Resep Es Permen Karet Surabaya Viral, Cocok untuk Dijual

Resep Es Permen Karet Viral yang Cocok untuk Dijual (Sumber: @gadis785 on Instagram)
Resep Es Permen Karet Viral yang Cocok untuk Dijual (Sumber: @gadis785 on Instagram)
Es permen karet adalah minuman yang terbuat dari gula, perisa, dan juga bahan lain. Rasanya manis dan creamy, simak resepnya disini!
Daftar isi

Beberapa waktu lalu, minuman pink nyentrik bernama es rasa permen karet sukses menarik perhatian masyarakat. Nama es permen karet sendiri diambil dari aroma, warna, dan rasanya yang mirip dengan namanya. Minuman manis, creamy, dan menyegarkan satu ini sangat cocok untuk menemani segala aktivitas Sobat Kuliner apalagi di cuaca yang terik.

Dibuat dengan bahan yang mudah didapatkan dan cara pembuatannya yang mudah, Sobat Kuliner bisa bikin es viral satu ini sendiri di rumah, loh! Maka dari itu, yuk simak cara membuat es permen karet Surabaya yang segar dan manisnya bikin para sweet tooth bahagia!

Tentang Es Permen Karet, Minuman Viral dari Surabaya

Es Permen Karet Pak Yit Ampel Kembang (Sumber: @dhimastriyanto_iwk on Instagram)
Es Permen Karet Pak Yit Ampel Kembang (Sumber: @dhimastriyanto_iwk on Instagram)

Awalnya es permen karet menjadi salah satu minuman dingin yang banyak diminati di Kota Surabaya, Jawa Timur. Tapi bukan berarti diberi topping permen karet, ya! Namun minuman viral satu ini memiliki warna merah muda dengan rasa dan aroma seperti permen karet.

Nah, sebelum viral, awalnya minuman ini berasal dari bisnis keluarga Pak Yit yang awalnya menjalankan bisnis bersama keluarga besarnya di kawasan Ampel Kembang, Surabaya. Lantaran punya rasa yang enak, banyak pembeli rela antre demi mencicipi minuman yang sedang hits di Kota Pahlawan ini. Bahkan, ada beberapa pembeli yang sudah datang sebelum warung buka karena saking penasarannya.

Perjalanan Es Permen Karet Hingga Viral dan Sukses

Perjalanan Es Permen Karet Hingga Viral (Sumber: @kulinerbarabai on Instagram)
Perjalanan Es Permen Karet Hingga Viral (Sumber: @kulinerbarabai on Instagram)

Sobat Kuliner, ternyata perjalanan minuman yang viral ini berawal dari usaha keluarga yang sudah berjalan 36 tahun, sejak tahun 1986. Mungkin kalian tidak menyangka jika es ini sudah ada sejak dahulu, kan? Jadi simak perjalanannya hingga viral di bawah agar kalian semakin terinspirasi untuk terjun ke dunia kuliner.

Artikel Terkait

Berawal dari Bisnis Keluarga

Awalnya, minuman rasa permen karet ini hanya dijual ketika bulan Ramadhan sebagai takjil sejak tahun 2000-an. Sebelum viral, ketika bulan puasa juga hanya dapat menjual dua termos. Sementara itu, saat dijual di hari biasa tidak laku, karena memang di kawasan Ampel relatif ramai saat bulan Ramadhan. Bisnis ini pun terus berjalan selama bertahun-tahun untuk berjualan minuman rasa permen karet yang itu-itu saja dan tidak terlalu laku.

Modifikasi Resep Sampai Viral

Selanjutnya, pemilik bisnis ini melakukan modifikasi resep hingga menemukan racikan yang lebih enak dan pas. Karena resep memiliki rasa yang jauh lebih enak, sehingga pelanggan pun ketagihan dan mendatangkan berbagai kalangan, salah satunya food vlogger yang membuat minuman ini semakin viral di dunia maya.

Omset Sehari Bisa Sampai 20 Juta!

Pemilik menceritakan omzet harian dulu hanya sekitar 200-ribuan saja, itupun kalau habis. Kini, omzet per hari yang bisa diperoleh bisa mencapai 20 juta, loh! Walaupun sekarang banyak kompetitor sejenis karena viral, tetapi usaha es satu ini tidak pernah sepi pengunjung. Jadi bagaimana, apakah Sobat Kuliner tertarik untuk jualan juga?

Resep Es Permen Karet Praktis

Setelah membaca cerita inspiratif di atas, Sobat Kuliner tentunya juga bisa membuat es ini dan tidak kalah enak dari yang dijual. Menggunakan gula pasir asli, jadi dijamin rasanya segar dan tidak bikin sakit tenggorokan. Yuk, simak resepnya berikut ini!

Resep Es Permen Karet Surabaya (Sumber: @papaadiee on Instagram)

Resep Es Permen Karet

Kuliner Kota
Prep Time 10 mins
Cook Time 15 mins
Course Drinks
Cuisine Indian
Servings 5 portion
Calories 110 kcal

Ingredients
  

  • 100 ml air
  • 100 gram gula pasir
  • 200 gram sirup cocopandan
  • 150 gram susu kental manis putih
  • 1 sdm perisa tutti frutti
  • 1/2 sdt pewarna makanan merah
  • 1 mangkuk es batu

Instructions
 

  • Pertama rebus 100 ml air, kemudian masukkan 100 gram gula pasir, 200 gram sirup cocopandan, dan aduk hingga mendidih.
  • Kemudian, masukkan 150 gram susu kental manis dan aduk sampai rata, matikan kompor.
  • Lalu tambahkan sedikit pewarna makanan hingga warnanya menjadi merah jambu dan masukkan 1 sdm perisa tutti frutti.
  • Setelah itu dinginkan sirup sampai teksturnya mengental.
  • Jika ingin disajikan, masukkan es batu yang sudah dihancurkan dalam gelas kemudian tuangkan susu kental manis 150 gram agar es lebih creamy.
  • Campur 50 ml air matang dan 2 sendok sirup permen karet atau sesuai selera ke dalam gelas tadi.
  • Taraa! Es permen karet viral pun siap disajikan.
Keyword Es Permen Karet

Tips

  • Tambahkan es batu ke dalam gelas sesuai selera Sobat Kuliner, supaya es semakin segar.
  • Jika suka, kalian bisa menambahkan topping jelly atau cincau hitam ke dalam es untuk menambah rasa.
  • Kalau masih ada sisa, kalian bisa menyimpan sirup di dalam kulkas sehingga bisa tahan lama dan bisa menikmatinya kapanpun Sobat Kuliner mau.

Baca Juga: Resep Es Semangka India yang Hits, Cocok untuk Jualan

Baca Juga:  10 Resep Sahur Enak Sederhana yang Bisa Kamu kreasikan di Rumah

Begitulah resep es rasa permen karet yang manis dan menyegarkan. Kalian bisa mencobanya di tempat terdekat dan coba bandingkan dengan resep ini. Dijamin resep disini pasti enak dan tidak bikin kecewa!

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recipe Rating