1. Ramadhan

25 Rekomendasi Menu Buka Puasa Simpel Penggugah Selera

Ramadhan adalah bulan suci yang sangat dinanti oleh umat muslim di seluruh dunia. Mereka dengan penuh suka cita menyambutnya dengan berbagai cara, tidak hanya dengan meningkatkan intensitas dalam beribadah, tetapi juga menyiapkan menu buka puasa yang nikmat menjadi perhatian utama saat sedang berpuasa. Menikmati sajian buka puasa yang manis dan segar setelah seharian melakukan puasa, akan memberikan rasa yang sangat memuaskan saat bedug magrib berkumandang.

Ketika kamu sedang bingung memilih menu berbuka puasa yang tepat, jangan khawatir! Kuliner Kota punya rekomendasi 20 makanan serta minuman yang cocok disajikan di meja makan kamu. Kamu bisa memasak sendiri menu-menu tersebut dengan mudah di rumah. Mulai dari hidangan berat hingga minuman segar, semua tersedia untuk menjaga energi kamu selama berpuasa. Dengan menu-menu yang bervariasi dan enak ini, kamu bisa menikmati hidangan lezat setiap hari selama Ramadhan.

1. Salad Buah

Buah-buahan yang kaya akan kandungan air memang sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa sehat karena bisa membantu menghidrasi tubuh setelah seharian berpuasa. Selain itu, buah juga mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Beberapa jenis buah seperti melon, semangka, nanas, mangga, dan stroberi bisa diolah menjadi sebuah salad buah yang segar dan nikmat.

Dengan sedikit sentuhan madu atau yogurt, salad buah bisa menjadi pilihan yang menggoda selera untuk menikmati buah-buahan yang sehat dan lezat. Jadi, jangan lupa untuk menambahkan salad buah dalam daftar menu buka puasa kamu ya!

Salad Buah
Salad Buah, Foto oleh Doyan Resep Com

Resep membuatnya juga cukup mudah, hanya dengan memotong buah-buahan tersebut berbentuk dadu lalu ditambahkan campuran yogurt, skim milk, dan madu, setelah itu ditambahkan parutan keju diatasnya dan disimpan di lemari es. Cita rasanya yang lezat dan baik untuk pencernaan membuat Salad Buah cocok dijadikan menu pembuka saat berbuka nanti. Berniat membatalkan puasa menggunakan Salad Buah?

2. Es Buah

Es Buah
Es Buah, Foto oleh Resep Koki Id

Es buah memang jadi pilihan yang tepat untuk membatalkan puasa. Segar dan sehat, sajian ini bisa membuat buka puasa kamu makin nikmat. Es buah terdiri dari berbagai macam buah segar seperti melon, semangka, nanas yang dipadukan dengan nata de coco, biji selasih, dan sirup rasa melon yang akan menciptakan sensasi rasa yang unik dan menyegarkan di lidahmu. Selain itu, proses pembuatannya juga mudah dan bahan-bahannya mudah didapat, sehingga cocok bagi kamu yang tidak ingin repot dalam menyajikan menu buka puasa yang nikmat. Yuk, coba buat es buah di rumah untuk keluarga tercinta!

3. Opor Ayam

Opor Ayam
Opor Ayam, Foto oleh Resep Koki Id

Setelah puas membatalkan puasa dengan menu yang segar-segar, saatnya menikmati makanan berat sebagai menu utamanya, Opor Ayam. Menu ini memiliki cita rasa gurih dan cocok disajikan dengan nasi hangat. Daging ayam yang lembut dengan kuah kuning yang gurih dan kaya rempah seperti bawang merah, bawang putih, santan, dan bahan-bahan lainnya, akan memberikan sensasi pecah di lidah.

Namun, perlu diingat untuk kamu yang memiliki masalah dengan lambung seperti penderita maag, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi Opor Ayam terlebih dahulu. Lebih baik mulai dengan takjil ringan sebagai menu pembuka agar perutmu tidak terlalu kaget setelah seharian berpuasa.

4. Sayur Lodeh

Sayur Lodeh
Sayur Lodeh, Foto oleh Doyan Resep Com

Tidak hanya cocok jadi menu makanan sehari-sehari, Sayur Lodeh juga cocok jadi pilihan menu untuk buka puasa lho! Masakan berkuah yang didalamnya berisi beberapa sayuran seperti terong, kacang panjang, labu, potongan tempe dan berbagai bahan lainnya, yang pasti baik untuk mengembalikan energi tubuh setelah seharian berpuasa. 

Selain itu, cita rasanya yang gurih juga cocok disantap ditemani dengan ikan asin dan nasi hangat agar semakin lezat serta menggugah selera. Kamu juga bisa menambahkan ikan tongkol lho di dalam sayur lodeh! Menu yang simpel dan sederhana namun bercita rasa juara ya Sayur Lodeh ini menu buka puasanya.


Baca Juga: Resep Buka Puasa

5. Es Teler

Es Teller
Es Teller, Foto oleh Id Taste Made Com

Menjadi salah satu menu favorit untuk berbuka, Es Teler harus masuk sajian buka puasa di atas meja rumah kamu. Perpaduan buah alpukat, nangka, dan kelapa muda yang dipadukan dengan air gula serta susu dan disajikan dalam mangkuk membuat perpaduan cita rasa yang pecah saat di mulut sejak suapan pertama. 

Selain itu, rasanya yang manis serta pembuatannya yang mudah juga cocok bagi kamu yang tidak ingin ribet menyajikan menu berbuka bersama keluarga di rumah. Terbayang belum segarnya minum Es Teler saat buka puasa nanti?

6. Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda
Es Kelapa Muda, Foto oleh Dream Co Id

Tentunya, Es Kelapa Muda adalah pilihan minuman yang tepat untuk menemani kamu berbuka puasa. Selain rasanya yang menyegarkan, minuman ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Air kelapa muda dipercaya dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, serta membantu mengatasi dehidrasi karena kandungan airnya yang tinggi. Selain itu, serat dalam kelapa muda juga dapat membantu pencernaan dan meningkatkan kesehatan jantung. Jadi, yuk coba buat sendiri Es Kelapa Muda di rumah untuk menu berbuka puasa kamu!

7. Es Cendol

Es Cendol
Es Cendol, Foto oleh Gamis Jilbab Syari Com

Menu berbuka puasa selanjutnya yang bisa kamu buat di rumah adalah Es Cendol atau lebih dikenal dengan nama Es Dawet. Sajian buka puasa berisi dawet yang terbuat dari tepung beras, hunkwe dan diberi pewarna hijau lalu dibentuk memanjang. Untuk kuahnya, berasal dari santan dan air rebusan daun pandan serta tambahan gula merah agar memberikan cita rasa yang manis. Perpaduannya manis dan gurihnya kuah serta tekstur kenyal cendol dengan aroma pandan yang khas, sukses bikin selera makan kamu meningkat saat menikmati makanan satu ini. Tertarik untuk membuatnya?

8. Sop Ayam

Sop Ayam
Sop Ayam, Foto oleh Google Com

Sop Ayam memang menjadi pilihan yang tepat sebagai menu buka puasa, terutama jika kamu tengah terserang flu atau sedang tidak dalam kondisi yang prima. Selain mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, sop ayam juga mudah dicerna oleh tubuh sehingga tidak memberatkan perut.

Dengan tambahan sayuran seperti wortel, kentang, dan seledri, sop ayam juga memberikan nutrisi tambahan yang dibutuhkan oleh tubuh. Kamu juga bisa menambahkan bawang goreng atau daun bawang untuk memberikan cita rasa yang lebih nikmat.

Tak hanya sebagai menu buka puasa, sop ayam juga bisa menjadi pilihan yang baik sebagai menu sahur. Kamu bisa menyimpan sisa sop ayam di dalam kulkas dan memanaskannya kembali saat sahur tiba. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot memasak menu lagi saat sahur dan tetap bisa mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk tubuh.

9. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo
Es Pisang Ijo, Foto oleh Resep Koki Id

Merupakan salah satu dessert khas Makassar, Es Pisang Ijo ini bisa jadi pilihan menu buka puasa kamu di rumah. Rasanya yang manis dan segar dengan isian pisang, bubur sumsum serta tambahan sirup berwarna merah membuat perpaduan yang pas untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa. Cara pembuatannya yang simpel dengan bahan-bahan yang harganya terjangkau juga, cocok bagi kamu yang ingin menghemat budget tapi ingin sajian buka puasa yang nikmat.

10. Kolak Pisang

Kolak Pisang
Kolak Pisang, Foto oleh Resep Koki Id

Kolak Pisang memang selalu jadi favorit banyak orang saat bulan Ramadhan. Selain rasanya yang enak, Kolak Pisang juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Pisang sendiri mengandung kalium yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit, serta mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu, bahan-bahan lain seperti santan dan gula merah juga mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat Kolak Pisang di rumah dan menikmatinya bersama keluarga saat berbuka puasa!

11. Sop Konro

Sop Konro
Sop Konro, Foto oleh Resep Koki Id

Merupakan makanan khas Makassar Sop Konro bisa jadi pilihan untuk menu buka puasa kamu hari ini. Olahan tulang iga sapi yang dimasak dengan menggunakan aneka rempah serta bumbu khusus hingga menghasilkan perpaduan cita rasa gurih yang lezat dan nikmat. 

Sop Konro memiliki tampilan mirip seperti gulai, dengan rasa yang nikmat dan pastinya menggugah selera makan kamu. Selain itu, Sop Konro juga mengandung gizi yang baik lho untuk tubuh! Jadi, cocok untuk jadi sajian berbuka puasa serta mengembalikan energi tubuh.

12. Sate Susu

Sate Susu
Sate Susu, Foto oleh Kumparan Com

Bosan menikmati menu buka puasa yang manis-manis? Kamu bisa mencoba Sate Susu sebagai salah satu alternatif pilihannya. Merupakan makanan khas warga muslim di Bali, Sate Susu terbuat dari kantong susu sapi(puting payudara sapi) yang diiris kecil-kecil lalu di rebus serta dibumbui dengan berbagai rempah-rempah dan dibakar diatas arang.

Perpaduan cita rasanya kenyal akan terasa makin nikmat saat dihidangkan dengan sambal plecing khas Bali. Bikin perpaduan yang pecah di mulut saat kamu menyantap kuliner ini sebagai menu berbuka puasa.

13. Kolang Kaling

kolang kaling
Kolang-Kaling, Foto Oleh Travel Kompas Com

Benar sekali! Kolang Kaling memang menjadi salah satu minuman khas yang sangat pas disajikan sebagai takjil saat berbuka puasa. Selain itu, kandungan serat yang terdapat di dalam Kolang Kaling juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung.

Kolang Kaling juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. Maka dari itu, selain nikmat, Kolang Kaling juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Yuk, cobain di rumah!

14. Klepon

klepon
Klepon, Foto Oleh Banten Idntimes Com

Klepon termasuk jajanan yang sebaiknya ada di atas meja makan sebagai kudapan buka puasa. Masyarakat Indonesia tentu sudah tak asing lagi dengan jajanan tradisional ini, rasa manis Klepon mampu mengembalikan energi serta teksturnya lembut tak sampai membuat mulut bosan. Bahannya cukup mudah didapatkan, yakni tepung ketan yang dikukus, sedangkan isiannya berupa gula merah.

Ditambah lagi dengan topping kelapa parut yang menciptakan rasa gurih. Di beberapa daerah, Klepon memang sudah populer menjadi kudapan yang harus ada menjelang buka puasa. Tertarik menjadikan Klepon sebagai dessert buka puasa selanjutnya?

15. Bubur Candil

bubur candil
Bubur Candil, Foto Oleh Id Pinterest Com

Menu bubur bukan hanya lezat disantap saat sarapan, misalnya Bubur Candil yang juga cocok sebagai hidangan berbuka. Meski terkesan sederhana dan tidak mengenyangkan, namun nyatanya ketika menyantap seporsi Bubur Candil dijamin perut akan tenang dan aktivitas kembali lancar.

Terbuat dari ubi jalar dan tapioka berbentuk bulatan kecil. Selain rasa lezatnya, jenis bubur khas puasa ini kaya akan vitamin loh, seperti vitamin A, vitamin B1. vitamin C, zat besi dan fosfor. Dihidangkan dalam keadaan hangat atau dingin pun tak mempengaruhi rasa Bubur Candil. Menu buka puasa ini ramai dijual ketika memasuki bulan Ramadhan, jadi kamu bisa dengan mudah menemukannya.

16. Sayur Bening

sayur bening
Sayur Bening, Foto Oleh Cookin Id

Ingin hidangan berbuka puasa simpel dan menyehatkan? Coba saja menu Sayur Bening. Mungkin setiap orang tidak akan menemukan kesulitan ketika membuat hidangan ini, karena bahannya pun mudah ditemukan juga waktu memasaknya singkat.  Diolah dari berbagai jenis sayur, tentu setara dengan kandungan gizi yang diperoleh bagi tubuh.

Mengonsumsi Sayur Bening ketika berpuasa akan membantu menstabilkan tekanan darah dalam tubuh, mencegah kekurangan cairan serta yang paling umum melancarkan produksi ASI. Setelah berpuasa seharian, kembalikan cairan dalam tubuh dengan menyantap segarnya Sayur Bening.

17. Sayur Capcay Kuah

sayur capcay kuah
Sayur Capcay Kuah, Foto Oleh Liputan6 Com

Sayur Capcay Kuah merupakan masakan dengan perpaduan daging ayam, kuah kental, udang dan beragam sayuran lezat. Perpaduan setiap bahannya pun juga berguna membantu mengembalikan kondisi tubuh agar tetap fit. Selain rasanya lezat, kamu pun bisa mendapatkan gizi tinggi dan memperlancar pencernaan karena kandungan serat di dalamnya.

Membuat hidangan ini pun mudah, cukup mencampur bahan kemudian dimasak sampai matang. Kamu tak perlu khawatir mengalami konstipasi atau sembelit asalkan sudah mengonsumsi hidangan ini. Puasa seharian akan terpuaskan setelah berbuka dengan Sayur Capcay Kuah.

18. Sayur Tumis Kentang

tumis sayur kentang
Sayur Tumis Kentang, Foto Oleh Resepmasakan Grid Id

Sayur Tumis Kentang juga merupakan pilihan yang tepat untuk menu berbuka puasa. Kentang sendiri mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi tahan lama dan rasa kenyang yang lebih lama. Selain itu, kentang juga mengandung vitamin C, kalium, dan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Dalam sayur tumis kentang juga terdapat bahan sayuran seperti wortel, kembang kol, buncis dan lain-lain yang kaya akan nutrisi serta serat yang baik untuk tubuh. Jadi, Sayur Tumis Kentang bisa menjadi pilihan yang sehat dan lezat untuk hidangan berbuka puasa kamu.

19. Roti Bakar

roti bakar
Roti Bakar, Foto Oleh Blog Anteraja Id

Berikutnya menu berbuka puasa buat yang tak sempat memasak, coba saja Roti Bakar simpel dan mengenyangkan. Roti Bakar menjadi menu makanan yang mampu memberikan energi setelah seharian berpuasa. Terbuat dari roti garum yang diisi selai anggur, coklat, vanila dan berbagai rasa lainnya, kemudian dibakar hingga tercium harum.

Selain sederhana, mengonsumsi Roti Bakar tak membuat eneg karena rasa gurihnya, juga kandungan gandum yang semakin menambah selera. Menu buka puasa satu ini memang tidak umum bagi masyarakat Indonesia, tetapi kamu masih bisa menyelipkannya sebagai dessert setelah berbuka.

20. Semur Telur Tahu

semur telur tahu
Semur Telur Tahu, Foto Oleh Id Pinterest Com

Sesuai namanya, hidangan Semur Telur Tahu terbuat dari telur rebus dan tahu yang dimasak menjadi semur. Menjadi rekomendasi menu berbuka karena sebenarnya hidangan ini sudah ada sejak dulu dan menjadi hidangan yang harus ada ketika puasa. Tambahan kunir pada masakan ini akan semakin menambah selera, sebab warnanya pun menjadi kekuning-kuningan. 

Paling cocok makan Semur Telur Tahu dengan nasi pulen setelah seharian berpuasa. Hidangan ini tetap lezat disantap pedas maupun tidak, karena yang terbaik masih dengan kuah semurnya. Tertarik menjadikan Semur Telur Tahu sebagai menu berbuka selanjutnya?

21. Tumis Brokoli Jamur

Tumis Brokoli Jamur, Foto Oleh Husna Hidayati

Tumis Brokoli Jamur juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk hidangan buka puasa kamu. Brokoli memiliki kandungan serat, vitamin C, dan antioksidan yang tinggi, sedangkan jamur kaya akan vitamin D dan zat besi. Kombinasi kedua bahan ini akan memberikan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.

Untuk membuat Tumis Brokoli Jamur, kamu bisa menumis bawang putih, bawang bombay, dan cabai merah. Setelah harum, tambahkan potongan brokoli dan jamur, lalu tumis hingga setengah matang. Berikan sedikit air, garam, dan merica untuk memberikan rasa pada tumisan. Jangan lupa untuk mengecek kematangan brokoli dan jamur sebelum disajikan.

Hidangan ini tidak hanya sehat dan lezat, tetapi juga mudah dan cepat dibuat. Kamu bisa menikmatinya dengan nasi atau tanpa nasi tergantung selera. Tumis Brokoli Jamur dapat membuatmu kenyang dan memberikan energi yang dibutuhkan setelah seharian berpuasa.

22. Es Kopyor

Es Kopyor, Foto Oleh Id Pinterest Com

Es Kopyor merupakan minuman dingin khas Indonesia yang terbuat dari kelapa muda yang telah diparut dan dikeluarkan dagingnya, kemudian dicampur dengan air kelapa dan gula kelapa. Setelah itu, dicampur dengan es serut dan taburan kelapa parut yang masih segar. Es Kopyor memiliki rasa manis dan segar, serta memiliki tekstur yang lembut dan kenyal karena kandungan serat dalam kelapa muda yang masih ada.

Es Kopyor sangat cocok disajikan sebagai hidangan penutup saat berbuka puasa karena memiliki kandungan elektrolit yang dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Selain itu, kandungan mineral dan vitamin dalam es kopyor juga dapat membantu mengembalikan energi dan menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa.

23. Nasi Goreng

Nasi Goreng, Foto Oleh Blog theforkbite com

Nasi goreng, nasi yang diolah dengan cara digoreng bersama dengan bumbu dan berbagai bahan tambahan seperti telur, daging, atau sayuran. Rasanya gurih dan kaya akan rempah-rempah. Selain rasanya yang ikonik, Nasi Goreng juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Nasi Goreng mengandung karbohidrat dari beras yang merupakan sumber energi bagi tubuh, protein dari telur dan daging atau udang yang berguna untuk membangun masa jaringan otot, serta vitamin dan mineral dari sayuran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kamu bisa mencoba membuat Nasi Goreng di rumah untuk hidangan berbuka puasa yang praktis dan lezat.

24. Cumi Goreng

Cumi Goreng, Foto Oleh Id Pinterest Com

Cumi goreng bisa menjadi pilihan menu buka puasa yang lezat dan bergizi. Potongan cumi yang digoreng dengan tepung crispy dan bumbu rempah, kemudian disajikan bersama nasi dan sayuran, akan memberikan rasa kenyang dan energi yang cukup untuk menghadapi malam selama berpuasa. Selain itu, cumi goreng juga mengandung protein dan zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, bagi kamu yang ingin menikmati hidangan yang enak dan bergizi saat buka puasa, cobalah sajikan cumi goreng sebagai pilihan menu.

25. Lemon Jahe

Lemon Jahe, Foto Oleh Id Pinterest Com

Minuman lemon jahe sangat cocok untuk dikonsumsi saat buka puasa karena memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Jahe dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan mual yang sering dialami saat buka puasa. Sementara itu, lemon kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu mengurangi rasa lelah setelah seharian berpuasa. Kombinasi lemon jahe juga dapat membantu menghangatkan tubuh dan memberikan rasa segar setelah seharian berpuasa.

Berbagai pilihan makanan dan minuman rekomendasi dari Kuliner Kota diatas, bisa jadi pilihan kamu untuk sajian saat berbuka puasa. Pastinya bahan-bahannya juga mudah dan kamu bisa memasaknya sendiri di rumah. Tetap jaga kesehatan selama bulan puasa dengan selalu memperhatikan menu buka puasa ataupun sahur ya Sobat Kuliner Kota! Agar puasanya bisa berjalan lancar sampai hari lebaran tiba. Selamat berpuasa 🙂

Reaksi orang terhadap cerita ini

Komentar untuk: 25 Rekomendasi Menu Buka Puasa Simpel Penggugah Selera
  • 8 Juni 2020

    Es Pisang Ijo emang nggak pernah salah….

    Balas

Tulis respon

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Trending

Martabak manis adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Makanan ini terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan susu. Martabak manis biasanya menggunakan berbagai macam topping, seperti coklat, keju, kacang, dan meses. Jika kamu ingin membuat martabak manis ala rumah, tidak perlu khawatir karena pembuatannya pun mudah, cukup menggunakan teflon saja. Berikut ini […]
Singkawang merupakan salah satu kota di Kalimantan Barat yang terkenal dengan keragaman budayanya. Keragaman budaya tersebut juga tercermin dalam kuliner khas Singkawang yang beragam. Singkawang merupakan kota yang kaya akan kuliner khas. Kota ini memiliki beragam makanan khas yang turun temurun oleh berbagai budaya, mulai dari budaya Tionghoa, Melayu, dan Dayak. Berikut ini  5 makanan […]