1. Resep

Resep Kue Gemblong Empuk dan Lembut, Dijamin Lezat!

Pernahkah Sobat Kuliner mencicipi kue gemblong? Kue manis berbentuk bulat-bulat kecil berlapis gula karamel ini merupakan jajanan tradisional yang umumnya bisa kamu temui di daerah Puncak, Jawa Barat, dan identik sebagai oleh-oleh dari sana. Yuk, simak ulasan mengenai resep kue gemblong beserta tips cara membuat hingga kandungan gizinya berikut ini!

Sekilas Tentang Kue Gemblong, Jajanan Tradisional yang Lezat dan Ngangenin

Kue gemblong adalah jajanan tradisional yang mudah dijumpai di pasar, khususnya di daerah Jawa Barat. Konon katanya, orang Betawi dan Sunda mengenal kue satu ini dengan sebutan gemblong atau gemplong, sedangkan jika di Jawa Timur, kue satu ini lebih dikenal sebagai getas. Tidak hanya namanya saja yang berbeda pada beberapa daerah, namun kue ini juga memiliki beragam modifikasi di berbagai daerah.

Namun, umumnya kue ini biasanya dikenal terbuat dari tepung ketan putih yang dilumuri cairan gula merah sehingga warnanya tampak kuning kecoklatan. Beberapa daerah lain mengolahnya dengan cara digoreng, dibakar, ditaburi serundeng atau parutan kelapa, dan ada pula yang diberi santan.

Sebut saja kue gemblong Betawi yang menggunakan tepung ketan hitam dengan besta gula berwarna putih dari gula pasir. Tetapi banyak juga kue gemblong lain yang menggunakan ketan putih yang dibalut cairan gula merah. 

Walaupun cara mengolahnya bervariasi pada setiap daerah, namun kue tradisional ini cukup populer hingga dijadikan ikon jajanan di kawasan Puncak, Jawa Barat. Jika Sobat Kuliner pernah berkunjung ke Puncak, pasti menemukan penjual gemblong yang menawarkan dagangan di pinggir jalan, bukan?

Kandungan Gizi Kue Gemblong

Kue yang menjadi ikon jajanan kawasan Puncak, Jawa Barat ini, tentunya memiliki gizi yang terkandung di dalamnya. Berikut detail kandungan gizi yang terdapat pada 40 gram kue gemblong.

  • Energi: 115 kilokalori
  • Protein: 1,7 gram
  • Karbohidrat: 21,1 gram
  • Lemak: 2,6 gram
  • Kalsium: 0,06 miligram
  • Fosfor: 0 miligram
  • Zat besi: 0,2 miligram
  • Vitamin A: 0 IU
  • Vitamin B1: 0 miligram
  • Vitamin C: 0 miligram

Resep Kue Gemblong Empuk dan Lembut

Kue satu ini memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa yang gurih dengan balutan gula merah yang legit. Dengan rasanya yang manis tersebut, menjadikan kue ini dianggap cocok untuk dijadikan teman ngopi saat sore tiba.

Sobat Kuliner juga bisa membuat kue manis ini di rumah, lho! Tidak sulit membuat kue berbahan dasar tepung ketan satu ini, yang penting gunakan kelapa parut yang sudah tua agar rasanya gurih dan renyah. Selanjutnya, Sobat Kuliner dapat mengikuti petunjuk resep kue gemblong di bawah ini!

Recipe By Kuliner Kota
Course: Dessert Cusine:Indonesian Difficulty:Medium

Servings

20 minutes

Preparing Time

20 minutes

Cooking Time

45 minutes

Calories

115 kcal

INGREDIENTS

  1. 250 gr tepung ketan putih

  2. 2 sdm tepung sagu

  3. 250 gr kelapa parut kasar

  4. ½ sdt garam

  5. 200 ml santan hangat

  6. 800 ml minyak

  7. 80 gr gula pasir

  8. 200 gr gula merah sisir halus

  9. 1 lembar daun pandan

  10. 100 ml air

DIRECTION

  1. Buat adonan gemblong dengan mencampurkan tepung ketan putih, kelapa parut kasar, dan garam pada satu wadah. Kemudian, aduk hingga rata dan tambahkan santan perlahan sambil uleni adonan hingga kalis.

  2. Ambil adonan ketan yang sudah dibuat tadi lalu bentuk bulat pipih memanjang.

  3. Panaskan minyak, kemudian goreng adonan ketan hingga berwarna kekuningan dengan api sedang. Angkat dan sisihkan.

  4. Buat adonan pelapis dengan memasak gula pasir, gula merah, daun pandan, garam, dan air sambil diaduk. Masak hingga cairan berbusa dan bertekstur kental.

  5. Setelah adonan pelapis mengental, masukan adonan gemblong lalu aduk rata sampai semua pelapis menutupi gemblong secara merata.

NOTES

Tips Membuat Kue Gemblong Anti Gagal

Agar kue yang Sobat Kuliner bertekstur lembut dan empuk, cobalah mengikuti tips berikut ini.

  • Gunakan kelapa parut yang sudah tua agar rasanya gurih dan renyah
  • Saat mencampur tepung ketan dengan bahan lainnya, sebaiknya uleni atau aduk adonan tersebut dengan tangan hingga benar-benar rata.
  • Bentuk gemblong bulat panjang agak pipih dengan ukuran yang sama agar saat digoreng bisa matang merata secara bersamaan.
  • Memberi lapisan gula merupakan tahap yang penting, lho. Jika kurang masak, gula akan meleleh tetapi jika terlalu tua, gula akan mengkristal dan menjadi keras.
  • Masak gula dengan api sedang hingga mendidih dan berserabut kecil, baru setelah itu masukkan gemblong dan kecilkan api. Selanjutnya, aduk cepat hingga gemblong terlapisi gula secara merata.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Resep Kue Gemblong Empuk dan Lembut, Dijamin Lezat!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]