1. Tempat Makan

Kelezatan Mie Sapi Banteng yang Antreannya Tak Pernah Sepi

Bagi para pecinta kuliner mie di Jogja, Mie Sapi Banteng menjadi salah satu tempat makan mie terfavorit dari sekian banyaknya kuliner mie yang ada. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya antrean pembeli yang rela menunggu puluhan menit agar dapat menyantap mie yang satu ini. Memangnya seenak apa sih Mie Sapi Banteng sampai buat banyak orang rela antre panjang lebar? Simak informasi selengkapnya pada artikel berikut ini.

Kenikmatan Mie Sapi Banteng yang Antreannya Tak Pernah Sepi

Proses penyajian Mie Sapi Banteng (Sumber: @ariowiratomo on Instagram)
Proses penyajian Mie Sapi Banteng (Sumber: @ariowiratomo on Instagram)

Mie Sapi Banteng merupakan tempat kuliner yang menjual mie sapi merah dan menu olahan mie lainnya. Nama Banteng sendiri diambil dari nama dusun tempat kios mie ini berada. Saat memasuki halaman kios mie, pengunjung akan disuguhkan dengan proses memasak mie dan meracik bumbu yang sedang dikerjakan oleh para pegawai. Selain itu juga, sudah dapat terlihat antrean pembeli yang berkumpul untuk menunggu pesanan mereka telah selesai dimasak.

Mie yang satu ini memang terkenal karena rasanya yang lezat serta harganya yang relatif murah. Gabungan kedua hal tersebut yang membuat Mie Sapi Banteng sangat digandrungi oleh para pecinta mie di kota Jogja. Sejak awal dibentuk pada tahun 2019, menu yang menjadi favorit banyak orang dari Mie Sapi Banteng adalah mie sapi merah yang dikombinasikan dengan pangsit basah atau pangsit goreng.

Menu mie olahan dari tempat ini memang terinspirasi dari menu dan dan mien yang terkenal di daratan Tiongkok Raya. Pemilik restoran ini memang ingin menghadirkan menu mie yang terinspirasi dari sajian Tiongkok tersebut, namun dengan beberapa modifikasi agar lebih sesuai dengan lidah warga Indonesia. Walhasil dari sekian banyak percobaan meracik mie dan campuran bumbu, terciptalah Mie Sapi Banteng yang telah dikenal sampai sekarang.

Kombinasi mie bertekstur mulur lembut, dengan racikan bumbu hasil kombinasi dari chili oil dan canola oil, serta topping sapi merah dan ayam yang gurih, membuat olahan mie dari tempat ini punya cita rasa yang otentik namun masih cocok dengan warga lokal. Dikarenakan mie ini memang dijajakan untuk orang Indonesia terkhusus lagi warga Jogja, segala elemen dari mie ini mulai dari mie, topping, dan campuran bumbunya sudah terjamin kehalalannya.

Salah satu elemen bumbu yang membuat menu mie dari tempat ini berbeda adalah bumbu chili oilnya yang memiliki rasa pedas yang unik dan khas. Chili oil yang digunakan merupakan hasil racikan pribadi sehingga rasa dan kualitasnya akan lebih terjamin. Tidak hanya chili oilnya saja, hampir semua elemen masakan mulai dari campuran bumbu, mie, serta toppingnya dibuat dan diracik sendiri oleh pemilik usaha. 

Daftar Menu & Harga Mie Sapi Banteng

Pangsit Rebus menjadi salah satu menu andalan di Mie Sapi Banteng (Sumber: @snapmyday_ on Instagram)
Pangsit Rebus menjadi salah satu menu andalan di Mie Sapi Banteng (Sumber: @snapmyday_ on Instagram)

Sebelum memutuskan untuk mengunjungi Mie Sapi Banteng yang berada di Dusun Banteng, ada baiknya bagi Sobat Kuliner sekalian untuk mengetahui menu apa saja yang dijajakan oleh Mie Sapi Banteng yang satu ini. 

Seperti namanya, kios mie ini menjajakan olahan mie yang terbagi menjadi dua varian yaitu mie sapi dan juga mie ayam. Kedua jenis mie tersebut bisa dibuat menjadi mie basah dengan kuah atau mie kering dengan lebih sedikit kuah. Apabila memesan mie sapi atau mie ayam, pengunjung akan disuguhkan dengan mie yang dilengkapi oleh topping daging sapi atau daging ayam bumbu merah yang memang identik dengan sajian mie dari negara tirai bambu. 

Selain mie, pengunjung juga dapat memilih varian kwetiau yang tidak kalah enaknya dengan mie yang disajikan di tempat ini. Kwetiau yang pipih, panjang, dan kenyal ini akan disajikan dengan bumbu chili oil yang khas dan pilihan topping yang sama dengan menu mie yang telah disebutkan sebelumnya. Kedua menu utama tersebut dapat disesuaikan untuk tingkat kepedasan dari chili oilnya, sehingga pembeli tidak perlu takut mie atau kwetiaunya akan jadi terlalu pedas.

Apabila mengunjungi tempat ini, bakal dirasa kurang kalau hanya memesan menu mie dan kwetiaunya saja. Sobat Kuliner wajib mencicipi menu pangsit khas Mie Sapi Banteng. Tersedia dua jenis pangsit yang bisa dipesan, antara lain ada pangsit rebus dan juga pangsit pangsit goreng. Kedua jenis pangsit ini memiliki isian di dalamnya yang cocok untuk dikombinasikan dengan bumbu chili oil untuk pangsit rebus atau saus manis untuk pangsit gorengnya.

Seluruh menu yang lezat dan otentik tersebut dapat dipesan dengan harga yang terbilang sangat murah apabila dibandingkan dengan rasa dan kualitasnya. Untuk semangkuk menu mie, kwetiau, dan satu porsi pangsit rebus, pengunjung hanya akan dikenakan biaya Rp14.000 saja per per porsinya. 

Sedangkan untuk pangsit goreng dan topping tambahan seperti topping sapi merah dan topping ayam, pengunjung hanya harus membayar Rp4.000 saja. Restoran mie ini juga menyediakan minuman dengan rentang harga mulai dari Rp3.000 – Rp4.000. Berikut merupakan daftar menu Mie Sapi Banteng berikut harga yang harus dibayarkan oleh pembeli.

Menu dan Daftar Harga Mie Sapi Banteng Terbaru 2024

Menu Makanan dan MinumanHarga (Rp)
Mie Sapi14.000
Mie Ayam14.000
Kwetiau Sapi14.000
Kwetiau Ayam14.000
Pangsit Rebus14.000
Pangsit Goreng (per pcs)4.000
Topping Sapi4.000
Topping Ayam4.000
Es Teh3.000
Teh Panas3.000
Es Jeruk4.000
Jeruk Panas4.000
Air Es1.000

Lokasi & Jam Buka Mie Sapi Banteng

Kios Mie Sapi Banteng (Sumber: gudeg net)
Kios Mie Sapi Banteng (Sumber: gudeg net)

Mie Sapi Banteng Jogja ini berada di Dusun Banteng, Sleman. Untuk alamat lengkapnya, Mie Sapi Banteng sendiri berlokasi di Dusun Banteng, Jl. Banteng Utama No. 25, Sinduharjo, Ngaglik, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letak dari kios mie ini memang berada di dalam perkampungan dan bukan berada di samping jalan besar seperti kios mie pada umumnya. Namun hal tersebut tidak menyurutkan niat warga setempat untuk mencicipi kelezatan dari mie yang satu ini.

Kios mie ini buka dari Senin sampai Sabtu, dari pukul 11.00 WIB sampai porsi mie yang disediakan telah habis dipesan. Apabila ingin memastikan apakah kiosnya buka atau tutup karena libur, calon pengunjung dapat mengecek langsung perihal informasi tersebut di instagram resmi milik Mie Sapi Banteng.

Apabila ingin memesan, mie yang satu ini hanya dapat dipesan dengan cara langsung datang ke kiosnya yang berada di Dusun Banteng. Hal ini dikarenakan hingga sekarang pihak Mie Banteng belum ada niatan untuk menyediakan pemesanan via aplikasi ojek online dan sebagainya. Selain itu juga Mie Sapi Banteng hanya tersedia pada alamat tersebut dan belum memiliki cabang hingga sekarang.

Baca juga: Daftar Menu Yamie Panda, Harga Makanan, & Cabang Terdekat

Berikut tadi merupakan artikel yang membahas kuliner mie fenomenal dari Jogja bernama Mie Sapi Banteng. Apabila sedang berkunjung ke Jogja, Sobat Kuliner wajib berkunjung dan memesan mie yang satu ini.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Kelezatan Mie Sapi Banteng yang Antreannya Tak Pernah Sepi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending