1. Tempat oleh-oleh

Bakpia Kukus Tugu Jogja: Oleh-oleh Unik yang Kekinian

Bakpia sudah sangat identik dengan salah satu makanan dan oleh-oleh khas Jogja. Pada umumnya bakpia dibuat dengan cara dipanggang. Namun, bakpia yang satu ini dibuat dengan cara yang berbeda, yaitu dikukus. Bakpia Kukus Tugu Jogja ini telah menjadi oleh-oleh khas Jogja yang kekinian karena konsepnya yang unik. Penasaran dengan bakpia yang satu ini? Ikuti terus informasi lengkapnya pada artikel Kuliner Kota berikut ini.

Bakpia Kukus Tugu Jogja, Bakpia Unik yang Cocok dijadikan Oleh-oleh Kekinian

Bakpia telah menjadi buah tangan khas Jogja dari lama, Rasanya yang enak dengan isiannya yang berbagai macam membuat bakpia menjadi oleh-oleh favorit yang wajib dibawa oleh wisatawan apabila tengah berkunjung ke Jogja. Bakpia sendiri umumnya dibuat dengan cara dipanggang sampai matang. Namun, merek bakpia yang satu ini mencoba menjajakan bakpia yang diproses dengan cara dikukus atau steam.

Bakpia Kukus Tugu Jogja merupakan pionir bakpia unik ini. Karena dalam pembuatannya dikukus, bakpia ini memiliki tekstur yang lebih lembut dengan isian yang tidak kalah lezat dari bakpia pada umumnya. Secara bentuk juga bakpia kukus ini lebih besar dan lebih mengembang. Karena konsepnya yang unik dan rasanya yang tetap enak, Bakpia Kukus Tugu Jogja ini menjadi salah satu oleh-oleh favorit kekinian khas Jogja.

Selain dengan bentuknya yang berbeda, Bakpia Kukus Tugu Jogja ini dibungkus dengan menggunakan packaging yang unik dan modern. Bakpia ini dibungkus satuan layaknya snack yang ada di minimarket. Dengan metode pembungkusan seperti itu, pastinya kualitas dari Bakpia Kukus Tugu Jogja ini akan tetap terjaga. Packaging yang modern tersebut juga dibubuhi oleh visual packaging yang semi transparan dan tampak unik.

Sejarah Singkat Bakpia Kukus Tugu Jogja

Bakpia Kukus Tugu Jogja dirilis baru-baru ini sekitar tahun 2017, berdekatan dengan momen Lebaran Idul Fitri pada tahun itu. Pihak perusahaan Bakpia Kukus Tugu Jogja sebelumnya telah menjual produk kue lain yaitu bolu kukus. Produk bolu kukus ini sendiri sudah dipasarkan di beberapa kota besar seperti Bandung, Bogor, serta Surabaya. 

Dengan bekal berjualan bolu kukus tersebut, mereka ingin mencoba untuk menargetkan Yogyakarta sebagai kota selanjutnya untuk kepentingan ekspansi pasar. Namun, setelah melewati sesi diskusi founder dari Bakpia Kukus Tugu Jogja ini berpikir jika efeknya akan tidak begitu besar apabila yang di launching di Yogyakarta adalah bolu kukus. Hal ini dikarenakan Yogyakarta sendiri sudah memiliki bakpia yang sudah terkenal oleh masyarakat.

Dikarenakan permasalahan tersebut, akhirnya founder dari Bakpia Kukus Tugu Jogja berusaha mencari ide dengan melakukan inovasi terhadap bakpia kering pada umumnya. Karena brand tersebut sudah memiliki pengalaman dalam membuat bolu kukus, akhirnya tercetuslah konsep bakpia yang dikukus. Bakpia kukus ini dibuat berdasarkan inspirasi dari kudapan Tokyo Banana khas Jepang yang juga bertekstur lembut dan ringan.

Varian Rasa dan Harga Bakpia Kukus Tugu Jogja

Berbagai macam produk dan varian rasa dari Tugu Jogja (Sumber: @bakpiatugujogja on Instagram)
Berbagai macam produk dan varian rasa dari Tugu Jogja (Sumber: @bakpiatugujogja on Instagram)

Sebagai merek yang menjual bakpia, brand Tugu Jogja tentunya menyediakan bakpia dalam berbagai varian rasa yang umum ditemukan pada bakpia umumnya yang ada di pasaran. Pilihan rasa bakpia seperti kacang hijau, keju, dan juga coklat menjadi varian yang favorit dan direkomendasikan. 

Selain varian yang umum, terdapat juga varian yang unik seperti klepon, pandan coklat, brownies keju, brownies coklat, dan rasa stroberi. Untuk varian brownies, bentuk dari bakpia kukusnya akan berwarna coklat seperti layaknya brownies. Sama juga dengan bakpia klepon dan pandan coklat, bentuk luar dari bakpia kukusnya akan berwarna hijau.

Selain Bakpia Kukus, brand Tugu Jogja ini juga menjual produk lain berupa bolu kukus berbagai rasa. Varian rasa bolu kukus yang dapat dibeli oleh pelanggan antara lain rasa gambang, ampyang kacang, kopi joss, black forest, coklat, susu, serta ketan pandan. Berikut merupakan daftar harga dari produk Bakpia Kukus Tugu Jogja yang dibedakan dari varian rasanya.

Harga Bakpia Kukus Tugu Jogja 2024

Varian Rasa Bakpia KukusHarga
Original Kacang Hijau (10 pcs)Rp 41.000
Original Keju (10 pcs)Rp 41.000
Original Coklat (10 pcs)Rp 41.000
Original Stroberi (10 pcs)Rp 41.000
Brownies Keju (10 pcs)Rp 41.000
Brownies Coklat (10 pcs)Rp 41.000
Klepon Keju (10 pcs)Rp 41.000
Pandan Coklat (10 pcs)Rp 41.000
Original Kacang Hijau (5 pcs)Rp 22.500
Original Keju (5 pcs)Rp 22.500
Original Coklat (5 pcs)Rp 22.500
Original Stroberi (5 pcs)Rp 22.500
Brownies Keju (5 pcs)Rp 22.500
Brownies Coklat (5 pcs)Rp 22.500

Harga Bolu Kukus Tugu Jogja 2024

Varian Rasa Bolu KukusHarga
Bolu Kukus GambangRp 28.000
Bolu Kukus Ampyang KacangRp 28.000
Bolu Kukus Kopi JossRp 28.000
Bolu Kukus Black ForestRp 28.000
Bolu Kukus CoklatRp 28.000
Bolu Kukus SusuRp 28.000
Bolu Kukus Ketan PandanRp 28.000

Outlet Bakpia Kukus Tugu Jogja

Bagi Sobat Kuliner yang tertarik untuk membeli bakpia kukus ini, kalian dapat membelinya baik secara online via marketplace ataupun offline via outlet official store atau outlet store yang dibuka oleh para mitra. Outlet toko untuk Bakpia Kukus Jogja ini tersebar di banyak tempat di daerah Yogyakarta, Semarang, Klaten, Magelang, dan beberapa daerah lainnya. 

Berikut merupakan daftar toko pusat Bakpia Kukus Tugu Jogja termasuk alamat dan juga kontak yang dapat dihubungi.

Berikut tadi merupakan daftar outlet toko resmi serta alamatnya. Selain toko resmi, terdapat juga outlet yang merupakan hasil kerjasama dari mitra Tugu Jogja. Sobat Kuliner dapat langsung mengeceknya di website resmi Bakpia Kukus Tugu Jogja atau mencari langsung menggunakan bantuan google maps.

Baca juga: Mengunjungi Galabo, Surganya Pecinta Kuliner Di Pusat Kota Solo

Itu tadi merupakan artikel mengenai Bakpia Kukus Tugu Jogja yang telah menjadi oleh-oleh kekinian khas Jogja. Apakah Sobat Kuliner tertarik untuk mencicipi bakpia kukus tersebut?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Bakpia Kukus Tugu Jogja: Oleh-oleh Unik yang Kekinian

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]