Atifatul Ismah culinary enthusiast

Cara Membuat dan Resep Cakwe Gurih Serta Berongga

2 min read

Resep-Cakwe

Saat bersantai sendiri atau bersama orang terdekat di sore hari, kurang lengkap rasanya jika tidak ditemani dengan minuman hangat dan camilan. Menikmati kopi atau teh di sore hari memang cocok jika disandingkan dengan camilan gurih, lembut dan renyah, seperti roti cakwe misalnya. Cita rasanya yang gurih serta harganya yang murah meriah menjadikan kuliner ini di sukai semua kalangan. Tapi, bagi kalian yang sedang ingin di rumah saja, Kuliner Kota juga punya resep cakwe sederhana bercita rasa gurih, berongga dan cocok dijadikan teman ngopi maupun ngeteh. Untuk itu, bagi yang penasaran bagaimana cara membuat cakwe, simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Asal Usul Cakwe

cakwe
Resep Cakwe, Foto Oleh Toko Mesin Com

Cemilan yang sudah populer di masyarakat Indonesia ini ternyata juga memiliki sejarah yang menarik. Mulanya, cemilan yang terbuat dari adonan tepung beras dan kemudian digoreng ini dibuat sebagai simbolisasi kebencian rakyat Tionghoa atas meninggalnya Jenderal mereka yang terkenal, Yue Fei. Nama dari cemilan ini sendiri diambil dari dialek Hokkian yang artinya hantu yang digoreng. Meskipun cakwe merupakan panganan tradisional Tionghoa, namun kini cakwe tersebar di banyak kota di Indonesia dengan penyajian yang bervariasi. Jika cakwe biasa disajikan dengan dicelupkan kedalam bubur panas maupun susu kedelai di daerah asalnya, cakwe di beberapa daerah biasanya disajikan dengan sambal kacang, susu kedelai, saus sambal maupun dimakan langsung.

Resep Cakwe

Setelah kita mengetahui tentang sejarah cakwe, selanjutnya yuk kita kreasikan resep cakwe ala Kuliner Kota berikut ini. Untuk rasa serta cara membuatnya kalian tidak perlu khawatir, karena pastinya mudah dan bercita rasa nikmat. Untuk itu, siapkan bahan-bahan dan baca lengkap resep cakwe berikut ini.

cara membuat cakwe
Cara Membuat Cakwe, Foto Oleh Idn Times Com

Bahan Membuat Cakwe

  • 250 gr tepung terigu (cakra),
  • 1/4 sdt baking powder,
  • 1/4 sdt baking soda,
  • 1/2 sdt garam/ sesuai selera,
  • 150 ml air hangat,
  • 1/4 sdt gula secukupnya Merica,
  • 1/4 sdt ragi

Cara Membuat Cakwe

  1. Campurkan semua bahan tepung terigu,baking powder, baking soda dan garam ke dalam wadah. Kemudian campurkan air, gula dan ragi ke dalam wadah yang berbeda. Aduk masing-masing hingga tercampur rata.
  2. Campurkan dan aduk semua bahan sampai rata dan kalis. Diamkan adonan kurang lebih 15 sampai 20 menit.
  3. Setelah adonan mengembang, aduk dan uleni adonan hinnga tidak ada gumpalan-gumpalan dan tercampur rata.
  4. Ulangi proses ini 3-4 kali sampai adonan elastis dan mudah dibentuk.
  5. Balik adonan dan tambahkan sedikit minyak supaya adonan tidak lembab. Diamkan lagi selama 50 menit.
  6. Keluarkan adonan dan bentuk adonan dengan ukuran kurang lebih sekitar 0.5-1 cm, lebar 2-3 cm dan panjangnya sekitar 5-6 cm. Jangan lupa tempatnya diberi sedikit tepung supaya adonan tidak lengket.
  7. Rekatkan 2 potongan adonan menjadi 1 menggunakan sedikit air. Sebelum dimasukan kedalam penggorengan Tarik adonan hingga memanjang.
  8. Panaskan penggorengan hingga benar-benar panas, lalu masukan beberapa adonan diatas.
  9. Goreng hingga warna nya kecoklatan.
  10. Kemudian angkat dan sajikan.

Bagaimana cukup mudah bukan resep cakwe ala Kuliner Kota diatas? Selain mudah pastinya juga terjangkau. Kamu hanya perlu menyiapkan budget kurang dari Rp25.000 saja untuk menghasilkan lebih dari 10 buah cakwe. Selain itu, untuk waktu memasak sendiri sekitar 120 menit. Jadi, disarankan kamu membuatnya saat weekend bersama keluarga agar hubungan kamu makin erat. Jadi, mau mencoba bikin cakwe sendiri di rumah bersama keluarga weekend ini?

Kandungan Gizi Cakwe

cakwe
Roti Cakwe, Foto Oleh Hai Bunda Com

Bagi kalian yang suka makan cakwe, perlu kamu tahu bahwa satu potong jajanan bercita rasa gurih ini mengandung 209 kal kalori, 9,92 gram lemak, 26,6 gram karbohidrat, 3,3 gram protein, 0,7 gram serat, 7,39 gram gula, 177 miligram sodium, 38 miligram kalium dan 28 miligram kolestrol. Jadi, cukup lengkap bukan kandungan gizi jika memakan satu cakwe saja? Untuk itu, mau mengganjal perut di pagi hari ataupun teman ngemil minum teh dan kopi jajanan khas Tionghoa ini bisa jadi pilihannya.

Last Updated on November 19, 2020

Atifatul Ismah culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *