Nur Sa'ida Kismurdiani culinary enthusiast

Resep Pancake Sederhana Untuk Menu Sarapan

1 min read

Pancake

Bagi kalian pecinta penganan manis pasti sudah tidak asing dengan pancake. Pancake merupakan salah satu jenis kue yang cocok dijadikan sebagai teman saat minum teh maupun kopi. Untuk itu bagi kalian yang ingin menghadirkan pancake ala rumahan sebagai menu sarapan, Kuliner Kota punya resep pancake sederhana yang pastinya enak dan bertekstur lembut. Tapi sebelum kalian mengkreasikan pancake resep ala Kuliner Kota ini, yuk intip dulu asal usul pancake, bahan-bahan untuk membuat pancake dan step by step untuk membuatnya dalam artikel berikut ini.

Asal Usul Pancake

Sebelum kamu mengkreasi resep pancake sederhana ala Kuliner Kota, perlu kamu tahu pancake sebenarnya sudah ada sejak peradaban romawi kuno. Kue dengan bentuk gepeng ini pada awalnya dikenal dengan nama Alita Dolcia yang berarti “makanan manis”. Nama pancake mulai dikenal dan semakin populer di Eropa sejak tahun 1430-an. Saking populernya pancake akhirnya mulai dijadikan sebagai makanan khas pada hari Shrove Tuesday atau Pancake Tuesday, yang disajikan sehari sebelum hari Paskah oleh masyarakat Eropa Timur.

Seiring perkembangan waktu kini pancake sudah hadir dengan aneka macam resep. Di Negara Jerman, bahan utama untuk membuat resep pancake adalah kentang yang dikenal dengan “pfannkuchen” dan memiliki bentuk lebih padat. Di Negara Finlandia bahan utamanya juga menggunakan kentang dengan sebutan “Boxty”. Tidak hanya dalam hal bahan, perkembangan pancake juga sudah merambah ke berbagai cita rasa yang sesuai dengan lidah masyarakat.

Resep Pancake Sederhana

Setelah mengetahui asal-usul pancake selanjutnya siapkan bahan-bahan dan ikuti cara membuat pancake sederhana ala Kuliner Kota ini. Pastikan kamu membaca step by step nya ya sobat Kuliner Kota agar cita rasanya nikmat dan teksturnya empuk sesuai yang diharapkan. Untuk itu yuk segera kreasikan resep pancake sederhana berikut ini.

Bahan Untuk Membuat Pancake

  • 100 gram tepung terigu,
  • 2 sendok makan gula pasir ,
  • 1 sendok makan tepung maizena,
  • Garam secukupnya,
  • 1 sendok teh baking powder,
  • 1 butir telur ayam,
  • 100 ml susu cair,
  • 30 gram mentega.

Cara Membuat Pancake

Resep Pancake
Resep Pancake, Foto Oleh All Recipes Com
  • Campurkan tepung terigu, gula, tepung maizena, garam dan baking powder,
  • Kocok telur dalam wadah terpisah hingga berbusa. Lalu tambahkan susu dan aduk hingga rata. Masukkan campuran tepung terigu secara bertahap ke dalam kocokan telur. Lalu aduk sampai merata sempurna,
  • Tutup dan diamkan adonan sampai mengembang kira-kira 10 menit,
  • Panaskan teflon dengan api kecil. Jangan lupa olesi dengan mentega,
  • Tuangkan 1 sendok sayur adonan ke dalam teflon yang sudah diolesi mentega. Biarkan berbentuk bulat,
  • Tunggu sampai adonan pancake berwarna coklat,
  • Angkat dan sajikan dengan toping sesuai selera.

Mudah bukan resep pancake ala Kuliner Kota tersebut? Selain mudah pastinya juga ekonomis. Kamu hanya membutuhkan budget kurang dari Rp20.000 saja untuk menghasilkan sekitar 10 buah pancake tanpa toping. Untuk waktu membuat pancake sendiri sekitar 30 menit.

Jadi, recomended bukan untuk membuatnya di sore hari sebagai teman minum teh maupun kopi. Tidak cukup sampai disitu, pancake juga cocok dijadikan menu sarapan lho sobat Kuliner Kota apabila kamu sedang terburu-buru ke kantor. Oleh karena itu, tertarik mencoba mengkreasikan resep pancake di rumah?

Kandungan Gizi Pancake

Pancake, Foto oleh static01

Saat kamu mengkonsumsi pancake sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari maupun menu sarapan, maka akan mendapatkan 86 kkal kalori, 3,69 gram lemak, 10,75 gram karbohidrat, 2,43 gram protein, 50 miligram kalium dan 167 miligram sodium. Cukup lengkap bukan? Sudah bikin kenyang dan bernutrisi. Jadi, cocok banget dijadikan menu sarapan maupun camilan. Untuk itu, mau mencoba membuat pancake hari ini?

Last Updated on November 19, 2020

Nur Sa'ida Kismurdiani
Nur Sa'ida Kismurdiani culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *