Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Resep Nasi Kebuli Ayam, Praktis dan Asli Khas Arab

2 min read

Nasi Kebuli Ayam

Bagi kamu pecinta nasi gurih pasti sudah tidak asing dengan nasi kebuli. Yaps, nasi kebuli menjadi salah satu kuliner dari negara Afganistan yang disukai orang Indonesia. Selain punya cita rasa yang khas kuliner satu ini juga nikmat disantap saat momen idul Adha maupun buka puasa. Tapi, tidak perlu khawatir saat kalian ingin menghidangkannya sebagai sajian sehari-hari, Kuliner Kota punya resep nasi kebuli ayam khas Arab yang pastinya praktis, nikmat dan bikin nangih. Untuk itu siapkan bahan-bahan dan ikut cara membuat nasi kebuli ini dalam artikel berikut ini.

Sejarah Nasi Kebuli

Nasi Kebuli atau orang Afganistan bilang Kabuli Palaw, merupakan makanan sehari-hari di negara ini. Nasi Kebuli disajikan dengan beragam lauk itulah sebabnya orang-orang di sana tak pernah bosan menikmati nya. Penyebutan Kabuli bermula dari kata Kabul, sedangkan Kabul adalah Ibu Kota Afganistan. Itulah sebabnya, Nasi Kebuli banyak ditemui di Afganistan bagian Utara.

Di dalam ilmu sejarah, Nasi Kebuli adalah makanan bagi para raja-raja, seorang pendiri Dinasti Moghul adalah salah satu penikmatnya. Termasuk Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud. Dimana ketika beliau tengah berkunjung ke Indonesia dan saat kegiatan makan siang bersama Presiden Jokowi, Nasi Kebuli masuk menjadi salah satu hidangan spesial yang tidak lupa disajikan. Cita rasa, Nasi Kebuli merupakan perpaduan dari rasa gurih dan sedikit rasa manis. Ciri khas lain dari Nasi Kebuli ini adalah aromanya seperti kuah kari dan berwarna kuning. Tidak lupa juga tambahan topping. Makin penasaran kan apa saja resep Nasi Kebuli? Yuk, simak resep Nasi Kebuli Ayam di bawah ini.

Resep Nasi Kebuli Ayam

Selain memiliki cita rasa yang khas dan menggiurkan lidah, Nasi Kebuli Juga memiliki beragam jenis daging digunakan sebagai topping, mulai dari daging kambing, ayam maupun sapi. Kali ini Kuliner Kota akan membagikan resep Nasi Kebuli dari daging ayam yang pastinya lebih ekonomis. Untuk itu siapkan bahan-bahan dan baca lengkap cara membuat Nasi Kebuli Ayam di bawah ini.

Bahan Membuat Nasi Kebuli Ayam

  • 500 gram beras,
  • 700 gram daging ayam,
  • ½ sdt garam,
  • ½ sdt merica bubuk,
  • 1 batang serai,
  • 1 sdt cengkih bubuk,
  • 1 sdt jintan bubuk,
  • 1 sdt kayu manis bubuk,
  • 1 sdt pala bubuk,
  • 1,2 liter air,
  • 2 sdm ketumbar bubuk,
  • 2 sdt minyak,
  • 2 sdt penyedap rasa kaldu ayam,
  • 3 cm jahe,
  • 3 sdm minyak samin,
  • 6 butir kapulaga,
  • 10 butir bawang merah,
  • 10 siung bawang putih,

Cara Membuat Nasi Kebuli Ayam

Resep Nasi Kebuli
Resep Nasi Kebuli, Foto Oleh Masak Apa Hari Ini Com
  1. Haluskan bawang merah, bawang putih dan jahe.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus tadi hingga harum. Masukkan kayu manis, jintan, ketumbar, pala, kapulaga dan cengkih.
  3. Masukkan daging ayam dan aduk perlahan.
  4. Tuang air dan penyedap rasa kaldu ayam, aduk kembali hingga rata. Masak hingga daging ayam empuk. Jika sudah, angkat penggorengan dan keluarkan daging ayam. Sisihkan terlebih dahulu.
  5. Panaskan minyak samin, tumis beras beberapa saat hingga tercampur. Masukkan serai, garam dan merica. Tuang 750 ml air dari rebusan daging ayam tadi, aduk rata hingga tercampur. Masak sampai air rebusan terserap habis, lalu angkat.
  6. Kukus dalam panci dandang hingga matang.
  7. Goreng daging ayam hingga kecoklatan lalu angkat.
  8. Nasi Kebuli Ayam siap disajikan dengan pelengkap bawang goreng atau sambal.

Bagaimana? Cukup simpel kan resep nasi Kebuli Ayam diatas? Selain simpel pastinya juga menyehatkan dan tidak menguras kantong. Kamu hanya perlu menyiapkan budget kurang dari Rp 50.000 untuk menghasilkan Nasi Kebuli Ayam bagi 4 porsi. Dan untuk memasaknya sendiri membutuhkan waktu sekitar 90 menit saja. Jadi, pastinya cocok bukan untuk kamu yang sedang menghabiskan waktu luang di rumah? Untuk itu mau mencoba berkreasi dengan resep nasi kebuli ayam ala Kuliner Kota diatas? 

Kandungan Gizi Nasi Kebuli

Nasi-Kebuli
Nasi Kebuli, Foto Oleh Yummy Co Id

Nasi Kebuli bukan hanya sekadar makanan lezat dengan cita rasanya yang khas, namun juga bernutrisi. Ketika kamu mengkonsumsi nasi kebuli maka akan mendapatkan 159 kkal kalori, 6,33 gram lemak, 20,7 gram karbohidrat, 4,87 gram protein, 1,1 gram serat, 0,86 gula, 166 miligram sodium dan 120 miligram kalium. Cukup lengkap bukan? Pastinya ketika kamu menambahkan bawang goreng atau sambal, Nasi Kebuli akan terasa lebih nikmat. Untuk itu, tertarik mencoba menghidangkan resep Nasi Kebuli ayam sebagai masakan hari ini di rumah?

Last Updated on November 19, 2020

Siti Ruli Wahyuni
Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *