1. Kuliner

16 Makanan Khas Pekanbaru Terkenal Enak Banget#

Kota Pekanbaru, terkenal dengan Festival Bahari Kepri yang menjadi daya tarik para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk beramai-ramai datang kesini. Memiliki ragam budaya maupun destinasi wisata juga tidak kalah menarik di kota ini, tak khayal jika Pekanbaru jadi sorotan para wisatawan sebagai tempat berlibur maupun mencoba berbagai hal baru termasuk dalam hal makanan khas pekanbaru.

Tidak hanya ragam wisata yang bisa jadi pengalaman menarik saat anda datang ke kota ini, berbagai makanan khas Pekanbaru juga bakal memanjakan lidah. Perpaduan budaya melayu dengan Sumatra hadir dalam setiap ragam cita rasa kuliner di kota ini. Oleh sebab itu, saat singgah disini wisata kuliner Pekanbaru harus masuk daftar agenda wajib liburan anda.

Kuliner Kota, punya 17 makanan khas yang tidak boleh anda lewatkan saat datang kesini. Pastinya makanan khas tersebut punya cita rasa unik yang bakal menggoyangkan lidah anda. Berikut apa saja makanan khas Pekanbaru yang wajib anda coba.

1. Roti Jala

Roti Jala Pekanbaru
Roti Jala Pekanbaru, Foto oleh Masak Apa Hari Ini Com

Merupakan salah satu masakan khas Melayu saat hari raya lebaran, kini Roti Jala juga bisa anda temukan di Pekanbaru. Terbuat dari campuran telur, tepung terigu, air dan juga susu, Roti Jala disajikan bersama kuah kari seperti kuah kari daging sapi, kuah kari daging ayam maupun kambing ataupun disajikan dengan kuah manis seperti kuah durian dan kuah srikaya.

Memiliki perpaduan cita rasa nikmat mirip roti canai dengan bentuknya yang unik sukses bikin anda ketagihan mencobanya berulang kali. Satu buah Roti Jala dijual mulai Rp8.000 saja, murah bukan? Sudah murah dan nikmat lagi. Tertarik mecoba kuliner khas Pekanbaru ini?

2. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo Pekanbaru
Bolu Kemojo Pekanbaru, Foto oleh Back Packer Jakarta Com

Ingin mencoba yang manis-manis saat ada di pekanbaru? Bolu Kemojo bisa jadi pilihan anda. Merupakan salah satu makanan khas Pekanbaru, Bolu Kemojo terbuat dari  tepung, gula, telur serta warna hijau yang berasal dari campuran air daun suji dan daun pandan yang diolah dengan cara dikukus serta dicetak menggunakan loyang berbentuk bunga kamboja.

Memiliki tekstur padat serta lembut mirip kue basah dengan cita rasa manis dan aroma yang khas bakal bikin anda ingin segera menikmati Bolu Kemojo khas Pekanbaru ini. Apalagi anda menyantapnya saat sore hari bersama keluarga? Bikin tidak ingin berhenti mengunyah saat menikmatinya. Tertarik mencoba nikmatnya Bolu Kemojo?

3. Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin Pekanbaru
Gulai Ikan Patin Pekanbaru, Foto oleh Resep Kue Renyah Com

Ingin makanan berkuah? Cobalah Gulai Ikan Patin khas Pekanbaru ini. Memiliki kuah berwarna kuning pekat yang terbuat dari campuran rempah-rempah dengan cita rasanya yang segar dan aroma yang khas bakal bikin anda ketagihan mencobanya berulang kali.

Apalagi menyantapnya ditemani dengan nasi hangat, berbagai sayuran seperti pucuk daun ubi rebus dan kecombrang serta beragam lauk pelengkap lainnya, pastinya bikin perpaduan yang pas dimulut saat anda menikmatinya. Tertarik untuk mencoba Gulai Ikan Patin?

4. Es Air Mata Pengantin

Es Air Mata Pengantin Pekanbaru
Es Air Mata Pengantin Pekanbaru, Foto oleh Google Com

Tidak hanya ragam kuliner dengan cita rasa nikmat yang bisa anda coba di Pekanbaru, ada minuman Es Air Mata Pengantin yang nikmat sekaligus melepas dahaga anda. Terbuat dari biji selasih, sari kelapa, blewah, es serut dan juga sirup, Es Air Mata Pengantin biasa disajikan dalam acara pernikahan di daerah Pekanbaru.

Namun anda tidak perlu khawatir, karena Es Air Mata Pengantin kini juga sudah dijual di berbagai tempat makan di Pekanbaru, jadi anda tetap bisa menikmati segar dan nikmatnya minuman khas satu ini. Apalagi anda meminumnya saat siang hari yang terik? Bikin rasa haus hilang dan bersemangat menikmati liburan di kota ini.

5. Es Laksamana Mengamuk

Es Laksamana Mengamuk Pekanbaru
Es Laksamana Mengamuk Pekanbaru, Foto oleh Google Com

Ada lagi minuman khas Pekanbaru lainnya yang wajib anda coba, Es Laksamana Mengamuk. Terbuat dari campuran buah kweni, santan dan gula merah, Es Laksamana Mengamuk memiliki cita rasa manis yang pas dan menyegarkan. Meminumnya saat siang hari ditemani dengan beragam makanan khas Pekanbaru, pastinya bikin makin segar dan nikmat. Tertarik mencoba Es Laksamana Mengamuk ini? 

Dulunya, Es Laksamana Mengamuk ini memiliki cerita unik lho! Karena minuman ini bermula dari mengamuknya seorang laksamana di kebun kweni karena istrinya dibawa lari oleh pemilik kebun. Sehingga Laksamana tersebut menebaskan pedangnya ke segala penjuru hingga menghancurkan puluhan buah kweni, dan akhirnya oleh seorang wanita buah kweni tersebut dijadikan sebuah minuman dengan cita rasa nikmat. Menarik bukan?

6. Lopek Bugi

Lopek Bugi Pekanbaru
Lopek Bugi Pekanbaru, Foto oleh IG Kelana Riau Blogspot Com

Jajanan khas Pekanbaru yang wajib anda coba adalah Lopek Bugi. Merupakan makanan khas Pekanbaru yang terbuat dari beras ketan hitam atau putih, santan, kelapa parut, gula pasir dan dibungkus menggunakan daun pisang.

Perpaduan cita rasa gurih dan manis serta teksturnya yang lembut bakal bikin anda ketagihan saat mencoba Lopek Bugi ini. Tertarik mencoba nikmatnya Lopek Bugi saat di Pekanbaru? Harganya juga cukup ramah dikantong lho, mulai dari Rp12.000 saja. Nikmat dan murah, jadi tidak anda alasan untuk tidak mencoba makanan khas Pekanbaru ini.

7. Gulai Belacan

Gulai Belacan Pekanbaru
Gulai Belacan Pekanbaru, Foto oleh Indri Yanik Blogspot Com

Jika biasanya anda menikmati gulai ayam maupun sapi, maka saat berada di Pekanbaru cobalah Gulai Belacan ini. Makanan khas Pekanbaru yang terbuat dari udang yang dimasak dengan campuran rempah-rempah seperti lada, asam jawa, kemiri, santan dan berbagai bahan lainnya.

Memiliki perpaduan rasa gurih dan pedas serta aromanya yang khas sukses bikin selera makan anda naik. Apalagi anda menyantap Gulai Belacan bersama nasi hangat dan tambahan petai? Bikin perpaduan yang pecah di mulut anda saat menikmati kuliner Pekanbaru satu ini. Tertarik mencoba bagaimana pecahnya Gulai Belacan di mulut anda saat di Pekanbaru?

8. Roti Canai Pekanbaru

Roti Canai Pekanbaru
Roti Canai Pekanbaru, Foto oleh Kelana Riau Blogspot Com

Makanan khas Pekanbaru ini selalu jadi favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara, Roti Canai. Merupakan roti yang terbuat dari adonan tepung yang diputar hingga tipis lalu dilipat dan dipanggang dengan minyak.

Disajikan bersama kari kambing dan teh tarik sebagai pelengkapnya, membuat perpaduan cita rasa gurih yang pecah di mulut anda. Roti Canai memiliki berbagai varian rasa lho! Ada rasa manis maupun asin dan berbagai rasa lainnya yang bisa anda pilih sesuai selera. Tertarik mencobanya?

9. Sate Padeh

Sate Padeh Pekanbaru
Sate Padeh Pekanbaru, Foto oleh Facebook Com

Bagi anda pecinta kuliner sate, maka makanan khas Pekanbaru Sate Padeh wajib anda cicipi. Sate Padeh berbahan dasar seperti sate padang pada umumnya, bedanya Sate Padeh disajikan bersama kuah pedas bercita rasa nikmat dan lezat. Memiliki perpaduan rasa yang pas apalagi disantap menggunakan lontong ataupun ketupat, pastinya bikin perpaduan yang pas di mulut anda. Tertarik mencobanya?

10. Miso Pekanbaru

Miso Pekanbaru
Miso Pekanbaru, Foto oleh Asiknya Berbagi Pku Blogspot Com

Makanan khas Pekanbaru ini, bakal jadi favorit anda pecinta kuliner mie. Miso Pekanbaru, merupakan olahan mie yang terbuat dari mie kuning dan mie putih serta disajikan bersama kuah kaldu segar berbahan dasar rempah-rempah seperti kapulaga, kayu manis, cengkeh dan bahan-bahan lainnya.

Dilengkapi dengan tahu goreng, tauge, suwiran daging ayam serta taburan kerupuk merah diatasnya, bakal bikin perpaduan cita rasa yang pecah di mulut anda. Ada juga tambahan lauk pelengkap seperti ati ampela, ceker dan bakso yang bisa anda pilih sesuai selera. Tekstur mie yang empuk dipadukan dengan gurihnya kuah bakal bikin anda ketagihan mencoba Miso Pekanbaru ini. Tertarik mencoba bagaimana kelezatannya?

11. Sup Tunjang Pekanbaru

Sup Tunjang Pekanbaru
Sup Tunjang Pekanbaru, Foto oleh Google Com

Kuliner khas Pekanbaru selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah Sup Tunjang Pekanbaru. Memiliki cita rasa gurih yang khas, Sup Tunjang terbuat dari olahan kaki sapi yang disajikan bersama kuah yang terbuat dari campuran rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, cengkeh, seledri dan berbagai bahan lainnya. 

Disajikan bersama isian potongan wortel, kentang, tomat dan daun bawang membuat olahan satu ini memiliki perpaduan rasa gurih dan segar yang khas. Uniknya lagi, Sup Tunjang Pekanbaru dimasak selama 4 jam dan disajikan dengan tambahan sedotan untuk menyedot sumsum langsung dari tulangnya. Nikmat dan menarik bukan?  

12. Ikan Cuka

Ikan Cuka Pekanbaru
Ikan Cuka Pekanbaru, Foto oleh Vinas Cooking Journey Blogspot Com

Merupakan salah satu makanan khas Pekanbaru, Ikan Cuka juga harus masuk kuliner yang wajib anda coba. Olahan yang terbuat dari ikan tenggiri yang disajikan bersama kuah cuka yang terbuat dari campuran cabai merah iris, cabai giling, lada, daun jeruk, jahe, garam, gula pasir, serai dan berbagai bahan lainnya. Memiliki cita rasa pedas yang khas dan nikmat bakal makin lezat jika anda menyantapnya menggunakan nasi hangat. Tertarik untuk mencobanya?

13. Mie Lendir Pekanbaru

Mie Lendir Pekanbaru
Mie Lendir Pekanbaru, Foto oleh Food Nesia Net

Bagi pecinta kuliner mie, mencoba Mie Lendir Pekanbaru ini bakal bikin anda ketagihan. Mie Lendir merupakan mie kuning yang disajikan dengan telur rebus, tauge, irisan cabe dan kuah kental yang terbuat dari kacang tanah, ubi jalar serta berbagai bahan lainnya.

Perpaduan cita rasa manis dan unik serta aromanya yang khas bakal bikin anda ketagihan untuk mencoba kuliner khas Pekanbaru ini. Untuk mendapatkannya juga mudah serta harganya terjangkau lho! Jadi, tidak ada alasan sudah berada di Pekanbaru dan melewatkan kuliner ini.

14. Cencaluk Pekanbaru

Cencaluk Pekanbaru
Cencaluk Pekanbaru, Foto oleh Idn Times Con

Kuliner khas Pekanbaru ini merupakan salah satu olahan yang terbuat dari udang, Cencaluk Pekanbaru. Makanan khas Pekanbaru berbahan udang jenis Acetes yang berukuran kecil yang diolah dengan cara difermentasi selama 30 hari dalam wadah tembikar menggunakan bantuan bakteri asam laktat. Perpaduan cita rasa gurih dan asam yang khas membuat Cencaluk Pekanbaru cocok sebagai pelengkap berbagai menu makanan. Tertarik mencoba keunikan olahan ini?

15. Gulai Siput

Gulai Siput Pekanbaru
Gulai Siput Pekanbaru, Foto oleh Riau Magz Com

Berada di Kota Pekanbaru, maka Gulai Siput merupakan makanan yang tidak bolek anda lewatkan. Terbuat dari siput sawah yang diolah dengan bumbu khas melayu dan disajikan bersama potongan nanas dan cabai di atasnya sehingga memiliki perpaduan cita rasa pedas, asin, asam dan manis yang bakal pecah di mulut anda.

Selain itu, kuah gulai dengan warna oranye yang menarik sukses bikin selera makan anda naik dan ingin segera menikmati kuliner satu ini. Jangan lupa biar makin nikmat memakannya bersama nasi hangat! Bikin perpaduan yang pecah di mulut anda saat menyantapnya.

16. Asam Pedas Baung

Asam pedas Baung Pekanbaru
Asam Pedas Baung Pekanbaru, Foto oleh Kelana Riau Blogspot Com

Makanan khas Pekanbaru ini juga harus masuk kuliner yang tidak boleh anda lewatkan, Asam Pedas Baung. Merupakan olahan ikan baung yang dimasak dengan menggunakan berbagai rempah-rempah tradisional seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, serai, asam jawa dan berbagai bahan lainnya sehingga menghasilkan perpaduan cita rasa asam dan pedas yang khas. Dipadukan bersama nasi hangat saat menyantapnya bakal bikin anda tidak ingin berhenti menikmati kuliner satu ini. Tertarik untuk mencobanya?

Beragam kuliner khas Pekanbaru menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung di kota ini. Jangan sampai saat anda berada di Pekanbaru melewatkan untuk mencicipi ragam kuliner khasnya ya sobat Kuliner Kota! Manjakan lidah Anda dengan berburu berbagai kuliner diatas yang pastinya nikmat dan menggugah selera. Jadi, mau makan apa terlebih dulu saat berada di Pekanbaru?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 16 Makanan Khas Pekanbaru Terkenal Enak Banget#

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]