Nur Sa'ida Kismurdiani culinary enthusiast

Resep Cimol Goreng Kopong Enak dan Kenyal

1 min read

Cimol Bandung

Bagi kalian penyuka jajanan pinggir jalan pasti sudah tidak asing dengan cimol. Yaps cimol merupakan jajanan khas Bandung yang disukai semua kalangan. Rasanya yang gurih, asin dan krispi sangat cocok dijadikan camilan dalam segala suasana. Untuk itu bagi kamu yang ingin menghadirkan camilan cimol di rumah, Kuliner Kota punya resep cimol goreng kopong yang enak, gurih dan pastinya pembuatannya mudah. Oleh karena itu, yuk baca lengkap cara membuat cimol dalam artikel berikut ini.

Asal usul Cimol Goreng

Cimol Goreng
Cimol Goreng, Foto Oleh Cookpad Com

Sebelum memasak cimol ada baiknya sobat Kuliner Kota tahu tentang asal usul dari jajanan satu ini. Cimol adalah jajanan khas bandung yang terbuat dari aci yang dibentuk bulat – bulat lalu digoreng. Dalam bahasa Sunda, Cimol berarti Aci digemol. Untuk bahan dasar pembuatan cimol goreng sendiri adalah tepung kanji (aci) yang dibentuk bulat kecil (digemol) lalu digoreng dan diberi bumbu perasa.

Sebenarnya cimol goreng adalah jajanan yang berasal dari kota Tasikmalaya. Namun pada tahun 2000an Jajanan ini mulai populer di kota Bandung. Selain itu, cimol juga digemari oleh masyarakat kota Bandung dan banyak yang menjual jajanan ini saat itu. Akhirnya cimol dikenal sebagai makanan khas Bandung hingga saat ini.

Resep Cimol Goreng

Setelah kamu mengetahui asal usul cimol, yuk siapkan bahan-bahan dan kreasikan resep cimol ala Kuliner Kota berikut ini. Pastikan kamu sudah membaca lengkap step by step cara pembuatan cimol ya sobat Kuliner Kota! Agar rasanya gurih, nikmat seperti cimol yang dijual abang-abang pinggir jalan.

Bahan Untuk Membuat Cimol Goreng

  • 200 gram tepung tapioka (kanji),
  • 50 gram tepung beras,
  • 1 sendok teh baking powder,
  • ½ sendok teh merica,
  • 1 sendok teh garam,
  • 1 sendok makan bawang putih halus,
  • 150 ml air panas,

Cara Membuat Cimol

Resep Cimol
Resep Cimol, Foto Oleh Cookpad Com
  • Campurkan tepung tapioka, tepung beras, baking powder, garam, merica dan bawang putih halus. Aduk secara merata menggunakan spatula,
  • Masukkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan. Aduk hingga adonan kalis. Setelah adonan kalis, bentuk adonan menjadi bulatan sebesar kelereng,
  • Goreng dalam minyak yang belum terlalu panas agar cimol tidak pecah. (ketika menggoreng cimol disarankan untuk mengaduk-aduknya sampai adonan kering/garing),
  • Goreng dengan api kecil hingga mengembang dan mengapung. Angkat dan tiriskan,
  • Sajikan bersama taburan bumbu atau sambal.

Mudah bukan untuk membuat cimol di rumah? Kamu hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp20.000 saja untuk mengkreasikan resep cimol diatas. Untuk mencoba mengkreasikan resep cimol, kamu hanya perlu menyiapkan waktu sekitar 20 menit saja. Jadi, cocok banget bukan memasaknya sebagai camilan sore nanti? Untuk itu, yuk cobain kreasikan resep cimol goreng sore ini. 

Kandungan Gizi Dari Cimol Goreng

Cimol Bandung
Cimol Bandung, Foto Oleh Pinterest Com

Saat kamu mengkonsumsi 100 gram cimol maka akan mendapatkan 222 kkal kalori, 5,22 gram lemak, 41,35 gram karbohidrat, 0,97 gram protein, 0,4 gram serat, 0,05 gram gula, 10 miligram kalium dan 190 miligram sodium. Jadi cukup lengkap bukan? Jajanan yang mengenyangkan bergizi pula. Jadi, tertarik untuk mencoba membuat resep cimol goreng di rumah?

Last Updated on November 19, 2020

Nur Sa'ida Kismurdiani
Nur Sa'ida Kismurdiani culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *