1. Resep

Ingin Lauk Sederhana? Cobain Resep Botok Telur Asin

Siapa yang tidak mengenal olah botok? Masyarakat Indonesia tentu mengenal dengan baik hidangan tradisional ini. Kuliner khas Pulau Jawa satu ini identik dengan gurih parutan kelapa dan rasa pedasnya, tak heran jika hingga sekarang botok menjadi salah satu lauk tradisional favorit. Botok bukan hanya sekadar makanan berbahan parutan kelapa dan sayur, tetapi ada juga jenis Botok dengan tambahan telur asin. Botok ini populer karena adanya telur asin yang membuatnya semakin lezat. Selain bisa ditemukan dimanapun, kamu juga bisa membuat sendiri di rumah. Untuk itu, berikut resep Botok Telur Asin ala rumahan yang bisa Anda coba.

Asal-Usul Botok Telur Asin

Botok Telur Asin menjadi lauk yang mesti ada ketika makan siang. Karena selain lezat, adanya campuran telur asin membuat jenis botok ini semakin bergizi tinggi. Botok sendiri merupakan hidangan khas Pulau Jawa. Awalnya terbuat dari bungkil/ampas kelapa yang sudah diambil sarinya. Namun, hingga sekarang botok ditambah dengan beragam isian, seperti petai cina, tahu, teri, udang, tawon bahkan telur asin.

Adanya inovasi Botok Telur Asin dikarenakan banyaknya keluhan para pedagang telur asin yang hampir rugi. Telur yang hendak dijadikan telur asin mudah retak atau tidak sempurna sehingga pembuatannya sering tertunda. Untuk itu, para pedagang pun berinovasi membuatnya menjadi lebih lezat dengan menambahkannya pada botok. Karena rasanya yang unik dan bisa diterima oleh semua kalangan, akhirnya Botok Telur Asin dikategorikan menjadi salah satu lauk sehari-hari masyarakat Indonesia.

Resep Botok Telur Asin

resep botok telur asin
Resep Botok Telur Asin, Foto Oleh Cookpad Com

Setelah mengenal asal-usulnya, kamu pasti tertarik bagaimana cara membuat Botok Telur Asin. Proses pembuatan botok ini terbilang mudah dan hampir mirip seperti pembuatan botok biasa. Untuk itu, simak resep Botok Telur Asin berikut dan pastikan jangan kelewatan setiap langkahnya!

Bahan-Bahan Resep Botok Telur Asin

  • ½ sdt gula pasir,
  • 2 lembar daun salam (robek menjadi 2 bagian),
  • 4 buah belimbing sayur (potong melintang),
  • 4 buah cabai hijau merah (iris serong),
  • 4 buah cabai merah besar (iris serong),
  • 4 butir telur asin mentah,
  • 4 siung bawang putih (cincang),
  • 6 butir bawang merah,
  • 20 gram daun kemangi,
  • 100 ml santan dari ½ butir kelapa,
  • Daun pisang,

Cara Membuat Botok Telur Asin

  1. Campurkan santan dengan gula pasir dan bawang putih ke dalam wajan atau panci, panaskan di atas api sedang. Timba santan jangan sampai pecah, masak sampai mendidih kemudian masak air.
  2. Ambil selembar daun pisang dan bentuk pincuk.
  3. Pecahkan sebutir telur asin ke dalam pincuk, tambahkan cabai merah, cabai hijau, bawang merah dan belimbing sayur. Beri sepotong daun salam dan beberapa lembar daun kemangi.
  4. Masukkan 2 – 3 sendok makan santan berbumbu ke dalam pincuk.
  5. Bungkus membentuk tum kemudian sematkan dengan lidi.
  6. Masukkan bungkusan botok ke dalam kukusan. Lalu kukus kurang lebih 45 menit hingga warna daun pisangnya berubah coklat.
  7. Botok Telur Asin siap menjadi lauk makan siang.

Selain lezat, mempraktekkan resep Botok Telur Asin di atas tentu bukan hal yang sulit. Tak hanya dimakan bersama nasi hangat, kamu pun bisa menambahkannya pada hidangan lain seperti lalapan. Rasa asin botok ini tentu sesuai lidah kita, tidak terlalu asin juga pedasnya pas. Ketika ingin membuat waktu memasaknya, kamu hanya memerlukan sekitar 50 menit untuk menghasilkan 4 bungkus Botok Telur Asin. Budget yang dikeluarkan juga cukup terjangkau yaitu sekitar, Rp15.000 saja. Menyenangkan dan pastinya murah bukan untuk mencoba resep botok telur asin di atas?

Kandungan Gizi Telur Asin

cara membuat botok telur asin
Botok Telur Asin, Foto Oleh Grid Id

Saat menyantap Botok Telur Asin, kamu merasa lebih bertenaga dan mudah kenyang bukan? Hal ini disebabkan adanya kandungan gizi tinggi dari telur asin. Maka ketika kamu mengkonsumsi satu butir telur asin, akan mendapatkan 137 kal kalori, 10, 23 gram lemak, 1, 08 gram karbohidrat, 9, 51 gram protein, 0, 69 gram gula, 397 miligram sodium dan 165 miligram kalium. 

Cukup bergizi bukan? Tak heran jika telur asin semakin nikmat dijadikan bahan membuat botok. Jadi, sudah siap mulai mencoba resep Botok Telur Asin? Pastikan tak ada bahan dan langkah yang terlewatkan ya sobat Kuliner Kota

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Ingin Lauk Sederhana? Cobain Resep Botok Telur Asin

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]