Ayu Setya Rini culinary enthusiast

25 Makanan Khas Minangkabau Lezat Termasuk Rendang

7 min read

dendeng balado

Minang atau Minangkabau sering dikenal dengan keprofesionalannya di bidang perniagaan dan intelektual. Namun selain itu, suku Minang juga memiliki makanan khas yang tak kalah terkenal. Setiap hidangan yang disajikan selalu penuh selera dan unik. Salah satu hidangan minangkabau yang melegenda yaitu rendang, dendeng balado, jus pinang muda dan masih banyak lagi. Berbagai makanan tersebut disajikan dengan rasa dan pengolahan yang terjamin. Lalu apa saja yang termasuk kuliner khas Minangkabau selain rendang? Simak ulasan lengkap tentang makanan khas Minangkabau dalam artikel berikut ini.

1. Gulai Tauco

gulai tauco
Gulai Tauco, Foto Oleh Id M Wikipedia Org

Seperti namanya, makanan khas Minang ini menggunakan Tauco untuk dijadikan bumbu khas. Bahan yang digunakan yaitu buncis, potongan tahu, udang dan tempe. Gulai Tauco biasanya dihidangkan bersama kuah putih. Perpaduan rasa gurih serta beragam rasa yang khas semakin membuat kamu tergoda untuk menyantapnya. Tidak cukup sampai disitu, makanan khas Minang ini juga disantap bersama seporsi nasi hangat. Pastinya bikin kenyang serta ingin nambah lagi dan lagi.

Harga: Mulai Rp200.000 porsi besar.

2. Rendang

rendang
Rendang, Foto Oleh Mamikos Com

Siapa yang tidak mengenal salah satu makanan terenak di Indonesia ini? Yaps, Rendang. Hidangan nikmat yang sudah terkenal sampai ke mancanegara. Hidangan khas Minangkabau ini berbahan utama daging yang dimasak dengan santan kelapa serta campuran rempah seperti jahe, kunyit, lengkuas, cabe, bawang putih, serai, bawang merah dan beberapa bumbu lain.

Perpaduan rasa gurih, manis yang khas dan otentik membuat Rendang cocok dilidah semua kalangan. Istimewanya lagi olahan daging ini mampu bertahan hingga satu bulan. Jadi, pastinya cocok bukan untuk dijadikan sebagai buah tangan? Selain itu, perlu sobat Kuliner ketahui, Rendang khasnya suku Minang ini dapat bertahan satu bulan karena rempah yang dipakai berperan sebagai antiseptik yang berfungsi sebagai pembunuh kuman penyebab basi.

3. Ketan Durian

ketan durian
Ketan Durian, Foto Oleh Cookpad Com

Pecinta durian pasti tak dapat menolak menu yang satu ini, Ketan Durian. Hidangan berbahan dasar durian yang dicampur dengan bahan lain, sehingga menghasilkan perpaduan rasa lezat yang bakal bikin kamu tergoda mencoba berulang kali. Untuk cara pengolahan kuliner khas Minang tersebut yaitu beras ketan dikukus sampai matang, kemudian ditambah irisan daun pandan. Perpaduan cita rasa durian yang khas serta aroma daun pandan bakal membuat siapapun tergoda untuk segera mencobanya. Jadi, tertarik ingin mencicipi kuliner Minangkabau satu ini?

Harga: Mulai dari Rp10.000 – Rp30.000 per porsi

4. Dendeng Balado

dendeng balado
Dendeng Balado, Foto Oleh Kompas Com

Selain rendang, olahan daging khas Minang lainnya yang nggak kalah menggoda adalah Dendeng Balado. Makanan khas Minang ini terbuat dari irisan daging yang sudah dikeringkan, lalu digoreng dan dibumbui sambal khas. Perpaduan rasa pedas dan gurih bercampur menjadi satu sejak pertama kali kamu menikmatinya. Apalagi ketika kamu menjadikan Dendeng Balado ini sebagai lauk ketika menyantap nasi hangat? Bikin ingin ngunyah lagi dan lagi sampai tak bersisa.

5. Palai Rinuak

palai rinuak
Palai Rinuak, Foto Oleh Blog Omiyago Com

Makanan khas Minangkabau selanjutnya yang juga tidak boleh terlupakan adalah Palai Rinuak. Hidangan khas minang ini berbahan dasar ikan dengan ukuran sebesar korek api  mirip dengan ikan teri. Ikan yang hanya ditemukan di daerah Minang ini akan diolah layaknya pepes. Perpaduan rasa gurih dan pastinya tekstur ikan yang khas bikin kamu tergoda untuk segera menikmatinya. Tidak hanya itu, Palai Rinuak juga hanya dicicipi di daerah suku Minang karena ikan Rinuak hanya hanya bisa hidup di danau Maninjau. Jadi, ketika berkunjung ke daerah Minangkabau, jangan sampai melewatkan icip-icip makanan ini ya sobat Kuliner Kota!

Harga: Mulai Rp5.000 – Rp8.000 per porsi.

6. Lamang

lamang
Lamang, Foto Oleh Indonesiakaya Com

Salah satu hidangan lezat khas Minang berikutnya yaitu Lamang. Lamang menggunakan bahan utama beras ketan putih, daun pandan, santan kelapa dan garam. Cara pengolahannya juga cukup sederhana yakin beras ketan dimasukkan ke dalam ruas bambu muda yang sudah dilapisi daun pisang. Selain menggunakan ketan, Lamang juga dapat memakai buah pisang. Perpaduan rasa gurih dan aroma yang khas bakal bikin kamu tergoda mencicipi olahan khas Minangkabau ini sampai tidak bersisa.

7. Teh Talua

teh talua
Teh Talua, Foto Oleh Goodnewsfromindonesia Id

Minuman paling digemari warga Indonesia adalah teh, rasa manisnya pas juga dapat menghangatkan tubuh. Termasuk Teh Talua satu khas Minangkabau ini. Teh Talua artinya teh telur, minuman ini hanya dapat ditemukan di Minangkabau. Selain memiliki perpaduan rasa segar dan manis, Teh Talua juga memiliki manfaat untuk menghilangkan lelah juga mengandung banyak protein karena mengandung telur. Nikmati dan segarnya Teh Talua bakal cocok dijadikan teman ketika bersantai saat sore hari.

Tempat: Kedai Teh Talua Mak Etek

8. Kacang Tojin

kacang tojin
Kacang Tojin, Foto Oleh Sumber Com

Berbagai olahan kacang memang selalu jadi idaman karena rasanya yang gurih, termasuk Kacang Tojin. Makanan khas Minangkabau satu ini umumnya dihidangkan saat hari besar seperti natal dan Idul Fitri. Proses pembuatan Kacang Tojin juga cukup mudah, yaitu campur kacang yang sudah terlepas dari kulit dengan bawang goreng dan seledri. Kedua bahan tambahan tersebut akan membuat rasa gurih dan tekstur renyah dari Kacang Tojin. Untuk itu, ketika bertandang ke daerah Minangkabau wajib banget mencoba hidang satu ini.

Harga: Mulai Rp80.000 – Rp90.000 per bungkus.

9. Karang Kaliang

karak kaliang
Karak Kaliang, Foto Oleh Saribundo Bi

Jika kamu sedang mencari buah tangan saat berada di wilayah Minang, maka Karak Kaliang ini menjadi andalannya. Karak Taliang merupakan jajanan tradisional berupa kue dengan bahan dasar tepung ubi. Makanan khas Minangkabau ini diolah dengan cara mencampurkan ubi dengan rempah dan dibentuk persis seperti angka delapan kemudian digoreng. Perpaduan rasa gurih serta teksturnya yang khas membuat Karak Kaliang disukai semua kalangan sebagai camilan saat perjalanan maupun oleh-oleh khas Minang untuk keluarga di rumah.

Harga: Mulai Rp9.000 – Rp20.000 per bungkus

10. Arai Pinang

arai pinang
Arai Pinang, Foto Oleh Tokopedia Com

Kuliner khas Minangkabau yang cocok dijadikan buah tangan memang tidak akan pernah ada habisnya, salah satunya adalah Arai Pinang. Cemilan khas Minangkabau satu ini memiliki tekstur renyah dengan rasa gurih juga aroma minyak kelapa yang kuat.

Arai Pinang menggunakan bahan dasar tepung beras, kapur sirih dan garam yang dicampur. Makanan khas Minang tidak akan pernah kamu temukan di kota-kota lainnya. Jadi, ketika kamu bertandang ke daerah Minangkabau jangan lupa membawa buah tangan satu ini untuk keluarga di rumah.

Harga: Mulai Rp16.000 per bungkus.

11. Sala Lauak

sala lauak
Sala Lauak, Foto Oleh Cookpad Com

Jika sedang berada di daerah Minang, pastikan kamu mencoba Slak Lauak di berbagai warung disana. Sala Lauak dalam bahasa Indonesia berarti “Sala Ikan”. Memiliki bentuk bulat dan cocok dijadikan sebagai jajanan khas Minang untuk keluarga di rumah membuat makanan ini tidak boleh terlupakan. Sala Lauak terbuat dari ikan laut yang sudah dihaluskan dan dicampur tepung beras. rasa gurih yang khas akan terasa makin nikmat saat disantap bersama nasi hangat.

12. Kerupuak Sanjai

kerupuak sanjai
Kerupuak Sanjai, Foto Oleh Cookpad Com

Kerupuak Sanjai dalam bahasa Indonesia artinya kerupuk sanjai. Makanan khas Minangkabau ini menjadi primadona wisatawan saat berkunjung ke daerah Minang. Bahan utamanya yaitu ubi kayu yang diiris panjang lalu digoreng. Tak hanya berbentuk panjang, Kerupuak Sanjai juga dapat berbentuk dadu yang disebut kerupuak dakak-dakak. Perpaduan rasa gurih yang khas membuat kamu harus memastikan memborongnya sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Harga: Mulai Rp10.000 – Rp30.000 per bungkus.

13. Kue Sapik

kue sapik
Kue Sapik, Foto Oleh Harianhaluan Com

Jika kamu sudah pernah dengar tentang Kue Semprong, maka kue Sapik ini mirip dengannya. Bedanya jika kue semprong berbentuk gulungan makan Kue Sapik dilipat. Bahan makanan khas Minangkabau ini terdiri dari tepung beras, gula pasir, santan, bubuk kayu manis dan telur. Perpaduan rasa gurih, manis dan pastinya otentik Minang banget membuat Kue Sapik wajib jadi jajanan yang tidak boleh kamu lewatkan.

14. Galamai

galamai
Galamai, Foto Oleh Yasmenchaniago Com

Siapa pecinta dodol? Jangan lewatkan makanan khas Minangkabau satu ini, Galamai namanya. Galamai kuliner Minangkabau berbahan utama tepung beras ketan yang dicampur gula merah dan santan. Jajanan Minang lezat ini memiliki bentuk persegi panjang dan berwarna coklat.Teksturnya kenyal dan lembut membuat Galamai akan bikin perpaduan rasa sempurna dalam tiap gigitannya. Selain itu, makanan khas Minang ini umumnya disajikan hanya pada saat acara adat dan pernikahan di daerah Minang.

15. Aia Aka

aia aka
Aia Aka, Foto Oleh Kumparan Com

Aia Aka, dalam Bahasa Indonesia artinya air kacang. Makanan khas Minangkabau ini memiliki tekstur seperti cendol bahkan lebih kenyal. Untuk bahan dasar pembuatannya sendiri adalah daun cincau hijau. Biasanya Aia Aka khas Minang akan dihidangkan bersama santan. Perpaduan rasa gurih, manis dan pastinya teksturnya kenyal dari minuman khas Minang ini cocok dijadikan sebagai teman bersantai ketika cuaca sedang terik.

Harga: Sekitar Rp4.000 per porsi.

16. Aia Kawa

aia kawa
Aia Kawa, Foto Oleh Minangkini Com 

Pernah dengar minuman teh dengan bahan dasar daun kopi? Aia Kawa namanya. Cara pembuatan Aia Kawa cukup panjang, dimana daun kopi akan disangrai selama kurang lebih sebelas jam, kemudian diseduh layaknya menyeduh teh. Rasanya jangan ditanya lagi, hampir sama dengan rasa teh namun dengan aroma biji kopi yang khas. Aia Kawa pantas dijadikan minuman unik penghilang rasa dingin saat di daerah Minangkabau.

17. Es Tebak

es tebak
Es Tebak, Foto Oleh Akato Co Id

Es Tebak merupakan minuman dingin yang dijual sebagai hidangan penutup maupun pelepas haus di daerang Minangkabau. Bahan yang dipakai yakni cincau hitam, tape ketan hitam, kolang-kaling dan Tebak. Tebak sendiri adalah sejenis adonan yang terbuat dari olahan tepung beras ketan dan tepung sagu. Adonan tersebut dimasak bersama air garam dan kapur sirih. Rasanya yang khas dengan tekstur kenyal paling cocok jika ditambahkan sirup, krim kental dan susu. Pastinya menyegarkan dan bikin ingin meminumnya sampai tetes terakhir.

Harga: Sekitar Rp18.000 per porsi.

18. Jus Pinang Muda

jus pinang
Jus Pinang Muda, Foto Oleh Cookpad Com

Hampir sama dengan teh talua, minuman khas Minang ini juga tak kalah digemari masyarakat. Jus Pinang merupakan minuman khas dari Minangkabau yang biasanya ditambahkan susu, madu dan telur juga jahe. Perpaduan rasa manis dan pastinya menyehatkan tubuh membuat Jus Pinang Muda disukai semua kalangan sebagai minuman saat cuaca sedang dingin. Jadi, tertaik mencoba bagaimana kelezatan minuman khasnya orang Minangkabau satu ini?

Harga: Mulai Rp10.000 – Rp20.000.

19. Kerupuak Jangek

kerupuak jengek
Kerupuak Jangek, Foto Oleh Id M Wikipedia Org

Kerupuak Jangek hampir mirip dengan kerupuk kulit yang ada di Jawa. Bahan yang digunakan adalah kulit sapi atau kerbau. Untuk pengolahan makanan khas Minangkabau ini tidaklah sebentar. Dimana harus melewati proses penjemuran sekitar 2 -5 hari. Selain punya cita rasa gurih yang khas, Kerupuak Jangek juga memiliki beragam pilihan rasa mulai dari balado, original dan beragam rasa lainnya. Pastinya juga nikmat, gurih dan tahan lama, jadi cocok juga ketika kamu ingin membawanya sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Harga: Mulai Rp25.000 per bungkus.

20. Ampiang Dadiah

ampiang dadiah
Ampiang Dadiah, Foto Oleh Goodnewsfromindonesia Id

Makanan khas Minang selanjutnya yang juga wajib kamu coba adalah Ampaing Dadiah. Ampiang atau emping dan dadiah merupakan ejeni yoghurt tradisional khas Minang. Sekilas hampir sama dengan bubur sumsum. Dimana, Dadiah sendiri berasal dari susu kerbau yang dimasukkan ke dalam bambu, lalu ditutup menggunakan daun pisang. Sedangkan Ampiang berisikan ampiang, kuah gula merah cair, dadiah, kelapa serut dan es serut. Perpaduan rasa gurih, manis dan pastinya menyegarkan bakal bikin kamu tergoda untuk mencobanya berulang kali.

Harga: Mulai Rp12.000 -Rp15.000 per porsi.

21. Palai Bada

palai bada
Palai Bada, Foto Oleh Cookpad Com

Makanan khas suku Minang berikutnya yang juga tidak boleh terlupakan adalah Palai Bada. Palai Bada adalah hidangan berbahan utama ikan teri basah. Makanan khas Minang ini hampir mirip seperti pepes. Memiliki perpaduan rasa pedas, gurih karena menggunakan bumbu khas Minang membuat Palai Bada wajib banget kamu coba saat berada di daerah Minangkabau. Apalagi kamu menyantapnya bersama nasi hangat? Bikin ingin ngunyah terus sampai habis.

Harga: Sekitar Rp3.000 per bungkus.

22. Goreng Baluik (Goreng Belut)

goreng baluik
Goreng Baluik, Foto Oleh Primarasa Co Id

Goreng Baluik merupakan makanan lezat yang berhasil membuat para pecinta olahan belut ingin nambah terus. Seperti namanya, Goreng Baluik menggunakan belut sebagai bahan dasarnya. Belut tersebut digoreng bersama bumbu khas Minang sehingga memiliki aroma kuat. Bukan hanya enak, makanan khas Minangkabau ini juga kaya akan protein. Jadi cocok banget disantap sebagai lauk bersama nasi hangat.

23. Cancang

cancang
Cancang, Foto Oleh Idntimes Com

Hidangan khas Minang yang tak kalah menggiurkan yaitu Cancang. Cancang merupakan makanan khas suku Minang yang terbuat dari daging kambing, santan dan cabai merah giling sebagai bumbunya. Perpaduan rasa pedas, gurih, tekstur daging serta aroma Cancang yang khas bakal bikin kamu tergoda untuk menyantapnya sampai habis. Tidak hanya itu, Cancang juga makin terasa lebih lezat saat disantap bersama seporsi nasi hangat.

24. Pinyaram

pinyaram
Pinyaram, Foto Oleh Cookpad Com

Bagi kamu pecinta kue Cucur maka makanan khas Minangkabau satu ini tidak boleh terlewatkan, Pinyaram namanya. Salah satu jajanan khas Minang berbahan utama tepung beras ketan yang dicampur bersama gula aren atau gula pasir, kemudian digoreng dalam cetakan khusus yang disebut kuali. Rasanya manis dengan tekstur yang khas bakal makin terasa nikmat saat dijadikan sebagai teman ngopi maupun ngeteh di sore hari.

Tempat: Toko Kue Pinyaram
Harga: Sekitar Rp500 per buah.

25. Pangek Padeh (Pangek Pedas)

pengek padeh
Pangek Padeh, Foto Oleh Cookpad Com

Pangek Padeh merupakan makanan khas Minang yang cocok kamu jadikan menu wajib saat di daerah sekitaran Minangkabau. Hidangan satu ini merupakan olahan Ikan yang diberi kacang panjang atau buah nangka muda juga ditambah cabai merah giling sebagai bahan utamanya. Selain itu, makanan khas Minang ini biasanya juga diolah dengan menggunakan periuk yang terbuat dari tanah atau disebut Balago. Memiliki perpaduan rasa pedas gurih bakal bikin perpaduan rasa yang sempurna dalam setiap suapannya.

Bagaimana cukup beragam bukan hidangan khas Minang diatas? Selain recommended pastinya juga ramah di kantong. Untuk itu, siapkan budget khusus dan jadwalkan mencicipi ragam makanan khas Minang yang dijamin tidak mengecewakan lidah. Jadi, sobat Kuliner Kota mau mencoba berwisata kuliner khas Minangkabau kapan?

Ayu Setya Rini
Ayu Setya Rini culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *