Cicipi 12 Kuliner Bukittinggi yang Enak dan Bikin Nagih Ini

Keripik Sanjay Bukittinggi
Wisata kuliner Bukittinggi? Jangan lupa cicipi 12 makanan khas Bukittinggi yang enak dan bikin ketagihan untuk nambah porsi lagi.
Daftar isi

Kota Bukittinggi, menyimpan pesona keindahan dengan icon sebuah Jam Gadang yang menjadi daya pikat bagi wisatawan untuk singgah disini. Jalan-jalan ke kota Bukittinggi tidak akan pernah terasa lengkap tanpa mencoba kuliner Bukittinggi yang punya cita rasa khas dan juara. Kamu perlu tahu, bahwa makanan khas Bukittinggi memiliki perpaduan cita rasa rempah-rempah yang bakal bikin ketagihan untuk mencobanya berulang kali.

Namun, dari sekian banyak makanan khas Bukittinggi, 12 kuliner Bukittinggi ini tidak boleh terlewatkan saat berwisata kuliner. Pastinya dengan ragam cita rasa yang bakal menggugah selera untuk segera menyantapnya. Berikut daftar kuliner Bukittinggi yang wajib kamu coba saat berada disini.

1. Ayam Pop

Kuliner Bukittinggi yang wajib kamu coba pertama kali saat singgah di sini adalah Ayam Pop. Olahan ayam kampung yang direbus menggunakan santan serta tambahan berbagai bumbu khusus lalu digoreng dalam waktu singkat ini menghasilkan warna yang pucat dan putih kecoklatan. Meskipun warna Ayam Pop kurang menarik, namun cita rasanya bakal menggoyang lidah anda apabila disantap bersama nasi hangat.

Ayam Pop Bukittinggi
Ayam Pop , Foto oleh Masak Apa Hari Ini Com

Jika kamu tertarik menikmati kuliner Bukittinggi ini maka kunjungi salah satu tempat makan di Bukittinggi yang sudah melegenda dan berdiri sejak tahun 1950-an, yaitu Rumah Makan Family Benteng Indah yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso No.4. Tertarik mencoba kenikmatan Ayam Pop?

2. Nasi Kapau

Rasanya belum sah ke Bukittinggi kalau belum mencoba kuliner Bukittinggi yang satu ini, Nasi Kapau. Nasi Kapau merupakan nasi Padangnya orang Bukittinggi, dimana olahan nasi akan disajikan bersama dengan 20 macam lauk yang menggugah selera makan. Tidak hanya itu, siraman bumbu balado dan aneka sayuran yang unik bakal bikin anda ketagihan ingin mencoba kelezatan Nasi Kapau berulang kali.

Artikel Terkait

Nasi Kapau Bukittinggi
Nasi Kapau, Foto oleh Tangerang Corner Com

Untuk mencicipi Kuliner Bukittinggi ini, bisa langsung datang ke salah satu tempat makan yaitu Warung Uni Lis di Pasar Ateh, Los Lambuang yang tidak jauh dari Jam Gadang. Rasanya yang khas dijamin bakal bikin perpaduan yang pecah di mulut saat kamu menikmatinya.

3. Keripik Sanjay

Tidak hanya ragam kuliner Bukittinggi saja yang wajib kamu cicipi, tapi jajanan khas Bukittinggi seperti Keripik Sanjay juga tidak boleh terlewatkan. Terbuat dari singkong yang diiris tipis lalu digoreng dengan minyak kelapa sampai renyah, Keripik Sanjay memiliki cita rasa gurih dan renyah di mulut. Keripik Sanjay memiliki tiga pilihan rasa yang bisa kamu cicipi yaitu original, asin, dan pedas.

Baca Juga:  20 Kuliner dan Makanan Khas Belitung Terkenal Enak
Keripik Sanjay Bukittinggi
Keripik SanjayFoto oleh Ksm Tour Com

Selain punya tiga varian rasa, Keripik Sanjay juga cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah lho! Karena awet dan dikemas dengan berbagai macam ukuran. Untuk bisa menikmati Keripik Sanjay, kamu bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh di Kota Bukittinggi.

4. Lamang Tapai

Lamang Tapai Bukittinggi
Lamang Tapai, Foto oleh Haeko Blog Spot Com

Menjadi salah satu kuliner Bukittinggi yang hadir saat ramadhan, Lamang Tapai bisa jadi pilihan untuk berwisata kuliner saat berada di kota dengan ikon Jam Gadang ini. Sajian berupa tapai dengan kuah hitam dan ketan hitam di atasnya, bakal bikin perpaduan rasa yang unik dan pecah di mulut saat kamu menyantapnya. Meskipun menjadi salah satu makanan khas saat ramadhan tiba, kamu tetap bisa mencicipi nikmatnya Lamang Tapai di hari-hari biasa lho! Karena banyak penjual yang menjajakan makanan khas Bukittinggi ini, salah satunya ada di Jalan Panorama 19c, area wisata Bukittinggi Taman Panorama.

5. Ampiang Dadiah

Ampiang Dadiah Bukittinggi
Ampiang Dadiah, Foto oleh Dherdian WordPress Com

Menjadi salah satu kuliner Bukittinggi yang wajib kamu coba, Ampiang Dadiah tidak hanya punya cita rasa yang unik tapi juga berkhasiat untuk kesehatan. Makanan khas Bukittinggi yang terbuat dari campuran ketan merah dan ketan putih yang ditumbuk pipih (ampiang) dengan fermentasi susu kerbau (dadih) lalu diberi kuah gula merah dan taburan parutan kelapa ini memiliki perpaduan cita rasa yang unik saat kamu menikmatinya. Selain itu, Ampiang Dadiah sekilas memiliki tampilan yang mirip dengan bubur sumsum namun bentuk dan cita rasanya berbeda. Tertarik untuk mencoba menikmati Ampiang Dadiah saat di Bukittinggi? Untuk mendapatkannya kamu bisa berkunjung ke Pasar Lereng atau Pasar Ateh. Dijamin rasanya lamak bana!

6. Sate Danguang Danguang

Bagi kamu pecinta sate, maka Sate Danguang Danguang wajib jadi kuliner Bukittinggi yang harus dicoba. Merupakan jenis sate yang memiliki ciri khas berupa potongan daging tipis-tipis serta bumbu siram berwarna kuning sebagai saus, makanan khas Bukittinggi ini memiliki cita rasa pedas yang menggugah selera. Meskipun rasanya sedikit pedas, Sate Danguang Danguang sama sekali tidak memiliki aroma pedas seperti layaknya makanan pedas pada umumnya.

Baca Juga:  15 Makanan Khas Tangerang yang Terkenal Enak dan Lezat
Sate Danguang Danguang Bukittinggi
Sate Danguang Danguang, Foto oleh Back Pcker Jakarta Com

Jika tertarik untuk mencicipi nikmatnya kuliner Bukittinggi ini, kamu bisa coba datang ke area kampung cina Bukittinggi pada malam hari. Lezatnya sate ditemani dinginnya angin malam di Kota Bukittinggi bakal bikin kamu rindu untuk mencobanya berulang kali.

7. Kopi Kawa Daun

Tidak hanya kuliner Bukittinggi saja yang bisa kamu nikmati saat berada disini, Kopi Kawa Daun juga harus masuk daftar minuman yang wajib dicoba. Uniknya kopi khas Bukittinggi ini tidak menyeduh bubuk kopi melainkan menyeduh daun kopu. Selain itu, Kopi Kawa Daun disajikan menggunakan batok kelapa. Menarik bukan?

Kopi Kawa Daun Bukittinggi
Kopi Kawa Daun, Foto oleh Pesona Travel

Kopi Kawa Daun memiliki tampilan mirip teh hitam pekat, namun bercita rasa kopi seperti pada umumnya. Kamu bisa menikmati kopi khas Bukittinggi ini dengan tambahan susu lho! Agar lebih manis dan semakin mantap saat diseduh. Anda bisa mencicipi minuman unik ini di Kawa Daun Kutada yang berada di Jalan H. Miskin No.77, Campago Ipuh, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Bagaimana, tertarik mencoba nikmatnya Kopi Kawa Daun saat di Bukittinggi?

8. Pisang Kapik

Memiliki nama yang cukup unik, kuliner Bukittinggi ini bisa jadi solusi camilan untuk teman minum kopi ataupun teh, Pisang Kapik. Merupakan kuliner berbahan utama pisang batu atau pisang gepok yang dipanggang diatas bara api sampai warna kecokelatan. Selanjutnya pisang dikapik (dijepit) sampai gepeng, lalu ditaburi parutan kelapa yang sudah dicampur dengan gula aren. Perpaduan cita rasa manis, gurih, sepet serta aroma bara api yang khas, sukses bikin kamu ketagihan untuk mencobanya berulang kali.

Pisang Kapik Bukittinggi
Pisang Kapik, Foto oleh Pungky Sudrajat Blogspot Com

Jika tertarik mencicipi nikmatnya jajanan satu ini, kamu bisa datang di Pasar Ateh, Bukittinggi yang lokasinya tidak jauh dari ikon Jam Gadang. Yuk, coba sensasi lezatnya Pisang kapik saat berada di Bukittinggi!

9. Pical Sikai

Jika di Pulau Jawa kamu menemukan pecel, maka Pical Sikai merupakan pecelnya orang Minang. Kuliner Bukittinggi ini berupa sayuran yang terdiri dari jantung pisang, rebung daun pucuk singkong dan daun lobak singgalang yang disiram dengan kuah kacang serta disajikan bersama potongan ketupat dan kerupuk merah diatasnya. Perpaduan cita rasa yang khas pada Pical Sikai cocok dijadikan menu sarapan sebelum jelajah wisata di Bukittinggi.

Baca Juga:  15 Makanan Khas Kudus Terkenal Kaya Rasa dan Murah
Pical Sikai
Pical Sikai, Foto oleh Id Wikipedia Org

Untuk mendapatkan makanan khas Bukittinggi juga cukup mudah lho! Kamu bisa datang ke salah satu tempat warung Pical Sikai yang berlokasi di Jalan Panorama 19C. Tertarik mencicipi bagaimana nikmatnya Pical Sikai sebagai menu sarapan di Kota Bukittinggi?

10. Karupuak Kuah

Karupuak Kuah Bukittinggi
Karupuak kuah, Foto oleh Pengusaha Sukses Com

Tidak hanya punya berbagai kuliner bercita rasa menggoda, jajanan khas Bukittinggi juga tidak kalah nikmat dan patut untuk dicoba, seperti Karupuak Kuah salah satunya. Sajian kuliner Bukittinggi berupa kerupuk lebar yang terbuat dari singkong atau beras dan dihidangkan dengan kuah sate padang serta campuran sambal dan bihun diatasnya. Perpaduan rasa gurih yang khas cocok disantap untuk menemani perjalanan kamu menikmati waktu senja di Kota Bukittinggi. Jika tertarik untuk mencicipi nikmatnya Karupuak Kuah, kamu bisa mendapatkannya di daerah sekitaran Jam Gadang saat menjelang malam hari.

11. Itiak Lado Mudo

Itik Lado Mudo Bukittinggi
Itiak Lado Mudo Foto oleh Twitter Com

Kuliner Bukittinggi selanjutnya yang tidak boleh terlewatkan adalah Itiak Lado Mudo. Merupakan salah satu makanan khas Bukittinggi berbahan dasar daging bebek muda yang diolah dengan berbagai rempah-rempah sehingga menghasilkan cita rasa gurih dan khas. Itiak Lado Mudo akan semakin nikmat saat disantap menggunakan nasi hangat, bikin perpaduan yang pecah dan tidak akan pernah terlupakan. Jika tertarik mencoba nikmatnya Itiak Lado Mudo, kamu bisa mengunjungi rumah makan di daerah Bukittinggi bernama Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai yang berada di Jalan Binuang No.41, Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

12. Gulai Jariang Muda

Gulai Jariang Muda
Gulai Jariang Muda,Foto oleh Kompasiana Com

Bagi kamu pecinta jengkol, maka kuliner Bukittinggi ini wajib untuk dicicipi, Gulai Jariang Muda. Merupakan salah satu makanan khas Bukittinggi berbahan dasar jengkol yang diolah dengan kuah santan kental bersama aneka rempah sehingga menghasilkan perpaduan rasa gurih yang pecah di mulut. Apalagi menikmatinya bersama nasi hangat, rasanya bikin tidak ingin berhenti mengunyah. Jika tertarik mencoba nikmatnya kuliner khas satu ini, kamu bisa memesannya di seluruh tempat makan yang ada di Bukittinggi.

Bagaimana, dari 12 kuliner khas Bukittinggi diatas yang mana favorit kamu? Jangan sampai sudah singgah di kota dengan ikon Jam Gadang ini, tapi melewatkan untuk mencoba nikmatnya berbagai kulinernya ya sobat Kuliner Kota! Manjakan lidah kamu dengan berbagai kuliner bercita rasa nikmat dan menggugah selera diatas.

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *