1. Tempat oleh-oleh

34 Pusat Oleh-oleh Bandung Terlengkap di 2021 yang Wajib Dikunjungi

Berwisata ke kota Bandung tidak lengkap rasanya jika hanya menikmati keindahan wisata dan kelezatan kuliner khasnya saja. Pusat Oleh-oleh Bandung menjadi bagian yang wajib anda kunjungi dan membawa pulang oleh-oleh khas bandung untuk keluarga di rumah!

Bermacam pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Bandung bisa anda temui di setiap sudut kota. Diantaranya, ada yang wajib masuk daftar tempat belanja yang harus anda kunjungi saat bertandang ke Bandung. Berikut beberapa pusat perbelanjaan oleh-oleh yang paling recomended yang menjual bermacam oleh-oleh khas sampai barang-barang kekinian yang yang identik dengan Kota Bandung:

1. Rumah Mode Bandung

Rumah Mode Bandung
Rumah Mode Bandung, Foto oleh Indo Balitourism Board Or Id

Anda pecinta fashion dan up to date dengan trend fashion? Tempat yang satu ini wajib anda kunjungi saat bertandang ke kota Bandung! Rumah Mode Bandung adalah salah satu surganya fashion di kota Bandung. Bermacam jenis barang fashion bisa anda temui disini, mulai dari pakaian anak-anak, dewasa, aksesoris sampai dengan mainan anak ada disini. Konsep Factory Outlet dengan desain perpaduan arsitektur tradisional khas pulau Bali dengan aksen modern akan membuat anda merasa nyaman saat berbelanja disini.

Oleh karena itu tak heran Rumah Mode Bandung selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara. Kawasan one-stop shopping ini berada Jl. Dr. Setiabudhi, Kota Bandung.

Untuk harga barang-barang disini cukup terjangkau, tergantung anda membeli barang dengan model seperti apa. Cocok sebagai pusat oleh-oleh, tapi hati-hati dan jangan kalap belanja ya, atur budget untuk trip selanjutnya!

2. Batagor Riri

Batagor Riri, Foto oleh indo IG @ Batagor Riri

Anda sudah merasakan kenikmatan batagor khas Bandung? Pastinya bikin kalian nagih bukan? Biar kalian nggak terus penasaran ingin menikmati Batagor Bandung, ada baiknya anda datang ke pusat oleh-oleh Batagor Riri.

Batagor Riri merupakan pusatnya oleh-oleh batagor yang khas dan populer di kalangan turis lokal. Semangkuk batagor yang hangat cocok sebagai teman ngopi sore anda di tengah cuaca yang dingin. 

Tipsnya, jangan lupa meminta pegawai untuk menggorengnya setengah matang dan memisahkan bumbu dengan kuahnya ya! Agar batagor tetap dalam keadaan layak makan setelah menempuh perjalanan pulang ke rumah.

Batagor Riri berlokasi di Jalan Burangrang No. 41, Bandung. Buka peta Google agar tidak salah jalan. Berhati-hati dengan rumitnya jalanan di Bandung ya!

Eits satu lagi, Toko Batagor Riri juga menjual olahan lain seperti siomay yang bisa anda bawa pulang loh! Jadi mau bawa pulang oleh-oleh Batagor atau Siomay untuk keluarga di rumah?

3. Tahu Susu Lembang

Tahu susu lembang, Foto oleh Pergi Dulu Com

Bagi anda yang berencana membawa pulang oleh-oleh khas bandung untuk keluarga di rumah, Tahu Susu Lembang bisa menjadi salah satunya! Sentra oleh-oleh khas Bandung ini sudah menggeser nama tahu Sumedang untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke kota Bandung. Pusat oleh-oleh berkonsep toko yang unik, dengan format POM Bensin bergaya drive through, menjadi salah satu alasan mengapa tempat ini sangat diminati wisatawan sebagai tempat membeli oleh-oleh untuk orang tersayang. 

Tanpa harus parkir, tinggal beli, rasanya juga nikmat, simpel dan pastinya nggak bikin ribet. Cocok dan pas bukan untuk dibagikan kepada keluarga di rumah?  Pusat oleh-oleh Tahu Susu Lembang ini berada di Jl. Raya Lembang No.177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jangan lupa untuk estimasi waktunya ya sebelum membeli, karena pastinya akan antri!

4. Gepuk Ny Ong

Gepuk Ny Ong
Gepuk Ny Ong, Foto oleh Open Rice Com

Kuliner khas kota Bandung yang satu ini sudah tidak diragukan kenikmatannya. Selain nikmat, Gepuk Bandung juga bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Untuk itu, terdapat salah satu pusat oleh-oleh gepuk yang bisa menjadi andalan anda berbelanja gepuk khas Bandung, Gepuk Ny Ong namanya! Olahan gepuk yang sudah melegenda dan teruji nikmatnya. Memiliki berbagai varian rasa yang bisa anda pilih sesuai dengan selera anda. 

Cita rasa yang ditawarkan seperti chicken original, chicken spicy, beef original, beef extra spicy, beef salty, dan beef less sugar. Bingung kan ingin membawa pulang gepuk rasa apa? Tidak perlu bingung, datanglah gerainya di kawasan Jalan Pasir Kaliki, Jalan Setiabudi, Jalan Djundjunan, dan Jalan Buah Batu untuk bisa mendapatkan Gepuk Ny Ong ini. Pilih gerai yang paling dekat dengan penginapan anda agar tidak memakan banyak waktu untuk pergi kesana. Selamat menikmati empuknya gepuk khas Bandung ini ya!

5. Pasar Kosambi Bandung

Pasar Kosambi, Foto oleh Galamedia News Com

Bagi anda seorang backpacker, tempat ini akan sangat pas sebagai pusat perbelanjaan oleh-oleh yang murah dan kental dengan rasa Bandungnya! Sentra oleh-oleh Pasar Kosambi Bandung, pusat oleh-oleh yang bakal bikin anda bingung mau bawa oleh-oleh apa untuk keluarga di rumah. Mulai dari Wajit Cililin, Keripik Tempe, Basreng, Sale Pisang dan camilan khas lainnya semua ada disini! Anda juga bisa tawar-menawar harga loh! Pasar Kosambi Bandung lokasinya di Jl. R.E. Martadinata No.85, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung. Jadi, untuk membawa pulang oleh-oleh yang kamu mau, jangan lupa bawa uang yang cukup serta pintar-pintar dalam menawar ya!

6. Pisang Bolen Kartikasari

Pisang Bolen Kartika Sari, Foto oleh Tripsia Id

Bagi anda pecinta kuliner khas Bandung pasti sudah tidak asing lagi dengan Pisang Bolen Kartikasari. Olahan yang terbuat dari pisang dibalut dengan adonan pastry kemudian dipanggang dengan bermacam varian rasa seperti original, cokelat, keju, kacang hijau, dan durian yang bisa anda pilih sesuai selera.

Anda juga bisa membawa pulang oleh-oleh khas Bandung lain seperti brownies panggang, brownies khusus, banana roll, ataupun stik keju untuk keluarga di rumah. Untuk itu datanglah ke gerai Kartikasari di kawasan Cimahi, Kopo, Antapani, dan Buah Batu agar anda bisa membawa pulang semua kuliner khas yang ada di toko ini. Jangan sampai kalap ya! Nikmat memang rasanya, tapi beli saja sesuai dengan kebutuhan anda 🙂

7. Skywalk Cihampelas

Skywalk Cihampelas, Foto oleh Cari Info Yuk Com

Anda sedang berada di sekitaran  jalan Cihampelas Bandung? Saat anda sedang berada disana, tak lengkap rasanya jika anda tidak berburu oleh-oleh maupun kuliner di Skywalk Cihampelas. Pusat oleh-oleh yang berada di atas jembatan dengan ketinggian 4,6 meter dari badan jalan dan terbentang 500 meter sepanjang ruas jalan Cihampelas ini akan memberikan sensasi yang berbeda menemani kegiatan berbelanja anda.

Pemandangan kota Bandung nan indah bisa kita lihat dari atas ketinggian Skywalk Cihampelas. Tak lupa, berbagai booth yang menjajakan kuliner khas bandung, oleh-oleh seperti kaos, aksesoris, dan bermacam hal yang bertemakan kota Bandung semuanya dapat anda beli disini. Skywalk Cihampelas juga ramah untuk difabel loh! Jadi, sudah bisa terbayang kan kenyamanan saat berbelanja disini? 🙂

8. Cupumanik

cupumanik
Cupumanik, Foto Oleh Jotravelguide Com

Untuk Anda yang sedang kebingungan membeli cindera mata ketika berwisata ke Bandung, langsung saja kunjungi pusat oleh-oleh Bandung Galeri Cupumanik. Anda dapat membeli wayang Golek Cupumanik di galerinya. Tak hanya Wayang Golek, disini pengunjung dapat membeli produksi wayang kulit serta bermacam kerajinan lain. Mulai dari anyaman, miniatur, angklung serta beragam kerajinan untuk yang membuat ingin memborong semuanya di sana.

Untuk kunjungan pribadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya, dan jika membawa rombongan, tarif yang dikenakan yaitu mulai Rp35.000 untuk satu orang, sudah termasuk praktek membuat wayang kecil dan kemudian dapat dibawa pulang. Anda dapar berkunjung ke Cupumanik di Jl. H. Akbar No.10, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat.  bersenang-senanglah sambil mencoba mengkreasikan wayang buatanmu di pusat oleh-oleh Bandung Cupumanik.

9. Factory Outlet

Factory Outlet
Factory Outlet, Foto Oleh Tempatwisatadibandung Info

Anda pecinta Fashion? Jika sedang berkunjung di Bandung, jangan sampai melewatkan pusat oleh-oleh Bandung Factory Outlet ini sebagai tempat fashion dan cinderamata terbaik yang Anda kunjungi. Berbagai macam aksesoris, baju, kemeja, tas, sepatu dan masih banyak hal menarik lain yang dapat ditemukan di outlet ini. Setiap harga di sana juga relatif terjangkau, dan tetap dengan kualitas barang yang epic. Factory Outlet terletak di JL. Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat dan juga di JL. R.E, Martadinata, Citarum, Bandung City, West Java.

Kalau hendak berkunjung kesini, pastikan Anda memborong belanjaan untuk dijadikan oleh-oleh bersama keluarga, karena factory outlet memiliki semua barang yang diinginkan juga tak pernah membuat setiap pengunjung yang hadir merasa kecewa. Jadi, siap untuk memulai hari dengan belanja fashion di Factory Outlet?

10. Cibaduyut

Cibaduyut
Cibaduyut, Foto Oleh Static Republika Co Id

Cibaduyut ini merupakan sentra kerajinan kulit yang menjual berbagai produk fashion dengan bermacam kulit hewan yang digunakan. Barang-barang yang dijual asli produksi warga lokal lho, maka dari itu Cibaduyut terkenal dengan kerajinan tangannya dan kualitas barang yang memuaskan. Tak perlu khawatir tentang harga, Cibaduyut ini menawarkan harga yang cukup ekonomis walau menggunakan kulit asli dengan kualitas menjamin juga modelnya yang bermacam. Mulai dari harga rata-rata Rp100.000 – Rp200.000 saja. Cukup terjangkau bukan untuk harga dengan bahan dasar kulit hewan? Cibaduyut ini terletak di Cibaduyut, Bojongloa Kidul, Bandung, Jawa Barat. Jangan sampai kelewatan untuk memborong berbagai barang kerajinan kulit di Cibaduyut ya!

11. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo
Saung Angklung Udjo, Foto Oleh Hargatiket Net

Salah satu tujuan wisata budaya dan edukasi lengkap serta pusat oleh-oleh Bandung, Saung Angklung Udjo namanya. Tempat unik ini memiliki arena pertunjukan yang menyenangkan, pusat kerajinan bambu dan workshop sebagai tempatnya alat musik termasuk alat musik bambu. Cocok bukan untuk mengisi hari-hari Anda di Bandung untuk melihat panorama pertunjukan yang tak dapat terlupakan. Adanya Saung Angklung Udjo ini disambut hangat oleh masyarakatnya karena kepeduliannya untuk lebih melestarikan kebudayaan Bandung kepada semua orang melalui sarana pendidikan dan pelatihan yang bermanfaat.

Di sana kamu juga akan mendapati berbagai macam produk dengan bahan utama bambu dengan bentuk-bentuk unik dan menarik yang bisa dijadikan cinderamata khusus, termasuk angklung yang menjadi fadilat Kota Bandung. Saung Angklung Ijo ini terletak di Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat. Anda hanya dapat menemukan tempat ini di Bandung saja lho, jadi semoga tidak sampai melewatkan untuk berkunjung di pusat oleh-oleh Bandung Saung Anglung Ijo ya!

12. Old and New

Old and New
Old and New, Foto Oleh 3 Bp Blogspot Com

Old And New bisa menjadi surga barang-barang vintage karena tidak sedikit barang langka yang dapat ditemukan di sana. Tidak usah memusingkan harga saat berkunjung ke pusat oleh-oleh Bandung ini karena dapat dinegosiasikan dengan baik. Barang yang dijual adalah barang bekas dengan kualitas terjamin bagus, mulai dari telepon jadul, jam dinding, tas, hingga aksesoris kecil.

Jika berkunjung kesini, Anda akan disuguhkan dengan konsep jadul yang terasa menenangkan, suasananya cukup menarik sebab dikelilingi banyak barang antik. Cocok pula untuk yang hobi berfoto atau seorang fotografi, Anda dapat mencoba berfoto di setiap barang yang terpajang di sana. Old and New ini terletak di  Jl. R.E. Martadinata No.85, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Jangan sampai kehabisan barang antiknya ya.

13. Rumah Sosis

Rumah Sosis
Rumah Sosis, Foto Oleh Tahususulembang Destinasilembang Id

Untuk Anda yang sedang pantang makan makanan manis, Rumah Sosis ini menjadi pusat oleh-oleh Bandung yang tepat dikunjungi. Beberapa menu andalan untuk dijadikan oleh-oleh serta tujuan membeli produk sehat di sana yaitu Black Pepper, Beef Bockwurst, Mini Bockwurst dan Big Garlic. Pusat oleh-oleh Bandung ini tak hanya menjual berbagai variasi lezat, namun juga menyediakan banyak fasilitas yang siap memanjakan hari Anda, seperti adanya kolam renang, pemancingan, rumah pohon, fun climping dan trampolin. Tempat wisata menyenangkan ini memiliki slogan eat-swim-play dan cocok untuk liburan bersama teman atau keluarga tercinta. Rumah Sosis Bandung buka setiap hari dengan jadwal yang berbeda. Untuk hari Senin – Jumat : 09.00 – 17.00, dan hari Sabtu – Minggu : 08.00 – 18.00.

Pusat oleh-oleh Bandung tersebut terletak di Jalan Raya Lembang Nomor 177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jadi mau merasakan serunya Rumah Sosis ini?

14. Pasar Baru Trade Center

pasar baru trade center
Pasar Baru Trade Center, Foto Oleh Wisatapedi Com

Bicara soal fashion lagi, salah satu tempat wisata yang menyediakan bermacam-macam mode pakaian ini cocok untuk Anda yang sedang bertandang di Bandung. Pasar Baru Trade Center dikenal sebagai tempat grosir pakaian teramai di Kota Bandung, bahkan pengunjungnya tak hanya berasal dari masyarakat Indonesia, namun negara-negara tetangga pun senang untuk mampir ke toko oleh-oleh ini karena memang recommended dan harganya yang terjangkau. Jangan lupa untuk menawar kalau menginginkan harga yang lebih murah. Jika tidak dapat membeli secara grosir, anda bisa membelinya secara eceran. Pusat oleh-oleh Bandung ini terletak di Jl. Otto Iskandar Dinata, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Model pakaian kekinian yang tentunya dengan berbagai macam ukuran juga kualitas terbaik siap untuk membuat hari Anda bahagia.

15. Pasar Kaget Gasibu

pasar kaget gasibu
Pasar Kaget Gasibu, Foto Oleh Suarajabarsatu Com

Kalau Anda sedang jalan-jalan ke Kota Bandung, sempatkan waktu untuk pergi ke Pasar Kaget Gasibu. Pasar Kaget ini tempatnya persis dimulai dari pinggir jalan depan Gasibu dan dibuka setiap minggu. Berbagai jenis barang dagangan disuguhkan di pusat oleh-oleh Bandung ini, seperti aksesoris, kacamata, topi, dompet, casing handphone jam tangan, sepatu, tas dan masih banyak barang unik lain. Di sana juga menjual berbagai kuliner khas Bandung yang menggoda di setiap Anda melangkakan kaki ke pasar ini. Pasar Kaget Gasibu teletak di Jl. Japati No.1, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Bara. tAnda bisa membelinya sebagai oleh-oleh untuk orang tersayang.

16. Toko Iteung

Pasar Iteung
Toko Iteung, Foto Oleh Daenkmarholiday Com

Salah satu outlet terlengkap di Bandung dan wajib untuk dijadikan pusat oleh-oleh yaitu Toko Iteung. Jika berkunjung ke sini, Anda bisa membeli bermacam makanan khas Bandung juga makanan ringan. Berbagai souvenir juga tersedia seperti miniatur mobil antik, celengan hewan, chocodot dan masih banyak souvenir menarik lainnya. Toko Iteung buka pukul 09.00 – 21.00 WIB, dan beralamat di Jl. Anggrek No.55, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Siap-siap untuk menikmati kepuasan saat berbelanja di pusat oleh-oleh Bandung Toko Iteung ya!

17. Cihampelas

cihampelas
Cihampelas, Foto Oleh Pegipegi Com

Pusat perbelanjaan satu ini terkenal dikalangan para pendatang maupun masyarakat Bandung sendiri. Cihampelas merupakan tempat berburu pakaian dengan bahan jeans dan kulit dengan model yang semakin berkembang setiap masanya. Di sepanjang jalan Cihampelas tersedia berbagai pakaian hingga oleh-oleh kuliner khas Bandung. Di kawasan ini pula terdapat banyak restoran, cafe, hotel juga pusat perbelanjaan dengan konsep Indoor Cihampelas Walk. Dijamin puas jika Anda berkunjung ke pusat oleh-oleh satu ini. Pusat oleh-oleh Bandung memuaskan ini bertempat di Jl. Cihampelas No. 160, Bandung, Jawa Barat. Luangkan waktu Anda untuk bertandang kesini ya sobat Kuliner Kota!

18. Kopi Aroma

kopi aroma
Kopi Aroma, Foto Oleh Kompasiana Com

Toko kopi legendaris yang berdiri sejak tahun 1930-an sampai sekarang masih mempertahankan bangunan lama dengan rasa kopinya yang tak berubah. Maka dari itu banyak pengunjung yang berdatangan untuk merasakan nikmatnya varian kopi juga berswafoto dengan konsep oldiest yang disuguhkan di sana. Saat mendekati toko Kopi Aroma Bandung, aroma khas biji kopi sudah dapat tercium sampai dari radius 500 meter.

Toko kopi ini menawarkan biji kopi Mokka Arabika dan Robusta giling. Membeli biji kopi dari Kopi Aroma tentu dapat menjadi pilihan oleh-oleh untuk dibawa ke rumah dan diseduhkan bersama keluarga. Kopi Aroma buka mulai hari senin-sabtu pukul 09.00 – 14.30 WIB dan beralamat di Jl. Banceuy No.51, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Senang rasanya dapat membawa pulang hangatnya kopi di Kopi Aroma untuk diminum bersama orang tercinta.

19. Brownies Amanda

Brownies Aroma
Brownies Amanda, Foto Oleh Jabar Tribunnews Com

Toko ini menjual brownies kukus aneka rasa, mulai dari yang original, pandan, cheese cream, stroberi, blueberry, sampai kacang almond. Brownies Dengan rasa original bisa bertahan sampai 4 hari, sedangkan rasa lainnya dapat bertahan maksimal 3 hari. Brownies Amanda pastinya sudah tidak asing lagi karena toko ini memiliki berbagai cabang salah satunya yaitu di Surabaya, Jakarta dan Yogyakarta. Brownies dijual sekitar Rp29.000 – Rp55.000 tiap satu kotaknya. Brownies Amanda ini berlokasi di Jalan. Rancaboleng Nomor 28, Ruko Paskal Hyper Square A-23, Jalan Pasirkaliki No 27 – 29, dan di Jalan Lengkong Besar No 101 B. Siap untuk memborong oleh-oleh di Brownies Amanda untuk makanan penutup di rumah?

20.  Pasar Panorama Lembang

pasar panorama
Pasar Panorama Lembang, Foto Oleh Mediaindonesia Com

Jika Anda sedang berada di Bandung, pastikan untuk berkunjung ke pusat oleh-oleh Pasar Panorama Lembang. Tempat ini tidak berbeda jauh dengan pasar tradisional,namun Anda bisa menemukan banyak barang unik yang siap dimasukan dalam daftar barang oleh-oleh terbaik. Pasar Panorama Lembang ini berlokasi di Jl. Pasar Panorama No, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jangan sampai kehabisan barang-barang unik di sana ya sobat Kuliner Kota.

21. Batik Komar

batik komar bandung
Batik Komar, Foto Oleh Bandung Merdeka Com

Batik Komar merupakan tempat untuk semua kebutuhan batik tradisional. Bagi mata orang awam, potongan batik dari Solo terlihat sama dengan batik Bandung. Namun ternyata tidak demikian, jika diperiksa lebih detail pada motif dari masing-masing batiknya akan menjelaskan dari mana asal-usul batiknya. Batik Komar didasarkan dari desain Cirebon, tetapi desainnya sudah diperbarui dengan tampilan yang lebih kekinian dan unik. Batik Komar bertempat di Jl. Sumbawa No.22, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113. Tertarik untuk berkunjung ke sini? Anda juga dapat melihat proses pembuatan batik di Batik Komar.

22. Sari-Sari

sari-sari
Sari-Sari, Foto Oleh Myeatandtravelstory WordPress Com

Bagi Anda pecinta jajanan tradisional, toko Sari-Sari adalah tempat recommended untuk dikunjungi. Toko ini menyediakan area makan di dua sisi, yaitu bagian dalam dan luar kota. Area sekitar yang cukup nyaman untuk bersantai ria bersama orang tercinta sambil menikmati enaknya jajanan tradisional. Apabila ingin membeli sebuah jajanan, Anda dapat memilihnya langsung dengan jumlah yang banyak. Untuk harganya ditawarkan sesuai dengan kualitas dan rasa, mulai dari Rp1.000 – Rp290.000 untuk tampah ukuran besar. Toko Sari-Sari buka setiap hari pukul 05.00 – 19.00. Toko ini beralamat di Jl. Sultan Tirtayasa No.17, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Jika ingin menikmati menu jajanan tradisional lengkap, Anda disarankan untuk datang sebelum pukul 9 pagi.

23. RasaLokal

rasalokal
RasaLokal, Foto Oleh Suara Com

Toko berbasis experience ini merupakan sebuah brand cemilan yang digagas oleh tiga selebriti tanah air yaitu pasangan Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia, juga fotografer Rio Motret. RasaLokal Bandung menawarkan berbagai pengalaman tak terlupakan. Tak hanya menjual varian keripik dengan cocolan sambal lokal, namun aneka produk yang khas dari daerah Bandung pula, seperti teh dan kopi yang diracik sendiri. Cemilan khas Bandung di RasaLokal juga tak kalah menggoda, seperti cireng, seblak, apalagi slondok. Toko populer ini dapat Anda kunjungi di Jl. Dr. Cipto No. 14 yang buka setiap hari pukul 07.00 – 20.00. Sebelum membeli makanan dan minuman yang ada di RasaLokal, Anda diperkenankan untuk mencicip sampel yang telah disediakan.

24. Sentra Rajut

Sentra Rajut
Sentra Rajut, Foto Oleh Wisatabdg Com

Rajutan di Sentra Rajut ini tak kalah berkualitas dari rajutan bermerek lho. Apalagi rajutannya merupakan karya tangan yang dikerjakan oleh masyarakat. Terdapat berbagai macam rajutan seperti jaket, cardingan, baju hangat dan syal. Harganya cukup ekonomis dan cocok untuk digunakan sehari-hari sebagai teman saat musim hujan. Pusat oleh-oleh Bandung menarik ini berada di Cilambuuh, Mekarjaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Buka setiap senin sampai sabtu, pukul 07.00 – 22.00. Penasaran bukan seberapa indahnya rajutan yang ada di Sentra Rajut ini?

25. Pasar Gedebage

pasar gedebage
Pasar Gedebage, Foto Oleh Serbabandung Com

Pasar ini sudah cukup terkenal di kalangan para pelancong. Di Pasar Gedebage tersedia berbagai macam pilihan produk fashion secondhand yang banyak diincar oleh kalangan anak muda. Dulu pasar ini terletak di Jalan Cibadak, namun pada tahun 2000-an, pasar tersebut pindah ke Gedebage. Anda bisa menemukan berbagai jenis pakaian dari bermacam merk, mulai dari pakaian sehari-hari, pakaian formal, sampai pakaian pesta tersedia di sana. Anda dapat berkunjung di Pasar Gedebage yang bertempat di Jln. Soekarno-Hatta, Kecamatan Rancasari, Bandung, Jawa Barat. Sedikit saran ketika sudah berada di sana, berhati-hatilah dalam memilih barang yang berkualitas dan jangan lupa untuk melakukan penawaran sebelum membeli.

26. Prima Rasa

prima rasa
Prima Rasa, Foto Oleh Tripadvisor Co Id

Pusat oleh-oleh Bandung satu ini juga tak kalah populer. Brownies panggang khas Prima Rasa merupakan menu andalan serta yang paling dicari. Rasa cokelatnya melekat di lidah juga harum brownies panggang menggugah selera selalu berhasil membuat banyak orang ketagihan. Prima Rasa awalnya adalah sebuah usaha seorang ibu yang setiap hari menitipkan dagangan kuenya di sebuah toko langganannya.  Barulah pada tahun 2005 Prima Rasa menjadi pusat oleh-oleh yang terkenal hingga saat ini. Pusat oleh-oleh Bandung tersebut terletak di Jalan Pasir Kaliki Nomor 163, Pamoyanan, Bandung dan Jalan Kamuning Nomor 20, Merdeka, Bandung. DIjamin nggak akan nyesel deh kalau sudah mampir ke pusat oleh-oleh Bandung satu ini.

27. Tahu Tauhid Lembang

Tahu tauhid
Tahu Tauhid Lembang, Foto Oleh Pergidulu Com

Untuk Anda penggemar tahu, wajib untuk berkunjung ke pusat oleh-oleh Bandung Tahu Tauhid Lamongan ini. Tahu Tauhid memiliki rasa khas dari rasa asin gurih, teksturnya yang lembut dan kenyal membuat tahu ini menjadi incaran para wisatawan yang bekunjung ke Kota Bandung. Tahu ini dijual dengan yang sudah matang maupun masih mentah. Tempat jual tahu laris ini mudah untuk dicari, tempat parkirnya cukup luas dan tentu tempatnya nyaman. Tak hanya tahu, Tahu Tauhid Lembang menyediakan beraneka macam makanan seperti jajanan tradisional sampai makanan Eropa pula. Harga tahu matang sekitar Rp500 untuk satu potongnya. Sedangkan untuk tahu mentah dijual dengan harga mulai Rp5.000 – Rp.27.500 tergantung ukuran dan jumlah satu kotak tahunya. Anda dapat berkunjung ke Tahu Tauhid Lembang di Jl. Seskoau Jl. Maribaya No.20, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Yuk coba keunikan Tahu Tauhid.

28. Pasar Terapung Lembang

pasar terapung lembang
Pasar Terapung Lembang, Foto Oleh Anekatempatwisata Com

Seperti namanya Pasar Terapung, pusat oleh-oleh Bandung ini berada di atas danau, di mana ada toko-toko yang mengapung dan berjejer sama halnya dengan toko di jalan kebanyakan. Pembayaran di Pasar Terapung dilakukan dengan koin tersendiri yang disebut koin Pasar Terapung, koin tersebut harus Anda beli dengan uang rupiah. Bukan hanya makanan, Pusat oleh-oleh Bandung ini juga menjual berbagai souvenir dan barang menarik lainnya. Tempat ini cocok untuk bertandang bersama keluarga, karena fasilitas yang diberikan cukup banyak jadi Anda tidak hanya berbelanja saja di sana. Beberapa fasilitas wahana yaitu flying fox, boat rowing, water canoe dan memberi makan ikan koi. Pasar Terapung bertempat di Lembang, Jln Grand Hotel Nomor 33E, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Pastikan untuk mampir dan nikmati keseruannya!

29. Gang Tamim

gang tamim
Gang Tamim, Foto Oleh Marjayatrans Com

Anda suka dengan berbagai jenis kain? Kalau begitu, hari yang tepat untuk Anda berkunjung ke pusat oleh-oleh Bandung Gang Tamim. Gang Tamim merupakan sebuah gang kecil yang berada di belakang Pasar Baru. Banyak jenis bahan tekstil yang ditawarkan, mulai dari bahan pembuatan denim, kemeja, sampai bahan gorden pun ada di sana. Sentra Jeans Gang Tamim ini sudah ada sejak tahun 1960. Pusat oleh-oleh Bandung tersebut terkenal dengan grosir denimnya. Harga jualnya sekitar Rp40.000 – Rp50.000 per meter tergantung jenis denim yang diinginkan. Pusat oleh-oleh ini berlokasi di Jalan Tamim Bandung. Jangan sampai melewatkan berbagai jenis kain berkualitas di sana untuk oleh-oleh saat di Bandung.

30. Dago Bakery

dago bakery
Dago Bakery, Foto Oleh Brisik Id

Anda sedang mencari restoran menarik dengan gaya berbeda dari restoran lainnya? Dago Bakery inilah jawabannya. Restoran ini mengangkat konsep ala Eropa. Suasana sejuk dapat kamu temui di sana karena letaknya juga berada di dataran tinggi. Selain sejuk dan unik, restoran ini juga didesain untuk berswafoto, sebab pemandangan sekitar yang asri juga konsep Eropanya yang kental dapat membuat pengunjung semakin tak tega untuk melewatkan satu potret saja. Namanya bakery pasti yang disuguhkan adalah roti. Memang benar tetapi tak hanya itu, restoran ini menghidangkan aneka makanan dan minuman mulai dari makanan lokal sampai makanan mancanegara termasuk Eropa itu sendiri. Untuk makanan lokal, dibanderol mulai harga Rp20.000 – Rp55.000, sedangkan makanan barat mulai Rp20.000 – Rp37.500. Dago Bakery ini terletak di Lembang, Jalan Pagermaneuh Nomor 57, Pagerwangi, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Restoran unik satu ini buka setiap hari, antara :

  1. Senin – Kamis : 09.00 – 21.00
  2. Jumat dan Minggu : 09.00 – 22.00
  3. Sabtu : 08.00 – 23.00

Sebelum berwisata lebih baik mampir dulu ke Dago Bakery ini dan bawa pulang bermacam variasi rotinya.

31. Abadi Bagelen

abadi bagelen
Abadi Bagelen, Foto Oleh Perlupiknik Com

Pecinta roti pasti ngiler ingin segera berkunjung ke outlet satu ini. Yap, Abadi Bagelen. Pusat oleh-oleh Bandung tersebut menjual berbagai roti basah maupun kering seperti Chocolade Baton, Bagelen Sisir Roomboster, Bagelen Super Mini, Schuimpjes Warna dan masih banyak lagi. Anda pun dapat membawa pulang aneka diet butter cookies.

Toko Roti yang dibuka sejak tahun 1967 di Bandung ini sudah melegenda serta resepnya juga turun menurun, jadi walau dengan perkembangan masa yang berubah-ubah, rasa roti Bagelen di Abadi Bagelen ini tidak pernah berubah dan terus menciptakan eksperimen yang tak pernah mengecewakan. Untuk harga cukup hemat, yaitu Rp28.000 – Rp110.000 tergantung size dan varian rotinya. Abadi Bagelen bertempat di Jl. Purnawarman No.49, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, buka setiap hari pukul 07.00 – 17.45 WIB. Selamat menikmati membawa oleh-oleh roti yang empuk dan enak di sini.

32. Pasar Palasari

pasar palasari
Pasar Palasari, Foto Oleh Lokadata Id

Pasar Palasari dikenal sebagai pusat buku-buku pelajaran yang dijual dengan harga diskon. Buku pelajaran yang dijual mulai tingkat sekolah sampai perguruan tinggi. Pasar Palasari merupakan pusat perdagangan buku terlengkap di Kota Bandung, buku pelajaran yang dijual juga bermacam-macam, mulai dari pengetahuan umum, agama, hingga buku novel dan komik juga ada di sana. Tak cuma dijual baru, buku-buku bekas pun juga menjadi incaran pembeli. Toko-toko buku di Pasar Palasari mulai buka mulai pukul 08.00 pagi setiap hari. Untuk harganya juga relatif terjangkau, mulai dari Rp5.000 – Rp35.000. Pasar Palasari bertempat di Jl. Palasari, Malabar, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat. Buku adalah jendela ilmu, yuk jadikan jendela ilmu ini sebagai oleh-oleh bermanfaat.

33. Pasar Jumat Pusdai

pasar jumat pusdai
Pasar Jumat Pusdai, Foto Oleh Allindonesiatourism Com

Sesuai namanya, Pasar Jumat Pusdai dibuka pada hari jumat pukul 03.00 WIB subuh sampai sehabis waktu sholat Jumat. Pasar ini terletak di sepanjang Jalan Diponegoro hingga Jalan Pusdai. Berbagai macam dagangan untuk dijadikan oleh-oleh Bandung seperti makanan, pakaian, celana, sepatu dan souvenir banyak dijual di sana. Seperti Pasar Palasari, tak hanya barang baru yang dijual di sana, tetapi Pasar Jumat Pusdai ini juga menjual barang bekas dengan harga lebih rendah dari yang baru. Kebanyakan yang dijual adalah baju import.  Pasar ini bertempat di Jalan. Diponegoro Nomor.63 ini tepat berdampingan dengan masjid Pusdai (Pusat Dakwah Islam), Bandung. Jangan sampai kelewatan untuk membeli oleh-oleh Bandung berkualitas di Pasar Jumat Pusdai!

34. Renaritti

rinaritti
Renaritti, Foto Oleh Kotakami Com

Untuk Anda yang mau berbelanja produk fashion untuk orang tercinta, Renaritti ini merupakan pilihan yang tepat saat sedang di Bandung. Pusat oleh-oleh Bandung tersebut menjual berbagai jenis kaos, celana, sepatu, aksesoris hingga tas. Soal kualitas tak perlu diragukan lagi. Walau dengan kualitas barang yang terjamin, tetapi seluruh produknya memberi kisaran harga yang berbeda. Renaritti memberikan suasana nyaman, dengan area parkir yang luas dan pastinya produk yang ditawarkan semakin berkembang sesuai mode sekarang. Outlet ini berlokasi di Jl. RE. Martadinata No. 26 Citarum Bandung. Selamat berbelanja dan borong untuk oleh-oleh di rumah.

Jika Anda berkunjung ke Kota Bandung, jangan sampai melewatkan salah satu pusat oleh-oleh di sana. Bermacam pilihan pusat oleh-oleh yang ada di wilayah Bandung dapat membantu Anda menemukan barang unik sesuai isi dompet, juga menarik untuk dibawa pulang dan nantinya dapat dibagikan dengan keluarga sebagai sebuah nostalgia. Sudah teruji bukan? Bandung memang kaya akan kuliner dan wisata seru! Jadi, jangan biarkan waktu di Bandung-mu sia-sia hanya karena tidak sempat membeli oleh-oleh ya!

Baca Juga : 7 Kuliner Malam Bandung yang Bikin Kita Lupa Diet!

Reaksi orang terhadap cerita ini

Komentar untuk: 34 Pusat Oleh-oleh Bandung Terlengkap di 2021 yang Wajib Dikunjungi
  • 18 Februari 2020

    Mantapp informasinya, bisa menambahkan wawasan tempat oleh2 di Bandung

    Balas

Tulis respon

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Trending