Lisa Novitasari culinary enthusiast

9 Oleh-oleh Khas Bekasi yang Enak dan Wajib Kamu Bawa Pulang

3 min read

Bandeng Rorod

Selepas berkeliling menikmati keindahan pariwisata suatu tempat, kurang lengkap rasanya jika pulang dengan tangan kosong, tak terkecuali Kota Bekasi. Berburu oleh-oleh khas Bekasi memang menjadi kegiatan penutup liburan yang mengasikkan. Apalagi Bekasi terkenal dengan aneka camilan-camilan khasnya yang awet dan tahan lama. Jadi, aman saat dibawa perjalanan jauh. Mau tahu apa saja oleh-oleh khas Bekasi yang mesti kamu beli kali ini? Yuk, cek ulasannya berikut ini.

1. Rengginang 

Bekasi memang punya ragam oleh-oleh yang mayoritas adalah jajanan ringan, baik kering maupun basah. Nah, oleh-oleh khas Bekasi pertama yang harus kamu coba adalah Rengginang. Banyak home industry  di kota ini yang memproduksi Rengginang. Terbuat dari beras, camilan ini memiliki tekstur khas yang renyah dan gurih. 

Rengginang - Oleh-oleh khas Bekasi
Rengginang, Foto oleh Bukalapak Com

Diolah dengan cara menjemur kerak nasi di bawah terik matahari sampai kering. Lalu digoreng sampai mengembang. Rasa originalnya gurih, tapi ada juga variasi rasa rengginang lainnya misalnya rasa manis. Apabila kamu ingin menjadikan Rengginang sebagai buah tangan, ada banyak toko oleh-oleh di Bekasi yang menjualnya. 

2. Kue Akar Kelapa 

Kue Akar Kelapa - Oleh-oleh khas Bekasi
Kue Akar Kelapa, Foto oleh Oleh Oleh Bekasi Com

Oleh-oleh khas Bekasi selanjutnya yang unik dan cukup laris diburu wisatawan adalah Kue Akar Kelapa. Kue satu ini bentuknya panjang dan bergerigi, mirip seperti akar kelapa. Terbuat dari tepung ketan, beras ketan dan kelapa parut. Teksturnya renyah dengan rasa yang manis cocok dijadikan camilan di sore hari. Taburan wijen di atas kue makin menambah cita rasa rasa gurih yang nikmat. Tertarik mencoba? Yuk segera meluncur ke pusat oleh-oleh Bekasi terdekat.

3. Bolu Gulung Batik 

Bolu Batik - Bekasi
Bolu Gulung Batik, Foto oleh Info Bintaro Com

Apabila kamu ingin membawa pulang sajian cake khas Bekasi, cobalah untuk membeli Bolu Gulung Batik. Oleh-oleh khas Bekasi satu ini terbilang unik karena punya motif batik seperti halnya motif batik yang ada di kain. Bolu Gulung Batik punya banyak varian rasa dan beragam motif batik. Cantik dan nikmat, ya!

4. Goreng Garem 

Goreng Garem - Bekasi
Goreng Garem, Foto oleh Facebook Com

Oleh-oleh khas Bekasi berikut ini adalah kategori lauk pendamping nasi. Goreng Garem merupakan makanan yang terbuat dari bawang merah goreng dicampur dengan garam dan cabai. Pertama, bawang merah diiris tipis kemudian digoreng dalam minyak panas. Kemudian dicampur dengan cabai merah, cabai keriting dan garam yang sudah dihaluskan dan digoreng. Kedua bahan ini lalu diaduk sampai rata dan siap disajikan bersama nasi putih hangat. Varian Goreng Garem beragam, mulai dari campuran kentang hingga ikan teri. 

5. Bandeng Rorod

Bandeng Rorod - Bekasi
Bandeng Rorod, Foto oleh Spp Inews Com

Tidak cuma nikmat saat disantap langsung, kamu juga bisa membawa pulang Bandeng Rorod sebagai buah tangan bagi keluarga di rumah. Olahan bandeng satu ini pasti akan bikin kamu ketagihan karena durinya telah dihilangkan. Kemudian ditambahkan bermacam bumbu sehingga menciptakan cita rasa lezat yang khas. Umumnya Bandeng Rorod dijual dalam kemasan kotak berisi 2-4 buah bandeng per kotak. Varian rasanya ada rasa original dan rasa pedas. Terkenal sebagai ikon oleh-oleh Kota Bekasi, Bandeng Rorod jadi menu yang wajib kamu bawa pulang. 

6. Wajik Ketan Hitam 

Wajik Ketan Hitam - Bekasi
Wajin Ketan Hitam, Foto oleh Bukalapak Com

Belum puas memborong aneka kue-kuean? Sekarang cobalah untuk melirik oleh-oleh khas Bekasi satu ini. Wajik Ketan Hitam termasuk oleh-oleh tradisional berupa jajanan basah yang juga mudah ditemui. Bahan baku pembuatan Wajik Ketan Hitam adalah ketan hitam, diolah bersama aneka rempah-rempah sehingga rasa dan wanginya sangat khas. Cita rasanya manis, dipadu dengan teksturnya yang kenyal, aman untuk dibawa perjalanan jauh karena tahan lama dan harganya terjangkau. 

7. Coklat Kacang Mete 

Coklat kacang mete - Bekasi
Coklat Kacang Mete, Foto oleh Feona Coklat Blospot Com

Buat kamu penggemar olahan coklat, cobalah untuk membeli oleh-oleh Bekasi satu ini. Coklat Kacang Mete merupakan olahan coklat beku yang berisi kacang mete. Dikemas kecil-kecil, rasa manis dari coklat dipadu dengan tekstur khas kacang mete menjadi kombinasi rasa yang lezat. Tidak hanya itu, ada juga olahan coklat praline dengan bermacam-macam rasa.

8. Dodol Betawi

dodol betawi - Oleh-oleh khas
Dodol Betawi, Foto oleh Oleh Oleh Jakarta Co Id

Mayoritas orang yang tinggal di Kota Bekasi adalah orang-orang suku Betawi. Inilah mengapa budaya dan kuliner Betawi masih kental di Bekasi. Salah satu kuliner Bekasi yang dipengaruhi budaya Betawi adalah Dodol Betawi ini. Makanan satu ini terbilang mudah ditemui di seputaran kota. Terbuat dari ketan, oleh-oleh ini punya tekstur yang lembut dan kombinasi rasa legit serta manis. Biasanya sajian ini akan makin banyak ditemui ketika hari lebaran tiba. 

9. Kue Biji Ketapang

kue biji ketapang - Oleh-oleh Khas
Kue Biji Ketapang, Foto oleh Idn Times Com

Satu lagi oleh-oleh khas Bekasi yang legendaris dan cocok dijadikan buah tangan adalah Kue Biji Ketapang. Bentuknya mirip biji ketapang, bulat kecil-kecil. Terbuat dari tepung terigu, gula, mentega, telur dan kelapa parut. Rasanya kombinasi antara manis dan gurih, dengan tekstur yang renyah. Biasanya kue ini jadi sajian wajib saat Hari Raya Idul Fitri. Harganya juga terjangkau, satu bungkus Kue Biji Ketapang dijual dengan harga mulai dari Rp15.000. Untuk bisa membawa pulang kue ini, kamu bisa menemuinya dengan mudah di berbagai pusat oleh-oleh yang tersebar di Kota Bekasi. 

Kota Bekasi punya banyak ragam oleh-oleh khas yang bisa jadi pilihan sebagai buah tangan bagi sanak saudara di rumah. Berbelanja oleh-oleh tentu menjadi ritual wajib yang pantang untuk dilewatkan. Aneka oleh-oleh mulai dari makanan ringan, jajanan basah khas lokal sampai lauk pauk tersedia dengan lengkap. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera berbelanja berbagai oleh-oleh di pusat oleh-oleh Kota Bekasi terdekat!

Last Updated on November 20, 2020

Lisa Novitasari
Lisa Novitasari culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *