1. Resep

Resep Corndog Mozarela Renyah dan Lembut Ala Drama Korea Start-Up

Penggemar drama Korea pasti akan familiar dengan jajanan satu ini, Corndog namanya. Makanan lezat dari negeri gingseng ini kerap ditemukan di pinggiran jalan Korea dengan berbagai jenis. Saking melejitnya, jajanan khas Korea Corndog juga dapat ditemukan di Indonesia loh. Kini, banyak tempat makan yang menjajakan Corndog sebagai street food populer, termasuk Corndog isian mozarella. Selain lezat, keju mozarella juga merupakan jenis keju yang paling digemari penduduk Korea. Buat kamu yang tak sabar mencicipi camilan khas Korea ini tanpa keluar rumah, berikut resep Corndog mozarella kekinian ala kuliner Kota!

Asal-Usul Corndog

Jika sudah familiar dengan makanan hotdog, maka Corndog ini merupakan sejenisnya. Corndog adalah sosis tusuk yang dicelupkan ke dalam adonan tepung jagung lalu digoreng. Pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli sosis keturunan Jerman asal Texas. Jajanan ini awalnya dibuat menggunakan tusukan, tetapi sebagian orang kesulitan saat memakannya. 

Sehingga sang pencipta menusukkan makanan tersebut di batang kayu kecil serupa tusuk sate agar lebih mudah saat menyantap. Corndog dapat dengan mudah ditemukan dan biasanya dijual dengan konsep street food. Selain disajikan matang, jajanan khas Korea ini dijual dalam bentuk beku, jadi pelanggan hanya tinggal menggorengnya saat di rumah.

Berbeda dengan hotdog yang umumnya memakai bahan baku sosis biasa, Corndog dapat memakai berbagai jenis sosis seperti wiener, bratwurst atau sosis dengan filling keju di tengahnya. Saking menjadi primadona, di Amerika Serikat Corndog memiliki festival sendiri yakni “National Corndog Day” atau Hari Corndog Nasional. Festival ini dirayakan pada bulan Maret setiap minggu pertama hari sabtu. National Corndog Day juga diadakan untuk merayakan pekan kejuaraan bola basket NCAA Men’s Division atau dikenal dengan sebutan March Madness.

Resep Corndog Mozarella

cara membuat corndog
Cara Membuat Corndog Mozarella, Foto Oleh Womantalk Com

Bagi kamu yang sedang tak ingin keluar rumah, Kuliner Kota akan membagikan resep Corndog mozarella yang nikmat dan melar kejunya! Pastikan mengikuti setiap langkah cara membuat dan resep Corndog di bawah ini agar cita rasanya sesuai harapan.

Bahan Corndog Mozarella

  • Minyak goreng secukupnya,
  • Mayonaise secukupnya,
  • Saus sambal atau saus cabai secukupnya,
  • 1 butir telur,
  • 1 sdm gula pasir,
  • 2 sdt baking powder,
  • ½ sdt garam,
  • ½ lada bubuk,
  • 8 biji tusuk sate besar,
  • 200 gram tepung terigu,
  • 200 ml susu cair full cream,
  • 250 gram atau satu kotak keju mozarella,

Cara Membuat Corndog Mozarella

  1. Potong keju mozarella menyerupai balok sekitar 8 buah. Tusuk dengan tusukan sate.
  2. Siapkan wadah besar, tuang tepung terigu lalu gulingkan mozarella di atas tepung.
  3. Simpan keju tersebut ke dalam kulkas sekitar 30 menit agar tidak meleleh saat digoreng. Sisihkan.
  4. Campurkan tepung terigu dengan gula pasir, lada bubuk, baking powder, garam dan telur dalam wadah. Aduk rata.
  5. Tuang susu ke dalam adonan kemudian aduk sampai mengental. Masukkan selama 30 menit ke dalam kulkas.
  6. Keluarkan mozarella dan adonan Corndog jika sudah cukup dingin.
  7. Siapkan tepung roti dalam wadah untuk baluran.
  8. Tuang adonan Corndog tersebut ke dalam gelas yang cukup tinggi. Celupkan mozarella ke adonan perlahan.
  9. Angkat adonan. Guling dan ratakan ke tepung roti.
  10. Panaskan minyak goreng dan goreng Corndog dengan api sedang sampai matang berwarna emas kecoklatan.
  11. Angkat dan tiriskan.
  12. Corndog mozarella siap disantap dengan saus dan mayonaise.

Mudah bukan Resep Corndog mozarella di atas? Kamu bisa menambahkan saus keju agar terasa lebih nikmat. Untuk mendapatkan 8 porsi Corndog, cukup siapkan waktu sekitar 45 menit dengan budget kurang dari Rp30.000. Praktis dan lezat bukan? Jadi, bagi kamu penggemar berat drama Korea dijamin makin sempurna saat nonton ketika menghadirkan Corndog ini sebagai camilannya.

Baca Juga: Resep Kue Natal

Kandungan Gizi Corndog

resep corndog
Resep Corndog Mozarella, Foto Oleh Rukita Co

Tak hanya resep corndog yang mudah cita rasanya pun tiada banding dan tentunya memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Saat mengonsumsi satu buah Corndog, kamu akan mendapatkan 263 kalori, 10, 8 gram lemak, 31, 88 gram karbohidrat, 9,6 gram protein, 45 miligram kolesterol, 556 miligram sodium dan 150 miligram kalium. Cukup menggiurkan bukan setiap kandungan gizi dalam Corndog? Oleh karena itu, semakin ingin segera mempraktekkan Resep Corndog mozarella ala Kuliner Kota diatas?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Resep Corndog Mozarela Renyah dan Lembut Ala Drama Korea Start-Up

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]