Atifatul Ismah culinary enthusiast

Resep Kue Cubit Sederhana, Lembut dan Fluffy Banget

1 min read

kue cubit

Bagi kalian pecinta jajanan pasar pasti sudah tidak asing dengan kue cubit. Kue cubit merupakan kue berbentuk imut, bercita rasa manis dengan berbagai varian topping yang bisa kita pilih sesuai selera. Nah, bagi kalian yang tertarik mencoba membuat jajanan satu ini, Kuliner Kota punya resep kue cubit sederhana bercita rasa nikmat, lembut dan flully banget. Biar nggak penasaran bagaimana rasanya yuk siapkan bahan-bahan dan ikuti cara membuat kue cubit dalam artikel berikut ini.

Asal Usul Kue Cubit

kue cubit
Kue Cubit, Foto Oleh Selerasa Com

Sebelum lebih lanjut mengulas resep kue cubit, perlu kalian tahu, ternyata kue kecil nan imut ini hadir ketika pemerintahan Belanda menjajah Indonesia. Kue cubit menjadi salah satu jajanan yang terkenal di bawa oleh pemerintahan Indonesia selain kroket, lapis legit, kastengels dan kue poffertjes yang bentuk serta cara membuatnya sama dengan kue cubit.

Untuk nama kue cubit sendiri, ada yang mengatakan bahwa istilah tersebut berasal dari cara pembuat kue yang mengambil kue dari cetakan dengan mencubitnya menggunakan penjepit. Cukup unik dan menarik bukan?

Resep Kue Cubit

resep kue cubit
Resep Kue Cubit, Foto Oleh Loel Matz Blog Spot Com

Pada dasarnya, proses pembuatan kue cubit ini cukup mudah. Kamu hanya memerlukan tepung terigu dan susu sebagai adonan utamanya. Untuk bahan-bahan lain sekaligus cara membuatnya, simak ulasan lengkap resep kue cubit ala kuliner kota berikut ini.

Bahan Adonan Kue Cubit

  • 20 sdm/300 gram tepung terigu serbaguna,
  • 100 gram gula pasir,
  • 50 gr mentega cair,
  • 1 ½ sdt Baking powder,
  • 200 ml susu cair,
  • 3 butir telur,
  • 1 sdt Vanila
  • secukupnya garam,

Bahan Topping Kue Cubit

  • meses coklat/ coklat balok,
  • keju parut,
  • susu kental manis,
  • marshmallow,

Cara Membuat Kue Cubit

  1. Siapkan cetakan kue cubit dan wadah untuk mencampur adonan.
  2. Masukkan telur dan gula, kemudian aduk/kocok hingga rata dan berbusa.
  3. Jika kalian mengaduknya dengan mixer, aduklah dengan kecepatan rendah.
  4. Setelah telur dan gula tercampur rata, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk.
  5. Kemudian masukkan mentega yang sudah dicairkan, aduk sampai licin.
  6. Masukkan vanila dan baking powder lalu aduk kembali sampai rata.
  7. Sembari menunggu adonan agar lebih mengembang. Panaskan cetakan kue dengan api kecil dan olesi cetakan dengan mentega/minyak goreng agar tidak lengket.
  8. Jika cetakan sudah panas, kalian bisa mulai menuangkan adonan ke dalam cetakan dengan menggunakan sendok atau centong. Jangan terlalu penuh, karena kue akan mengembang.
  9. Jika adonan sudah hampir matang, tambahkan topping yang sudah dipersiapkan, lalu tutup. Padu padankan sesuai selera kamu ya.
  10. Jangan masak kue hingga terlalu matang/gosong agar kue tetap lembut dan fluffy saat dinikmati. Selamat mencoba!

Bagaimana cukup mudah resep kue cubit diatas? Selain mudah pastinya juga cukup terjangkau. Kamu hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp20.000 untuk menghasilkan kue cubit lebih dari 10 buah. Untuk waktu memasak sendiri sekitar 60 menit saja. Jadi, mau mencoba menghadirkan kue cubit bercita rasa nikmat ini sebagai teman saat minum teh maupun ngopi di sore hari?

Kandungan Gizi Kue Cubit

kue cubit
Kue Cubit, Foto Oleh Keep Burger Com

Terkenal dengan bentuknya yang mungil bercita rasa lezat, Kue Cubit mengandung 844,7 kkal kalori, 25,47 gram protein, 155,68 gram karbohidrat dan lemak sebanyak 13,75 gram. Selain itu, kue cubit juga mengandung Kalsium, Fosfor, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C dan masih banyak lagi. Ketika kamu menambahkan aneka macam topping diatasnya, pastinya kue satu ini semakin lengkap dan bernutrisi. Jadi, tertarik untuk membuat resep kue cubit diatas sore ini?

Last Updated on November 19, 2020

Atifatul Ismah culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *