Lisa Novitasari culinary enthusiast

12 Tempat Makan di Makassar Terlezat & Bikin Katagihan

6 min read

Rumah Makan Ulu Juku

Bukan rahasia lagi kalau Makassar dikenal dengan kepopuleran tempat-tempat wisatanya yang ikonik. Keeksotisan wana wisatanya berhasil memikat banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk mengeksplor Kota Angin Mamiri ini. Tidak berhenti sampai disitu, Makassar juga punya kuliner khas yang rasanya nikmat tak tertandingi. Lihat saja berapa banyak tempat makan di Makassar yang menawarkan sajian Coto Makassar atau Es Pisang Ijo.

Lalu apa saja tempat makan Makassar paling legendaris serta menyediakan kuliner lezat dan bikin nangih yang bakal menyemarakan wisata kulineran di Makassar? Berikut ini Kuliner Kota telah merangkum 12 tempat makan terlezat & bikin kamu ketagihan. Jadi, jangan lupa mampir ya!

1. Ayam Goreng Sulawesi

Setelah puas berkeliling menikmati keindahan objek wisata di Makassar, sekarang saatnya cari menu makan siang. Ada Tempat Makan di Makassar Ayam Goreng Sulawesi bisa jadi alternatif buat kamu hari ini. Berlokasi di Jalan Sultan Hasanuddin 17 Kota Makassar, menu ayam goreng di sini punya cita rasa istimewa. Jika ayam goreng pada umumnya berwarna kuning keemasan, tapi tidak demikian dengan di tempat ini. Di sini, ayam gorengnya berwarna coklat tua dengan tekstur lembut dan rasa yang gurih. Ayam goreng di tempat ini berasal dari ayam kampung yang dimasak dengan bumbu-bumbu khusus dalam waktu lama sampai bumbunya meresap ke dalam. 

Ayam Goreng Sulawesi
Ayam Goreng Sulawesi, Foto oleh Cdn 1 Id Orstatic Com

Selain itu, ayam goreng di tempat makan satu ini terkenal dengan keotentikan rasanya yang berbeda dengan ayam goreng lainnya. Tidak cukup sampai di situ, lidah kamu akan dimanjakan lagi dengan cocolan sambal yang dijamin tidak akan membuat kamu bosan untuk terus menyuap dan menyuap lagi. Kamu bisa datang kapanpun ke Ayam Goreng Sulawesi karena tempat makan ini buka setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai pukul 11 malam. 

2. Sop Konro Karebosi

Kalau kamu sedang ingin mencicipi olahan konro khas Makassar, cobalah datang ke Sop Konro Karebosi. Sop Konro Karebosi merupakan salah satu tempat makan yang legendaris di Makassar. Berdiri sejak tahun 1968, tempat makan ini menawarkan sajian sop konro dan konro Bakar dengan cita rasa khas yang terjaga sampai hari ini. Lokasinya pun terbilang strategis yaitu di Jalan Gunung Lompobattang 41 Kota Makassar. Konro yang diolah di sini terkenal dengan teksturnya yang lembut.

Sop Konro Karebosi Tempat Makan di Makassar
Sop Konro Karebosi, Foto oleh Panduan Wisata Id

Sop konro merupakan olahan berbahan dasar daging sapi yang disiram dengan kuah kaldu, sedangkan konro bakar berbahan dasar daging iga sapi yang dibumbui dengan bumbu kacang khas Makassar, kemudian dibakar di atas bara api. Satu porsi sop konro dihargai Rp35.000. Sementara untuk menikmati satu porsi konro bakar, kamu harus merogoh kocek Rp38.000. Sop Konro Karebosi buka setiap hari mulai pukul 10.30 pagi sampai pukul 10.30 malam. Jadi tertarik mencoba kelezatan sop konro di tempat makan Makassar ini?

3. Coto Nusantara

Dari sekian banyak rumah makan yang menjual coto, ada satu tempat makan di Makassar yang terkenal akan kelezatan coto Makassarnya yaitu kedai Coto Nusantara. Pemilik tempat makan ini, H. Makmur Daeng Tutu, memanfaatkan daging sapi lokal untuk diolah dengan resep khusus sehingga menghasilkan tekstur daging yang empuk dan bercita rasa nikmat. Kedai legendaris ini terletak di Jalan Nusantara Baru No. 142 dan Jalan Merpati No. 2, Kota Makassar. Pelanggan yang datang kemari tidak hanya wisatawan lokal saja, lho! Tetapi juga wisatawan dari luar kota.

Coto Nusantara Makassar
Coto Nusantara, Foto oleh Indoplaces Com

Dalam semangkuk panas Coto Makassar berisi potongan daging sapi yang disiram dengan kuah kental berbumbu rempah-rempah pilihan. Semakin nikmat jika menyantap hidangan ini dengan ditemani Buras. Seporsi Coto Nusantara dibanderol dengan harga Rp15.000, sedangkan untuk satu buah Buras dihargai Rp1.000 saja. Sangat ramah di kantong, bukan?

4. Pallubasa Serigala 

Masih belum puas makan olahan daging-dagingan? Ada lagi, nih tempat makan di Makassar yang menyuguhkan kuliner lezat dan sudah melegenda. Yap, Pallubasa Serigala. Selain Coto, Pallubasa juga tidak boleh anda lewatkan saat berada di Makassar. Tempat makan Makassar satu ini diberi nama Pallubasa Serigala karena terletak di Jalan Serigala No. 54, Kota Makassar. Meski tempatnya sederhana, tetapi kuliner di sini terkenal dengan kuah strong dan nendang banget.

Palubasa Serigala Makassar
Palubasa Serigala, Foto oleh Smartypans Blogspot Com

Dalam semangkuk Pallubasa, terdiri dari potongan daging sapi, kemudian disiram dengan kuah kental yang sudah dicampur dengan kelapa parut sangrai. Mencium aromanya saja sudah menggugah nafsu makan kamu. Untuk menikmati sensasi kelezatan Pallubasa di tempat makan ini kamu harus menyiapkan Rp40.000. Pallubasa Serigala buka setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai pukul 11 malam. 

5. Jalangkote Lasinrang 

Bukan cuma terkenal dengan kuliner beratnya, Makassar juga punya jajanan khas yang harus kamu cicipi, Jalangkote namanya. Tempat makan di Makassar yang pas untuk menikmati sajian ini adalah Jalangkote Lasinrang. Terletak di Jalan Lasinrang No. 11A, Mangkura, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, kedai ini buka mulai pukul 7 pagi sampai pukul 9 malam. Di sini kue Jalangkote dijual mulai Rp7.000 saja.

Jalangkote Lasinrang Makassar
Jalangkote Lasinrang di Cirebon, Foto oleh Foursquare Com

Makanan khas Makassar yang satu ini punya bentuk mirip pastel, tetapi tekstur kulitnya lebih tipis. Isiannya terdiri dari tumisan soun, wortel, tauge, kentang, telur dan daging cincang. Apabila kamu ingin menikmati suasana sore di Kota Makassar ditemani secangkir kopi atau teh, Jalangkote ini bisa jadi teman ngemil yang asyik.

6. Rumah Makan Muda Mudi 

Di tengah terik matahari Kota Makassar saat siang hari, paling pas kalau kamu melepas dahaga dengan mampir ke Rumah Makan Muda Mudi untuk menikmati kesegaran Es Pisang Ijo. Terletak di Jalan Rusa Nomor 45A Maricaya, Kota Makassar, tempat makan di Makassar yang sudah legendaris ini berdiri sejak tahun 1993. Seporsi Es Pisang Ijo dihargai Rp25.000.

Rumah Makan Muda Mudi Makassar
Rumah Makan Muda Mudi, Foto oleh Rumah Makan Muda Mudi Bussiness Site

Bukan cuma menyajikan Es Pisang Ijo, disini juga tersedia menu-menu lain yang tidak kalah enak seperti Es Teler, Es Buah dan Es Kelapa. Apabila kamu berencana untuk makan di sini, Rumah Makan Muda Mudi buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai pukul 9 malam. Jadi tidak perlu khawatir kalau kamu ingin mencicipi Es Pisang Ijo sebagai kuliner di Makassar kamu juga bisa. 

7. Pisang Epe Pantai Losari 

Pisang Epe Pantai Losari Makassar
Pisang Epe Pantai Losari, Foto oleh Smart City Makassar Com

Siapa yang tidak mengenal Pantai Losari? Pantai satu ini memang populer sebagai ikon Kota Makassar. Kamu juga bisa menjadikan Pantai Losari sebagai tujuan kulineran, lho! Di sepanjang pantai, kamu akan banyak menemui penjual Pisang Epe. Biasanya para penjual akan mulai membuka kios mereka di sore hari, tepatnya sekitar pukul 5 sore. Pisang Epe tersedia dalam berbagai jenis topping, seperti coklat, keju atau durian. Pas banget untuk jadi teman makan kamu sambil menikmati suasana pantai. Untuk menikmati satu porsi Pisang Epe, kamu hanya perlu menyiapkan budget Rp10.000 saja. Murah, bukan?

8. Rumah Makan Ulu Juku

Rumah Makan Ulu Juku Makassar
Rumah Makan Ulu Juku, Foto oleh Adekna Kemal Blogspot Com

Jika kamu ingin mencicipi kuliner Makassar yang berbahan dasar ikan, Rumah Makan Ulu Juku jawabannya. Terletak di Jalan Prof. Abdurahman Basalamah Nomor 99A, Karampuang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, tempat makan ini menyajikan menu andalannya yaitu Palumara. Palumara merupakan salah satu makanan khas Makassar berupa kepala ikan kakap merah yang dimasak dengan kuah kuning. Kuah yang dicampur dengan tomat, asam jawa dan kemiri memberikan kesegaran begitu masuk ke mulut. Selain tekstur daging ikannya yang lembut, bumbu ikannya juga meresap sampai ke dalam. Ditemani nasi putih yang masih mengepul, sajian Palumara ini jadi menu wajib yang harus kamu pesan saat datang ke sini. Rumah Makan Ulu Juku buka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai pukul 10 malam. 

9. Aroma Palopo

Kalau menu andalan rumah makan yang ini adalah Kapurung. Rumah Makan Aroma Palopo terletak di Jalan Mappanyukki Nomor 66C Kota Makassar. Telah ada sejak tahun 2004, tempat makan ini didirikan oleh Dr. Andi Nusawarta, SpOT., M.Kes. Di sini kamu bisa menikmati kelezatan masakan tradisional Makassar yang tidak cuma enak, tapi juga punya kandungan nutrisi. Kapurung terbuat dari tepung sagu yang disiram dengan kuah bumbu kacang, lalu dipadukan dengan sayur mayur seperti kacang panjang, bayam dan jantung pisang. Ada beberapa variasi Kapurung yang tersedia di sini seperti Kapurung Udang, Kapurung Ayam, Kapurung Ikan dan Kapurung Campur. 

Aroma Palopo Tempat Makan di Makassar
Rumah Makan Aroma Palopo, Foto oleh Tribunnews Com

Uniknya, ada dua bagian utama dari tempat ini yaitu indoor yang berkapasitas hingga 50 orang, serta outdoor yang mampu menampung 20 orang. Harga makanan di sini berkisar mulai dari Rp3.000 sampai Rp70.000. Tempat makan di Makassar Aroma Palopo buka mulai pukul 8 pagi sampai pukul 10 malam. Tertarik untuk datang ke sini?

10. Bakso Sampe

Bakso Sampe Makassar
Bakso Sampe, Foto oleh Bakso Sampe Bussiness Site

Bakso bisa dibilang sebagai makanan sejuta umat, tapi siapa bilang kalau di Makassar akan susah menemui bakso? Ada lho tempat makan bakso yang juga banyak dikunjungi wisatawan! Bakso Sampe terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 77 Tamalanrea, Kota Makassar. Nikmati sajian bakso dengan kuah kaldu yang gurih dan bikin ketagihan. Tempat makan yang satu ini buka setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai pukul 11 malam. Jadi, bagi kamu yang ingin menutup jalan-jalan di Makassar dengan kulineran Malam di Makassar bakso disini pilihan tempatnya.

11. Mama Toko Kue dan Es Krim

Sedang ingin ngemil tapi bingung di mana tempat yang menjual jajanan khas Makassar? Cobalah mampir ke Mama Toko Kue dan Es Krim. Tempat makan di Makassar ini punya desain yang unik. Arsitekturnya menyerupai bangunan khas Belanda, tapi diimbangi dengan suasana yang khas rumahan sehingga pengunjung akan betah berlama-lama ada di sini. Saat mampir ke sini, kamu akan menemui aneka jajanan yang didominasi rasa manis seperti barongko, cangkuning, kue lumpur, cucur bayao dan lainnya.

Mama Toko Kue dan Es Krim Makassar
Mama Toko Kue dan Es Krim, Foto oleh Trip Advisor Com

Tidak cukup sampai di situ, lidah kamu akan dimanjakan dengan es krim homemade  yang tersedia dalam 28 varian rasa. Sangat menggiurkan, bukan? Mama Toko Kue dan Es Krim berlokasi di Jalan Seruni 15, buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai pukul 7 malam. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera kunjungi toko unik satu ini!

Baca Juga : Toko Oleh-Oleh Makassar

12. Rumah Makan Bravo

Satu lagi referensi tempat makan di Makassar pemilik hidangan yang segar-segar. Rumah Makan Bravo terletak di Jalan Andalas 154, Parang Layang, Kecamatan Bontoala, Kota Makassar. Kedai yang sudah ada sejak tahun 1986 yang didirikan oleh Wenda Sidjaya, menyajikan menu andalan yaitu Es Pisang Ijo. Pemilik kedai menggunakan pisang raja sebagai bahan baku pembuatan Es Pisang Ijo.

Rumah Makan Bravo Makassar
Rumah Makan Bravo, Foto oleh Pecinta Wisata WordPress Com

Selain itu, sirup yang dipakai di sini juga diproduksi sendiri. Dalam semangkuk Es Pisang Ijo berisi  pisang yang dibalut tepung berwarna hijau, sirup merah, bubur sumsum, susu kental manis, fla santan, dan tambahan es serut. Sensasi segar akan langsung terasa di tenggorokan setelah menyantapnya. Satu porsi Es Pisang Ijo dihargai Rp22.500. Rumah Makan legendaris ini buka mulai pukul 8 pagi sampai pukul 10 malam. 

Makassar memang jadi salah satu tujuan favorit para pelancong untuk berlibur. Bukan cuma punya alam yang indah, kota ini juga punya keanekaragaman kuliner lokal yang tak ada duanya. Berbagai tempat makan di Makassar bisa jadi pilihan untuk berwisata kuliner. Segudang tempat makan legendaris yang sudah berdiri sejak lama, menawarkan berbagai kuliner terkenal lezat dan penggugah selera, mulai dari makanan berat sampai jajanan ringan. Jadi, yang mana tempat makan favoritmu?

Last Updated on August 29, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Lisa Novitasari
Lisa Novitasari culinary enthusiast

3 Replies to “12 Tempat Makan di Makassar Terlezat & Bikin Katagihan”

  1. Wah keren semua sih ini tempatnya biasanya kalau ke makassar ak juga selalu mampir kesini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *