1. Kuliner

12 Makanan Khas Probolinggo Jawa Timur Wajib Dicoba

Probolinggo adalah kota terbesar keempat di Jawa Timur setelah Kediri, Malang dan Surabaya. Kota sekaligus kabupaten ini berada di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur dan berbatasan dengan Selat Madura. Itulah sebabnya, probolinggo menyimpan berbagai tempat wisata dan kuliner yang siap memanjakan lidah. Bicara soal kuliner Probolinggo, makanan khas di Kota Bayuangga ini menjadi ikon istimewa bagi masyarakat setempat maupun wisatawan. Setiap hidangan yang disajikan memberi cita rasa khas yang sulit terlupakan. Penasaran dengan apa saja makanan khas Probolinggo? Berikut rekomendasi kuliner khas Probolinggo Jawa Timur yang wajib banget untuk dicicipi.

1. Soto Kraksaan

soto kraksaan
Soto Kraksaan, Foto Oleh Bisniswisata Co Id

Olahan soto memang tak dapat terelak kehadirannya. Seperti Soto Kraksaan, makanan khas Probolinggo ini berasal dari daerah Kraksaan dengan ciri khasnya. Jika dilihat sekilas soto ini mirip dengan soto pada umumnya, yang membedakannya ada pada bagian daging, yakni menggunakan daging ayam jantan. 

Berbahan dasar kentang kukus, kerupuk udang, daging ayam dan bumbu-bumbu santan menjadikan Soto Kraksaan punya cita rasa yang menggoda. Tentunya, bahan tersebut juga diolah oleh tangan ahlinya sehingga menciptakan Soto Kraksaan bercita rasa segar. Jadi, ketika berada di Probolinggo Soto Kraksaan wajib banget dicoba.

Tempat: Soto Koya Kraksaan Probolinggo
Alamat: Jalan Mayjen Sutoyo Nomor 10, Patokan, Probolinggo
Harga: Sekitar Rp7.000

2. Kepiting Olok

kepiting olok
Kepiting Olok, Foto Oleh Idntimes Com

Salah satu makanan khas Probolinggo Jawa Timur yang terkenal adalah Kepiting Olok. Nama Olok dipakai oleh masyarakat Probolinggo untuk menyebut kepiting muda yang terdampar di pantai. Dimana, kepiting dikukus dan dipisahkan dari cangkangnya. Daging kepiting kemudian dimasak bersama campuran udang dan bumbu lalu dimasukkan kembali ke dalam cangkangnya. Ketika daging kepiting dikunyah, rasa manis dan gurih akan membuat lidah ketagihan. Paling nikmat makan Kepiting Olok dengan tangan apalagi didampingi dengan nasi hangat, dijamin bikin ingin menyuap terus.

Tempat: RM Sari Laut
Alamat: Jalan Raya Panglima Sudirman Nomor 341
Harga: Sekitar Rp60.000

3. Nasi Glepungan

nasi glepungan
Nasi Glepungan, Foto Oleh Makananoleholeh Com

Nasi Glepungan khas Probolinggo terdiri dari campuran nasi putih dan nasi jagung yang ditumbuk kasar, dicampur dengan beragam lauk pauk seperti tahu penyet, ikan asin, tempe penyet, lalapan dan sambal. Sekilas makanan ini mirip dengan nasi campur. Rasa tempe dan tahu penyetnya lezat, nasinya bikin kenyang juga sambal yang pedas. Nikmati Nasi Glepungan sebagai menu khas Probolinggo terbaik ketika berwisata di kota ini.

Tempat: Warung Prasmanan 2000 Masakan Khas Probolinggo Bu Yuli
Alamat: Jalan Raya Panglima Sudirman Nomor 27, Probolinggo

4. Nasi Jagung

nasi jagung
Nasi Jagung, Foto Oleh Lifestyle Okezone Com

Kuliner Probolinggo yang wajib kamu coba yakni Nasi Jagung. Hidangan ini menjadi sajian yang dibanggakan di Kota Banyuangga loh. Seperti namanya, Nasi Jagung berbahan jagung yang ditumbuk halus dan dicampur dengan beragam lauk pauk seperti urap, ikan asin, lodeh pepaya, balado, sayur tahu, tongkol sayur dan telur dadar. Meski terbilang makanan tradisional, tetapi cita rasa Nasi Jagung ini tak bisa diragukan. Untuk itu, jangan lewatkan kesempatan menyantap kelezatan Nasi Jagung khas Probolinggo ini ya sobat Kuliner Kota!

Tempat: Warung Nasi Jagung Bu Ersa Merpati
Alamat: Jalan Sunan Kali Jaga, Kota Probolinggo
Harga: Sekitar Rp8.000

5. Keripik Kentang

keripik kentang
Keripik Kentang, Foto Oleh Id Wikipedia Org

Cemilan Keripik Kentang menjadi salah satu buah tangan khas Probolinggo yang sering diburu wisatawan. Cemilan ini dibuat dengan kentang yang tumbuh di kawasan Gunung Bromo. Berwarna putih susu, ukurannya lebar dengan tekstur renyah. Di samping lezatnya, keripik ini juga tahan lama jadi cocok dijadikan buah tangan. Untuk itu, tertarik untuk membawanya pulang?

Tempat: Sentra Pembuatan Keripik Kentang
Alamat: Kec. Sukaraja, Kab. Probolinggo, Probolinggo

6. Ketan Kratok

ketan kratok
Ketan Kratok, Foto Oleh Lemeleh Com

Dilihat sekilas makanan khas Probolinggo, Ketan Kratok mirip dengan ketan biasa. Yang istimewa dari makanan ringan khas Probolinggo ini yaitu campuran kratok atau kacang koronya. Beras ketan yang sudah direndam kemudian dimasak bersama kacang koro. Lebih mantab lagi, Ketan Kratok disajikan dengan taburan kratok dan cairan gula merah atau juruh. Rasanya manis dan gurih membuat pencicipnya akan ketagihan. Kratok biasanya juga dimasak sebagai campuran sayur lodeh, namun lebih enak juga jika dicampur dengan ketan. Ketan Kratok akan semakin enak ketika mencicipi langsung di daerah asalnya.

Tempat: Warung Ketan
Alamat: Jalan Raya Panjaitan, Mayangan, Probolinggo
Harga: Sekitar Rp10.000

7. Anggur Prabu Lestari

anggur prabu lestari
Anggur Prabu Bestari, Foto Oleh Ayahzakky WordPress Com

Kota Probolinggo terkenal dengan kekayaan buah anggurnya. Wisatawan di sana akan disambut dengan buah anggur yang berjejer di sepanjang jalan Probolinggo. Jenis anggur yang populer sampai sekarang adalah Anggur Prabu Bestari. Dimana anggur khas Probolinggo ini memiliki cita rasa manis dan buahnya lebih besar dari anggur biasa. Jadi, ketika bertandang ke Probolinggo ada baiknya kamu membawanya sebagai buah tangan ya sobat Kuliner Kota!

Harga: Mulai Rp30.000 – Rp60.000

8. Mangga Probolinggo

mangga probolinggo
Mangga Probolinggo, Foto Oleh Kotaprobolinggo WordPress Com

Bukan hanya anggur, di Probolinggo tersedia buah mangga dengan komoditasnya yang luas dan kebanyakan dijual bersama Anggur Prabu Bestari. Mangga Probolinggo terkenal dengan rasa manis dan segar. Jenis mangga yang dikembangkan yakni Arumanis dan Manalagi. Harganya pun cukup terjangkau dibandingkan dengan mangga biasa.

Buah terkenal di Probolinggo ini juga didistribusikan di berbagai wilayah di Indonesia. Kurang lebih terdapat 12 kecamatan yang menjadi sentra Mangga Probolinggo yakni Pakuniran, Kecamatan Tongas, Gading, Banyuanyar, Maron, Besuk, Pation, Leces, Tegal Silwan, Kota Anyar dan Krejengan. Jadi, bagi kalian pecinta buah mangga wajib banget untuk membawanya pulang sebagai buah tangan.

9. Nasi Campur Nyak Nyong

nasi campur nyak nyong
Nasi Campur Nyak Nyong, Foto Oleh Gotravelly Com

Nasi Campur Nyak Nyong terkenal dengan hidangannya yang unik. Makanan khas daerah Probolinggo ini berisi nasi yang dicampur dengan mie, empal kuah, serundeng dan daging dendeng yang disiram bersama santan kental. Soal rasa tak perlu diragukan lagi. Manis, gurih, asin dan asam bercampur menjadi satu. Terbayang bukan bagaimana lezatnya makanan khas Probolinggo satu ini?

Tempat: Nasi Campur Klenteng Nyak Nyong
Alamat: Jalan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Probolinggo
Harga: Sekitar Rp12.000

10. Sirup Pokak

sirup pokak
Sirup Pokak, Foto Oleh Jejakpiknik Com

Tak hanya hidangan dan cemilannya, Kota Bayuangga ini juga memberikan minuman khas penghilang dahaga favorit masyarakat setempat. Sirup Pokak terbuat dari gula merah, jahe, cengkeh, kayu, pandan dan jeruk purut. Rasa manisnya samar sekaligus menyegarkan. Tentunya dalam setiap teguknya akan membuat tubuh hangat. Tak hanya itu, minuman ini berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol, meredakan batuk dan mengobati masuk angin. Jadi, ingin mendapatkan manfaat sekaligus mencoba kenikmatan olahan sirup ini?

Harga: Sekitar Rp10.000

11. Proll Tape

proll tape
Proll Tape, Foto Oleh Ainurskitchen Com

Berkunjung ke Kota Bayuangga tak akan lengkap jika melewatkan makanan ringan khas Probolinggonya. Prol Tape adalah makanan khas Probolinggo yang cocok dijadikan buah tangan. Terbuat dari terigu, singkong, garam, mentega, telur, gula dan susu sapi. Topping keju di atas kue akan lebih menambah selera, juga karena menggunakan bahan singkong maka dapat dibayangkan bagaimana kelezatan Proll Tape ini. Untuk itu, jangan cuman mencicipinya tapi kamu wajib banget menjadikan Proll Tape sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Tempat: Pusat Oleh-Oleh Probolinggo
Alamat: Jalan Hos. Cokroaminoto. Gang VIII Nomor 161
Harga: Sekitar Rp20.000

12. Manisan

manisan
Manisan, Foto Oleh Kompas Com

Mengingat bahwa Probolinggo merupakan daerah penghasil buah mangga terbaik di Jawa Timur, maka masyarakat sekitar pun mulai berinisiatif untuk memanfaatkannya menjadi olahan makanan khas Probolinggo. Salah satunya yaitu Manisan, panganan satu ini kerap dijadikan oleh-oleh sekaligus kudapan setelah seharian bergelut dengan pekerjaan. Setelah masuk dalam komoditas, Manisan mulai diolah dengan bahan tambahan seperti pengenyal, pemutih, pengering atau gula buatan. Terdapat tiga jenis manisan yakni manisan basah, kering dan acar. Tentunya rasa enak, nikmat dan segar bikin kamu ingin terus mengunyahnya sampai habis.

Harga: Sekitar Rp22.000

Cukup menggiurkan bukan makanan khas dari Probolinggo? Tentunya jangan sampai kamu melewatkan kesempatan mencoba ragam kuliner Probolinggo di atas. Jadi, sempatkan waktu dan budget untuk icip-icip ragam kuliner khas dari Probolinggo yang enaknya kebangetan.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 12 Makanan Khas Probolinggo Jawa Timur Wajib Dicoba

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending