Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Review Si Hitam Lezat di Rawon Nguling Malang

2 min read

Lokasi Rawon Nguling

Jika kamu pecinta olahan rawon, maka pasti sudah banyak mencoba berbagai masakan rawon di berbagai kota atau mungkin membuatnya di rumah. Tapi tahukah kamu, bahwa di Kota Malang terdapat tempat makan rawon yang sudah melegenda, Rawon Nguling namanya. Salah satu tempat makan yang hits di kalangan warga lokal maupun wisatawan mancanegara. Disini kamu akan menemukan si hitam bercita rasa lezat dan bakal siap menggoyang lidah. Oleh karena itu, yuk intip review tempat makan rawon nguling Malang berikut ini.

Sejarah Rawon Nguling Malang

Rawon Nguling merupakan tempat makan yang berdiri sejak tahun 1942. Tempat kuliner yang terkenal di Malang ini dulunya berada di Kabupaten Pasuruan, tepatnya Kecamatan Nguling. Sebelum terkenal dengan nama Nguling, depot makan rawon nguling dulunya bernama Depot Lumayan. Dari sekian banyak menu yang ada di Depot Lumayan salah satu menu favorit yang banyak digemari para pengunjung adalah nasi rawon. Disebabkan antusias masyarakat dan para pelanggan setianya Depot Lumayan maka tercetuslah sebutan Rawon Nguling yang menjadi menu andalan Depot Lumayan kala itu.

Perlu kamu tahu, Rawon Nguling yang sudah ada sejak tahun 1942 ini didirikan oleh Mbah Lik dan sudah memiliki 5 cabang di Indonesia. Cabang Rawon Nguling berada di Surabaya, Kota Malang dan Kota Jakarta. Beberapa cabang ini dikelola oleh adik-adik Mbah Lik. Untuk Rawon Nguling Malang dikelola oleh Ibu Sri, adik ke-10 dari Mbah Lik. 

Pertama kali tiba di Malang, Ibu Sri menempati rumah di kawasan Jalan Lembang bersama keluarganya. Saat Ibu Sri memulai untuk membuka usaha, beliau mendapatkan bantuan dari temannya. Ibu Sri diizinkan untuk menggunakan ruang ganti Gedung Kesenian Wijaya Kusuma yang berada di Jalan Zainul Arifin No.62, Malang sebagai tempat berjualan rawon legendaris hingga sekarang.

Pada tahun 1984 Gedung Kesenian tempat Rawon Nguling ini sempat dipugar dan akhirnya dibeli oleh Ibu Sri yang saat ini sudah berusia kurang lebih 70 tahun. Gedung bagian depannya direnovasi menjadi sebuah ruko dan bagian belakangnya ditempati sebagai kediaman keluarga Ibu Sri. Bangunan Warung Rawon Nguling ini sudah masuk ke dalam daftar cagar budaya Malang, namun uniknya tidak terlihat sama sekali jejak Gedung Kesenian Wijaya Kusuma yang dahulu. 

Rahasia dibalik Rawon Nguling Malang

Rawon Nguling Malang
Rawon Nguling Malang, Foto Oleh Malang Merdeka Com

Keberadaan Rawon Nguling di Malang yang sudah berdiri sejak tahun 1983 tidak kehilangan pamornya karena konsisten menawarkan cita rasa khas yang tak berubah sejak pertama kali buka. Hal ini dikarenakan proses pengolahan daging hingga proses memasak diawasi langsung oleh Ibu Sri. 

Awalnya Rawon Nguling dimasak menggunakan kayu bakar, namun seiring berkembangnya zaman rawon dimasak menggunakan bahan bakar gas. Meskipun sudah tidak menggunakan kayu bakar cita rasa rawon nguling tetap tidak pernah berubah. Hal tersebut dikarenakan Ibu Sri tetap mempertahan racikan resep bumbu rawon. Itulah sebabnya meskipun sudah ada berpuluh-puluh tahun lamanya, cita rasanya masihlah tetap sama.

Menu dan Harga Rawon Nguling Malang

Menu Rawon Nguling
Menu Rawon Nguling Malang, Foto Oleh Lukisem Blogspot Com

Jika kamu, tertarik mencicipi rawon nguling Malang maka cukup mengeluarkan budget sekitar Rp35.000 – Rp40.000 per porsinya. Dalam satu porsinya, kamu akan mendapatkan seporsi nasi dan semangkuk rawon daging lengkap dengan tauge dan sambalnya. Tidak hanya Rawon Nguling, kamu juga bisa menemukan menu-menu makanan khas Jawa Timur lainnya. Menu Depot Rawon Nguling antara lain:

  • Nasi Pecel,
  • Nasi Lodeh,
  • Nasi Rawon Buntut,
  • Nasi Gule Kambing,
  • Sayur Asem,
  • Nasi Rawon Tutup Dengkul,
  • Sayur Asem,
  • Urap-urapan,
  • Nasi Campur dan masih banyak lagi.

Warung Rawon Nguling juga menyediakan aneka minuman dingin dan panas, seperti es dawet, es teh, es jeruk manis, es jeruk nipis, kopi jahe dan berbagai pilihan minuman lainnya. Ada juga minuman tradisional seperti es sinom dan beras kencur. Tidak cukup sampai disitu, kamu juga bisa memesan menu pendamping untuk menikmati semangkuk rawon nguling seperti empal, paru, mendol, tempe, babat dan otak. Dijamin cita rasanya makin nikmat dan bikin kamu ingin mengunyahnya lagi dan lagi.

Suasana dan Fasilitas di Rawon Nguling Malang

Saat berkunjung ke Rawon Nguling kalian akan merasakan suasana klasik tempo dulu yang nyaman dalam bangunan yang sederhana. Tidak hanya suasana yang bakal membawa kamu seperti suasana tempo dulu, Rawon nguling di Malang ini juga mempunyai fasilitas seperti meja dan kursi makan dengan jumlah banyak, kamar mandi bersih dan pendingin ruangan berupa kipas angin. 

Tapi, bagi kamu yang datang menggunakan mobil Rawon nguling tidak mempunyai fasilitas lahan parkir yang luas. Jadi, kamu harus memarkirkan kendaraan di pinggir jalan sekitar tempat makan atau di depan ruko yang berada di seberang Rawon Nguling. 

Alamat dan Jam Buka Rawon Nguling

Lokasi Rawon Nguling
Lokasi Rawon Nguling Malang, Foto Oleh Arief Setiawan Com

Jika, kamu tertarik mencoba kelezatan Rawon Nguling, tempat makan ini berlokasi di Jalan Zainul Arifin No.62, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Dan tempat makan legendaris ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 15.30. Jadi, berkunjung ke Malang jangan sampai melewatkan untuk mencicipi kuliner legendaris yang bakal bikin kamu tidak ingin berhenti mengunyah lagi dan lagi. 

Last Updated on November 20, 2020

Siti Ruli Wahyuni
Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *