Lisa Novitasari culinary enthusiast

Kuliner Malam Padang, Surga kuliner di Simpang Kinol

3 min read

Sate Danguang Danguang

Melancong ke Kota Padang belum lengkap kalau tidak mencicipi kuliner khasnya. Namun siapa bilang kulineran cuma bisa dilakukan di pagi atau siang hari saja? Malam hari juga waktu yang pas untuk menikmati kelezatan makanan khas Padang. Jadi tidak perlu resah apabila kamu dilanda lapar malam hari, karena Padang punya banyak pusat wisata kuliner malam.

Salah satu sentra kuliner malam di Padang yang populer adalah Simpang Kinol. Lokasinya ada di Pondok, tepatnya di kawasan pecinan. Di sini, kamu akan menemui banyak pedagang yang menjual aneka makanan khas Kota Padang, mulai dari jajanan ringan sampai makanan berat. Lantas apa saja ragam kuliner malam di Padang yang wajib kamu cicipi saat mampir ke sini? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Sate Padang

Sate Padang
Sate PadangFoto oleh Images App Goo Gl Com

Begitu menjejakkan kaki di Simpang Kinol, kamu akan banyak menjumpai gerobak-gerobak yang menjual Sate Padang. Menu ini merupakan salah satu menu kuliner malam Padang yang banyak diminati pengunjung. Aroma harum dari daging sate yang sedang dibakar pasti akan membuat kamu tergoda untuk ikut mencicipi sajian lokal satu ini. Sate Padang berbahan dasar daging sapi ditambah paru, hati, kikil dan lidah sapi lalu disiram dengan bumbu kaya rempah-rempah. Seporsi Sate Padang dilengkapi taburan renyah bawang goreng, ditemani potongan ketupat, dijamin akan membuat acara santap malam kamu makin menyenangkan.

2. Lotek

Lotek
LotekFoto oleh Indonesian Foods 313 Blogspot Com

Menu kuliner malam di Padang selanjutnya yang mesti dicoba saat datang ke Simpang Kinol yaitu Lotek. Jika selama ini Lotek identik dengan orang Sunda, tapi ternyata Padang juga punya sajian Lotek khas Padang. Komposisi dari kuliner satu ini yaitu tahu, kol, timun, kacang panjang, kecambah, kentang dan sawi lalu disiram dengan ulekan bumbu-bumbu seperti cabai rawit, bawang putih, gula merah, kencur, kacang tanah dan perasan air jeruk nipis. Di atasnya ditaburi kerupuk sebagai pelengkap agar semakin nikmat. Tertarik mencoba?

3. Soto Padang

Soto Padang
Soto PadangFoto oleh Indo Blognet Com

Malam-malam memang paling pas menyantap sajian berkuah. Selain Sate Padang, ragam kuliner malam di Padang lainnya yang juga banyak diminati pengunjung adalah Soto Padang. Kehangatan kuah bening soto akan langsung menyegarkan perut begitu kamu menyantapnya. Sajian satu ini cocok untuk menghangatkan tubuh di tengah dinginnya angin malam Kota Padang. Sebagai pelengkap, kamu bisa menambahkan kerupuk kulit yang renyah agar cita rasa soto semakin istimewa. Semangkuk Soto Padang lengkap dengan sepiring nasi dipatok dengan harga Rp24.000. Cukup murah bukan?

4. Es Durian

Es Durian
Es DurianFoto oleh Desnantara Tamasya Blogspot Com

Malam-malam minum es? Kenapa tidak? Selepas menikmati makanan berat, sekarang saatnya mencari yang segar-segar. Di Simpang Kinol, ada dua tempat yang terkenal dengan sajian Es Duriannya yaitu Es Durian Iko Gantinyo, terletak di Jalan Pulau Karam dan Es Durian Ganti Nan Lamo, terletak di Jalan Cokroaminoto. Manisnya buah durian dan segarnya es bakal bikin kamu ketagihan untuk menikmati kuliner malam Padang ini.

5. Jus Pinang Muda

Jus Pinang Muda
Jus Pinang Muda, Foto oleh Keluyuran Com

Padang juga punya menu minuman khas lokal yang unik, namanya Jus Pinang Muda. Kamu akan dengan mudah menemui penjual minuman ini di Simpang Kinol. Seperti namanya, jus ini terbuat dari biji pinang muda yang kemudian dicampur kuning telur ayam kampung atau telur itik, madu, susu dan segelas air panas. Rasanya tidak masam, karena buah pinangnya hanya diambil tujuh butir dan itupun kecil-kecil. Cita rasa yang khas membuat kuliner malam ini wajib anda coba.

6. Gado-gado Padang

Gado-gado Padang
Gado-gado Padang, Foto oleh Images App Goo Gl Com

Ingin makan yang berbumbu kacang-kacangan? Ada satu lagi menu kuliner malam di Padang yang sudah pasti familiar buat kamu. Yap, Gado-gado. Ciri khas Gado-gado Padang terletak pada bumbu kacangnya yang tidak kental tetapi juga tidak terlalu encer. Seperti umumnya Gado-gado, isian sajian satu ini terdiri dari aneka sayuran rebus seperti kol, tauge, kentang, selada dan kacang panjang lalu ditambahkan irisan telur dan ketupat. Selanjutnya disiram dengan bumbu kacang yang sebelumnya sudah diracik bersama bahan-bahan lainnya. Sebagai pelengkap, ditaburkan juga kerupuk merah yang gurih dan renyah.

7. Sate Danguang-Danguang

Sate Danguang Danguang
Sate Danguang Danguang, Foto oleh Backpacker Jakarta Com

Kalau kamu mencari tempat makan di seputaran Simpang Kinol yang punya sajian sate padang dengan cita rasa lokal yang khas, kamu bisa datang ke Sate Danguang-Danguang. Tempat menikmati kuliner di Padang yang satu ini punya menu andalan Sate Padang, dengan tekstur daging yang lembut dan potongannya besar. Bahan utamanya bukan cuma daging sapi, tapi juga jeroan sapi. Sajian Sate Padang dilengkapi dengan kuah kental berwarna coklat yang dihidangkan secara terpisah. Tidak lupa, potongan ketupat yang lembut akan jadi teman makan yang pas sambil menikmati suasana malam Kota Padang.  Satu porsi Sate Padang dijual dengan harga Rp20.000. Siap memulai petualangan kuliner malam di Padang kamu hari ini?

Berbicara tentang kelezatan kuliner Padang memang tidak ada habisnya. Tidak terkecuali dengan kuliner malamnya. Kawasan pusat kuliner malam Padang di Simpang Kinol ini biasanya ramai sampai tengah malam. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika dilanda rasa lapar sewaktu-waktu.

Aneka makanan mulai dari makanan berat sampai minuman yang menyegarkan tenggorokan siap menemani jalan-jalan malam kamu. Wisata kuliner malam hari sambil menikmati suasana kota, bisa jadi pilihan yang menyenangkan, lho! Jadi, tunggu apa lagi? Jangan ragu untuk segera meluncur ke Simpang Kinol dan berburu kuliner malam di Padang yang nikmat dan mengenyangkan.

Last Updated on November 19, 2020

Lisa Novitasari
Lisa Novitasari culinary enthusiast

One Reply to “Kuliner Malam Padang, Surga kuliner di Simpang Kinol”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *