beragam pilihan warna, makin membuat kamu berselera untuk segera menyantapnya. Tidak hanya itu, Geplak khas Klaten juga tahan lama, jadi cocok untuk dijadikan buah tangan bagi keluarga di rumah. Jadi, tertarik membawa manisnya Geplak sebagai oleh-oleh dari Klaten untuk keluarga di rumah?

16. Angkringan (HIK) Khas Klaten

Angkringan HIK
Angkringan (HIK) Khas Klaten, Foto Oleh Kompasiana Com

Jika sudah beberapa kali kamu mengunjungi Kota Klaten, kata “Angkringan” pasti sudah tak asing lagi bukan? Angkringan HIK (Hidangan Istimewa Kampung) dalam bahasa Indonesia berarti duduk santai, biasanya dengan ciri melipat satu kaki ke atas kursi. Singkatnya, Angkringan adalah semacam warung makan yang memakai gerobak kayu dengan ditutupi terpal plastik. Di tempat makan ini, kamu akan menemukan beragam menu menarik khas Klaten. Tentunya harganya juga murah meriah dan enak banget. Untuk itu, tertarik mencoba bagaimana nikmatnya kuliner Angkringan?

17. Wajik Khas Klaten

wajik khas klaten
Wajik Khas Klaten, Foto Oleh Foodnesia Net

Di Jawa Tengah, jajanan Wajik sudah pasti tak asing di telinga masyarakatnya.  Makanan khas Klaten Jawa Tengah ini mempunyai kelezatan yang berbeda dan unik. Berbahan utama beras ketan dan campuran gula merah membuat Wajik Khas Klaten punya cita rasa manis serta legit yang khas. Perpaduan rasa yang sempurna dan tentunya juga nikmat bakal bikin kamu tergoda untuk menikmatinya lagi dan lagi. Jadi, tertarik membawanya pulang sebagai oleh-oleh khas Klaten untuk keluarga di rumah?

Tempat: Jenang H. Isman
Alamat: Karang Wetan, Karangduren, Klaten, Jawa Tengah
Harga: Sekitar Rp12.000 per kilo.

18. Rempeyek Ikan Cethul

rempeyek ikan cethol
Rempeyek Ikan Cethul, Foto Oleh Ragamresepraktis Netlify App

Rempeyek Ikan Cethul merupakan cemilan khas Klaten yang juga wajib kamu coba. Seperti namanya rempeyek khas Klaten ini berbahan dasar ikan cethul yang diolah dengan aneka macam bumbu khas sehingga cita rasanya gurih dan nikmat. Tidak cukup sampai disitu, tentunya rempeyek khas dari Klaten juga awet jadi cocok banget dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Jadi, tertarik membawa pulang camilan ini untuk keluarga di rumah?

19. Dawet Bayat

dawet bayat klaten
Dawet Bayat Klaten, Foto Oleh Foodnesia Net

Setelah kenyang mencicipi makanan khas Klaten, paling cocok untuk menjajal minuman istimewanya, Dawet Bayat. Dawet Bayat adalah salah satu minuman khas Klaten yang cocok sebagai penghilang dahaga. Sudah dapat ditebak bagaimana rasanya, bahan cendol dan santan kelapa akan menghasilkan rasa manis, gurih dan segar. Tidak lupa, gula merah cair yang makin membuat perpaduan rasa yang nyangkut banget di lidah.

Minuman unik khas Klaten ini biasanya dijual dengan dipikul menggunakan penopang rotan, keduk serta kuali gerabah berisi cendol di dalamnya. Perpaduan rasa yang sempurna dan tentunya bisa dengan mudah kamu temukan di sekitaran jalan di daerah Klaten membuat minuman ini wajib banget untuk dicoba.

20. Dodol Jenang Khas Klaten

dodol jenang
Dodol Jenang, Foto Oleh Keluyuran Com

Berbicara soal kudapan, Dodol Jenang khas Klaten juga wajib banget kamu coba sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Terbuat dari santan kelapa yang diolah bersama campuran gula aren tentunya punya cita rasa manis dan nikmat. Tidak cukup sampai disitu,  teksturnya yang lembut serta rasa legit dalam setiap gigitan membuat jajanan ini wajib untuk dibawa pulang. Tentunya juga tahan lama lho sobat Kuliner Kota! Jadi, cocok dibawa kemanapun sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Harga: Sekitar Rp25.000 per bungkus.

21. Dawet Onggok Klaten

dawet onggok
Dawet Onggok, Foto Oleh Kompasiana Com

Selain Dawet Bayat, kamu juga bisa menghilangkan dahaga dengan Dawet Onggok. Memiliki cita rasa yang tidak kalah segar juga manis ditambah dengan isian istimewa berupa tape ketan makin membuatnya terasa nikmat. Minuman khas Klaten ini terbuat dari hasil ekstrak serat pohon aren yang telah melalui proses penepungan.

Perpaduan rasa yang sempurna dan tentunya unik membuat minuman yang hanya kamu bisa temui di Klaten ini wajib dicoba. Segarnya Dawet Onggok akan semakin terasa nikmat dan bakal bikin kamu menikmati minuman khas dari Klaten ini ketika menikmatinya pertama kali.

Tempat: Es Dawet Onggok Bu Aminah
Harga: Sekitar Rp3.500 per gelas.

22. Goring Klaten

goring
Goring Klaten, Foto Oleh Cookpad Com

Makanan khas Klaten selanjutnya menggunakan bahan dasar tahu dan tempe, Goring namanya. Hidangan khas Klaten ini terkenal akan kuahnya yang nendang. Selain terbuat dari tahu dan tempe goreng, kuliner Klaten ini juga ditambahkan tauge, kol, tomat dan mie kuning basah yang makin membuatnya terlihat menggugah selera.

Goring biasa disajikan dalam mangkuk dengan siraman kuah dan kacang tanah goreng juga seledri cincang yang ditaburkan di atasnya. Di beberapa warung, makanan khas Klaten Jawa Tengah kuliner ini dilengkapi dengan cabai rawit, mentimun dan lontong. Sajian komplit yang bakal membuat kamu kenyang dan tentunya tergoda menyantapnya sampai habis.

Harga: Sekitar Rp15.000 per porsi.

24. Sate Kambing Klaten

sate kambing klaten
Sate Kambing Klaten, Foto Oleh IdnTimes Com

Jangan berpikir bahwa Klaten tak memiliki olahan sate yang menjadi andalan. Untuk kamu pecinta sate kambing maka hidangan Sate Kambing khas Klaten wajib untuk dicoba. Dagingnya yang dan tentunya tidak amis makin membuat kamu tergoda untuk segera menyantapnya. Tidak hanya itu, penyajiannya juga dilengkapi dengan nasi dan acar mentimun. Gurihnya bumbu sate serta empuk daging kambing terasa nikmat dan memuaskan lidah. Jadi, tertarik mencoba bagaimana nikmatnya kuliner Klaten ini?

Tempat: Sate Kambing Tali Roso Pak Tri Klaten
Alamat: Jalan Raya Sel. Wedi, Gadungan, Dusun II, Gadungan, Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

24. Keripik Paru Sapi

keripik paru
Keripik Paru Sapi, Foto Oleh Resepkuerenyah Com

Jika sudah ada Keripik Belut dan Keripik Ceker Ayam, akan terasa makin lengkap jika dipertemukan dengan Keripik Paru Sapi yang tak kalah nendang dan gurih! Seperti namanya, cemilan khas Klaten ini terbuat dari paru sapi yang diolah sampai teksturnya renyah dan mudah ketika digigit. Cita rasanya sedikit asin juga cocok untuk menemani harimu saat bersantai. Tak hanya itu, tentunya kuliner ini juga tahan lama dan cocok dijadikan buah tangan. Jadi, tertarik untuk membawanya pulang sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah?

25. Jamu Jun

jamu jun
Jamu Jun, Foto Oleh Dearwidha Com

Jamu selalu identik dengan rasa pahit, tapi tidak untuk jamu khas Klaten ini, Jamu Jun. Jamu Jun adalah sajian jamu tradisional Klaten yang diproses unik dan berbeda dari Jamu pada umumnya. Jika kamu melihat sekilas kamu akan mengira sejenis bubur. Tapi jangan salah, hidangan yang mirip bubur ronde ini adalah jamu yang penuh khasiat dan manfaat tentunya. Jadi, tertarik mencoba bagaimana cita rasanya minuman khas ini?

Tempat: Jamu Jun Wijoyo
Alamat: Jalan Tlogosari Raya
Harga: Mulai Rp6.000 – Rp8.000 per porsi.

Sudahkah menentukan menu hidangan mana yang cocok untuk dijadikan tujuan berburu kuliner Klaten? Untuk lebih melengkapi waktu liburanmu di salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini, jangan lupa siapkan waktu dan budget khusus untuk berwisata kuliner. Jadi, ketika menginjakan kaki pertama kali di Klaten kuliner mana yang ingin kamu coba terlebih dahulu?

Ayu Setya Rini
Ayu Setya Rini culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *