Lisa Novitasari culinary enthusiast

Pantang Pulang Sebelum Mampir ke 5 Pusat Oleh-oleh Bekasi

3 min read

Bandeng Rorod

Salah satu aktivitas penutup liburan sebelum kembali ke kampung halaman adalah berbelanja oleh-oleh, tak terkecuali ketika berlibur ke Bekasi. Setelah puas mengeksplor tempat-tempat wisatanya yang mengagumkan, kini saatnya membeli buah tangan khas lokal untuk oleh-oleh khas bekasi bagi teman-teman dan saudara. Tak perlu bingung harus mencari dimana toko oleh-oleh Bekasi karena Bekasi punya 5 pusat oleh-oleh bekasi yang bisa kamu jadikan jujugan berbelanja oleh-oleh. Penasaran? Cek informasi lengkapnya berikut ini. 

1. Bolu Batik Retno Dyah 

Tempat belanja oleh-oleh pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Bolu Batik Retno Dyah. Terletak di Jalan Dirgantara Raya Blok Ab No.2, RT.008/RW.011, Jatisari, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, pusat oleh-oleh Bekasi ini punya produk unggulan yaitu Bolu Batik. Bagi kamu pecinta kue lembut manis-manis, wajib hukumnya datang ke sini. 

Bolu Batik Retno Dyah
Bolu Batik Retno Dyah, Foto oleh Slam X

Berbeda dengan kue bolu pada umumnya yang biasanya polos, kue bolu di sini dilukis dengan ornamen batik di bagian kulitnya. Unik, bukan? Teksturnya lembut dan tidak seret di tenggorokan. Retno Dyah, pemilik pusat oleh-oleh khas Bekasi ini, mulai membuat Bolu Batik sejak tahun 2014. Motif batik yang dilukis bermacam-macam, ada motif mega mendung, motif kayu, motif harjo mukti, dan lain-lain. Bolu Batik yang paling murah dihargai Rp75.000, sedangkan yang paling mahal Rp100.000. Bolu Batik Retno Dyah buka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai pukul 5 sore. Penasaran?

2. Bandeng Rorod Mpok Omah

Bandeng Rorod memang menjadi ikon oleh-oleh khas Bekasi.  Ikan bandeng yang diolah dengan teknik khas lokal, yaitu di rorod alias ditarik paksa tulangnya sampai bersih sehingga tinggal menyisakan dagingnya saja. Apabila kamu tertarik untuk membawa pulang Bandeng Rorod sebagai oleh-oleh, datanglah ke Bandeng Rorod Mpok Omah. Terletak di Perumnas 3, Jalan Maluku Raya Blok C1 No.3, Bekasi Timur, pusat oleh-oleh Bekasi satu ini punya spesifikasi dalam mengolah Bandeng Rorod.

Bandeng Rorod
Bandeng Rorod Mpok Omah, Foto oleh Bandeng Rorod Jstore Co

Di sini, proses penghilangan tulang ikan dilakukan menggunakan mesin sehingga lebih efisien. Ikan bandeng yang sudah bersih kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu tertentu dan dimasukkan kembali ke dalam ikan lalu dikukus sampai matang. Harga yang ditawarkan juga terbilang terjangkau yaitu sebesar Rp25.000/pack. Selain menyediakan oleh-oleh Bandeng Rorod, ada juga menu bandeng lainnya yaitu Batik Bandeng. Batik Bandeng sendiri merupakan singkatan dari Bakso Tahu Ikan Bandeng dan dibandrol dengan harga Rp20.000/pack. Tertarik mencobanya?

3. Sentra Oleh-oleh Venus 

Masih seputar oleh-oleh yang manis-manis, pusat oleh-oleh Bekasi selanjutnya yang menyediakan aneka kue dan snack unggulan adalah Sentra Oleh-oleh Venus. Berlokasi di Jalan Haji Mulyadi Joyomartono No.36, Margahayu, Bekasi Timur, RT.002/RW.013, Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, pusat oleh-oleh ini buka setiap hari mulai pukul 7 pagi sampai pukul 9 malam. 

Sentra Oleh-oleh Venus
Sentra Oleh-oleh Venus, Foto oleh Jendela Kuliner Com

Di sini kamu bisa menjumpai Kue Bolu Lembang, Kue Lapis Talas Botani, dan snack dengan banyak varian. Kue Bolu Lembang punya tiga jenis varian, yaitu original, vanilla dan coklat. Ketiganya punya topping  yang sama yaitu keju. Bolu Lembang dibanderol dengan harga Rp45.000. Sementara itu, Kue Lapis Talas punya tiga varian rasa yaitu brownies, coco pandan dan original. Ketiganya juga punya topping yang sama yaitu parutan keju. 

Tidak cuma itu, kamu juga akan dimanjakan dengan aneka snack seperti Pie Susu Raffles, Pie Susu Parahyangan dan Pie Susu Kunang. Ketiganya dihargai Rp35.000. Buat kamu pecinta camilan pedas, di sini juga menjual Keripik Singkong Maicih yang dibanderol dengan harga Rp30.000, dan Mie Lidi Si Umang yang ditaburi cabai rawit pedas, dibanderol dengan harga Rp20.000. Hm… berani coba?

4. Oleh-oleh Daerah

Oleh-oleh Daerah
Oleh-oleh Daerah, Foto oleh Oleh Oleh Daerah Galaxy Bekasi Bussiness Site

Pusat oleh-oleh Bekasi selanjutnya yang terbilang komplit adalah Oleh-oleh Daerah. Tempat ini beralamat di Jalan Raya Taman Galaxy Blok B No. 301 E, Jaka Setia, Bekasi Selatan, tepatnya di sebelah Apotik Kimia Farma Galaxy. Bukan hanya menyuguhkan aneka oleh-oleh khas Bekasi, tapi di sini kamu bisa menjumpai banyak oleh-oleh dari berbagai daerah di Indonesia. Bermacam varian sambal, makanan ringan, sampai dodol tersedia di sini. Toko Oleh-oleh Daerah buka setiap hari mulai pukul 7 pagi sampai pukul 10 malam. 

5. Pusat Oleh-oleh Mpok Nini 

Ini dia destinasi tempat oleh-oleh Bekasi yang populer. Pusat Oleh-oleh Mpok Nini berlokasi di Jalan Belanak 2 Ujung RT.02/01 No.57 Perumnas 2 Kelurahan, RT.001/RW.001, Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Di sini kamu akan disuguhi berbagai oleh-oleh lokal yang komplit dengan harga yang kompetitif. Menyandang predikat sebagai produsen kue khas Bekasi terbesar dan pertama, tempat ini mengklaim dapat selalu menjaga mutu dan kualitas produk sehingga layak dikonsumsi dan siap dipasarkan.

Pusat Oleh-oleh Mpok Nini menyediakan Kue Akar Kelapa yang telah dikemas rapi dalam plastik. Untuk kemasan 1 kilonya, dibanderol dengan harga Rp35.000. Ada juga Dodol Bekasi, dodol khas lokal yang dijual Rp15.000 per bungkusnya. 

Pusat Oleh-oleh Mpok Nini
Pusat Oleh-oleh Mpok Nini, Foto oleh Wartakota Tribunnews Com

Apabila kamu ingin membawa pulang aneka kue-kuean khas Bekasi, pusat oleh-oleh yang satu ini juga menjual Kue Jalabia, Kue Kembang Goyang, Kue Telur Gabus, Bir Pletok, Wajik Ketan dan Kue Sagon. Satu biji Kue Jalabia dihargai Rp1.000 saja, sedangkan satu bungkus Kue Kembang Goyang dihargai Rp70.000. Selain itu, bagi kamu yang ingin membeli Kue Telur Gabus, per bungkusnya dijual dengan harga Rp65.000, Bir Pletok dijual dengan harga Rp20.000, Wajik Ketan Rp30.000, Rengginang dihargai Rp38.000 per kilo dan Kue Sagon dibanderol dengan harga Rp35.000 per kotaknya. Pusat Oleh-oleh Mpok Nini buka mulai pukul 7 pagi sampai pukul 10 malam. 

Berbagai pusat oleh-oleh Bekasi yang tersebar di sudut-sudut Kota Bekasi bisa menjadi pilihan yang pas untuk memborong buah tangan. Cita rasa yang lezat, mutu yang terjamin dan harga terjangkau pasti tidak akan mengecewakan untuk dibawa pulang. Jangan sampai pulang dengan tangan kosong, ya!

Last Updated on November 20, 2020

Lisa Novitasari
Lisa Novitasari culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *