Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Resep Sayur Asem Sederhana Yang Segernya Nagih

1 min read

Sayur Asem

Bagi kalian pecinta olahan sayuran, pasti sudah tidak asing dengan sayur asem. Yaps, sayur asem merupakan solusi masakan tanpa santan yang bisa dijadikan hidangan makan siang. Selain punya cita rasa segar yang khas, cara membuat sayur asem juga mudah. Untuk itu, bagi kamu yang bosan memasak olahan bersantan, coba saya resep sayur asem ala Kuliner Kota berikut ini. Dijamin mudah banget dan segernya bikin nagih. Tapi sebelum mencoba mengkreasikan resep ini, yuk intip dulu sejarah singkat tentang masakan sayur asem dalam artikel berikut ini.

Sejarah Sayur Asem

Sayur Asem Seger
Sayur Asem Seger, Foto Oleh Doyan Resep Com

Selain sayur lodeh, Indonesia juga memiliki aneka jenis olahan sayur lainnya yang tidak kalah nikmat, sayur asem. Sayur asem adalah jenis masakan berbahan dasar sayuran yang sudah ada di Indonesia sejak puluhan tahun yang lalu. Konon sayur asem pertama kali muncul di daerah Sunda tepatnya Jawa Barat sebelum Indonesia merdeka.

Pada zaman penjajahan Belanda dulu, berbagai sumber pangan terkuras habis. Hingga hanya ada pohon asem yang tumbuh subur di daerah Betawi. Oleh karena itulah rakyat Indonesia berinisiatif memasak sayur asem dengan isian cabai, buah asem serta aneka macam sayuran. Dari olahan yang sederhana dan dikenal sebagai makanan rakyat jelata itulah, berbagai masakan berbahan dasar seperti sayur lodeh terkenal di Indonesia.

Selain memiliki asal usul yang menarik, sayur asem sendiri memiliki filosofi yang menggambarkan keanekaragaman. Dimana kita bisa menemukan aneka ragam sayuran dalam satu mangkuk seperti jagung, labu, kacang panjang, terong dan berbagai sayuran lainnya yang menyatu serta menghasilkan cita rasa nikmat yang segar untuk dihidangkan. Dari keanekaragaman sayuran itulah diartikan sesuai dengan filosofi nusantara.

Resep Sayur Asem

Setelah mengetahui tentang asal usul sayur asem, selanjutnya yuk coba kreasikan resep sayur asem ini. Sebelum kamu mencoba membuatnya, jangan lupa siapkan bahan-bahan serta baca lengkap langkah-langkah membuat sayur asem agar cita rasanya segar dan nikmat. 

Bahan Untuk Membuat Sayur Asem

Resep Sayur Asem
Resep Sayur Asem, Foto Oleh Poineer Com
  • 1 buah cabai merah, potong-potong menjadi beberapa bagian,
  • Garam secukupnya,
  • 2 siung bawang merah,
  • 1 ruas jari laos, iris tipis,
  • 1 ikat kacang panjang, potong dengan ukuran sesuai selera,
  • 1 buah labu siam, potong sesuai selera,
  • 1 buah jagung, potong sesuai selera,
  • Belimbing sayur, potong sesuai selera,
  • 2 lembar daun salam,
  • Penyedap rasa secukupnya.

Cara Membuat Sayur Asem

  • Cuci bersih semua sayuran yang sudah dipotong-potong,
  • Rebus jagung, kacang panjang, dan labu siam sampai setengah matang kira-kira 2 menit – 3 menit,
  • Masukan bumbu yang terdiri dari cabai merah yang sudah dipotong-potong, laos, bawang merah, garam dan penyedap rasa secukupnya. Lalu aduk sampai merata,
  • Selanjutnya tunggu sekitar 5 menit sampai mendidih,
  • Angkat dan sajikan bersama nasi hangat, ikan asin dan telur ceplok

Mudah bukan resep sayur asem diatas? Selain mudah pastinya juga terjangkau. Kamu hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp10.000 untuk bisa mendapatkan sayur asem 3 porsi – 4 porsi. Untuk waktu memasaknya sendiri sekitar 15 menit saja. Jadi sangat cocok jika kamu membuatnya dipagi hari untuk bekal makan siang di kantor. 

Kandungan Gizi Sayur Asem

Sayur Asem
Sayur Asem, Foto Oleh Unilever Food Solutions Co Id

Saat kamu mencoba mengkreasikan resep sayur asem diatas, maka akan mendapatkan 80 kkal kalori, 2,78 gram lemak, 3,18 gram protein, 12,9 gram karbohidrat, 2,5 gram serat, 4,75 gram gula, 308 milligram sodium dan 261 miligram kalium per satu mangkuknya. Untuk itu, tertarik mencoba resep sayur asem sebagai menu makan siang hari ini?

Last Updated on November 19, 2020

Siti Ruli Wahyuni
Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *