1. Kuliner

12 Makanan Khas Padang yang Populer dan Menggoyang Lidah

Kota Padang terkenal akan kelezatan kuliner khasnya. Lihat saja berapa banyak rumah makan Padang yang tersebar di berbagai penjuru kota. Mayoritas masakan Padang memiliki cita rasa pedas dan cenderung bersantan. Bukan cuma itu, kuliner Padang juga dikenal akrab dengan olahan daging-dagingan. Lalu apa saja kuliner Padang yang wajib dicicipi? Di kesempatan jalan-jalan kamu ke Kota Padang kali ini, Kuliner Kota akan mengupas 12 makanan khas Padang yang siap menggoyang lidah kamu. Yuk, simak informasinya berikut ini!

1. Rendang

Rendang Padang
Rendang, foto oleh Resep dan Masakan Com

Siapa yang tidak kenal Rendang? Kuliner Padang satu ini kepopulerannya bahkan sudah sampai ke mancanegara.  Terbaru, Guiness Book Record telah merilis rendang sebagai satu dari 50 makanan terenak di dunia, lho! Apabila berkunjung ke rumah makan Padang, kamu pasti akan menemukan Rendang sebagai salah satu sajian utamanya. Rendang terbuat dari daging sapi yang dipotong-potong, lalu dibumbui dengan aneka rempah-rempah dan santan. Kemudian daging sapi dimasak sampai bertekstur empuk. Proses pemasakan daging sapi ini bisa memakan waktu sampai 4 jam lamanya, agar bumbunya bisa meresap sampai ke serat-serat daging. Umumnya, Rendang berwarna coklat sampai hitam pekat dengan tekstur daging yang lembut dan rasa rempah dari bumbu yang kuat. Ditemani nasi putih yang masih hangat, makanan khas Padang ini dijamin akan membuat kamu terus menyuap dan menyuap lagi. 

2. Sate Padang

Sate Padang
Sate Padang foto oleh Wikipedia Org

Makanan khas Padang selanjutnya yang akan menemani kulineran kamu di Kota Padang adalah Sate Padang. Umumnya sate terbuat dari daging ayam atau daging kambing, tapi tidak demikian dengan Sate Padang. Bahan utama pembuatan Sate Padang adalah daging sapi dan bagian sapi lainnya seperti paru, hati, kikil dan lidah. Pengolahannya hampir sama seperti sate biasa, bedanya saus Sate Padang tidak berupa saus kacang, melainkan menggunakan tepung beras yang sudah diencerkan lalu dicampurkan ke dalam air rebusan daging yang sudah diberi rempah. Biasanya Sate Padang disantap bersama potongan ketupat. Tertarik mencobanya?

3. Dendeng Balado

Dedeng Balado Padang
Dedeng Balado, foto oleh Cara Resep Masakan 313 Blogspot Com

Kuliner Padang memang akrab dengan olahan daging-dagingan, tidak terkecuali sajian satu ini. Dendeng Balado merupakan makanan khas Padang yang terbuat dari daging sapi diiris tipis yang dibumbui rempah-rempah, kemudian dijemur sampai kering. Selanjutnya ditumis dengan bumbu balado yaitu cabai diulek kasar. Dendeng Balado punya tekstur yang lebih keras dibandingkan rendang, dengan rasa yang gurih sekaligus pedas membuat makanan ini bakal menggoyangkan lidah kamu saat menyantapnya. Berani coba?

4. Soto Padang

Soto Padang
Soto Padang, foto oleh Resep Nasi Dan Sambal Blogspot Com

Mau makan yang berkuah-kuah sore ini? Cobalah untuk mencicipi Soto Padang. Kuliner khas Padang ini terbuat dari daging ayam atau sapi, ditambah bihun, perkedel, kemudian disiram dengan kuah bening panas. Apabila Soto Padang berbahan dasar daging sapi, maka daging sapi yang dipilih adalah yang sudah dimasak menjadi dendeng kemudian digoreng. Inilah yang menjadi ciri khas Soto Padang dibanding soto dari daerah lain. Jangan khawatir, meski menggunakan dendeng, tekstur daging sapinya tetap empuk, kok! Tambahan sambal dan perasan jeruk nipis dijamin akan membuat kamu makan dengan lahap.

5. Dendeng Batokok

Masih seputar olahan daging-dagingan, kali ini buat kamu penggemar masakan pedas yang membakar lidah, sajian satu ini cocok untuk menemani acara kulineran di Padang. Dendeng Batokok merupakan makanan khas Padang yang juga terbuat dari dendeng sapi yang digoreng kemudian dibumbui sambal cabai hijau dan potongan bawang merah. 

Dendeng Batako Padang
Dendeng Batako, foto oleh Wisatakul com

Makanan khas Padang satu ini punya keunikan dalam pengolahan dagingnya. Pertama-tama, daging sapi akan dipukul-pukul atau diketok-ketok. Nah, karena proses inilah membuatnya dinamai Dendeng Batokok. Tujuan dari proses ini adalah melunakkan tekstur daging sehingga bumbunya lebih mudah meresap. Berani mencobanya?

6. Teh Talua 

Teh Talua Padang
Teh Talua, foto oleh Bisnis Wisata Co Id

Setelah puas menikmati makanan berat, sekarang saatnya mencari minuman untuk melepas dahaga. Ada satu sajian populer di sini, namanya Teh Talua. Kamu bisa dengan mudah menemui minuman ini di warung tradisional atau restoran karena Teh Talua merupakan menu wajib di Padang. Bahan utama pembuatannya yaitu teh, dicampur dengan gula, telur dan sedikit perasan jeruk nipis. Biasanya, telur yang dipakai adalah telur ayam kampung. Meski mengandung telur, tapi kamu tidak akan mencium aroma amis, justru aroma Teh Talua yang wangi. Perpaduan rasa manis dan asam dijamin akan menyegarkan tenggorokan kamu siang ini.

7. Ikan Asam Padeh 

Ikan Asam Padeh khas padang
Ikan Asam Padeh, foto oleh Masakan Dapurku Com

Bukan cuma punya Rendang, Padang juga punya olahan berbahan dasar ikan yang tidak kalah lezat. Ikan Asam Padeh memiliki cita rasa didominasi asam dan pedas. Biasanya, ikan yang dipilih adalah ikan tongkol. Ikan tongkol dimasak dengan bumbu halus berupa bawang merah, bawang putih, laos, kunyit, cabai dan kemiri. Selanjutnya ikan akan dimasak dengan bumbu tersebut sampai mengental. Uniknya, kuliner khas Padang satu ini tidak memakai santan dalam pengolahannya sehingga kuah ikan cenderung bening. 

8. Kacimuih 

Kacimuih khas padang
Kacimuih, foto oleh Ksm Tour Com

Menikmati suasana sore Kota Padang akan makin lengkap ditemani camilan khas lokal satu ini. Kacimuih berbahan dasar singkong parut kasar yang dikukus. Singkong yang sudah matang kemudian disajikan dengan topping berupa taburan kelapa parut dan gula merah atau gula pasir. Meski tampak sederhana tapi kuliner ini cukup mengenyangkan, lho! Makanan khas Padang satu ini cocok dijadikan teman minum secangkir kopi atau teh hangat. 

9. Lompong Sagu 

Lompong Sagu khas padang
Lompong Sagu foto oleh Indonesia Kaya Com

Bukan cuma Kacimuih, ada satu lagi jajanan yang mesti kamu coba dalam lawatan kamu ke Padang kali ini. Seperti namanya, Lompong Sagu berbahan dasar sagu, dicampur dengan kelapa dan pisang, lalu dibungkus daun pisang. Berikutnya, Lompong Sagu dimasak dengan cara dibakar diatas tungku kayu bakar. Rasa kuliner Padang ini didominasi manis dan gurih. Teksturnya yang lembut, ditambah dengan aroma wangi daun pisang serta aroma khas bakaran akan membuat siapapun yang mencobanya akan ketagihan untuk melahapnya terus terusan. Penasaran ingin segera mencicipinya?

10. Lemang Tapai

Lemang Tapai khas padang
Lemang Tapai, foto oleh Traveling Yuk Com

Lemang Tapai biasanya hanya ditemukan ketika bulan puasa. Sajian satu ini terbuat dari beras ketan putih dan santan, dimasukkan dalam ruas bambu muda kemudian dimasak dengan cara dibakar. Setelah matang, kemudian disajikan dengan tapai ketan. Tapai yang dipakai adalah tapai yang terbuat dari ketan hitam. Rasanya adalah perpaduan asam, manis dan gurih. Sangat menggoda, bukan?

11. Sate Lokan

Sate Lokan khas padang
Sate Lokan, foto oleh Filckr Com

Tidak hanya terkenal dengan Sate Padang, ada juga olahan sate lainnya yang rasanya tidak kalah nikmat. Sate Lokan terbuat dari daging lokan. Lokan merupakan sebutan untuk hewan sebangsa kerang laut di Padang. Cara memasaknya sama seperti kebanyakan sate, dibakar di atas tungku kayu. Daging lokan yang sudah matang kemudian disiram dengan bumbu gulai kental. Ditambah dengan taburan bawang goreng membuat sajian ini makin istimewa. Sate Lokan biasanya disantap bersama dengan irisan lontong atau nasi putih hangat. 

12. Gulai Gajebo

Gulai Gajebo khas padang
Gulai Gajebo, foto oleh Kuliner Kutop Stall Game Com

Kuliner khas Padang berikutnya yang harus masuk dalam daftar icip-icip kamu kali ini adalah Gulai Gajebo. Dijuluki sebagai “makanan surga” karena cita rasa lezatnya, Gulai Gajebo terbuat dari daging sapi. Bagian daging yang dipilih adalah punuk sapi di mana bagian ini didominasi oleh lemak atau gajih. Bagian lemak berdaging ini lalu dimasak dengan bumbu pedas tanpa santan. Tekstur Gulai Gajebo ini empuk dan lembut, dipadu dengan kuah merahnya membuat selera makan meningkat. Disantap bersama nasi putih, makanan khas Padang satu ini jadi pilihan yang pas untuk mengisi perut kamu hari ini. 

Siapa sangka, ternyata selain Rendang, Padang masih punya banyak ragam kuliner khas yang tak kalah menggoda selera. Variasi olahan mulai dari yang bersantan sampai berkuah bening bisa kamu jumpai di sini. Kelezatan makanan khas Padang pasti sanggup memenuhi hasrat kulineran kamu. Jadi, mau mencoba yang mana dulu?

Baca Juga : Kuliner Malam Padang, Surga kuliner di Simpang Kinol

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 12 Makanan Khas Padang yang Populer dan Menggoyang Lidah

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending