1. Jajanan
  2. Kuliner

Nikmatnya Batagor Hanjuang, Jajanan Murah Meriah di Bandung

Bandung terkenal dengan beraneka ragam kulinernya yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah kuliner bakso tahu goreng alias Batagor. Batagor enak yang paling dikenal di kota ini adalah Batagor Hanjuang. Jajanan satu ini sudah lama dikenal di Kota Bandung dengan bumbu yang lezat dan khas membuat batagor satu ini menjadi favorit semua kalangan. Yuk, cari tahu tentang Batagor Hanjuang lewat artikel berikut ini!

Nikmatnya Batagor Hanjuang, Jajanan Populer di Bandung 

Umumnya jajanan Bandung yang terkenal adalah seblak, bukan? Namun, nyatanya masih banyak jajanan lain yang merupakan kuliner favorit di Bandung, salah satunya adalah batagor yang merupakan jajanan yang digemari banyak orang. Bahkan, ada vendor asal Bandung yang sudah mampir ke berbagai negara untuk mempromosikan kelezatan jajanan ini, lho. 

Jika Sobat Kuliner ingin menikmati batagor dengan harga yang murah dengan rasa yang meriah alias enak, maka bisa mencoba berkunjung ke Batagor Hanjuang dan Batagor Hanjuang Astina yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat. Batagor lezat ini sudah cukup populer sebagai rekomendasi kuliner jajanan Bandung, lho. Harganya pun cukup ramah kantong, yakni hanya Rp10.000/porsi.

Bumbu batagor yang gurih dan berpadu dengan bakso tahu goreng daging ikan tenggiri menciptakan cita rasa tersendiri bagi penikmatnya sehingga tidak heran gerobak kuliner asal Bandung ini selalu dipadati pengunjung. Eits, walaupun merupakan jajanan kaki lima dan lokasinya berada di pinggir jalan, namun rasa batagornya yang nagih bisa bikin Sobat Kuliner ketagihan mencicipi jajanan satu ini.

Bahkan, batagor satu ini tidak hanya dikenal di kalangan masyarakat Bandung saja, tetapi juga banyak wisatawan yang datang dari luar kota untuk menikmati kelezatan kuliner batagor yang lezat ini. Batagor satu ini juga tidak terlalu berminyak sehingga bisa menjadi batagor yang sehat. Hmm.. Jadi terbayang kan nikmatnya perpaduan rasa bakso dan tahu goreng yang terkenal ini?

Oyo, penjual dan pemilik Batagor Hanjuang mengaku bahwa batagor yang ia buat menggunakan tepung tapioka dan sagu sebagai bahan dasarnya. Tepung satu ini sering disebut sebagai tepung aci oleh masyarakat Sunda. Penamaan Hanjuang sendiri berasal dari Pertarungan Hayuk. Jadi jajanan ini memiliki filosofi sebagai semangat juang untuk mencari makan di tanah Sunda. 

Siapa sangka batagor legendaris ini rupanya sudah dibuka sejak tahun 1990-an. Bahkan, Oyo mengaku sudah mulai menjual batagornya sebelum Istana Plaza di Bandung dibangun. Ia mengaku memilih lokasi tersebut lantaran di sanalah Batagor miliknya bisa dijual secara melimpah. Oyo mengaku bahwa batagornya bisa terjual hingga 1.500 buah per hari sehingga menghasilkan omset yang cukup besar setiap harinya.

Cita rasa paling menarik dari kuliner Bandung satu ini adalah ada pada penambahan bakmi pada semangkuk batagor yang disajikan. Hal ini membuat batagor semakin lengkap dan mampu membuat perut kenyang. Bisa dibilang, Batagor Hanjuang ini adalah batagor murah meriah karena harganya yang murah dan populer, resepnya sehat, dan rasanya yang enak. 

Lokasi Batagor Hanjuang 

Lokasi Batagor Hanjuang (sumber: @miqbala10 on Instagram)
Lokasi Batagor Hanjuang (sumber: @miqbala10 on Instagram)

Batagor legendaris ini memiliki dua cabang, yakni Batagor Hanjuang Astina yang berada di Jalan Astina, Cicendo, Bandung dan Batagor Hanjuang yang berada di Jalan Terusan Babakan Jeruk I, Sukagalih, Sukajadi, Bandung yang terletak di belakang Istana Plaza. Bisa dibilang, lokasi tersebut merupakan lokasi yang strategis sehingga memudahkan pembeli untuk menemukan tempat jajanan kuliner batagor yang laris ini.

Jam Buka Batagor Hanjuang

Jajanan populer di Bandung ini buka dari jam 7 pagi hingga jam 4 sore. Sobat Kuliner bisa berkunjung dan menikmatinya saat berwisata atau saat sekedar lewat bersama teman maupun keluarga. Jangan lupa untuk membungkus seporsi Batagor Hanjuang lagi untuk dibawa pulang karena kamu pasti akan merindukan cita rasanya lagi ketika sampai di rumah.

Kandungan Kalori Pada Batagor Beserta Fakta Gizinya

Kandungan dalam Batagor (sumber: @alliejournal on Instagram)
Kandungan dalam Batagor (sumber: @alliejournal on Instagram)

Nah, sebelum mengkonsumsi seporsi batagor yang lezat, ada baiknya Sobat Kuliner mengetahui kandungan kalori dan gizi yang terdapat pada jajanan tersebut. Seperti yang kita ketahui, batagor atau bakso tahu goreng merupakan makanan yang digoreng dan disiram dengan bumbu kacang. Hal tersebut menambah besaran kalori pada seporsi jajanan tersebut. Berikut detail informasi gizi pada seporsi atau 100 gram batagor.

  • Energi: 290 kalori
  • Lemak: 14,92 gram
  • Lemak jenuh: 2,155 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 4,504 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal: 7,276 gram
  • Kolesterol: 43 miligram
  • Protein: 10,26 gram
  • Karbohidrat: 29,14 gram
  • Serat gula: 1,4 gram
  • Sodium: 3,54 gram
  • Kalium: 152 miligram

Perlu diingat, mengkonsumsi jajanan goreng berkuah ini terlalu banyak merupakan hal yang kurang baik, terlebih jika kamu sedang berdiet ya, Sobat Kuliner. 

Itulah tadi ulasan mengenai Batagor Hanjuang yang merupakan kuliner Bandung favorit banyak orang. Kelezatan batagor yang dipadukan dengan bumbu kacangnya yang kental tentu membuat Batagor Hanjuang ini jangan sampai kamu lewatkan, ya. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Nikmatnya Batagor Hanjuang, Jajanan Murah Meriah di Bandung

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]