12 Makanan Khas Palangkaraya Dijamin Enak dan Nagih

Juhu Kunjang Palangkaraya
Mau wisata kuliner Palangkaraya? Ada 12 pilihan makanan khas Palangkaraya punya cita rasa menarik dan wajib untuk dicoba.
Daftar isi

Merupakan Ibukota Kalimantan Tengah, Palangkaraya hadir menjadi salah satu kota yang digadang-gadang menjadi Ibukota baru Indonesia. Letaknya yang strategis serta menjadi salah satu kota terluas di Indonesia selain Kota Dumai, Tidore Kepulauan dan Sorong menjadikan kota ini sebagai alternatif pilihan yang tepat sebuah Ibukota negara. Tidak hanya letak geografisnya yang luas, kota Palangkaraya juga punya potensi wisata alam dan budaya yang beragam. Ada banyak tujuan destinasi wisata menarik sampai makanan khas Palangkaraya dengan cita rasa unik yang sayang untuk dilewatkan.

Saat Anda singgah di kota ini ada 12 makanan khas Palangkaraya yang wajib Anda cicipi. Perpaduan cita rasa yang khas dan menarik serta suguhan suasana nyaman kota Palangkaraya, bakal bikin Anda tergiur mencoba nikmatnya kuliner Palangkaraya ini. Mau tau apa saja kuliner Palangkaraya tersebut? Berikut apa saja daftar pilihan makanan khasnya.

1. Wadai Apam

Wadai Apam Palangkaraya
Wadai Apam di PalangkarayaFoto oleh Wikipedia Org

Ingin mencari makanan yang gurih-gurih sebagai teman minum kopi maupun ngeteh? Wadai Apam bisa jadi pilihan menu kuliner Anda. Merupakan salah satu makanan khas Palangkaraya, Wadai Apam terbuat dari campuran tepung terigu, tepung beras, santan, kelapa parut dan berbagai bahan lainnya serta tidak lupa ragi untuk membuat adonan mengembang. Diolah dengan cara dikukus membuat Wadai Apam memiliki aroma yang khas serta cita rasanya nikmat. Tertarik untuk mencobanya?

2. Kue Gagatas

Kue Gagatas Palangkaraya
Kue Gagatas di PalangkarayaFoto oleh Cookpad Com

Dikenal dengan sebutan Kue Gagatas, makanan khas Palangkaraya ini terbuat dari campuran tepung ketan, kelapa parut lalu digoreng dan dilapisi dengan gula. Perpaduan cita rasa gurih dan manis yang khas pada Kue Gagatas cocok dijadikan teman minum kopi ataupun teh di sore hari. Apalagi saat cuaca mendung? Bakal bikin Anda ketagihan mencoba kue tradisional satu ini berulang kali.

Baca Juga:  12 Makanan Khas Jombang Favorit, Enak dan Murah

3. Juhu Umbut Rotan

Juhu Umbut Rotan Palangkaraya
Juhu Umbut Rotan di PalangkarayaFoto oleh Pesona Travel

Merupakan salah satu makanan khas Palangkaraya, Juhu Umbut Rotan harus masuk kuliner yang wajib Anda coba. Terbuat dari rebung rotan muda sebagai bahan utama, sebelum diolah menjadi hidangan yang nikmat, rotan tersebut harus dibersihkan terlebih dahulu dari duri-duri yang menempel dan dipotong kecil-kecil sesuai selera. 

Artikel Terkait

Rotan yang sudah dibersihkan kemudian dimasak menggunakan berbagai macam rempah-rempah sehingga menghasilkan tekstur kenyal dan nikmat. Anda juga bisa memasak Juhu Umbut Rotan dengan menggunakan kuah santan ataupun tanpa kuah lho! Sama-sama nikmatnya. Perpaduan cita rasa gurih dan sedikit pahit pada olahan ini bakal nikmat disantap menggunakan nasi hangat sebagai pelengkapnya. Tertarik menikmatinya

4. Wadi Patin

Wadi Patin Palangkaraya
Wadi Patin di Palangkaraya, Foto oleh Traveling Yuk Com

Merupakan salah satu makanan khas Palangkaraya, Wadi Patin harus masuk daftar kuliner yang wajib Anda coba. Wadi Patin, terbuat dari olahan daging ikan patin yang sudah difermentasi sehingga menghasilkan perpaduan cita rasa asin serta asam yang khas dan menggoda. 

Dimasak dengan cara digoreng ataupun dikukus, Wadi Patin bakal bikin selera makan Anda meningkat sejak suapan pertama menikmatinya. Apalagi ditambahkan dengan sambal serai dan nasi hangat saat menyantapnya? Bikin perpaduan yang pas serta pecah di mulut Anda. Tertarik mencoba kenikmatan makanan tradisional ini? Selain itu, Wadi Patin juga bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh lho! Karena diolah dengan cara fermentasi jadi mampu bertahan selama berbulan-bulan.

5. Bangamat Palangkaraya

Bangamat Palangkaraya
Bangamat di PalangkarayaFoto oleh Review Bukalapak Com

Memiliki nama yang cukup unik, Bangamat Palangkaraya juga berbahan dasar cukup menarik yang bakal bikin anda penasaran ingin segera mencicipinya. Bangamat Palangkaraya, merupakan makanan khas Palangkaraya yang terbuat dari daging kelelawar dan sayur hati batang pisang.

Sebelum diolah daging kelelawar dibersihkan dahulu dari bulu, kuku sampai isian perutnya setelah itu dimasak menggunakan berbagai macam rempah-rempah dan sayur hati batang pisang. Perpaduan cita rasa gurih dan kenyalnya daging yang khas bakal bikin anda tergoda menikmati olahan satu ini. Tertarik menikmati olahan satu ini?

Baca Juga:  27 Makanan Khas Pontianak Paling Populer, Ada Choipan

6. Kalumpe Palangkaraya

Kalumpe Palangkaraya
Kalumpe di Palangkaraya, Foto oleh Borneo News Co Id

Merupakan salah satu makanan khas Palangkaraya, olahan satu ini bakal jadi favorit anda para pecinta sayuran. Kalumpe Palangkaraya, merupakan kuliner berbahan dasar daun singkong yang ditumbuk halus lalu diolah dengan kuah kental berbahan dasar bawang putih, bawang merah, serai, lengkuas, cabai, kayu manis dan berbagai bahan-bahan lainnya. Disajikan bersama nasi hangat, sambal terasi serta tambahan ikan teri bakal bikin anda ketagihan dan tidak ingin berhenti mengunyah. Tertarik mencoba kenikmatannya?

7. Terong Mapui

Terong Mapui Palangkaraya
Terong Mapui di PalangkarayaFoto oleh Cookpad Com

Olahan terong khas Palangkaraya ini wajib anda cicipi saat singgah disini, Terong Mapui. Merupakan makanan khas Palangkaraya berbahan dasar terong yang diolah dengan cara dibakar sampai matang lalu dibalur menggunakan bumbu yang terbuat dari cabai, terasi, serai, garam dan berbagai bahan lainnya. Perpaduan cita rasa pedas, asam serta manis yang khas pada Terong Mapui cocok jadi teman makan ikan bakar bersama nasi hangat. Bikin perpaduan yang pecah di mulut dan pastinya nagih.

8. Juhu Kujang

Juhu Kunjang Palangkaraya
Juhu Kujang di PalangkarayaFoto oleh Sering Jalan Com

Berada di Palangkaraya, maka Juhu Kunjang wajib Anda coba. Terbuat dari tanaman keladi yang diolah bersama ikan, nangka muda, santan kelapa serta campuran berbagai macam rempah khas suku Dayak menghasilkan cita rasa gurih yang khas. Apalagi Anda menyantap Juhu Kujang bersama nasi hangat? Bakal bikin perpaduan yang pas di mulut sehingga anda tidak ingin berhenti menyantapnya. Tertarik menikmati Juhu Kujang?

Baca Juga:  35 Makanan Khas Banyumas Terkenal Enak dan Bikin Ngiler

9. Hintalu Karuang

Hintalu Karuang Palangkaraya
Hintalu Karuang di PalangkarayaFoto oleh Cookpad Com

Memiliki nama yang unik, makanan khas Palangkaraya ini cocok disantap sebagai menu buka puasa, Hintalu Karuang. Makanan yang terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat-bulat kecil serta disajikan bersama kuah kental yang terbuat dari santan dan gula merah. Perpaduan cita rasa gurih, manis dan tekstur yang kenyal bakal cocok disantap dalam keadaan panas maupun tambahan es batu saat menikmatinya. Bikin perpaduan yang pecah di mulut serta rasa dahaga anda hilang. Tertarik menyantapnya saat di Palangkaraya?

10. Kenta Palangkaraya

Kenta Palangkaraya
Kenta di Palangkaraya, Foto oleh Cookpad Com

Terbuat dari ketan padi yang disangrai dan ditumbuk, makanan khas Palangkaraya ini wajib anda cicipi. Kenta Palangkaraya, makanan tradisional suku Dayak berbahan dasar ketan yang disajikan bersama parutan kelapa, air kelapa muda, gula dan berbagai bahan lainnya sehingga menghasilkan cita rasa manis, gurih dan unik yang khas. Perpaduan yang pas dimulut saat anda menyantapnya bersama es kelapa muda di siang hari. Tertarik mencoba bagaimana nikmatnya?

11. Olahan Jelawat

Olahan Jelawatan Palangkaraya
Olahan Jelawat di Palangkaraya, Foto oleh Phinemo Com

Jelawat merupakan salah satu jenis ikan yang hanya hidup di sungai Kalimantan. Oleh sebab itu, saat anda di Palangkaraya Olahan Jelawat wajib anda coba. Olahan Jelawat, merupakan kuliner khas Palangkaraya yang terbuat dari ikan jelawat sebagai bahan dasar utamanya. Ada yang dimasak dengan cara dibakar, digoreng menggunakan berbagai macam bumbu ataupun di gulai. Cita rasa ikan yang khas bakal bikin anda ketagihan mencobanya berulang kali.

12. Kalakai Palangkaraya

Kalakai Palangkaraya
Kalakai di Palangkaraya, Foto oleh Indonesia Kaya Com

Ingin menu camilan yang menyehatkan? Palangkaraya punya Kalakai yang bisa jadi pilihan. Merupakan salah satu kuliner khas Palangkaraya, Kalakai terbuat dari daun tanaman kalakai yang diolah menjadi keripik. Perpaduan cita rasa gurih dan renyah dari Kalakai Palangkaraya cocok dijadikan pelengkap berbagai menu makanan maupun buah tangan untuk keluarga di rumah. Tertarik mencoba kenikmatannya?

Berbagai pilihan kuliner Palangkaraya dengan cita rasa unik dan menarik bisa jadi pilihan untuk memuaskan lidah anda. Jangan sampai anda sudah singgah di kota ini namun melewatkan untuk mencicipi beragam kuliner khas Palangkaraya tersebut ya sobat Kuliner Kota! Jadikan momen liburan ada makin lengkap dan meriah dengan icip-icip makanan khas Palangkaraya yang dijamin akan menggoyangkan lidah.

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Comments 1

  1. Lala says:

    Kue gagatasnya sih yang ngga pernah terlewatkan nikmatnya, manisnya legit nya, bikin kangen kampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *