Atifatul Ismah culinary enthusiast

Cara Membuat dan Resep Sayur Bening Segar + Praktis

1 min read

Sayur Bayam

Sayur bayam menjadi salah satu masakan yang mudah dibuat dan pastinya terjangkau. Selain karena bayam mudah ditemukan di Indonesia, kandungan nutrisinya juga cukup lengkap. Untuk itu biasanya banyak ibu rumah tangga sampai anak kost yang menghadirkan menu satu ini sebagai hidangan makan siang. Oleh sebab itu, Kuliner Kota punya resep sayur bayam segar, praktis yang bisa jadi ide masakan siang ini. Biar nggak penasaran apa saja beda dan uniknya olahan sayur bayam ala Kuliner Kota, simak ulasan lengkap berikut ini.

Resep Sayur Bayam

Bagi kalian yang sedang sibuk dan ingin masak menu yang menyehatkan sayur bayam bisa jadi pilihan. Untuk itu siapkan bahan-bahan mulai dari bayam dan aneka sayuran lain, lalu ikuti step by step resep sayur bayam berikut agar cita rasanya sesuai yang diharapkan.

Bahan dan Bumbu Sayur Bening

Resep Sayur Bayam
Resep Sayur Bayam, Foto Oleh Modern Id
  • 1 liter air,
  • 2 ikat bayam, lalu siangi,
  • 1 batang wortel, iris bulat tipis,
  • 1 batang jagung manis, lalu potong,
  • 1 buah tomat, potong menjadi 4 bagian,
  • 3 siung bawang merah,iris tipis,
  • 1 siung bawang putih, iris tipis,
  • ½ sdt gula,
  • ½ sdt garam,
  • Temu kunci secukupnya,
  • ½ sdt bumbu penyedap,

Cara Membuat Sayur Bening

  1. Persiapkan bahan isian sayur bening.
  2. Panaskan 1 liter air hingga mendidih, lalu masukkan jagung manis dan wortel yang sudah dipotong.
  3. JIka jagung dan wortel sudah mulai matang, masukkan irisan bawang putih, bawang merah, gula, garam, temu kunci dan kaldu bubuk.
  4. Selanjutnya, masukkan bayam yang sudah disiangi, tunggu hingga bayam layu.
  5. Terakhir masukkan tomat. Jangan lupa koreksi rasanya.
  6. Jika tomat sudah mulai layu, matikan kompor.
  7. Sayur bening bayam siap dihidangkan.

Membuat hidangan sayur bayam sangat mudah dan membutuhkan waktu yang sebentar bukan? Hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit saja. Untuk budget sendiri cukup terjangkau Rp15.000. Resep sayur bayam diatas bisa disajikan untuk 4 – 5 porsi. Agar makin terasa nikmat jangan lupa hidangkan bersama nasi hangat, tempe dan sambal. 

Namun, ada yang perlu diperhatikan saat kalian ingin menghidangkan sayur bayam. Sebaiknya masaklah sayur bayam dengan porsi yang pas untuk sekali makan dan tidak didiamkan dalam waktu yang lama. Hal tersebut dikarenakan sayur bayam akan menjadi racun bagi tubuh jika dipanaskan ulang setelah didiamkan dalam waktu lama.

Kandungan Gizi Sayur Bayam

Sayur Bayam
Sayur Bayam, Foto Oleh Resep Masakan Rumahan Web Id

Selain punya cita rasa yang menyegarkan pastinya sayur bayam juga bernutrisi. Ketika kamu mengkonsuminya maka akan mendapatkan 23 kal kalori, 0,39 gram lemak, 3,63 gram karbohidrat, 2,86 gram protein, 0,39 gram lemak, 2,2 gram serat, 0,42 gram gula, 79 miligram sodium dan 558 miligram kalium. Cukup lengkap bukan kandungan gizi di dalamnya?

Selain itu, sayur bayam juga terkenal kaya akan zat besi. Jadi cocok banget digunakan untuk mencegah anemia serta menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya itu kandungan serat dan antioksidan didalamnya juga baik untuk kesehatan kulit dan pencernaan. Jadi, mau mencoba mengkreasikan resep sayur bayam sebagai ide lauk makan siang hari ini?

Last Updated on November 19, 2020

Atifatul Ismah culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *