1. Kuliner

29 Kuliner dan Makanan Khas Tasikmalaya Terkenal Enak

Tasikmalaya adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat yang menjadi jujugan wisatawan. Kota berjuluk “Sang Mutiara dari Priangan Timur” ini menawarkan beragam kuliner khas daerah yang mampu menggugah selera. Banyaknya menu masakan khas Tasikmalaya yang disediakan membuat para pelancong seringkali bingung ingin mencoba yang mana dulu. Cita rasa tiap hidangannya juga otentik dan pastinya lezat membuat siapapun ingin segera mencoba makanan khas Tasikmalaya. Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi kamu yang sedang berkunjung ke kota ini untuk mencicipi 29 kuliner khas Tasikmalaya ala Kuliner Kota berikut ini.

1. Nasi Cikur

Nasi Cikur
Nasi Cikur, Foto Oleh Maggi Id

Makanan khas Tasikmalaya yang pertama adalah Nasi Cikur. Cikur dalam bahasa Sunda berarti kencur. Hidangan ini disebut Nasi Cikur sebab pembuatannya yang menggunakan kencur sebagai salah satu rempah penyedapnya. Nasi Cikur sendiri sebetulnya adalah nasi goreng, namun keunikannya terdapat pada tambahan kencur muda dalam proses memasaknya. Pembuatan hidangan ini hampir sama dengan pembuatan nasi goreng pada umumnya. Selain kencur, bumbu-bumbu lain yang digunakan adalah terasi goreng, bawang goreng, bawang putih, cabai merah, minyak sayur serta garam. 

Soal rasa tak perlu ditanya, nasi goreng asli Tasikmalaya ini memiliki cita rasa yang lezat serta dapat menghangatkan tubuh karena kandungan kencurnya. Aroma Nasi Cikur ini juga sangat harum dan menggoda siapapun yang hendak menyantapnya. Nasi ini biasa disajikan bersama lauk tambahan seperti keripik tempe, serundeng, tahu goreng, suwiran daging ayam, telur dadar serta acar wortel yang pastinya akan menambah kenikmatan. Bagi kamu yang suka pedas, Nasi Cikur bisa disajikan dengan tambahan sambal goang yang mampu menghasilkan perpaduan cita rasa lezat di dalam mulut.

Alamat: Jalan Panyerutan, Nagarawangi, Cihideung, Tasikmalaya
Harga: Sekitar Rp5.000 per porsi

2. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom
Nasi Tutug Oncom, Foto Oleh Traveling Bisnis Com

Selain Nasi Cikur, makanan khas Tasikmalaya ini juga tak kalah nikmat. Olahan nasi ini dikenal dengan Nasi Tutug Oncom atau Nasi TO Tasik. Tutug merupakan bahasa Sunda yang berarti menumbuk, sebab tutug oncom dibuat dengan cara diaduk dan ditumbuk. Nasi Tutug Oncom memiliki cita rasa lezat dan gurih sebab dimasak menggunakan beragam bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kencur, kemangi, cabai rawit, gula serta garam. 

Biasanya nasi ini disajikan bersama lalapan khas Sunda serta berbagai lauk seperti tempe, tahu goreng, telor ceplok dan bakwan serta diberi tambahan sambal. Untuk sambal, terdapat dua pilihan yaitu sambal bajak dan sambal goang yang gurih dan pedasnya bikin kamu ingin nambah lagi.

Tempat: T.O Benhil
Alamat: Jalan Dadaha RT 04 / RW 09, Cikalang, Tasikmalaya
Harga: Sekitar Rp7.500 per porsi

3. Rengginang Oyek

Rengginang Oyek
Rengginang Oyek, Foto Oleh Liputan6 Com

Makanan khas Tasikmalaya ini bisa dibilang menjadi primadona sebab rasanya yang gurih dengan tekstur renyah sehingga menjadi favorit banyak orang. Berbeda dari Rengginang kebanyakan, Rengginang Oyek khas Tasikmalaya terbuat dari singkong yang diolah bersama berbagai bumbu seperti kencur dan ketumbar sehingga menciptakan cita rasa lezat dan gurih serta cocok dijadikan cemilan teman bersantai. Jika kamu sedang berkunjung ke Tasikmalaya, makanan khas ini wajib untuk cicipi kelezatannya.

4. Sale Pisang

Sale Pisang
Sale Pisang, Foto Oleh Blog Sayurbox Com

Tak hanya Rengginang Oyek saja yang menjadi cemilan favorit saat bertandang ke Tasikmalaya, sebab Sale Pisang juga merupakan makanan ringan khas Tasik yang tak kalah lezat. Berbeda dari Sale Pisang yang sering kita jumpai di daerah lain, Sale Pisang Tasikmalaya ini dibuat dari pisang yang diolah dengan cara disisir tidak terlalu tebal kemudian dijemur dibawah sinar matahari secara langsung. 

Sale Pisang yang sudah dijemur dapat langsung dikonsumsi atau pun digoreng menggunakan tepung terlebih dulu. Cita rasa Sale Pisang yang manis dan gurih ini pasti membuat kamu ketagihan untuk melahapnya lagi dan lagi. Selain itu, tentunya karena tahan lama Sale Pisang juga cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah.

Harga: Sekitar Rp13.000

5. Soto Ayam Pataruman

Soto Ayam Pataruman
Soto Ayam Pataruman, Foto Oleh Kulinerhunter Com

Hidangan khas Tasikmalaya ini sudah sangat melegenda sebab telah ada sejak tahun 1960-an. Cita rasa Soto Ayam Pataruman yang tidak pernah berubah membuat masakan ini menjadi favorit dan tidak ditinggalkan para pecinta kuliner. Soto ayam ini cukup unik sebab kuahnya sedikit encer dan berwarna bening. 

Dimana, seporsi Soto Ayam Pataruman berisi nasi putih hangat, kacang goreng suwiran daging ayam, ceker ayam, telur, ati ampela, irisan daun bawang serta tak lupa siraman kuah soto panas yang sedap. Cita rasa dari masakan ini juga sangat gurih karena santan kelapa yang digunakan. Selain itu, harga seporsi soto disini juga dibanderol dengan harga terjangkau dan sepadan rasa nikmat yang melegenda.

Alamat: Jalan Pataruman Nomor 23, Tasikmalaya, Jawa Barat
Harga: Sekitar Rp30.000 per porsi

6. Kupat Tahu

Kupat Tahu Tasikmalaya
Kupat Tahu, Foto Oleh Masakandapurku Com

Kuliner khas Tasikmalaya berikutnya adalah Kupat Tahu. Dari segi tampilan mungkin Kupat Tahu Tasik ini tampak sama dengan Kupat Tahu lain, namun ternyata proses pembuatan bumbunya yang berbeda. Beberapa penjual Kupat Tahu di Tasik masih menggunakan cara tradisional yaitu memasak dengan tungku dan kayu bakar. Oleh karena itu, bumbu yang dihasilkan memiliki cita rasa gurih dan lebih otentik. 

Jika kamu menyukai pedas, maka kamu bisa request cabe rawit pada penjual. Sepiring Kupat Tahu ini juga biasanya berisi kupat, tahu, bala-bala dan sayur toge. Tak lupa juga diberi siraman bumbu kacang yang menggoda dengan topping tambahan berupa kerupuk dan bawang goreng untuk menambah cita rasa gurih yang pastinya membuatmu ketagihan untuk melahapnya.

Alamat: Jalan Raya Garut KM 2, Kecamatan Mangunreja, Tasikmalaya
Harga: Sekitar Rp20.000 per porsi

7. Keripik Sukun

Keripik Sukun
Keripik Sukun, Foto Oleh Hiresep Com

Seperti namanya, cemilan khas ini berbahan dasar buah sukun yang sudah matang. Buah sukun tersebut kemudian diolah dengan cara dipotong kecil-kecil lalu digoreng dan diberi bumbu. Keripik ini memiliki cita rasa gurih dengan penampilan menarik berwarna kuning keemasan. Layaknya cemilan lain, Keripik Sukun juga cocok dijadikan teman minum teh sambil berkumpul bersama keluarga.

8. Tahu Bulat

Tahu Bulat
Tahu Bulat, Foto Oleh Resepedia Id

Makanan khas Tasikmalaya yang satu ini sempat booming beberapa tahun yang lalu. Cita rasanya yang gurih dan nikmat cocok dijadikan cemilan sore sambil bersantai. Tahu Bulat ini memiliki bentuk yang unik yaitu bulat seperti bola pingpong dengan tekstur kenyal. Biasanya, tahu yang sudah digoreng matang akan diberi bumbu dengan berbagai varian rasa seperti balado, asin dan pedas. Namun, tanpa diberi bumbu tambahan apapun Tahu Bulat yang telah digoreng juga sudah nikmat apalagi jika disantap dalam keadaan hangat.

Harga: Sekitar Rp500 per biji

9. Cilok Goang

Cilok Goang
Cilok Goang, Foto Oleh Review Bukalapak Com

Bagi kalian pecinta cilok, makanan khas Tasik ini tidak boleh dilewatkan. Cilok Goang sebetulnya adalah sajian cilok yang disiram dengan kuah Sambal Goang sehingga disebut sebagai Cilok Goang. Hidangan ini memiliki cita rasa pedas dan gurih dengan tekstur cilok yang kenyal dan lembut saat masuk ke mulut. Kuahnya yang khas juga menambah kenikmatan masakan ini. Biasanya Cilok Goang disajikan bersama isian pelengkap lain seperti mie kering, ceker ayam, sayap ayam dan tahu. Santap Cilok Goang juga akan semakin lezat dengan tambahan taburan bawang goreng.

Alamat: Jalan Letnan Kolonel RE Djaelani, Cilembang, Kecamatan Cihideung, Tasikmalaya
Harga: Mulai Rp5.000 –  Rp10.000

10. Pecel Oranye

Pecel Oranye
Pecel Oranye, Foto Oleh Travelingholic Com

Pecel khas Tasikmalaya ini ternyata telah eksis sejak zaman penjajahan Belanda. Seporsi hidangan legendaris ini biasanya terdiri dari kacang panjang, kol, tauge serta sayuran lainnya yang kemudian disiram dengan bumbu kacang. Pecel Oranye memiliki cita rasa manis dan asam yang dihasilkan dari perasan jeruk nipis. Perpaduan rasa tersebut mampu membuat siapapun ketagihan untuk menikmati hidangan ini kembali. Jadi akan sangat disayangkan jika kamu melewatkan makanan khas Tasikmalaya yang satu ini saat sedang berkunjung ke kota ini.

Alamat: Jalan Empang Nomor 27, Kecamatan Cihideung, Tasikmalaya

11. Opak

Opak
Opak, Foto Oleh Idntimes Com

Kuliner khas Tasikmalaya berikutnya adalah Opak. Cemilan khas ini terbuat dari beras ketan dan tepung tapioka yang dibumbui dengan gula serta garam sebagai penyedap rasa. Adonan Opak yang sudah dibumbui, kemudian dibentuk bulat pipih seperti teplek. Selanjutnya, adonan dibiarkan mengering dan barulah dipanggang diatas tungku hingga mengembang dan renyah. Karena proses pembuatannya dipanggang, bagian luar Opak tampak coklat hingga hampir gosong. Meski begitu rasa cemilan ini tak perlu diragukan lagi apalagi jika disantap bersama sambal khas Opak, sudah pasti rasanya akan semakin lezat.

12. Wajit

Wajit
Wajit, Foto Oleh Republika Co Id

Wajit adalah makanan ringan khas Tasikmalaya yang dibuat dari ketan dicampur dengan kelapa yang sudah dihaluskan dan dimasak bersama gula aren atau gula merah. Biasanya, cemilan ini akan dimasak menggunakan tungku hingga matang. Uniknya, Wajit yang sudah matang akan dibentuk kecil-kecil dan dibungkus menggunakan daun jagung kering. Belum selesai sampai disini, Wajit yang sudah dibungkus rapi akan dijemur hingga daun jagung semakin kering. Dari proses ini akan menghasilkan Wajit dengan tekstur yang kering pada bagian luar namun sangat lembut pada bagian dalam. Cita rasa yang ditawarkan juga manis sehingga cocok banget dijadikan camilan.

13. Kolontong

Kolontong
Kolontong, Foto Oleh Javatravel Net

Makanan khas Tasikmalaya yang satu ini juga berbahan dasar beras ketan yang diolah bersama gula aren. Meski bahan dasarnya mirip dengan Wijit, jajanan ini dibuat dengan cara yang berbeda. Sebab, setelah tepung beras dan gula merah tercampur rata adonan tersebut akan dibentuk oval sebesar ibu jari. Selanjutnya barulah dijemur dan digoreng. Cemilan ini memiliki cita rasa manis sehingga cocok dinikmati bersama secangkir kopi atau teh. 

Alamat: Sepanjang Jalan Cisayong, Tasikmalaya
Harga: Sekitar Rp70.000 per kilo

14. Citruk

Citruk
Citruk, Foto Oleh Cookpad Com

Citruk adalah makanan khas Tasikmalaya berbahan dasar tepung kanji. Jajanan jadul ini sekarang sudah mulai sulit ditemukan di Tasikmalaya, meski begitu beberapa usaha rumahan di Tasikmalaya mencoba melestarikannya kembali. Citruk sendiri merupakan singkatan dari “Aci Ngegetruk”, yang berarti aci atau tepung kanji yang teksturnya agak keras tetapi renyah.

Cara pembuatannya juga cukup sederhana, tepung kanji diberi air hingga berbentuk adonan. Setelah itu berbagai rempah ditambahkan untuk menambah cita rasa. Adonan yang sudah jadi kemudian dibentuk keping-keping kecil menyerupai koin. Rasa dari jajanan ini juga gurih, jadi jangan sampai kelewatan mencicipi cemilan unik ini ya. 

Harga: Sekitar Rp20.000

15. Godeblag

Godeblag
Godeblag, Foto Oleh Cookpad Com

Makanan khas Tasikmalaya selanjutnya adalah Godeblag. Godeblag memiliki tampilan bulat dan pipih terbuat dari singkong atau ketela pohon. Pemilihan singkong sebagai bahan utamanya juga tidak boleh sembarangan sebab sangat berpengaruh pada cita rasa makanan ini. Singkong yang paling ideal diolah menjadi Godeblag adalah singkong yang tidak terlalu muda tapi tidak terlalu tua juga. Cita rasanya yang gurih, membuat olahan singkong ini cocok menjadi pendamping menu santap mie ayam atau Bakso. Dijamin acara makanmu akan semakin nikmat ditemani Godeblag khas Tasikmalaya sebagai pelengkapnya. 

Harga: Sekitar Rp30.000 per kilo

16. Noga Kacang

Noga Kacang
Noga Kacang, Foto Oleh Cookpad Com

Jajanan khas Tasikmalaya memang tak ada habisnya. Noga Kacang adalah cemilan asli Tasik yang terbuat dari campuran kacang tanah dan gula pasir. Pembuatannya pun tanpa pemanis buatan dan pengawet sehingga cita rasa yang ditawarkan lebih otentik. Makanan ini juga bisa dibilang legendaris sebab telah ada sejak tahun 1982 di Tasikmalaya. Untuk itu, bagi kamu yang ingin menikmati manis dan gurihnya cemilan khas ini pastikan mencobanya ketika sedang berkunjung ke Tasikmalaya. 

Harga: Sekitar Rp20.000 per pack

17. Kue Aci

Kue Aci
Kue Aci, Foto Oleh Cookpad Com

Kue Aci khas Tasikmalaya ini sebenarnya adalah sejenis kue kering. Kudapan ini dibuat dari aci atau tepung tapioka yang dicampur dengan berbagai bahan seperti telur, mentega, gula dan bahan lainnya hingga menjadi adonan kue. Kue Aci memiliki cita rasa manis sehingga cocok bagi kamu pecinta manis dan suka ngemil. Tentunya kue khas Tasikmalaya ini juga cocok dijadikan sebagai cemilan saat bersantai maupun menikmati keindahan Kota Tasik.

Harga: Sekitar Rp15.000 per bungkus

18. Ladu

Ladu
Ladu, Foto Oleh Infociwidey Com

Ketika sedang bertandang ke Tasikmalaya tak lengkap rasanya jika belum mencicipi jajan unik dan khas yang satu ini. Ladu adalah salah satu makanan khas Tasikmalaya Jawa Barat berbahan dasar beras ketan dan bercita rasa manis. Ladu juga memiliki tekstur mirip dengan Dodol Garut dan biasanya menjadi sajian ketika momen Lebaran tiba. Meskipun begitu kamu tak perlu khawatir sebab banyak toko yang menyediakan makanan khas ini jika kamu ingin mencobanya. 

Harga: Sekitar Rp20.000 per pack

19. Kalua Jeruk

Kalua Jeruk
Kalua Jeruk, Foto Oleh Sahabatufs Com

Kalua Jeruk adalah manisan khas Tasikmalaya berbahan utama kulit jeruk. Makanan ini dibuat dengan mencampurkan kulit jeruk, gula serta perasa lainnya seperti strawberry dan Durian. Cita rasanya yang manis dan unik membuat jajanan ini populer serta disukai warga lokal maupun para wisatawan yang berkunjung ke Kota Tasikmalaya.

Harga: Sekitar Rp40.000 per kilo

20. Sate Maranggi

Sate Maranggi
Sate Maranggi, Foto Oleh Food Detik Com

Kuliner khas Tasikmalaya satu ini wajib untuk dicoba saat sedang bertandang ke kota ini. Sate Maranggi sebetulnya tak jauh berbeda dengan sate lainnya, namun yang membuatnya menjadi lebih istimewa adalah daging sapi sebagai bahan utama hidangan dipotong dengan ukuran besar. Sepiring Sate Maranggi biasanya disajikan dengan siraman bumbu kacang diseluruh permukaan sate serta tak lupa diberi kecap, bawang merah, cabai, irisan tomat serta taburan bawang goreng yang mampu membuat kuliner ini tampak menggoda dan membuat siapapun tak sabar untuk menyantapnya. 

Harga: Sekitar Rp30.000 per porsi

21. Es Bojong

Es Bojong
Es Bojong, Foto Oleh Food Detik Com

Selain makanan dan cemilan khas, Tasikmalaya juga mempunyai minuman khas bernama Es Bojong. Es ini merupakan minuman legendaris yang terbuat dari perpaduan air sirup dan santan. Minuman segar ini memiliki beragam isian seperti nangka, nanas, kelapa muda alpukat, durian tape ketan, cincau hitam dan isian lainnya. Keunikan dari minuman ini adalah rasa santan yang mendominasi dan pekat sehingga membuat Es Bojong lebih istimewa dari minuman es lainnya. Bagi kamu yang sedang berkeliling Tasikmalaya di siang hari Es Bojong cocok banget dijadikan pelepas dahaga. 

Harga: Sekitar Rp10.000 per gelas. 

22. Mie Bakso Babat

Mie Bakso Babat
Mie Bakso Babat, Foto Oleh Resepmasakanku Net

Salah satu makanan khas Tasikmalaya yang sangat sayang bila dilewatkan adalah Mie Bakso Babat. Seperti namanya, hidangan ini merupakan olahan mie yang dipadu dengan bakso serta diberi topping babat. Mie nya sendiri memiliki tekstur lembut dan kenyal dengan kuah kaldu gurih dan segar. Ada beragam topping yang bisa dipadukan dalam sajian ini seperti pangsit dan ceker. 

Namun, topping yang menjadi favorit dan spesial adalah babat jarit hitam. Meskipun babat adalah jeroan, babat disini direbus hingga aroma anyirnya hilang sehingga acara santap Mie Bakso lebih nikmat. Jadi, tunggu apalagi langsung saja cicipi gurih dan lezatnya Mie Bakso Babat ini saat berkunjung ke Tasikmalaya. 

Tempat: Mie Bakso Laksana

23. Sambal Goang

Sambal Goang
Sambal Goang, Foto Oleh M Tribunnews Com

Jika kamu pecinta masakan pedas maka sambal khas Tasikmalaya ini tidak boleh dilewatkan. Sambal Goang adalah makanan khas Tasikmalaya yang biasanya menjadi pelengkap santap menu lain seperti Nasi Tutug Oncom, Ayam Goreng, Ikan Goreng maupun Pepes. Rasanya yang pedas dan nikmat sangat cocok menemani beragam menu makan khas Tasik. 

Sambal Goang khas Tasik terbuat dari cabai rawit, bawang putih, kencur, garam dan bahan lainnya yang kemudian diulek lalu disiram dengan sedikit minyak panas agar cabai menjadi agak layu serta beraroma sedap. Dijamin acara makanmu semakin nikmat dengan tambahan Sambal Goang sebagai pelengkapnya.

Tempat: Rumah Makan Pepes Jembar
Alamat: Jalan Laswi, Tasikmalaya

24. Bubur Ayam Tasikmalaya

Bubur Ayam Tasikmalaya
Bubur Ayam Tasikmalaya, Foto Oleh Masakandapurku Com

Hampir setiap kota di Indonesia menyediakan kuliner berupa Bubur Ayam. Namun, Bubur Ayam Tasikmalaya ini sedikit berbeda dari Bubur Ayam lain sebab tekstur buburnya yang dibuat tidak terlalu kental. Cita rasa dari Bubur Tasikmalaya ini juga gurih dan lezat ditambah dengan berbagai topping seperti suwiran daging ayam, ati ampela, cakwe serta taburan daun bawang yang mampu menambah kelezatan. Bubur Ayam khas Tasik ini juga cocok dijadikan menu sarapan. Jadi, bagi kamu yang sedang bingung ingin mengawali hari di Kota Tasikmalaya ini dengan makan pagi apa, maka Bubur Ayam Tasikmalaya ini bisa jadi pilihan. 

Tempat: Bubur Ayam Haji Zaenal
Alamat: Jalan R Ikik Wiradikarta Nomor 33
Harga: Sekitar Rp15.000 – Rp25.000 per porsi

25. Mie Ayam Pelangi

Mie Ayam Pelangi
Mie Ayam Pelangi, Foto Oleh Pergikuliner Com

Seperti namanya, sajian kuliner khas Tasikmalaya ini berupa olahan mie yang berwarna-warni. Beberapa warna yang dimiliki oleh mie ini adalah kuning, hijau, merah dan putih. Meski tampilan mie nya colorful, kamu tak perlu khawatir sebab warna tersebut berasal dari pewarna alami sayur-sayuran. Seporsi Mie Ayam Pelangi biasanya disajikan dengan bakso atau lauk lainnya. Untuk rasa jangan diragukan lagi, sebab selain tampilannya yang cantik hidangan ini juga punya cita rasa lezat dan gurih.

Alamat: Jalan HZ Mustofa Nomor 362, Tasikmalaya
Harga: Sekitar Rp15.000 per porsi

26. Martabak Ramayana

Martabak Ramayana
Martabak Ramayana, Foto Oleh Food Grab Com

Hampir setiap kota menyediakan hidangan martabak, termasuk kota Tasikmalaya. Martabak Ramayana asli Tasikmalaya merupakan martabak legendaris sebab sudah ada sejak tahun 1993. Kepopuleran kuliner satu ini tak hanya karena telah ada sejak lama, tetapi juga karena cita rasa legit dan otentik. Terdapat dua varian Martabak Ramayana, yaitu manis dan asin. Untuk varian manis sendiri terdapat beberapa topping yang bisa kamu pilih seperti coklat, keju, kacang, jagung serta varian lainnya. Oleh karena itu, bagi kamu pecinta martabak langsung saja buktikan sendiri kelezatannya ketika bertandang ke Tasikmalaya.

Alamat: Jalan Tentara Pelajar Nomor 68, Empangsari, Kecamatan Tawang, Tasikmalaya
Harga: Sekitar Rp11.000

27. Comet

Comet
Comet, Foto Oleh Cookpad Com

Makanan khas Tasikmalaya Jawa Barat ini termasuk cemilan hits di daerah Sunda. Comet merupakan singkatan dari combro sa’emet atau yang berarti combro dalam ukuran kecil. Makanan ini terbuat dari campuran singkong dan oncom. Cita rasanya sendiri gurih sehingga cocok dijadikan kudapan sambil bersantai dan berkeliling menikmati suasana Kota Tasikmalaya.

Alamat: Jalan Paseh Nomor 106, Tuguraja, Kecamatan Cihideung, Tasikmalaya.
Harga: Sekitar Rp15.000.

28. Kemplang Khas Tasikmalaya

Kemplang Khas Tasikmalaya
Kemplang Khas Tasikmalaya. Foto Oleh Pesonanusnatara Co Id

Kemplang adalah makanan khas Tasikmalaya yang dibuat dari perpaduan adonan beras ketan dan kelapa. Gurihnya kelapa membuat cita rasa cemilan ini semakin spesial. Meskipun cocok dimakan langsung, makanan khas dari Tasikmalaya ini biasanya juga disajikan bersama masakan berkuah seperti soto dan bakso. Perpaduan rasa unik dan tentunya nikmat membuat kamu wajib banget mencoba hidangan khas Tasik ini. 

Harga: Sekitar Rp7.000 – Rp11.000

29. Kue Tutug Oncom

Kue Tutug Oncom
Kue Tutug Oncom, Foto Oleh M Ayotasik Com

Kue khas Tasikmalaya yang satu ini bisa dibilang sangat unik. Sebab, biasanya Tutug Oncom dipadukan dengan nasi putih namun pada olahan ini dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan kue kering. Cita rasa yang tercipta juga tak biasa, sebab kue kering ini memiliki rasa pedas dengan aroma wangi rempah oncom. Untuk itu, jika kamu gemar berburu makanan unik Kue Tutug Oncom ini banget dicoba ketika bertandang ke Tasikmalaya.

Tempat: Notivizi Cookies Vianti
Harga: Sekitar Rp70.000 per toples. 

Nah, itulah ulasan lengkap rekomendasi makanan khas dari Tasikmalaya versi Kuliner Kota yang wajib untuk dicoba. Kota Tasikmalaya memang menyediakan beragam kuliner unik dan lezat yang hanya bisa ditemui jika kamu berkunjung kesini. Tak hanya makanan berat saja, beragam cemilan khas juga wajib banget untuk dicoba. Jadi, jika Sobat Kuliner Kota sedang mampir ke Tasikmalaya jangan lupa untuk mencicipi setiap kuliner khasnya yang dijamin enak banget.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 29 Kuliner dan Makanan Khas Tasikmalaya Terkenal Enak

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending