Atifatul Ismah culinary enthusiast

15 Tempat Makan di Madiun Paling Laris Legendaris

6 min read

tempat-makan-di-madiun

Madiun, kota kecil di Jawa Timur yang memiliki pesona ragam kuliner yang bikin siapa saja tergiur. Kamu bisa menemukan ragam kuliner khas Madiun mulai dari pecelnya yang ikonok, dawet suronatan, wedang cemoe dan berbagai makanan lainnya yang pastinya lezat. Oleh sebab itulah bertandang ke kota ini, akan terasa hambar jika kamu tidak mampir ke 15 tempat makan di Madiun yang terkenal enak dan pastinya laris jadi jujugan wisatawan setiap harinya. Mau tau apa saja tempat makan Madiun tersebut? Simak ulasannya dalam artikel Kuliner Kota berikut ini.

1. Soto Daging Bu Sum

Soto Daging Busum
Soto Bu Sum, Foto Oleh Flicker

Disebut sebagai rajanya soto di kota Madiun, kedai soto Bu Sum ini berada ditengah pasar. Meskipun tempat makan di Madiun ini terbilang cukup sederhana namun cita rasa soto yang khas bikin siapa saja tergoda datang kedua kalinya. Potongan daging yang empuk bercampur dengan tauge serta kuah soto khas Kedai Bu Sum menjadikan terasa nikmat sejak dari suapan pertama.

Oleh karena itulah, tak heran jika tempat makan satu ini jadi favorit Walikota Madiun. Tidak hanya itu, Soto Daging Bu Sum juga menyediakan lauk pelengkap lainnya seperti babat, paru, tempe, usus sampai otak-otak. Cukup lengkap dan beragam bukan? Jadi, tertarik untuk mencoba kelezatan soto khas Madiun disini?

Tempat: Soto Daging Bu Sum
Alamat: Pasar Kawak, Jalan Kutai, Pandean, Taman, kota Madiun

Harga: RP10.000/ porsi 
Jam Buka: 06.30 – 13.00

2. Waroeng SS “Spesial Sambal”

Warung SS
Warung SS, Foto Oleh Garnesia com

Sesuai dengan namanya, tempat makan di Madiun ini memiliki menu utama aneka sambal dari berbagai daerah. Tidak hanya itu, makanan yang disajikan juga beragam mulai dari Ayam goreng, lele goreng, seafood dan berbagai pilihan lainnya.  Tidak hanya punya cita rasa yang nikmat aneka menu disini pastinya juga terjangkau. Kamu hanya perlu menyiapkan budget mulai dari Rp2.000 saja maka kelezatan berbagai hidangan di Warung SS bisa kalian cicipi. Jadi tertarik untuk mencoba nikmatnya kulineran di sini?

Tempat: Warung SS
Alamat: Jalan H. A Salim No. 18, Nambangan Lor, Mangunharjo, Madiun
Harga lauk: Rp2.000 – Rp12.500 

3. Warung Andalas

Warung Andalas
Warung Andalas, Foro Oleh Tripadvisor Com

Warung makan di Madiun satu ini juga sangat recommended untuk kamu kunjungi. Menu yang disajikan disini adalah beragam makanan khas Jawa dan Chinesse. Ketika kamu mampir ke tempat makan di Madiun satu ini, tumis dori, ayam goreng, nasi Madura dan capcay adalah kuliner yang tidak boleh terlewatkan. Cita rasanya yang khas dipadukan dengan beragam pilihan minuman jadul seperti es podeng bakal bikin kalian tidak ingin berhenti mengunyah.

Tidak hanya ragam makanan khas saja yang nikmat, Warung Andalas juga punya suasana yang bikin kalian betah berlama-lama disini. Jadi, tertarik untuk mencoba nikmatnya berwisata kuliner di tempat satu ini?

Tempat: Warung Andalas
Alamat: Jalan Ringin, Kejuron, Kecamatan Taman, Madiun

Harga: Mulai dari Rp20.000

4. Soto Ayam Kondang

Soto Ayam Kondang,
Soto Ayam Kondang, Foto Oleh Tripadvisor com

Bagi kalian penggemar soto, ada tempat makan di Madiun yang legendaris dan wajib dicoba, Soto Ayam Kondang. Tempat makan disini menyajikan bolahan soto yang punya cita rasa nikmat dan khas. Selain itu ragam pilihan lauk pelengkap seperti kerpik usus, telur coklat dan berbagai menu lainnya juga bisa jadi pilihan. Tempatnya yang nyaman dipadukan dengan cita rasa soto yang khas sukses bikin kamu betah berlama-lama berada disini.

Tempat: Soto Ayam Kondang
Alamat: Jalan Cokroaminoto No. 58, Kejuron, Kecamatan Taman, Madiun
Harga: Rp2.000 – Rp16.000
Jam Buka: 06.30 – 13.30 dan 18.00 – 23.00

5. Jiero Wedangan

Jiero Wedangan
Jiero Wedangan, Foto oleh Traveloka Com

Sobat Kuliner Kota yang sedang di Madiun dan mencari tempat makan yang cozy nan asyik? Nah, Jiero Wedangan patut untuk kamu singgahi. Jiero Wedangan menghadirkan sajian tradisional namun berkonsep modern. Mulai dari makanan hingga minuman berupa jamu atau aneka rempah-rempah lengkap tersedia disini. Tentunya cita rasa masakan khas Nusantara bisa kamu dapatkan di resto ini. Selain itu, desain interior yang unik akan makin membuat kamu betah berlama-lama disini. Untuk itu, tak perlu khawatir jika kamu ingin nongkrong disini, karena Jiero Wedangan akan buka hingga tengah malam lho.

Tempat: Jiero Wedangan
Alamat: Jalan Bali No. 17, Kartoharjo, Madiun

Harga: Mulai Rp3.000 – Rp15.000

6. X.O Suki Signature

XO Signature
X.O signature, Foto Oleh Tripad Visor Com

Jika kamu sedang mencari tempat makan yang nyaman bersama teman atau keluarga di malam hari, X.O Suki Signature ini bisa menjadi pilihan. Salah satu tempat makan di Madiun ini mengusung konsep minimalis dan mewah. Selain suasana yang nyaman serta berbagai pilihan spot foto menarik juga ada disini. Tidak hanya itu, Xo Suki Signature juga punya ragam pilihan menu nikmat yang bakal bikin kamu makin betah berlama-lama berada disini. Jadi, mau kulineran ataupun hunting foto tempat makan di Madiun satu ini pilihannya.

Tempat: X.O Suki Signature
Alamat: Jalan Mayjend Sungkono No. 41 Nambangan Kidul, Kecamatan Manguharjo, Madiun

Harga: Rp 98.000 – Rp 158.000
Jam Buka: 10.00 – 23.00 (Senin – Jumat)

7. Sasuke Ramen

Sasuke Ramen
Sasuke Ramen, Foto Oleh Sasukeramen Com

Bagi kalian penggemer masakan Jepang, Madiun punya tempat makan Sasuke Ramen yang bisa jadi pilihan. Seperti namanya tempat makan di Madiun ini menawarkan aneka pilihan menu Japanesse food seperti, katsu, onigiri, sushi, ramen maupun hida. Cita rasanya yang ala Jepang banget menjadikan tempat makan ini selalu ramai setiap harinya. Tidak hanya itu, Sasuke Ramen juga menyediakan aneka menu lain lho sobat Kuliner Kota! Seperti seblak, ceker pedas dan beragam menu nusantara. Pastinya juga nikmat dan ramah di kantong. Jadi, tertarik untuk mampir dan mencoba berwisata kuliner ala Jepang di Madiun?

Tempat:
Alamat: Jalan diponegoro No. 46, Oro-oro ombo, kecamatan kartoharjo, Madiun
Harga: Rp4.000 – Rp30.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 (Setiap Hari)

8. Yoshinoya Japanese Restaurant

Yoshinoya
Yoshinoya Japanese Restaurant,Foto Oleh Makassar Tribun News Com

Pastinya kalian sudah tak asing lagi dengan resto olahan khas Jepang satu ini, Yoshinoya. Salah satu tempat makan ala Jepang yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Dan kabar baiknya, resto ini juga ada di Madiun lho. Untuk sobat Kuliner Kota pecinta masakan Jepang, maka Yoshinoya adalah tempat yang paling recomended yang bisa disinggahi . Selain harganya yang lumayan terjangkau, menu yang disediakan pun beragam. Tentunya memiliki cita rasa khas Jepang dengan cita rasa yang sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Tempat: Yoshinoya Japanese Restaurant
Alamat: Lawu Plaza, Jalan Pahlawan, Kecamatan Kartoharjo, Madiun

Harga: Mulai dari Rp17.000
Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB

9. Depot Nasi Pecel 99

Depot 99
Depot 99, Foto oleh Tribunnews Com

Depot 99 merupakan salah satu tempat makan di Madiun yang cukup terkenal dan legendaris lho. Lezatnya pecel khas Madiun sudah tidak perlu diragukan lagi. Itulah mengapa warung ini sangat digandrungi mulai dari artis hingga pejabat negara seperti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Untuk itu, jika kamu sedang berada di Madiun, jangan lupa untuk menyempatkan berwisata kuliner disini, dijamin bikin nagih.

Tempat: Depot 99
Alamat: Jalan Cokroaminoto No. 99, Kejuron, Kecamatan Taman, Madiun
Harga: Mulai dari Rp10.000
Jam Buka: Mulai pukul 06.00 – 20.30

10. Waroeng Latte

Warung Latte
Waroeng Latte, Foto Oleh Detiktravel Com

Tempat di Madiun selanjutnya sangat cocok untuk sekedar nongkrong ataupun bersantap kuliner adalah Waroeng Latte. Tempat makan ini akan memanjakan para pengunjungnya dengan desain indoor dan outdoor yang cukup unik. Dapat dipastikan, jika sobat Kuliner Kota berkunjung ke warung ini akan betah untuk berlama-lama disini. Waroeng Latte ini juga menyediakan berbagai macam jenis kopi dan makanan ringan. Jadi, cocok banget digunakan untuk nongkrong bersama teman dan keluarga. Jadi, tertarik untuk berkunjung ke tempat makan ini?

Alamat: Jalan Cokroaminoto No.88 
Harga: Rp5.000 – Rp8.000
Jam buka: Mulai  pukul 11.00 – 00.00

11. Nasi Bakar Cak Wot

Nasi Bakar Cak Wot
Nasi Bakar Cak Wot, Foto oleh Detikfood Com

Tempat berwisata kuliner selanjutnya yang wajib kamu singgahi adalah Nasi Bakar Cak Wot. Karena kepopulerannya inilah yang menjadikan Nasi Bakar Cak Wot selalu ramai pengunjung dan menjadi favorit banyak kalangan. Selain itu, lokasinya yang sangat strategis dan berada di pusat kota, tak akan menyulitkan kamu untuk menemukan tempat makan di Madiun ini. Meskipun menu utamanya Nasi Bakar, kamu juga akan disediakan beragam menu tambahan lain yang bisa dipilih sesuai selera. Jadi, tertarik untuk mencobanya?

Tempat: Nasi Bakar Cak Wot
Alamat: Plaza Madiun Lantai 3 Nomor 6, Jalan Pahlawan, Kartoharjo, Kec. Kartoharjo, Madiun
Jam buka: Mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB

12. Dawet Suronatan

Dawet Suronatan
Dawet Suronatan, Foto oleh Mysweetescapediary Com

Dawet Suronatan sudah cukup melegenda di Madiun. Sajian satu ini cukup unik, yaitu menggunakan mangkuk berukuran kecil yang didalamnya berisikan cendol, bubur ketan hitam, bubur sum sum serta tape. Itulah sebabnya minuman khas Madiun ini banyak digandrungi oleh masyarakat lokal maupun wisatawan mancanegara. Cita rasanya yang khas serta menyegarkan menjadikan dawet ini cocok dinikmati saat siang hari. Segarnya kuah santan dipadukan dengan nikmatnya beragam isian sukses bikin kamu tergoda mencoba lagi dan lagi.

Tempat: Dawet Suronatan
Alamat: Jalan Merbabu No
mor 10 Pangogangan, Kec. Mangunharjo, Madiun
Harga: Rp5.000

13. Om Breng Madiun

Om Breng Madiun
Om Breng Madiun, Foto oleh Tripadvisor Com

Memiliki nama yang cukup unik, tempat makan di Madiun ini bakal bikin kamu tertarik untuk mampir, Om Breng Madiun. Salah satu tempat kuliner Madiun berkonsep klasik minimalis yang akan membuat sobat Kuliner Kota betah berlama-lama berada disini. Selain itu, menu yang ditawarkan juga beragam, mulai dari nasi gundul, mie brengos dan berbagai olahan lainnya. Jadi, tertarik untuk mencoba nikmatnya kulineran disini?

Tempat: Om Breng Madiun
Alamat: Jalan Jawa Nomor 11, Kartoharjo, Kota Madiun
Jam buka: Mulai Pukul 10.00 – 22.00 WIB

14. Restoran Joglo Taman

Joglo Taman
Joglo Taman, Foto oleh Joglotaman Bussiness Site

Sesuai dengan namanya, Restoran Joglo Taman memiliki gaya arsitek bernuansa Jawa. Tidak hanya konsep tempat bernuansa Jawa, tempat makan ini juga menyediakan aneka menu spesial yang pastinya lezat. Ada salah satu minum yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung kesini, kopi lanang tanpa gula. Cita rasa kopi dan aromanya yang khas bakal bikin kamu tergoda untuk menyeruputnya lagi dan lagi.

Selain itu, Joglo Taman juga menawarkan tempat khusus untuk karaoke maupun meeting lho sobat Kuliner Kota! Jadi recomended dijadikan sebagai tempat makan bersama kolega bisnis kalian. Jadi, tertarik untuk mampir dan mencoba beragam fasilitas lengkap di tempat makan Madiun ini?

Tempat: Joglo Taman
Alamat: Jalan Panorama Raya, Nomor 48A, Pandean, kecamatan Taman, Madiun
Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00 – 00.00 WIB

15. Ayam Bakar Cobek

Ayam Bakar Cobek Madiun
Ayam Bakar Cobek Madiun, Foto oleh

Kabar baik bagi kamu pecinta olahan ayam, Madiun punya tempat makan yang bakal jadi favorit kamu. Ayam Bakar Cobek Madiun, tempat makan di Madiun spesialis olahan ayam bakar yang paling recomended dan wajib dicoba. Tidak hanya ragam menu olahan ayam yang punya cita rasa nikmat, tempat makan ini juga berkonsep rumah makan keluarga yang pastinya nyaman. Jadi, sudah bisa dipastikan kamu bakal betah berlama-lama berada disini. Untuk itu, tertarik mampir dan mencoba kelezatan makanan disini?

Tempat: Ayam Bakar Cobek Madiun
Alamat: Jalan Sumber Karya Nomor 14, Mojorejo, Kec. Taman, Kota Madiun
Harga: Rp30.000
Jam buka: Mulai pukul 10.00 – 20.30 WIB

Cukup beragam bukan tempat makan di daerah Madiun? Jadi, jangan sampai melewatkan momen berwisata kuliner di ragam tempat makan diatas ya sobat Kuliner Kota! Siapkan budget khusus dan nikmati ragam makanan khas Madiun yang pastinya nikmat dan bikin ingin datang kedua kalinya.

Last Updated on November 20, 2020

Atifatul Ismah culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *