Duanda Rizda Syaiful culinary enthusiast

Tips & Resep Rondo Royal Empuk, Lumer Di Dalam!

1 min read

Rondo Royal

Cemilan khas Indonesia memang selalu unik, seperti jajanan tradisional satu ini. Meskipun berbahan dasar tape yang digoreng, namun jajanan ini memiliki nama Rondo Royal. Untuk menambah kenikmatannya masyarakat melumurinya dengan tepung beras kemudian digoreng hingga krispi dalamnya. Jajanan ini sangat cocok dinikmati selagi hangat dan disandingkan bersama kopi atau teh hangat. Terbayang nikmatnya bukan? Kudapan lezat ini mudah untuk kalian jumpai, mulai dari pedagang kaki lima hingga toko kue yang tersebar di beberapa daerah Indonesia, seperti Jawa Timur dan Jawa Tengah. Nah, untuk sobat Kuliner Kota tak ada salahnya jika mencoba resep Rondo Royal di rumah. Soal rasa, pastinya tak kalah nikmat.

Asal-Usul Rondo Royal

Mengenai asal-usul makanan tradisional ini masih belum begitu jelas. Dari segi penamaannya, memiliki arti yang unik. Dalam bahasa Jawa, Rondo sendiri diartikan sebagai ‘janda’. Sedangkan Royal bisa diartikan ‘mewah’. Jadi, Rondo Royal memiliki arti ‘janda mewah’. Sehingga banyak yang menyimpulkan, jika dulunya makanan ini merupakan kudapan yang tergolong mewah dan istimewa pada masanya.

Hingga sekarang, nama tersebut masih menjadi misteri yang belum diketahui pasti asal-usulnya. Karena namanya yang unik inilah banyak dari masyarakat penasaran untuk mencicipiya. Di Jepara, jajanan ini disebut Monyos. Sedangkan di beberapa daerah lainnya, mereka menyebutnya dengan Tape Goreng.

Resep Rondo Royal

Ternyata, Rondo Royal memiliki arti yang unik bukan? Nah, meskipun demikian cita rasa Rondo Royal tetap nikmat dan proses pembuatannya pun cukup mudah. Kuliner Kota punya resep Rondo Royal yang tak kalah lezat lho. Penasaran bagaimana cara membuanya? Pastikan kamu membaca step by step secara runtut ya. Selamat mencoba!

Bahan-Bahan

  • 500 gram tape singkong
  • 250 gram tepung terigu
  • 200 gram gula merah
  • 4 sendok makan tepung beras
  • 250 mili air
  • 500 mili minyak goreng

Cara Membuat Rondo Royal

Cara Membuat
Cara Membuat Rondo Royal, Foto oleh Food Detik Com
  • Iris halus gula merah, lalu sisihkan dalam wadah sendiri
  • Pipihkan tape singkong dan buang serat yang ada di dalamnya
  • Kemudian isikan gula merah pada tape yang sudah dipipihkan. Kemudian tutup atau tumpuk lagi tape yang sudah dipipihkan di atas taburan gula merah. Lakukan secara terus menerus hingga selesai
  • Selanjutnya, campurkan tepung terigu, tepung beras dan air menjadi dalam satu wadah. Kemudian aduk hingga merata
  • Celupkan tape yang telah diberi isian gula merah ke dalam adonan dan lumuri secara merata. Lakukan secara terus menerus hingga selesai
  • Panaskan minyak menggunakan wajan. Jika sudah panas, goreng tape yang sudah dilumuri adonan tadi. Tunggu sampai berwarna kecoklatan
  • Jika dirasa sudah matang, angkat dan tiriskan terlebih dahulu. Lalu sajikan dan Rondo Royal siap dihidangkan bersama orang terdekat

Cukup mudah dan simpel bukan? Nah, untuk membuatnya pun kamu tak perlu mengeluarkan budget yang banyak. Siapkan kurang lebih Rp20.000 sobat Kuliner Kota sudah bisa menikmati Rondo Royal buatan sendiri.

Kandungan Gizi Rondo Royal

Rondo Royal
Rondo Royal, Foto oleh Inibaru Id

Dalam satu buah Rondo Royal yang kamu konsumsi, didalamnya mengandung 125 kalori, 0,37 gram lemak, 28,21 gram karbohidrat, 1,63 gram protein dan 5 miligram sodium. Selain itu, Rondo Royal juga mengandung serat sebesar 1,3 gram gan gula sebesar 0,9 gram. Cukup lengkap bukan kandungan gizi yang dimiliki Rondo Royal?

Itulah tips membuat Rondo Royal ala Kuliner Kota. Dijamin empuk, nikmat dan lumer di dalam. Yuk, kreasikan resep Rondo Royal di rumah dan sajikan bersama orang terdekatmu. Selamat mencoba!

Last Updated on November 19, 2020

Duanda Rizda Syaiful
Duanda Rizda Syaiful culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *