Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Resep Rendang Padang Asli Minang Yang Empuk & Enak

2 min read

Rendang Daging

Momen idul adha menjadikan aneka macam daging-dagingan akan jadi bahan dasar utama dalam masakan. Untuk itu, Kuliner Kota punya resep rendang daging ala Padang yang dijamin enak, praktis dan mengugah selera. Aromanya yang khas, serta perpaduan cita rasa yang gurih bakal bikin kamu jatuh hati untuk segera menyantapnya. Tidak hanya nikmat, pastinya dengan mengolah daging menjadi rendang akan membuat masakan kamu lebih awet dan tahan lama. Oleh sebab itu, baca lengkap cara membuat rendang dalam artikel berikut ini.

Sejarah Rendang 

Rendang Daging
Rendang Daging Padang, Foto oleh Unilever Food Solutions Co Id

Sebelum kita memasak makanan khas Padang, rendang yang menjadi salah satu makanan terenak di dunia versi CNN, berikut sejarah rendang yang perlu kita ketahui. Rendang yang berasal dari suku Minang ini juga biasa disebut ‘Randang’. Rendang memang sudah ada dari jaman dahulu dan merupakan makanan khas yang biasa disajikan dalam acara adat maupun hidangan sehari-hari. 

Rendang dimasak menggunakan bahan dasar daging dan diberi santan kelapa , tak lupa dengan berbagai bumbu rempah yang menjadikannya lebih nikmat. Awal lahirnya rendang yaitu saat masyarakat Minang mengadakan acara adat dan memasak hidangan ini hingga akhirnya masakan ini berkembang dan meluas ke daerah-daerah lainnya.

Karena rendang kering mampu bertahan berbulan-bulan lamanya, akhirnya sekitar abad ke-19, masyarakat Minang menjadikannya bekal untuk merantau atau dalam perjalanan berniaga. Karena alasan itulah rendang dikenal luas di Sumatra sampai semenanjung Malaya. Dan sampai kini rendang juga masih jadi favorit masyarakat sebagai masakan idul adha ataupun menu saat lebaran tiba.

Selain itu, rendang juga memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Minang. Berawal dari 4 bahan pokok pembuatan rendang yang melambangkan keutuhan masyarakat Minang. Secara simbolik daging (dagiang) memiliki arti pemimpin suku adat (niniak mamak), kelapa (karambia) memiliki arti kaum intelektual (cadiak pandai), cabai (lado) sebagai makna alim ulama dan bumbu (pemasak) berarti seluruh masyarakat Minang.

Resep Rendang Daging

Itu dia, asal usul dari masakan rendang yang merupakan salah satu makanan terenak di dunia, yang bisa ditemukan pada berbagai warung Padang di berbagai daerah. Selanjutnya, yuk kreasikan resep rendang daging khas Padang ala Kuliner Kota untuk lebaran idul adha maupun sajian saat lebaran idul fitri. Pastinya enak, gurih, awet dan tahan lama, jadi cocok banget untuk bekal saat bepergian kemanapun.

Bahan dan Bumbu Rendang

  • 1 Kg daging sapi yang sudah dibersihkan (boleh pakai daging kambing),
  • 8 Siung bawang merah,
  • 5 Siung bawang putih,
  • 1 Sendok teh merica bubuk/ ketumbar bubuk,
  • 1 Buah cabai merah besar yang sudah dibuang bijinya,
  • 4 Butir kemiri,
  • 1 Buah tomat,
  • 65 Ml santan kental,
  • ¼ Butir pala ( Bisa diganti ¼ sendok teh pala bubuk),
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya,
  • Gula merah secukupnya, jangan lupa disisir,
  • 3 Lembar daun jeruk.

Cara Membuat Rendang

Resep Rendang
Resep Rendang, Foto Oleh Masak Apa Hari Ini Com
  1. Iris daging sapi yang sudah dicuci bersih dengan tebal ½ cm atau 1 cm,
  2. Haluskan semua bumbu kecuali daun jeruk,
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum,
  4. Masukan irisan daging sapi dan aduk rata. Jangan lupa tambahkan sedikit air,
  5. Tunggu sampai daging empuk bumbu meresap sempurna kurang lebih 60 menit,
  6. Selanjutnya tambahkan santan kental dan gula merah yang sudah disisir,
  7. Tunggu sampai bumbu dan santan meresap sempurna serta mengental, kurang lebih sekitar 30 menit – 45 menit,
  8. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat.

Mudah bukan resep rendang daging ala Kuliner Kota diatas? Selain mudah pastinya juga bergizi dan mengenyangkan. Cocok digunakan lauk makan siang ataupun makan malam. Jika kalian tertarik membuat resep rendang daging sapi di atas, kamu perlu menyiapkan waktu sekitar 120 menit dan budget sekitar Rp120.000 jika membeli daging sapi sendiri. Kalau saat momen idul adha dan daging menumpuk di kulkas, kamu hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp25.000 saja untuk membeli bumbu-bumbu rendang. Jadi, mau mengkreasikan resep rendang daging saat momen idul adha nanti?

Kandungan Gizi Rendang

Rendang Daging
Rendang Daging, Foto Oleh Uprit Id

Dalam satu porsi rendang daging, kamu akan mendapatkan, 1950 kkal kalori, 110,7 gram lemak, 44,9 gram karbohidrat, 196,8 gram protein, 1,7 gram serat, 1,31 gram gula, 184 miligram sodium, 373 miligram kalsium. Jadi, kalau makan rendang saat diet dijamin bikin diet mulai besok saja. Tapi, tidak usah khawatir meskipun diet kamu gagal, cita rasa rendang yang gurih, lezat berpadu dengan empuknya daging bakal bikin kamu makin berselera untuk menyuap lagi dan lagi. Jadi, masih ragu untuk mencoba resep rendang ala Kuliner Kota diatas?

Last Updated on November 19, 2020

Siti Ruli Wahyuni
Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *