1. Oleh-Oleh Khas

6 Oleh Oleh Khas Jember Ini Terbuat dari Olahan Tape, Lho!

Jember merupakan salah satu kota di Jawa Timur. Kota yang dinobatkan sebagai kota karnaval ini memiliki berbagai destinasi wisata yang bisa Sobat Kuliner kunjungi. Namun ketika berkunjung ke Kota Jember, jangan lupa untuk untuk mencoba berbagai makanan khas dan membawa pulang aneka oleh oleh khas dari Jember. 

6 Oleh Oleh Khas Jember yang Terbuat dari Olahan Tape

Terdapat berbagai oleh oleh khas Jember Jawa Timur yang memiliki citarasa yang sulit ditolak. Hal yang membedakan produk oleh oleh Jember adalah bahan tradisional yang dipakai. Namun dari sekian bahan tradisional yang digunakan, olahan tape merupakan produk yang paling banyak diserbu para wisatawan. Apa saja? Yuk, temukan jawabannya pada artikel Kuliner Kota berikut ini!

1. Prol Tape

Seolah wajib untuk dijadikan buah tangan, jajanan oleh oleh khas Jember ini terbuat dari campuran bahan sederhana. Bahan utamanya tentu saja tape singkong yang kemudian dicampur dengan tepung, susu, gula, dan mentega yang diolah sedemikian mungkin hingga menghasilkan rata yang begitu lezat. 

Prol Tape (sumber: @onnike on Instagram)

Rasa Prol Tape ini dikenal gurih, manis dan asam secara bersamaan. Hmm.. menarik untuk dicoba bukan? Bagi Sobat Kuliner yang ingin mengeksplor rasa Prol Tape selain rasa original, ada varian rasa lain yang bisa dipilih yakni tiramisu, coklat, dan keju. Untuk urusan harga, Prol Tape ini cukup terjangkau yakni hanya dengan 20 ribuan saja.

2. Suwar Suwir

Oleh oleh khas Jember selanjutnya adalah Suwar Suwir yang merupakan permen berbentuk kotak yang memanjang. Tampilannya memang hampir mirip dengan dodol khas Jawa, namun yang membedakan keduanya adalah bahan baku pembuatannya saja. Ketika dodol dibuat kelapa santan, gula merah dan ketan, Suwar Suwir terbuat dari tape, gula dan tepung.

Suwar Suwir (sumber: @prima_rasa_jember on Instagram)

Suwar Suwir hadir dalam berbagai varian warna seperti putih, merah, hijau dan coklat yang masing-masing memiliki rasanya sendiri. Varian rasanya tersedia mulai dari rasa buah, kacang, susu hingga coklat. Bagaimana? Apakah Sobat Kuliner tertarik membelinya?

3. Pao Tape

Tidak seperti bakpao pada umumnya, kuliner oleh oleh khas Jember ini sayang untuk dilewatkan. Terutama bagi para pecinta bakpao, Pao khas Jember ini terbuat dari tape yang berbeda dari bakpao pada umumnya. Sebelum diolah dengan tepung, Pao Tape ini ditaburi dengan ragi sehingga menghasilkan paduan rasa yang nikmat. Cukup dengan harga 6 ribuan saja untuk mencicipi kelezatan jajanan satu ini.

Pao Tape (sumber: @jemberculinary on Instagram)

4. Brownies Tape

Brownies oleh oleh khas Jember satu ini berbeda dengan brownies pada umumnya yang memiliki citarasa manis. Namun terdapat brownies kecut yang terbuat dari bahan dasar tape. Hal tersebut justru membuat Brownies Tape khas Jember ini bertekstur lembut dan lebih sedap. Terdapat varian rasa selain original seperti kacang, keju dan coklat. Harganya juga cukup terjangkau, yakni hanya dengan 20 ribuan saja.

Brownies Tape (sumber: @rammonabakery on Instagram)

5. Pia Tape

Masih seputar oleh oleh khas Jember yang berbahan dasar tape, Pia Tape merupakan jajanan yang namanya sudah tidak asing lagi didengar. Bahan pembuatannya tidak jauh berbeda dengan pia pada umumnya yakni menggunakan tepung, gula, garam dan mentega. Hanya saja pia satu ini berisi tape yang rasanya unik nan sedap. Hanya dengan 13-20 ribuan saja, Sobat Kuliner sudah bisa mendapatkan satu kotak penuh Pia Tape.

Pia Tape (sumber: @pusatoleholehm2 on Instagram)

6. Tape Manis Sekar Madu

Oleh oleh khas Jember berbahan tape selanjutnya adalah Tape Manis Sekar Madu. Jember merupakan daerah yang mampu menghasilkan singkong unggulan sehingga masyarakatnya berinisiatif mengolahnya menjadi tape. Jajanan dengan tekstur lembut dengan citarasa manis ini dapat dibeli secara kiloan ataupun kemasan. Untuk harganya juga cukup terjangkau yakni sekitar 25 ribuan saja.

Tape Manis Sekar Madu (sumber: @primadona_oleholehjember on Instagram)

3 Toko Oleh Oleh Khas Jember Jawa Timur Terpopuler

Sudahkah Sobat Kuliner mengincar jajanan oleh oleh khas Jember Jawa Timur untuk dijadikan buah tangan? Jika sudah namun bingung mendapatkannya dimana, sebaiknya Sobat Kuliner menyimak 3 toko oleh oleh khas Jember Jawa Timur terpopuler dari Kuliner Kota di bawah ini!  

1. Primadona

Toko oleh oleh khas Jember yang pertama adalah Toko Primadona yang terletak di pusat Kota Jember sehingga mudah ditemukan. Tepatnya ada di Jalan Trunojoyo No. 137, Kulon Pasar, Jember Kidul, Kec. Kaliwates, Jember. Selain toko fisik, Primadona juga memiliki online shop yang memudahkan pelanggan dalam berbelanja. Produk yang dijual mulai dari aneka roti, brownies, olahan kopi, pia, manisan hingga keripik khas Jember.

Toko Oleh-Oleh Primadona (sumber: @primadona_oleholehjember on Instagram)

2. Purnama Jati

Toko Purnama Jati menjadi opsi kedua sebagai toko oleh oleh khas Jember yang populer. Pusat oleh oleh khas Jember ini sudah berdiri sejak tahun 2000. Lokasinya berada di Jalan Bungur No. 9, Darwo Timur, Gebang, Kec. Patrang, Jember. Produk yang dijual antara lain Pia Tape, Brownies Tape, Suwar Suwir dan masih banyak lagi. Purnama Jati ini juga memiliki online shop, lho!

Toko Oleh Oleh Purnama Jati (sumber: @purnamajatijember on Instagram)

3. Prima Rasa

Next, Sobat Kuliner juga bisa membeli oleh oleh khas Jember Jawa Timur di Toko Prima Rasa yang terletak di Jalan Gajah Mada, Jember Kidul, Kec. Kaliwates, Jember. Cabang lainnya berada di Jalan Hos Cokroaminoto No. 61, Jember Kidul, Kec. Kaliwates, Jember. Toko oleh oleh khas Jember satu ini mudah ditemukan karena lokasinya yang berada di pusat kota. Pilihan produk yang dijual juga cukup lengkap sehingga cocok untuk Sobat Kuliner yang ingin memborong buah tangan untuk dibawa pulang ke daerah asal.

Toko Oleh Oleh Prima Rasa (sumber: @prima_rasa_jember on Instagram)

Nah, itu tadi rekomendasi oleh oleh khas Jember Jawa Timur beserta rekomendasi tempat membeli oleh olehnya. Selamat berbelanja!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 6 Oleh Oleh Khas Jember Ini Terbuat dari Olahan Tape, Lho!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]

    Trending