11 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Ciamis untuk Dibawa Pulang

Galendo salah satu oleh-oleh Ciamis (Sumber: Sakata.id)
Galendo salah satu oleh-oleh Ciamis (Sumber: Sakata.id)
Apabila berkunjung ke Ciamis, ada baiknya untuk membawa pulang oleh oleh khas CIamis yang direkomendasikan oleh Sobat Kuliner pada artikel berikut ini.
Daftar isi

Jika berkunjung ke suatu daerah yang cukup jauh dari rumah, rasanya tidak lengkap apabila tidak membawa oleh-oleh untuk kerabat dan tetangga di sekitar rumah. Kabupaten Ciamis di Jawa Barat menyimpan banyak menu kuliner yang cocok untuk dijadikan oleh oleh khas Ciamis. Apabila berkunjung ke Ciamis, ada baiknya untuk tidak lupa membawa pulang buah tangan yang direkomendasikan oleh Sobat Kuliner pada artikel berikut ini.

11 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Ciamis yang Cocok untuk Dibawa Pulang

1. Kue Tambang

Kue Tambang (Sumber: Kulinear)
Kue Tambang (Sumber: Kulinear)

Kue tambang, kue kepang, atau untir-untir ini merupakan salah satu kudapan yang sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh khas Ciamis. Seperti namanya, kue ini berbentuk unik dengan bentuk seperti tambang yang terdiri dari kepangan tali-tali. Kue ini sangat cocok untuk dijadikan cemilan karena rasanya yang renyah dan gurih. Bagi Sobat Kuliner yang lebih suka cemilan manis, kue tambang juga tersedia varian manisnya dengan ditambahkan gula asli pada kuenya.

2. Galendo

Galendo (Sumber: teras.id)
Galendo (Sumber: teras.id)

Galendo merupakan salah satu oleh oleh khas Ciamis yang perlu Sobat Kuliner cicipi. Galendo ini diketahui sudah ada sejak dahulu dan sampai saat ini resepnya terus diturunkan dari generasi ke generasi. Bisa dibilang mungkin banyak dari orang luar Ciamis yang belum pernah mencicipi atau bahkan mengetahui Galendo ini. Maka dari itu, Galendo sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh khas Ciamis.

Galendo ini dinilai cukup unik dikarenakan menggunakan bahan utama berupa endapan santan pada proses pembuatannya. Jadi awalnya santan kelapa direbus hingga menghasilkan minyak kelapa. Lalu akan terdapat sisa berupa endapan dari hasil perebusan tersebut yang kemudian disebut sebagai Galendo. Agar kandungan minyak pada Galendo dapat berkurang, terlebih dahulu Galendo harus diperas serta dikeringkan agar dapat disantap atau dikemas.

Pada umumnya Galendo memiliki cita rasa gurih yang didapatkan dari santan kelapa. Tetapi, galendo yang dipasarkan sekarang juga tersedia dalam berbagai macam rasa modern seperti coklat, stroberi, nanas, pisang, susu, dan berbagai macam rasa buah-buahan. Selain dapat dikonsumsi langsung, Galendo juga dapat disajikan berbarengan dengan nasi hangat.

Artikel Terkait

3. Dendeng Sapi

Dendeng Sapi (Sumber: resepmasakannusantaralengkap)
Dendeng Sapi (Sumber: resepmasakannusantaralengkap)

Dendeng sapi merupakan salah satu oleh oleh khas Ciamis yang wajib untuk dibawa pulang apabila berkunjung ke daerah Ciamis. Dendeng adalah sebuah hidangan olahan dari daging sapi yang diiris tipis, dibubuhi bumbu rempah-rempah, lalu dilakukan pengeringan agar dapat disimpan lebih lama. Dendeng sapi ini memiliki cita rasa daging yang lezat dan sangat cocok untuk dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat.

Seperti yang disebutkan tadi, Dendeng sapi ini melalui proses pengeringan dalam pembuatannya. Dengan mengeluarkan kadar cairan dari dalam daging, Dendeng sapi ini akan kuat untuk disimpan berlama-lama sehingga sangat cocok untuk dijadikan buah tangan yang dapat dibagikan kepada kerabat serta keluarga.

4. Saroja Khas Ciamis

Saroja Khas Ciamis (Sumber: Resep Mamah Nizar)
Saroja Khas Ciamis (Sumber: Resep Mamah Nizar)

Mungkin Sobat Kuliner sekalian sudah familiar dengan kudapan bernama kembang goyang. Kudapan ini di Kabupaten Ciamis disebut sebagai saroja. Berdasarkan keterangan dari masyarakat sekitar, nama camilan bercita rasa gurih ini didapatkan dari bentuknya yang nampak sangat mirip seperti bunga seroja yang umumnya dijadikan sebagai tanaman hias di depan rumah.

Dalam pembuatannya, Saroja khas Ciamis ini dibuat tidak berbeda dengan kembang goyang pada umumnya. Saroja menggunakan bahan baku tepung beras putih sebagai bahan dasar utama. Kemudian adonan saroja dicetak memakai cetakan bentuk bunga lalu digoreng hingga matang. Cita rasa yang manis dan gurih ditambah dengan teksturnya yang renyah membuat saroja cocok untuk dijadikan oleh oleh khas Ciamis yang pas disuguhkan bersama teh hangat.

5. Abon Sapi Khas Ciamis

Abon Sapi khas Ciamis (Sumber: duniahera)
Abon Sapi khas Ciamis (Sumber: duniahera)

Selain dendeng sapi, terdapat olahan daging sapi yang juga merupakan oleh oleh khas Ciamis yang difavoritkan wisatawan sebagai buah tangan. Walaupun abon sapi merupakan makanan yang cukup umum di Indonesia, abon sapi khas Ciamis terkenal akan kelebihannya dari segi tekstur yang lebih lembut serta cita rasa abon yang lebih kuat terasa di lidah.

Selain karena rasanya yang lezat dan gurih, abon sapi juga termasuk ke dalam tipe lauk yang awet dan tahan lama. Oleh karena itu, abon sapi sangat pas untuk dijadikan buah tangan dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk dibagikan kepada saudara dan juga tetangga. Abon sapi sangatlah cocok disantap bersama dengan nasi putih hangat untuk dijadikan lauk makan.

6. Gula Kelapa

Gula Kelapa (Sumber: Indonesia Inside)
Gula Kelapa (Sumber: Indonesia Inside)

Gula kelapa merupakan oleh oleh khas Ciamis yang juga umum dijadikan buah tangan oleh para wisatawan yang berkunjung. Gula yang berbahan dasar dari nira kelapa ini memang menjadi favorit banyak orang karena kegunaannya yang banyak. Gula kelapa ini dapat dijadikan sebagai bumbu masakan, campuran kolak, serta berbagai hidangan lain yang dapat menggunakan gula kelapa ini untuk menambah rasa manis.

Agar bisa mendapatkan gula kelapa ini, Sobat Kuliner bisa langsung mendatangi area pasar tradisional di Ciamis. Gula kelapa ini dapat dibeli di berbagai kios di pasar dengan harga yang relatif murah. Walaupun demikian, gula ini dijual di pasar dengan harga yang beragam, tergantung dari ketersediaan suplainya di pasaran. 

7. Bola-Bola Susu

Bola-bola Susu (Sumber: @z3n0b14 on Instagram)
Bola-bola Susu (Sumber: @z3n0b14 on Instagram)

Oleh oleh khas Ciamis berikutnya merupakan kudapan yang rasanya manis dan sudah banyak dijual hampir di seluruh toko jajanan di daerah Ciamis. Makanan berikut ini bernama bola-bola susu. Disajikan dengan bola-bola berbagai warna mencolok yang berisikan susu di dalamnya membuat makanan ini juga menjadi incaran banyak wisatawan yang berkunjung ke Ciamis. 

Bola-bola ini juga dicampur dengan beberapa bahan campuran lain untuk menambah variasi dari cita rasa bola-bola susu ini. Selain cita rasanya yang lezat, bola-bola susu ini dijual dengan berbagai macam warna seperti putih, pink, ungu, hijau, biru, dan kuning yang dikumpulkan dan dibungkus ke dalam satu wadah. Makanan ini cocok dijadikan sebagai oleh-oleh karena rasanya yang digemari oleh anak-anak.

8. Kalua Jeruk

Kalua Jeruk (Sumber: @thaniaayu159 on Instagram)
Kalua Jeruk (Sumber: @thaniaayu159 on Instagram)

Walaupun Kalua Jeruk lebih dikenal sebagai oleh oleh dari Ciwidey, Kabupaten Bandung, makanan manis isi juga dapat cukup mudah ditemukan di daerah Panjalu, Ciamis. Di daerah Ciamis sendiri terdapat dua sentra produksi dari makanan ini, yaitu di daerah Mandalare dan Kertamandala. 

Kalua Jeruk yang diproduksi di daerah Ciamis sendiri telah berlangsung sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Maka dari itu, Kalua Jeruk ini sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh khas Ciamis. Tidak beda dengan yang ada di Ciwidey, Kalua Jeruk khas Ciamis dijual dengan beragam varian warna dan rasa yang menjadikannya oleh-oleh ini dapat menarik perhatian serta menggugah selera dari para wisatawan yang berkunjung.

9. Kecimpring Ciamis

Kecimpring Ciamis (Sumber: indonesianfoods313)
Kecimpring Ciamis (Sumber: indonesianfoods313)

Kudapan kecimpring atau kicimpring dapat dibilang sudah identik dengan camilan khas Sunda atau Jawa Barat. Oleh karena itu, Kabupaten Ciamis juga menjual kecimpring sebagai oleh oleh khas Ciamis yang dapat dibeli dan dibawa pulang oleh wisatawan yang berkunjung. Kecimpring ini memiliki cita rasa yang gurih serta renyah. Bagi Sobat Kuliner yang menyukai camilan gurih, kecimpring ciamis jadi oleh-oleh yang wajib sekali untuk dijadikan buah tangan.

Kecimpring sendiri terbuat dari bahan dasar berupa singkong yang diiris tipis menjadi bentuk keripik. Kecimpring sendiri dibuat dengan mencampurkan tambahan bumbu dari berbagai rempah untuk memperkuat cita rasa. Pada umumnya terdapat dua varian kecimpring yang dijual yaitu kecimpring rasa original dan juga kecimpring rasa pedas. Untuk mendapatkan camilan ini, Sobat Kuliner bisa membelinya dengan mudah di toko oleh oleh Ciamis.

10. Jawadah Takir

Jawadah Takir (Sumber: seide.id)
Jawadah Takir (Sumber: seide.id)

Oleh oleh khas Ciamis Jawa Barat selanjutnya datang dari salah satu daerah bernama Panjalu yang terletak di Ciamis. Mari berkenalan dengan Jawadah Takir yang berupa wajik. Jawadah Takir sendiri adalah wajik yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang kering atau yang disebut juga dengan “kararas” dalam bahasa Sunda.

Terdapat perbedaan antara Jawadah Takir ini dengan wajik pada umumnya. Makanan ini dibungkus dengan tidak utuh dan hanya dipakaikan tutup daun pisang kering kecil di atasnya. Jawadah Takir ini akan tetap kering sehingga rasanya akan tetap lezat dan terjaga. Walaupun Jawadah Takir dibuat tanpa menambahkan bahan pengawet, makanan ini dapat bertahan dengan cukup lama sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh.

11. Opak Khas Ciamis

Opak Ciamis (Sumber: bukalapak)
Opak Ciamis (Sumber: bukalapak)

Opak Ciamis merupakan opsi buah tangan yang dapat Sobat Kuliner bawa ke rumah sebagai oleh oleh khas Ciamis. Tidak seperti kerupuk opak pada umumnya yang terbuat dari bahan dasar parutan singkong, opak khas ciamis dibuat dengan menggunakan bahan dasar ketan. Untuk membuatnya, ketan dibentuk menjadi bulat-bulat kemudian dijemur hingga ketan mengering. Setelah kering, ketan digoreng dan siap disajikan untuk disantap kemudian.

Baca juga: 10 Makanan Khas Banten Lezat & Wajib Dicicipi Pecinta Kuliner

Baca Juga:  Bakpia Kukus Tugu Jogja: Oleh-oleh Unik yang Kekinian

Berikut tadi merupakan 11 oleh oleh khas Ciamis yang dapat Sobat Kuliner bawa pulang untuk dibagikan ke kerabat atau para tetangga. Oleh oleh mana yang Sobat Kuliner sekalian tertarik untuk membelinya?

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *