Atifatul Ismah culinary enthusiast

Resep Nugget Ayam Sehat, Homemade dan Enak Banget

1 min read

Nugget Ayam

Bagi kalian pecinta frozeenfood pasti sudah tidak asing dengan olahan nugget. Nugget menjadi salah satu pilihan makanan yang digemari semua kalangan karena cita rasanya yang nikmat serta proses pembuatannya yang mudah. Tapi pernahkah kalian mencoba membuat nugget sendiri di rumah? Jika belum Kuliner Kota punya resep nugget ayam sehat yang pastinya mudah dan enaknya layaknya yang dijual di agen frozeenfood. Siapkan bahan-bahan dan ikuti langkah-langkah membuat nugget berikut agar cita rasanya nikmat sesuai yang diharapkan.

Sejarah Nugget Ayam

Nugget Ayam
Nugget Ayam, Foto Oleh Review Buka Lapak Com

Nugget ayam bukan termasuk jenis makanan yang baru karena ternyata sudah ada sejak tahun 1963. Berawal dari seorang ahli ilmu pangan dan mahasiswanya yang ingin membuat olahan ayam yang bisa bertahan lama, akhirnya olahan ayam bernama nugget ini hadir. Pada mulanya nama nugget ini adalah chicken stick.

Kemudian gerai makanan cepat saji Mcdonald’s lah yang pertama kali mempopulerkannya dengan nama McNuggets. Meskipun namanya adalah nugget ayam, namun makanan ini tidak dibuat dari 100% daging ayam, melainkan terdapat bahan-bahan lain sebagai campuran.

Resep Nugget Ayam

Cukup menarik bukan asal-usul nugget ayam diatas? Untuk itu, bagi kalian yang ingin membuatnya sendiri di rumah, Kuliner Kota punya resep nugget ayam sehat yang bisa dicoba. Untuk itu siapkan bahan-bahan dan baca lengkap langkah-langkah membuat nugget dalam artikel berikut ini.

Bahan Membuat Nugget

  • 250 gram dada ayam,
  • 1 butir telur,
  • 100 gram tepung terigu,
  • 1 buah wortel yang diparut,
  • 4 siung bawang putih,
  • garam secukupnya,
  • lada secukupnya,
  • penyedap rasa secukupnya,
  • 250 gram tepung roti,
  • 1 butir telur,
Resep Nugget Ayam
Resep Nugget Ayam, Foto Oleh Makan Abis Com

Cara Membuat Nugget Ayam

  1. Potong ayam kecil-kecil, ambil bagian dagingnya saja lalu cuci bersih.
  2. Goreng bawang putih.
  3. Haluskan ayam dengan campuran telur dan bawang putih dengan blender/ food chopper hingga halus dan tercampur.
  4. Tempatkan ayam yang sudah halus pada baskom, kemudian tambahkan tepung terigu, wortel, garam, penyedap rasa dan lada. Lalu campur hingga rata.
  5. Setelah semua adonan tercampur rata, pindahkan adonan dari baskom tadi ke loyang, lalu ratakan.
  6. Siapkan panci kukus dan panaskan.
  7. Setelah kukusan sudah panas, masukkan loyang dan kukus adonan nugget selama kurang lebih 20 menit. Kemudian angkat dan diamkan.
  8. Setelah nugget mulai dingin, potong-potong adonan sesuai selera.
  9. Lanjut dengan mencelupkan potongan nugget kedalam telur yang sudah dikocok dan balurkan ke tepung roti
  10. Lakukan sampai semua potongan sampai habis.
  11. Goreng nugget yang sudah di baluri tepung roti sampai berwarna coklat.
  12. Angkat dan sajikan.

Cukup mudah bukan resep nugget ayam diatas? Selain mudah Nugget ayam tersebut juga dapat disimpan di kulkas berhari-hari. Untuk proses pembuatannya sendiri juga tidak memerlukan waktu yang lama. Kalian hanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit saja ketika ingin membuatnya. Untuk budget sendiri, kamu hanya memerlukan biaya sekitar Rp20.000 saja untuk dapat menghidangkan 30 potong nugget. Jadi, tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah sebagai camilan sore ini?

Kandungan Gizi Nugget Ayam

Nugget Ayam
Nugget Ayam, Foto Oleh Sahabat Nestle Co Id

Selain cita rasanya yang gurih dan disukai banyak orang, nugget ayam juga mengandung banyak nutrisi lho. Ketika kamu mengkonsumsi 1 potong nugget maka akan mendapatkan 48 kal kalori, 3,01 gram lemak, 2,61 gram karbohidrat, 2,49 gram protein, 0,1 gram serat, 0,14 gram gula, 92 miligram sodium dan 42 miligram kalium. Cukup lengkap bukan? Jadi recommended banget dijadikan sebagai camilan maupun lauk sarapan. Kamu juga bisa menambahkan saus sambal ataupun mengkombinasikannya dengan sayuran sebagai pelengkap lho sobat Kuliner Kota! Biar makin nikmat. Jadi, mau mencoba membuatnya di rumah?

Last Updated on November 19, 2020

Atifatul Ismah culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *