Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

40 Makanan Khas Bali Terbaru 2020 yang Enak dan Lezat

18 min read

Timbungan

Hal pertama yang terlintas di benak Anda saat mendengar Pulau Dewata pasti adalah Pantai Kuta, Sanur, Uluwatu, serta berbagai pantai lainnya yang menyuguhkan panorama cantik nan eksotis. Pulau Bali memang sudah tidak diragukan lagi keindahannya, menjadi tujuan berlibur turis domestik dan mancanegara. Tidak cukup dengan ragam destinasi, 40 makanan khas Bali juga siap menggoyang lidah Anda. Oleh karena itu, tidak usah risau ataupun bingung bagaimana mengexplore pulau cantik nan eksotis ini. Coba saja mulai dengan icip-icip 40 kuliner khas Bali rekomendasi dari Kuliner Kota berikut ini.

1. Ayam Betutu

Ayam Betutu
Ayam Betutu, Foto oleh Resep Koki Id

Ayam betutu menjadi  kuliner favorit turis lokal maupun mancanegara saat berkunjung ke Pulau Dewata. Olahan ayam yang dilumuri dengan bumbu betutu khas bali yang terdiri dari sereh, jahe , kunyit, daun jeruk, bawang merah , salam, kemiri, dan berbagai bumbu lainnya lalu dimasukkan ke rongga ayam sebelum dimasak untuk membuat bumbu meresap sempurna.

Ada dua cara untuk menikmati Ayam Betutu, yaitu direbus dan dipanggang. Keduanya sama nikmatnya, tergantung selera Anda saja. Bagi pecinta pedas wajib kunjungi tempat makan di Bali

Tempat : Warung Ayam Bu Oki
Alamat :   Jalan Siligita Jl. Raya Nusa Dua Selatan No. 27, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
Harga : 25.000 an

2. Sate Lilit

Sate Lilit
Sate Lilit, Foto oleh Idn Times Com

Bagi Anda penggemar makanan khas bali, pulau Bali punya makanan khas sate yang unik dan pastinya tidak kalah nikmat dengan sate pada umumnya, Sate Lilit namanya. Jika, biasanya sate di kota-kota lain, daging sate dipotong berbentuk dadu lalu ditusuk menggunakan bambu atau lidi.

Berbeda dengan sate khas Bali ini dibuat dengan cara daging yang sudah dihaluskan, dililitkan pada tangkai bambu ataupun batang daun sereh. Terbayangkan nikmat dan mudahnya makan Sate Lilit?

Tidak hanya mengguankan daging ayam, sate khasnya orang Bali ini juga terbuat dari jenis daging lainnya, yaitu babi dan tenggiri. Jadi, bagi Anda seorang muslim pastikan dulu ya bahan baku Sate Lilit sebelum Anda mengkonsumsinya!

Tempat : Warung Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku
Alamat : Jalan Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Gianyar, Bali
Harga : 20.000 an

3. Bebek Betutu

Bebek Betutu
Bebek Betutu, Foto oleh Unilever Food Solutions Co Id

Tidak hanya Ayam Betutu yang memiliki cita rasa nikmat dan wajib Anda cicipi saat datang ke pulau Bali, Bebek Betutu juga harus masuk daftar makanan khas Bali yang wajib anda coba.

Olahan yang berasal dari daging bebek yang dimasak bersama bumbu betutu dengan waktu sekitar 24 jam lebih, membuat anda harus memesannya satu atau dua hari sebelum menikmati olahan satu ini. Terbayangkan bagaimana nikmatnya bukan?

Cita rasa yang khas bakal bikin Anda kangen dan ingin menikmatinya berulang kali pastinya.

Tetapi untuk mencoba nikmatnya Bebek Betutu jangan lupa memesannya dua hari sebelum anda berkunjung ya! Nikmatnya olahan daging bebek ditemani suasana Bali yang khas bikin anda ingin datang kedua kalinya.

Tempat : Ayam Betutu Khas Gilimanuk
Alamat : Jalan Raya Tuban No.2X, Tuban, Kuta, Bali
Harga : 25.000 an

4. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo
Nasi Jinggo, Foto oleh Denpasar Kota Go Id

Saat anda berada di Pulau Bali tak lengkap rasanya jika tidak mencoba makanan khas bali salah satu ini yaitu Nasi Jinggo. Olahan nasi yang disajikan menggunakan daun pisang dengan lauk ayam suwir, mie goreng dan tempe goreng membuat sajian satu ini nikmat dan lezat.

Cita rasa pedas yang mendominasi membuat makanan khas Bali ini sangat cocok bagi Anda pecinta pedas.

Harga : Warung Bandrek & Nasi Jinggo PAK DE
Alamat : Jalan Raya Kuta No.27, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Harga : 15.000 an

Cukup murah bukan untuk sekelas makanan di Pulau Bali? Selain murah kuliner satu ini juga mudah ditemukan di pinggir-pinggir jalan. So, adakah alasan untuk tidak mencicipi kuliner khas Bali satu ini?

5. Lawar

Lawar Bali
Lawar, Foto oleh Makanan Enak Khas Bali Blogspot Com

Jangan pernah menduga bahwa makanan khas Bali satu ini berasal dari daging kelelawar! Lawar merupakan kuliner khas Bali yang berasal dari campuran sayur-sayuran seperti kacang panjang, nangka dan parutan kelapa, lalu diberikan bumbu khusus khas Bali yang membuat cita rasa nikmat dan menggugah selera. 

Lawar memiliki berbagai isian seperti Lawar kuwir (berisi daging entog), lawar ayam dan Lawar babi. Olahan Lawar memiliki berwarna merah karena dicampur dengan darah daging untuk menambah cita rasa gurih.

Tapi, jika Lawar Berwarna putih merupakan hasil mensubstitusi darah dengan santan. Nikmat dan pastinya menggugah selera bukan? Untuk menikmati keunikan kuliner satu ini Anda wajib mencobanya secara langsung saat berada di Pulau Bali.

Tempat : Warung Lawar Kuwir Men Koko
Alamat : Jl. Raya Munggu, Munggu, Kec. Mengwi, Bali
Harga : 15.000 an

6. Rujak Kuah Pindang

Rujak Kuah Pindang
Rujak Kuah Pindang, Foto oleh Madera Malksn Blogspot Com

Mendengar namanya pasti anda akan mengira kuliner Bali, rujak ini berbahan dasar dari ikan pindang? Namun dugaan Anda salah, Rujak Kuah Pindang bukanlah terbuat dari olahan ikan melainkan rujak seperti pada umumnya.

Terbuat dari bermacam buah-buahan yang memiliki cita rasa manis dan asam seperti bengkoang, kedondong, pepaya, mentimun, belimbing dan bermacam buah-buahan segar lainnya yang dipotong kecil-kecil, lalu disiram dengan bumbu rujak biasa dan kuah kaldu yang terbuat dari ikan, garam, terasi dan cabai.

Terbayangkan nikmat dan segarnya Rujak Kuah Pindang ini bukan?  Pasti bakal bikin anda nagih, apalagi makannya ditemani deburan ombak di pantai Kuta Bali? Jangan menyesal jika anda melewatkan makanan khas Bali satu ini.

Tempat : Depot Rujak Kuah Pindang VIP
Alamat : Jalan Raya Kuta 109 B, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Harga : 10.000 an

7. Tipat Cantok

Tipat Cantok
Tipat Cantok, Foto oleh Bali Daily Blogspot Com

Pernah membayangkan makan ketoprak dan gado-gado dalam satu piring? Tak perlu hanya jadi bayangan, karena saat berkunjung ke Pulau Bali Anda bisa menikmati salah satu makanan khas bali ini. Tipat Cantok namanya, Tipat dalam bahasa Bali berarti Ketupat dan Cantok berarti diulek atau di haluskan.

Jadi, sudah terbayang bukan olahan satu ini berasal dari berbagai sayuran rebus seperti kangkung, kacang panjang, tauge, dan ditambah potongan tahu goreng, lalu dicampur dengan bumbu kacang kemudian ditabur kacang tanah dan bawang yang disajikan bersama dengan ketupat.

Makanan Bali satu ini sangat mudah Anda temukan di pinggir jalan maupun di hotel berbintang. Jadi, anda tidak perlu merasa bingung dan ragu untuk mencicipi kuliner ini saat datang ke Pulau Bali.

Tempat : Warung Siki Rujak Kuah Pindang & Tipat Cantok
Alamat : Jalan Kertanegara No.99, Ubung Kaja, Kota Denpasar, Bali
Harga : 10.000 an

8. Laklak Bali

Laklak Bali
Laklak Bali, Foto oleh Magaziene Yo Explore Go Id

Jika anda menemukan Serabi saat berkunjung ke kota lain, di Pulau Bali juga ada olahan yang mirip dengan serabi yang bernama Laklak Bali.

Olahan dengan berbahan dasar seperti serabi namun cara memasaknya menggunakan kendi yang tradisional dengan diletakkan di atas api besar, kemudian ditutup sampai adonan mengembang. Proses pembuatan inilah yang membuat Laklak Bali memiliki cita rasa unik dan wajib Anda coba. 

Berbeda dengan serabi yang teksturnya lebih lembek, Laklak memiliki tekstur lebih krispi diluar dan lembut didalam sehingga bakal bikin pecah di mulut mulai dari suapan pertama Anda mencoba.

Diberi sirup gula merah dan ditaburi parutan kelapa membuat Laklak makin nikmat sebagai teman untuk menikmati keindahan pulau Bali. Tertarik untuk mencicipinya?

Tempat : Laklak Bali Rama
Alamat : Jalan Panji No.47, Dalung, Kec. Kuta Utara, Bali
Harga : 1.000 an per biji

9. Tum Ayam

Tum Ayam
Tum Ayam, Foto oleh Resep Koki Id

Bagi Anda pecinta pepes, Pulau Bali juga punya makanan khas yaitu Tum Ayam. Olahan yang terbuat dari campuran daging ayam, aneka bumbu dan santan dan dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus yang membuat olahan satu ini sangat nikmat dan menggugah selera.

Biar semakin mantap saat menikmatinya Anda bisa menggunakan nasi hangat. Cita rasa yang nikmat dan lezat akan berpadu di mulut dan membuat Anda tidak ingin berhenti menikmatinya.

Jika Anda tidak begitu suka dengan daging ayam tenang saja ada pilihan daging bebek maupun daging lainnya. Jadi, tertarik untuk mencicipi salah satu makanan khas bali yang ini?

Harga : 8.000 an

10 Srombotan

Srombotan
Srombotan, Foto oleh Food Detik Com

Jika di Jawa anda mengenalnya dengan sebutan urap-urap, saat di Bali orang-orang menyebutnya dengan Srombotan. Makanan khas bali ini Terbuat dari berbagai sayur-sayuran yang direbus seperti kacang panjang, kecambah, kangkung, bayam, terong bulat, kelapa parut yang disangrai dan pare yang direbus setengah matang.

Kemudian tidak lupa disiram dengan sambal encer pedas yang menggugah selera. Makin terasa sempurna saat menyantapnya ditemani dengan ketupat. Makanan khas Bali satu ini sangat mudah ditemukan di berbagai pasar tradisional di seluruh Pulau Bali.

Namun ada salah satu tempat makan yang sudah melegenda sejak 25 tahun lalu yang bisa menjadi pilihan yaitu,  warung makan Ibu Nengah Purnawati yang buka pada sore hari di Jalan Tukad Pakerisan, Denpasar. Jadi, Tertarik untuk mencicipi nikmat Srombotan khas Bali?

Tempat : Warung makan Ibu Nengah Purnawati
Alamat : Jalan Tukad Pakerisan, Denpasar
Harga : 5000 an

11. Komoh Bali

Komoh Bali
Komoh Bali, Foto oleh Kuliner Panduan Wisata Go Id

Saat datang ke Pulau Bali ada salah satu makanan khas yang wajib anda cicipi. Komoh Bali merupakan olahan daging babi mentah yang dicincang halus lalu diambil airnya, dan dicampur dengan darah, sehingga kelihatan merah cair.

Kemudian untuk aroma diberikan bumbu yang sangat khas seperti rempah-rempah dan merica agar pedas. Cukup ekstrim memang tapi cita rasanya dijamin lezat dan nikmat.

Tapi, bagi Anda seorang muslim sebaiknya pastikan dulu daging yang digunakan sebelum disantap. Cita rasa unik dan khas pastinya bakal bikin Anda tergoda mencicipinya.

Tempat : Warung Babi Guling Pak Dobiel Nusa Dua
Alamat : Jalan Srikandi No.9, Benoa, Kec. Kuta Sel., Bali
Harga : 30.000 an

12. Babi Guling

Babi Guling
Babi Guling, Foto oleh Google Com

Makanan khas Bali yang banyak dicari wisatawan selanjutnya adalah Babi Guling atau lebih akrab dengan sebutan Bigul. Seperti namanya kuliner Bali ini berbahan utama daging anak babi betina atau jantan, ditambah dengan sayuran yang dimasukkan ke dalam perut babi yang sudah dibersihkan.

Proses memasaknya pun unik, yaitu dipanggang pada bara api sambil diputar-putar (guling-guling) hingga matang. Perpaduan, cita rasa nikmat dan gurih bakal bikin ketagihan. Apalagi saat memakannya bersama dengan nasi lawar, bikin perpaduan yang pecah di mulut.

Tempat : Warung Babi Guling Pak Dobiel Nusa Dua
Alamat : Jalan Srikandi No.9, Benoa, Kec. Kuta Sel., Bali
Harga : 30.000 an

13. Entil

Entil
Entil, Foto oleh Bali Travel News Com

Jika Anda sedang berada di sekitar daerah Pupuan Tabanan, tak ada salahnya mencoba makanan khas Bali yang satu ini, Entil. Sekilas tampilan Entil mirip dengan lontong karena sama-sama terbuat dari beras, namun memiliki perbedaan pada pembungkusnya.

Jika lontong yang biasanya Anda temui di Pulau Jawa dibungkus dengan daun pisang, maka Entil dibungkus dengan daun talengidi. Daun talengidi tersebut dipercaya membuat cita rasa Entil menjadi unik dan lezat serta khas.

Untuk mendapatkan lontong unik khas Bali ini, Anda bisa menemukannya dengan mudah di warung-warung tradisional Bali yang ada di daerah Pupuan Tabanan Bali.

Tempat : Entil Pupuan Ibu Sunadi
Alamat : Jalan Raya Pupuan, Pujungan, Pupuan, Bali
Harga : 6.000 an

14. Sate Penyu

Sate Penyu
Sate Penyu, Foto oleh Lesmana Chandra Eka 93 WordPress Com

Apa yang terlintas di pikiran Anda saat pertama kali mendengar nama makanan khas Bali ini? Sate yang terbuat dari daging penyu? Yap, nyatanya sate ini terbuat dari daging penyu.

Tapi itu dulu, sekarang banyak penjualnya mengganti bahan utama satenya dengan daging babi. Hal ini disebabkan adanya aturan ketat dari pemerintah untuk tidak memperjual belikan penyu dalam bentuk apapun. Sehingga Sate Penyu yang anda temui di Bali terbuat dari daging babi.

Sate Penyu ini memiliki cita rasa pedas dan manis yang sederhana, karena hanya perpaduan antara saus kecap, cabai, dan garam. Untuk bisa menikmati seporsi Sate Penyu.

Tempat : Sate Babi Bawah Pohon
Alamat : Jalan Dewi Sri IV Jl. Campuhan I – Dewi Sri, Legian, Kuta, Bali 
Harga : 40.000 an

15. Nasi Ayam Kedewatan

Nasi Ayam Kedewatan
Nasi Ayam kedewatan, Foto oleh Nor Hafiz Com

Makanan khas Bali yang tak kalah terkenal dan wajib Anda cicipi adalah Nasi Ayam Kedewatan. Makanan yang berasal dari Desa Kedewatan ini sekilas mirip dengan nasi campur khas Bali lainnya.

Nasi Ayam Kedewatan biasa disajikan bersama dengan telur, lawar, sate lilit dan sambal matah. Perpaduan bumbu khas Bali yang digunakan dalam menyulap Nasi Ayam Kedewatan pun relatif lengkap atau sering disebut base genep. Base genep, terdiri dari lengkuas, kunyit, jahe, merica, ketumbar, cengkeh, kapulaga, mesui, jangu, serta bawang merah dan bawang putih.

Cita rasanya yang kaya akan rempah dan pedas yang pas membuat nasi ayam ini menjadi favorit banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke pulau Dewata. Tertarik untuk mencicipinya?

Tempat : Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku
Alamat : Jalan Tukad Badung No.11, Renon, Kec. Denpasar Sel., Bali
Harga : 25.000 an

Baca Juga : Kuliner Malam Bali

16. Sate Languan Bali

Sate Languang Bali
Sate Languang, Foto oleh Reservasiku Com

Jenis sate-satean Bali selain Sate Lilit termasuk jarang dicari oleh wisatawan yang ingin berburu kuliner khas Bali. Padahal ada jenis sate lilit yang tak kalah enak dengan sate lilit daging yang sering dijumpai di Bali, Sate Languan namanya.

Bedanya dengan sate lilit biasa adalah bahan baku makanan khas bali ini utamanya yang digunakan, yaitu menggunakan ikan tongkol dan kelapa. Ikan tongkol yang sudah dihaluskan kemudian diberi bumbu khas Bali yang terdiri dari rimpang-rimpangan, bawang merah dan bawang putih, cabai, terasi, garam, gula merah dan jeruk limau.

Cita rasanya yang lezat, gurih, pedas dan segar membuat siapapun yang menikmatinya akan ketagihan. Sate Languan akan cocok disantap bagi Anda yang memiliki alergi daging-dagingan.

Jika, tertarik mencicipinya Sate Languan Bali banyak dijumpai pada warung makan pesisir pantai.

Tempat : Sate Languan
Alamat : Gg. VIII No.6, Pedungan, Kec. Denpasar Sel., Bali
Harga : 10.000 – 20.000 an

17. Nasi Tepeng Bali

Nasi Tepeng Bali
Nasi Tepeng bali, Foto oleh Wisataku Id

Nasi Tepeng merupakan kuliner khas Bali yang sekilas mirip dengan Nasi Tempong Banyuwangi. Kuliner sejenis nasi campur ini disajikan bersama  ayam dan sayur nangka muda serta kacang panjang dimana nasinya dimasak sampai lembek yang dibumbui dengan kunyit, serai, daun salam, garam, bawang merah dan bawang putih.

Sehingga menghasilkan cita rasa gurih yang cocok disantap sebagai menu sarapan yang nikmat. Hal unik lainnya yang menjadi daya tarik makanan Bali Nasi Tepeng adalah penyajiannya yang menggunakan daun pisang.

Bakal makin memberikan kenikmatan lebih di setiap suapannya. Jika tertarik untuk mencicipi Nasi Tepeng.

Tempat : Pasar Senggol Gianyar
Alamat : Jalan Ngurah Rai, Gianyar, Kec. Gianyar, Bali
Harga : 10.000 an

18. Batun Bedil

Batun Bedil
Batun Bedil, Foto oleh Ban M wikipedia Org

Jika Anda mencari kuliner Bali yang cocok dijadikan sebagai hidangan penutup, tak ada salahnya mencoba Batun Bedil. Kudapan manis yang memiliki arti “biji peluru”, sekilas mirip dengan bubur candil khas Jawa.

Makanan khas bali ini terbuat dari tepung tapioka dan tepung ketan yang dibentuk pipih dengan cekungan di tengahnya. Teksturnya yang kenyal dan gurih ini berpadu sempurna dengan kuah manis kental yang terbuat dari santan dan gula merah. Sebagai pelengkap, di atas Batun Bedil Bali akan ditambahkan taburan kelapa parut yang gurih.

Batun Bedil, cocok disantap dalam keadaan hangat. Cita rasanya yang khas bakal bikin sensasi rasa yang unik dan sulit untuk dilupakan. Anda bisa menemukannya dengan mudah kudapan khas Bali ini di pasar-pasar tradisional Bali atau warung makan tradisional Bali. Selamat mencoba!

Tempat : Pasar Senggol Kreneng
Alamat : Jalan Kamboja, Denpasar, Bali
Harga : 5.000 an

19. Bebek Bengil Bali

Bebek Bengil Bali
Bebek Bengil Bali, Foto oleh Kintamani Id

Makanan khas Bali yang punya nama unik ini wajib banget Anda coba, Bebek Bengil. Bebek Bengil yang dalam bahasa Bali artinya “bebek kotor” ini tidak disajikan dalam keadaan kotor loh ya!

Bebek akan diolah dengan baik dan bersih, lalu digoreng hingga crispy di luar namun tetap lembut dan dipadukan aneka rempah yang khas di dalam. Oleh karena itulah, Bebek Bengil memiliki cita rasa gurih dan khas rempah-rempah yang begitu nikmat serta menggugah selera.

Biasanya kuliner Bali ini akan disajikan dalam bentuk 1 ekor bebek utuh, jadi disarankan untuk memakannya rame-rame bersama teman atau keluarga ya sobat kuliner Kota!. Tertarik untuk mencicipi kelezatannya?

Tempat : Bebek Bengil
Alamat : Jalan Hanoman, Ubud, Gianyar, Bali
Harga : 200.000 an

20. Jukut Ares

Jukut Ares
Jukut Ares, Foto oleh Kintamani Id

Jukut Ares adalah makanan khas Bali berkuah kaldu yang wajib Anda coba. Alih-alih menggunakan kaldu daging, Jukut Ares disajikan dengan kuah kaldu tulang hewan yang sudah diberi tambahan bumbu-bumbu khas Bali. Sehingga cita rasa kaldu yang dihasilkan akan lebih pekat, gurih dan menggugah selera.

Uniknya lagi bahan yang digunakan untuk membuat Jungkut Ares Bali adalah batang pohon pisang muda. Pengolahannya pun tidak bisa sembarangan ya sobat Kuliner Kota! Hanya bisa menggunakan bagian dalam batang pohon pisang yang berwarna putih saja.

Mula-mula batang pohon pisang muda tersebut harus direndam dalam air garam untuk menghilangkan rasa sepat yang dominan. Jika tertarik, mencoba kuliner unik Bali ini.

Tempat : Warung Jukut Undis
Alamat : Jalan Danau Buyan No.42A, Sanur, Kota Denpasar, Bali.
Harga : 20.000 an

21. Sate Plecing Bali

Sate Plencing
Sate Plencing Bali, Foto oleh Nomnom Bali Com

Masih ada kuliner khas Bali berbau sate-satean yang wajib anda coba, yaitu Sate Plecing. Sate ini umumnya berbahan dasar daging babi, namun Anda juga bisa menemukan Sate Plecing berbahan dasar daging ayam, kambing atau sapi. Sehingga kalian seorang Muslim bisa mencicipi kuliner sate ini.

Sate Plecing khas Bali tidak menggunakan bumbu kacang atau bumbu kecap layaknya sate pada umumnya, melainkan menggunakan bumbu khusus bernama Sambal Plecing.

Sehingga cita rasanya pun tidak hanya manis, melainkan perpaduan yang sempurna antara gurih, manis dan pedas yang siap menggoyang lidah. Rasa yang cocok dengan lidah orang Indonesia bukan? jangan lupa santap makanan khas bali yang satu ini.

Tempat : Warung Sate Plecing Arjuna
Alamat : Jalan Arjuna No.47, Dauh Puri , Bali
Harga : 39.000 an

22. Rujak Bulung Bali

Rujak Bulung
Rujak Bulung Bali, Foto oleh Google Com

Rujak Bulung merupakan makanan khas Bali yang cukup unik dibandingkan dengan rujak pada umumnya. Jika rujak yang sering kalian jumpai berbahan dasar buah atau sayur, lain halnya dengan Rujak Bulung yang berbahan dasar rumput laut jenis Bulung Boni.

Keunikan lainnya juga terletak pada bumbu siraman yang bukan menggunakan saus kacang, melainkan menggunakan kuah pindang. Perpaduan cita rasa segar dan pedas yang pas serta tekstur kenyal dari rumput laut menjadikan Rujak Bulung ini begitu istimewa di hati penikmatnya.

Selain enak, makanan khas bali yang unik ini juga dipercaya bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari tubuh (detoksifikasi) dan kaya akan serat yang baik bagi tubuh. Anda bisa mencicipi rujak unik ini di..

Tempat : Warung Rujak Gelogor
Alamat : Jalan Bukit Tunggal No.27, Pemecutan, Kota Denpasar, Bali.
Harga : 10.000 an

23. Siobak Khe Lok Bali

Siobak Khe Lok
Siobak Khe Lok, Foto oleh Google Com

Memiliki nama yang unik, Siobak Khe Lok adalah makanan khas Bali hasil akulturasi budaya dengan Tionghoa. Kuliner yang sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia terdiri dari nasi yang dihidangkan bersama rebusan daging babi, jeroan, tulang rawan, dan kulit babi yang sudah dibumbui dengan rempah-rempah khas Bali.

Tidak lupa, ditambah dengan siraman kuah kental yang terbuat dari tauco dan ngo hiang serta kerupuk kulit babi sebagai pelengkap. Perpaduan rasa yang sempurna membuat Siobak Khe Lok punya cita rasa yang tidak bisa ditemukan di kuliner Bali lainnya.

Untuk bisa menikmati seporsi kuliner Bali ini, Anda bisa mengunjungi yang berlokasi di..

Tempat : Kedai Siobak Babi Khe Lok
Alamat : Jalan Surapati No.66, Singaraja, Bali.
Harga : 30.000 an

24. Rujak Cuka Bali

Rujak Cuka Bali
Rujak Cuka, Foto oleh Rujak Mbok Putu Blogspot Com

Kuliner khas Bali jenis rujak-rujakan yang tak kalah nikmat selanjutnya adalah Rujak Cuka. Sejenis dengan rujak buah dan sayur pada umumnya, Rujak Cuka menawarkan cita rasa manis, asam dan pedas yang menyatu dengan sempurna.

Suapan demi suapan bakal membuat lidah bergoyang dan tidak bisa berhenti ngunyah. Ditambah dengan taburan kacang tanah diatasnya makin membuat Rujak Cuka terasa gurih. Jika Anda sedang “ngidam” rujak di siang hari untuk menemani explore pulau Dewata maka Rujak Cuka wajib jadi pilihan.

.Tempat : Warung Rujak Maknyos
Alamat : Banyuasri, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali
Harga : 15.000 an

25. Tipat Tahu Gerenceng Bali

Tipat Tahu Gerenceng
Tipat Tahu Gerenveng, Foto oleh Traveloka Com

Tipat Tahu Gerenceng adalah makanan khas Bali mengenyangkan yang bisa menjadi referensi wisata kuliner Anda. Tipat Tahu Gerenceng yang berarti ketupat tahu yang populer di daerah Banjar Gerenceng.

Makanan Bali Tipat Tahu Gerenceng menawarkan keunikan penyajian dimana bumbu kental khasnya tidak disiram di atas potongan ketupat, tahu dan tauge, melainkan diletakkan terlebih dahulu sebelum bahan utamanya. Bumbu kental khasnya memiliki cita rasa pedas, manis dan gurih yang berpadu sempurna membuat penikmatnya tak puas hanya memakan seporsi saja.

Supaya lebih nikmat, jangan lupa diberi taburan bawang goreng dan kerupuk udang. Enaknya Tipat Tahu Gerenceng bakal bisa sampai ke hati dalam setiap suapannya.

Tempat : Warung Tipat Tahu Gerenceng
Alamat : Dr. Soetomo No.9, Kota Denpasar, Bali.
Harga : 13.000 an

26. Nasi Sela Bali

Nasi Sela
Nasi Sela Bali, Foto oleh Parit Tranaya Slog BlogspoytCom

Bagi anda yang gemar makan makanan sehat tak ada salahnya mencoba makanan khas Bali ini, Nasi Sela. Sela dalam bahasa Bali yang berarti ubi dicampur ke dalam kukusan nasi sehingga cita rasa nasinya sedikit gurih dan manis yang unik.

Olahan nasi yang terkenal dari daerah Karangasem ini pernah menjadi makanan pokok sehari-hari masyarakat Bali di kala krisis pangan pada tahun 1970-an lho. Namun kini kuliner Bali tersebut banyak dicari oleh wisatawan karena ingin mencoba keunikan nasi ubi khas Bali.

Nasi Sela bisa dinikmati dengan berbagai macam lauk dan sayur khas Bali, mulai dari ayam betutu, pindang tongkol, tumis sayur kacang panjang, urap sayur dan sambal matah. Tertarik untuk mencoba bagaimana kelezatannya makanan khas Bali ini?

Tempat : Warung Nasi Sela Pak Nyoman
Alamat : Sumerta, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 
Harga : 12.000 an

27. Nasi Pedas

Nasi Pedas
Nasi Pedes, Foto oleh Idn Times Com

Jika anda pecinta kuliner pedas, Nasi Pedas bisa jadi referensi makanan khas Bali yang wajib dicoba. Eits, yang pedas bukan nasinya, melainkan dari sambal khasnya ya! Nasi Pedas umumnya akan dilengkapi dengan sambal, kering tempe, serundeng, tumis sayur dan mie goreng.

Tak ketinggalan pula lauk pendamping yang bisa Anda pilih sesuai selera, mulai dari ayam goreng, telur goreng, olahan daging dan masih banyak pilihan lainnya. Nasi Pedas tidak hanya menonjolkan cita rasa pedas, melainkan perpaduan sempurna antara pedas, manis dan gurih dalam satu piring.

Jika tertarik untuk mencicipi kuliner pedas ini, maka Anda bisa mendatangi salah satu tempat makan legendaris yang terkenal dengan Nasi Pedasnya.

Tempat : Warung Nasi Pedas Ibu Andika
Alamat : Jalan Blambangan No.55, Kabupaten Badung, Bali.
Harga : Mulai 20.000 an

28. Bebek Goreng Bali

Bebek Goreng Bali
Bebek Goreng Bali, Foto oleh Radar Nasional Net

Olahan bebek memang bisa Anda temui di berbagai kota di Indonesia, namun tak ada salahnya mencicipi makanan khas Bali berupa Bebek Goreng. Bedanya olahan bebek di Bali dengan olahan bebek dari kota lain adalah cita rasa yang begitu khas dari rempah-rempah khas Bali di dalam setiap gigitan daging bebek.

Rempah-rempah khas Bali tersebut mula-mula dihaluskan lalu dioles ke badan bebek, yang selanjutnya akan didiamkan selama 2 jam agar bumbu bisa meresap sempurna. Selain itu Bebek Goreng Bali juga lebih sering menggunakan bebek muda agar tidak alot saat dimakan. Tidak hanya itu, Bebek Goreng Bali juga harus digoreng dalam minyak panas agar bisa menghasilkan bebek goreng yang renyah di luar namun lembut dan juicy di dalam.

Makanan khas bali yang satu ini sangat cocok apabila disantap bersama seporsi nasi hangat dan sambal matah khas Bali. Dijamin puas dan bikin ketagihan. Anda bisa menikmati seporsi nasi dan bebek goreng yang enak di..

Tempat : Warung Bebek Bengil
Alamat : Jalan Hanoman, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.
Harga : 100.000 an

29. Timbungan

Timbungan
Timbungan, Foto oleh Makan Abis Com

Timbungan sebenarnya bukan merujuk ke suatu kuliner khas Bali, melainkan cara memasak makanan yang lazim di Bali. Makanan yang diolah dengan cara Timbungan ini akan dimasukkan ke dalam bambu. Bahan makanan apapun bisa diolah menggunakan Timbungan, mulai dari ayam, daging hingga ikan.

Umumnya olahan Timbungan akan diproses dengan cara dikukus atau dibakar. Sehingga makanan tersebut akan bercita rasa gurih dan beraroma bambu yang khas.

Kuliner Timbungan yang sering dijumpai di Bali adalah Bebek Timbungan, Anda bisa menemukannya di yang berada di..

Tempat : Warung Bebek Timbungan
Alamat : Jalan Sunset Road No.88, Kuta, Badung, Bali.
Harga : 135.000 an

30. Bubur Mengguh Bali

Bubur Mengguh Bali
Bubur Mengguh Bali, Foto oleh Ksm Tour Com

Bagi anda yang sedang mencari makanan khas Bali yang cocok sebagai menu untuk sarapan, Bubur Mengguh bisa jadi pilihan. Berbeda dengan bubur pada umumnya, Bubur Mengguh khas Bali ini terbuat dari campuran beras dan santan yang disajikan dengan ayam suwir bumbu lalu disiram dengan kaldu ayam kental dan tambahan urap sayur.

Perpaduan unik dengan cita rasa gurih dan sedikit pedas membuat makanan ini digemari oleh berbagai kalangan dan usia.

Tempat : Warung Laota
Alamat : Jalan Sunset Road No.88, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Harga : 10.000an

31. Ikan Laut Sambal Mentah Bali

Makanan khas Bali selanjutnya berbahan dasar ikan yang tak kalah nikmat adalah Ikan Laut Sambal Mentah atau dalam bahasa Bali bernama “Be Pasih Mesambel Matah”.

Makanan sederhana khas Bali ini berbahan dasar aneka jenis ikan laut yang diberi bumbu rempah khas bali, terdiri dari bawang putih, ketumbar, kunyit, terasi dan garam. Setelah diberi bumbu, ikan tidak langsung diolah melainkan didiamkan terlebih dahulu beberapa saat. Jika sudah meresap, barulah ikan dipanggang diatas arang. Sebagai pelengkap, olahan ikan laut ini dinikmati bersama dengan seporsi nasi hangat, sambal matah khas Bali dan plecing kangkung.

Menjadikan perpaduan yang sempurna, kaya nutrisi dan bercita rasa gurih, segar serta sedikit pedas yang bikin ketagihan. Anda bisa menemukan kuliner tersebut pada berbagai tempat makan di sekitar pesisir pantai Bali.

Tempat : Warung Mami Ikan Bakar
Alamat : Jalan Uluwatu II No.30X, Jimbaran, Badung, Bali
Harga : 90.000an

32. Ikan Asap Sambal Matah

Ikan Asap Sambal Matah
Ikan Asap Sambal Matah, Foto oleh Google Com

Olahan ikan lainnya yang menjadi makanan khas bali adalah Ikan Asap Sambal Matah. Sesuai namanya, ikan yang sudah diberi bumbu berupa cabai, kunyit, bawang merah dan bawang putih ini dimasak dengan cara pengasapan menggunakan sabut batok kelapa.

Proses memasak itulah yang membuat ikan beraroma khas wewangian sabut kelapa dan menambah cita rasa gurih yang nempel di lidah. Olahan ikan asap ini cocok disantap bersama dengan seporsi nasi hangat dan sambal matah yang pedas dan segar.

Ikan Asap Sambal Matah juga mudah dijumpai di Pulau Serangan Bali karena kuliner ini merupakan makanan khas warga Pulau Serangan. Jadi, tertarik untuk mencicipi kelezatan kuliner masyarakat Bali ini? 

Tempat : Ikan Asap Al Serangn Bumbu Matah
Alamat : Gg. Buana Asih, Padangsambian, Denpasar, Bali
Harga : 15.000an

33. Jukut Urap Bali

Jungkut Urap Bali
Jukut Urap Bali, Foto oleh Resep Koki Id

Jukut Urap adalah kuliner Bali yang sejenis dengan urap-urap sayur yang biasa Anda temui di warung makan khas Jawa. Meskipun hanya olahan sayur yang direbus, Jukut Urap punya tempat sendiri di lidah masyarakat Bali dan wisatawan.

Dalam satu porsi Jukut Urap, Anda akan disuguhkan berbagai macam campuran sayuran yang terdiri dari kacang panjang, tauge, bayam dan wortel lalu ditambahkan bumbu khas Bali. Bumbu  khas Bali tersebut terdiri dari cabai rawit, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, gula merah, kencur, merica, daun jeruk dan terasi.

Perpaduan cita rasa sempurna antara gurih, segar dan pedas yang tak terlupakan dalam setiap suapnya. Anda dapat dengan menemukannya di berbagai tempat makan khas Bali atau makanan tradisional bali.

34. Tipat Blayag

Tipat Blayang
Tipat Blayang, Foto oleh Bisnis Jakarta Co Id

Makanan khas Bali berbahan dasar tipat yang enak selanjutnya adalah Tipat Blayag. Seperti halnya dengan Tipat Cantok, tipat yang dibungkus dengan daun enau atau aren akan dipotong-potong dengan diberi tambahan lauk khas Bali.

Diantaranya ada urap sayur khas Bali, suwiran ayam pedas, kacang tanah goreng dan tidak lupa siraman kuah ayam nyat-nyat yang menghasilkan cita rasa pedas dan gurih dalam satu piring. Anda juga bisa menambahkan telur rebus, taburan bawang goreng, dan peyek agar kuliner Tipat Blayag terasa lebih nikmat.

Tempat : Warung Blayag Dek Ani
Alamat : Jalan Diponegoro Gang Batu Raya Amlapura, Karangasem, Bali.
Harga : 10.000 an

35. Sate Kakul

Sate Kakul
Sate Kakul Foto oleh Prasmanan Com

Belum puas dengan makanan khas Bali berbau sate-satean, masih ada lagi kuliner sate yang wajib dicicipi, Sate Kakul. Sate khas Bali yang satu ini bukan terbuat dari olahan daging atau ikan seperti sate lilit, melainkan menggunakan kakul atau keong sawah.

Jenis keong sawah ini kemudian diolah dengan tambahan bumbu-bumbu khas Bali yang sering disebut base genep serta sedikit kecap dan santan. Perpaduan bumbu yang khas dari Sate Kakul menghasilkan cita rasa gurih dan sedikit pedas, berpadu sempurna dengan kakul yang bertekstur kenyal.

Sate Kakul juga sering dijadikan lauk pendamping gulai dan ayam betutu. Tertarik mencicipi sate unik khas Bali ini?

Tempat : Warung Sate Kakul
Alamat : Jalan Raya Kengetan, Singakerta, Gianyar, Bali
Harga : 30.000 an

36. Nasi Campur

Nasi Campur
Nasi Campur, Foto oleh Qraved Com

Tidak hanya di Pulau Jawa, Nasi Campur juga merupakan makanan khas Bali yang menjadi favorit banyak orang. Seperti Nasi Campur pada umumnya, kuliner ini dilengkapi dengan berbagai macam lauk khas Bali yang pastinya menggugah selera Anda.

Nasi Campur sangat cocok disantap kapanpun, mulai dari sarapan, makan siang hingga makan malam. Seporsi nasi hangat dengan aneka lauk khas Bali yang begitu beragam, menjadikan Anda dapat menikmati kelezatan berbagai kuliner Bali dalam satu piring.

Jika tertarik ingin mencoba seporsi Nasi Campur yang lezat, kunjungi saja yang berada di..

Tempat : Nasi Campur Bali Sukreni
Alamat : Jalan Kediri, Badung, Bali
Harga : 25.000 an

37. Bulung Kuah Pindang

Bulung Kuah Pindang
Bulung kuah Pindang, Foto oleh Id Wikipedia Org

Makanan khas Bali berbahan dasar rumput laut selanjutnya yang tak kalah nikmat adalah Bulung Kuah Pindang. Rumput laut yang digunakan adalah jenis Kappaphycus alvarezii dengan ciri-ciri berwarna hijau gelap dan agak kemerahan.

Rumput laut tersebut kemudian diolah dengan cara direbus dan disajikan bersama potongan tipat, kuah pindang serta taburan bumbu khas bercita rasa pedas dan gurih. Kudapan Bali ini cocok disantap saat cuaca panas. Karena perpaduan cita rasa Bulung Kuah Pindang yang segar, gurih dan pastinya juga bikin kenyang.

Tempat : Liligundi Warung Jaje Bali
Alamat : Jalan Cokroaminoto No.353, Kota Denpasar, Bali

38. Rujak Buleleng Bali

Rujak Buleleng Bali
Rujak Buleleng Bali, Foto oleh Indonesia Kaya Com

Makanan khas Bali khas Buleleng ini wajib Anda coba, Rujak Buleleng. Hampir sama dengan rujak buah pada umumnya, Rujak Buleleng terdiri dari irisan buah segar seperti kedondong, ubi merah, mangga, pepaya, bengkoang, nanas dan timun yang disiram dengan bumbu kuah rujak yang bercita rasa manis, pedas dan sedikit asam yang bikin mata merem melek.

Rujak ini paling pas dinikmati saat cuaca Bali sedang panas dan tubuh butuh yang segar-segar. Enak dan segar banget lho sobat Kuliner Kota! 

Tempat : Warung Makan dan Kuliner Dapoer Rujak Singaraja
Alamat : Jalan Sahadewa No.14A, Buleleng, Bali
Harga : 6.000 an

39. Sate Pentul Bali

Serupa tapi tak sama, Sate Pentul merupakan makanan khas Bali yang mirip dengan Sate Lilit. Sate ini sama-sama berbahan olahan daging yang dihaluskan lalu dililitkan ke tusukan sate.

Namun yang membuat Sate Pentul berbeda dengan sate lilit Bali lainnya adalah penggunaan batang serai sebagai tusukan sate. Sehingga cita rasa daging akan lebih gurih dan wangi batang serai. Dan juga daging yang digunakan bukan daging ayam, sapi ataupun babi, melainkan daging ikan kakap dan udang giling yang ditambah dengan bumbu khas Bali, kelapa parut, kaldu, garam dan gula merah.

Sate yang sudah dililitkan tadi harus dikukus dulu agar tidak berantakan saat proses pembakaran. Nikmat dan cocok bagi Anda yang tidak menyukai dan alergi dengan olahan daging merah. Untuk mendapatkan Sate Pentul yang lezat ini, Anda bisa menemukannya di Warung Lesehan Mertha Sari yang berada di Jalan Kresna, Klungkung, Bali.

40. Sudang Lepet

Sudang Lepet
Sudang Lepet, Foto oleh Kintamani Id

Kuliner khas Bali yang satu ini tergolong jarang diketahui oleh wisatawan, yaitu Sudang Lepet. Makanan yang banyak ditemukan di sekitar Buleleng dan Singaraja ini merupakan sejenis ikan asin yang bertekstur renyah dan asin karena diproses dengan cara dikeringkan terlebih dahulu lalu dipipihkan hingga benar-benar tipis.

Selanjutnya tidak lupa diberi garam untuk memberikan cita rasa rasa asin. Untuk bisa menikmati Sudang Lepet, Anda hanya perlu menggorengnya dengan penambahan bumbu sesuai selera. Sudang Lepet makin nikmat disantap bersama seporsi nasi hangat serta sambal matah khas Bali.

Makanan khas bali ini sederhana tapi bikin kenyang dan bercita nikmat dan tidak ada duannya. Jika Anda tertarik mencicipi uniknya Sudang Lepet, coba datangi di..

Tempat : Warung Glory Buleleng Sudang Lepet
Alamat : Jalan Kamboja No.22, Dangin Puri Kangin, Kota Denpasar, Bali.
Harga : 10.000 an

Bagi anda yang berkunjung ke Pulau Dewata, maka kuliner khas Bali diatas wajib banget Anda cicipi. Cita rasa yang unik, lezat dan nikmat akan sayang jika terlewatkan. Perlu diingat, apabila Anda seorang muslim, disarankan untuk memastikan terlebih dahulu makanan yang akan Anda santap. Nikmat dan lezatnya makanan khas Bali terkadang juga bikin Anda lupa porsi yang sudah disantap. siap mencicipi kuliner khas Bali di atas satu per satu?

Last Updated on August 31, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Siti Ruli Wahyuni
Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *