1. Oleh-Oleh Khas

15 Oleh-Oleh Khas Magelang Paling Populer & Wajib Kamu Beli

Berkunjung ke suatu tempat akan lebih afdol jika membawa pulang buah tangan khasnya. Sebab, setiap daerah pun pasti memiliki keragaman oleh-oleh yang menjadi ciri khas. Apalagi jika Anda sedang berkunjung ke Kota Magelang, Jawa Tengah. Wilayah yang tak pernah sepi pengunjung ini tak hanya menawarkan wisata menarik, tetapi juga ragam oleh-oleh yang siap memuaskan hasrat belanja para pelancong. Cinderamata dan buah tangan dengan harga terjangkau namun berkualitas akan mudah didapatkan di kota ini. Namun, sebelum kalap berbelanja oleh-oleh lezat dan menarik, ada baiknya sobat Kuliner Kota menyimak  rekomendasi 15 oleh-oleh khas Magelang yang sayang dilewatkan berikut ini.

1. Batik Magelang

batik magelang
Batik Magelang, Foto Oleh Ensiklo Com

Batik menjadi salah satu ciri khas yang menunjukkan keunikan sebuah daerah, termasuk Batik Magelang. Beberapa tahun belakangan bermunculan pengrajin rumahan yang menciptakan desain batik khas Magelang dengan motif cantik dan unik. Motif water torn merupakan yang paling laris diburu wisatawan, karena terinspirasi dari menara air buatan Belanda yang ada di sebelah barat alun-alun Magelang. 

Selain itu, ada juga motif kopi pecah berbentuk daun kopi, buah dan bunga kopi. Namun, motif yang dianggap paling cantik oleh masyarakat adalah motif Candi Borobudur. Setiap kain Batik Magelang dibuat dengan kualitas tinggi dengan harga yang disesuaikan dengan jenisnya. Sehingga, kain ini cocok jika dijadikan sebagai buah tangan untuk kerabat di rumah.

Tempat: Galeri Batik Magelang
Alamat: Gang Mangga IV A, Magelang
Harga: Mulai Rp100.000

2. Ampyang

ampyang
Ampyang, Foto Oleh Yogyakarta Panduanwisata Id

Ampyang merupakan jajanan pasar tradisional terbuat dari kacang tanah dan gula merah. Cemilan ini juga kerap disebut Gula Kacang. Cara membuatnya sederhana, kacang sangrai dimasukkan ke dalam cairan gula merah lalu didiamkan hingga mengeras. Jajanan ini memiliki cita rasa manis gurih dengan tekstur keras mirip coklat batangan. Karena ampyang khas Magelang selalu menjadi favorit wisatawan, maka masyarakat setempat berinovasi membuat Ampyang rasa coklat jahe. Kue ini cocok dimakan saat bersantai ditemani teh hangat dan suasana hujan.

Tempat: Ampyang Ibu Siti
Alamat: Parimono, Paremono, Mungkid, Magelang
Harga: Mulai Rp15.000

3. Geblek

Oleh-oleh khas Magelang satu ini dapat membuat penikmatnya ketagihan bahkan tak cukup jika hanya sekali mencoba. Teksturnya sedikit alot namun rasa gurih dari pathi membuat Geblek banyak diburu. Walau kabarnya jajanan tradisional ini mulai sulit ditemukan, kenyataannya masih banyak toko oleh-oleh, pasar tradisional dan penjual kaki lima yang menjual Geblek sebagai buah tangan istimewa.

geblek
Geblek, Foto Oleh Cookpad Com

Makanan ini paling enak menikmati ketika masih hangat. Geblek mentah biasanya dapat bertahan hingga 4 hari dan yang sudah digoreng mampu bertahan sampai 10 jam. Jika tertarik membawa pulang Geblek, jangan lupa untuk membelinya dalam jumlah banyak agar bisa dinikmati setiap anggota keluarga.

Harga: Sekitar Rp15.000

4. Getuk Trio

getuk trio
Getuk Trio, Foto Oleh Nomadictrip Com

Dari namanya saja sudah tertebak apa makna dibalik makanan ini. Getuk Trio terdiri dari tiga lapisan dengan warna berbeda di setiap lapisannya. Oleh-oleh khas Magelang ini terbuat dari singkong dan santan dengan campuran gula pasir sebagai pengawet alami. Rasanya yang manis dan legit membuat siapapun ketagihan. Untuk mendapatkan Getuk Trio Magelang, kamu cukup mengunjungi toko oleh-oleh khas Magelang ataupun pedagang kaki lima di sepanjang jalanan Magelang. Jadi, sudah menentukan untuk membawa pulang Getuk Trio untuk disantap bersama keluarga?

Tempat: Toko Oleh-Oleh Getuk Trio
Alamat: Jalan Mataram No. 47, Magelang
Harga: Mulai Rp10.000 – Rp15.000

5. Getuk Bolen

getuk bolen
Getuk Bolen, Foto Oleh Sumber Com

Tak hanya kepopuleran Getuk Trio, jajanan serupa seperti Getuk Bolen pun tak mau kalah menawarkan kelezatannya. Getuk Bolen khas Magelang memiliki berbagai varian rasa seperti srikaya, stroberi, kopi, mangga, keju, coklat, durian dan kelapa. Dulunya, jajanan khas Magelang ini merupakan kombinasi unik antara resep kue tradisional dan modern. Bolen sendiri adalah makanan khas Bandung sejenis roti berlapis atau biasa disebut pastry.

Namun, oleh masyarakat Magelang makanan ini diinovasikan dengan getuk yang manis dan lembut. Tak heran jika sampai sekarang Getuk Bolen menjadi incaran wisatawan sebagai buah tangan spesial ketika pulang kampung. Menarik bukan? Oleh karena itu, jangan sampai melewatkan Getuk Bolen khas Magelang ya sobat Kuliner Kota!

Tempat: Fiori Bakery & Patisery
Alamat: Jalan Pangeran Diponegoro No. 17, Magelang
Harga: Mulai Rp9.000

6. Miniatur Candi

miniatur candi
Miniatur Candi, Foto Oleh Wisatamagelang Com

Berkunjung ke Magelang kurang lengkap rasanya tanpa membawa kerajinan tangannya yang khas. Seperti souvenir MIniatur Candi, kerajinan ini terbuat dari bahan kayu atau batu asli. Beberapa candi yang kerap dijadikan sebagai souvenir miniatur adalah Borobudur, Pawon dan Mendut. Ukurannya pun bermacam-macam dan ditawarkan dengan harga terjangkau sesuai kualitas. Di beberapa toko kerajinan Magelang, kamu juga bisa memesan ukuran dan jenis candi yang ingin dibawa pulang. Pembuatannya yang tidak mudah menjadikan Miniatur Candi semakin diminati para kolektor sehingga kerajinan ini bisa menjadi oleh-oleh yang istimewa.

Harga: Mulai Rp20.000

7. Grubi

grubi
Grubi, Foto Oleh Bukalapak Com

Jika sebelumnya sudah mengenal beberapa oleh-oleh khas Magelang terbuat dari bahan utama singkong, maka cemilan Grubi merupakan jajanan berasal dari olahan ubi jalar. Ubi tersebut diolah dengan dipotong lembut memanjang dan digoreng berbentuk bola-bola, kemudian dibumbui dengan gula jawa. Bentuknya mirip gumpalan benang dan bertekstur sedikit keras. Selain menambah rasa manis, gula jawa juga dipakai untuk sebagai pemanis alami. Jajanan dengan rasa manis dan renyah ini menjadi jajanan nostalgia bagi beberapa orang. Cocok bagi kamu yang ingin menghadiahkan orang rumah oleh-oleh lezat khas Magelang.

Tempat: Sekar Sari Grubi
Alamat: Kembangsari, Balesari, Windusari, Magelang
Harga: Sekitar Rp20.000

8. Permen Tape

permen tape
Permen Tape, Foto Oleh Repblikseo Net

Ingin mencoba oleh-oleh khas Magelang unik dengan cita rasa manis? Permen Tape adalah jawabannya. Permen Tape merupakan permen tradisional terbuat dari singkong yang difermentasi. Rasanya manis dan legit dengan tekstur mirip dodol dan beraroma khas tape singkong. Permen ini biasa dikemas menggunakan kertas minyak warna-warni untuk menarik para pembeli. Karena Permen Tape semakin banyak diburu, tak heran jika kamu menemukan jajanan ini hampir di seluruh toko oleh-oleh khas Magelang. Jajanan ini cocok menemani acara kumpul bersama teman maupun keluarga sehingga patut dijadikan buah tangan.

Tempat: Rani Permen Tape
Alamat: Dode, Gulon, Kecamatan Salam, Magelang

9. Slondok

Kerupuk Slondok adalah cemilan khas Magelang yang terbuat dari singkong dengan berbagai varian rasa. Slondok juga menjadi salah satu ikon Magelang setelah getuk. Bahan baku singkong diolah sempurna sampai menghasilkan Kerupuk Slondok yang lezat dan gurih. Sekilas rasanya mirip kentang dengan tekstur padat dan renyah layaknya kerupuk lain.

slondok magelang
Slondok, Foto Oleh Jongjava07 WordPress Com

Saat berburu kerupuk ini, kamu akan mendapati ratusan rumah industri oleh-oleh Slondok yang hampir menawarkan rupa dan bentuk sama. Maka jangan sampai salah memilih. Karena sudah banyak diproduksi di berbagai tempat, maka Slondok pun berinovasi dalam beberapa rasa seperti rasa balado, keju maupun rasa sapi panggang. Jajanan ini dijual dengan harga terjangkau dan bisa ditemukan hampir di setiap toko oleh-oleh.

Tempat: Produsen Slondok Magelang
Alamat: Jalan Serayu Raya No. 354, Magelang

10. Pothil

pothil
Pothil, Foto Oleh Aripothil Blogspot Com

Bagi masyarakat Magelang, jajanan Pothil pasti sudah tak asing lagi di telinga. Camilan satu ini tak hanya bercita rasa gurih dan renyah, tetapi juga cocok dinikmati ketika santai bersama teman. Bentuknya bolong seperti cincin dan berwarna kecoklatan. Jajanan ini terbuat dari singkong yang ditumbuk sampai menjadi tepung, kemudian ditambah beraneka bumbu dan dibentuk seperti cincin.

Jika dulu Pothil hanya dijual dengan rasa original, maka sekarang terdapat beragam varian rasa yang ditawarkan seperti jagung bakar, keju, balado dan pizza. Tak hanya inovasi rasa saja, ukuran Pothil pun bervariasi ada yang besar dan kecil. Meski begitu, wisatawan masih banyak yang mencari Pothil rasa original karena lebih menggiurkan. Untuk itu, pastikan untuk membawa jajanan Pothil sebagai oleh-oleh ya Sobat Kuliner Kota.

Harga: Mulai Rp8.000 – Rp10.000

11. Yangkomochi

yangkomochi
Yangkomochi, Foto Oleh Fjb Kaskus Co Id

Yangkomochi merupakan jajanan khas Magelang yang bercita rasa manis dengan tekstur kenyal. Segulung Yangkomochi rata-rata berukuran 30 – 32 cm dengan diameter 5 cm. Teksturnya mirip mochi dan bagian luarnya berlumur tepung sagu. Sedangkan bagian dalamnya berupa adonan tepung ketan, kacang tanah dan campuran gula pasir. Proses pembuatannya pun masih memakai cara tradisional, yakni menggunakan tungku batu. Para wisatawan dapat menemukan jajanan ini dengan mudah, sebab Magelang merupakan pelopor pertama Yangkomochi. Jadi, jangan lupa untuk berburu oleh-oleh Yangkomochi saat berkunjung ke kota ini ya.

Tempat: Yangkomochi Magelang
Alamat: Desa Jetis, Kelurahan Tampir, Magelang
Harga: Sekitar Rp15.000

12. Wajik Salaman

wajik salaman
Wajik Salaman, Foto Oleh Facebook Com

Setelah mengenal jajanan Yangkomochi, mari beranjak mengupas legit manis Wajik Salaman khas Magelang. Sejak dulu wajik sudah dikenal terbuat dari beras ketan sehingga memiliki tekstur lembut dengan cita rasa yang manis. Sampai sekarang pun oleh-oleh khas Magelang ini masih eksis. Selain itu, cemilan wajik ini juga diberi tambahan pewarna alami sehingga terasa lebih original dibanding jajanan yang diberi pewarna sintetis. Kamu tak perlu bingung mencari tempat membeli oleh-oleh ini, sebab dari pasar sampai pusat perbelanjaan menyediakan Wajik Salaman. Menarik bukan?

Tempat: Wajik Salaman Nyonya In
Alamat: Jl. Raya Salaman 110, Magelang
Harga: Sekitar Rp22.000

13. Tape Ketan

Saat bertandang ke Magelang, sempatkan waktu untuk mencari oleh-oleh khasnya seperti Tape Ketan. Masyarakat setempat menjulukinya sebagai Muntilan. Umumnya, pembuat Tape Ketan ini adalah masyarakat lokal Magelang, tetapi seiring meluasnya bahan pangan kini Tape Ketan juga dapat ditemui di seluruh wilayah Indonesia.

tape ketan
Tape Ketan, Foto Oleh Ksmtour Com

Namun, kamu akan merasakan sensasi yang berbeda ketika membeli dan mencicipi jajanan tradisional ini langsung dari daerah asalnya. Tape Ketan asli Magelang memiliki rasa yang lebih lezat dan manis, teksturnya pun tidak terlalu lembek dan menggunakan pewarna alami. Sehingga, akan lebih menyenangkan jika membawa pulang Tape Ketan sebagai hadiah manis untuk keluarga.

Harga: Sekitar Rp20.000

14. Wayang Kulit

wayang kulit
Wayang Kulit, Foto Oleh Kebunekspres Com

Selagi berada di Magelang, tak ada salahnya mampir membeli souvenir Wayang Kulit. Yap, Wayang Kulit bisa menjadi ide unik ketika sudah puas berbelanja jajanan sebagai buah tangan. Namun, hanya sedikit toko yang dapat ditemukan menjual kerajinan ini. Tetapi sekalinya mendapatkan outlet yang menjual aneka souvenir termasuk wayang, dijamin kamu ingin membeli tiap kerajinannya. Tak jarang pula beberapa wilayah di Magelang mengadakan pameran wayang kulit yang sebagian wayangnya juga dijual dengan harga terjangkau. Bagi kamu yang suka mengoleksi barang antik, wajib banget bawa pulang Wayang Kulit!

Harga: Mulai Rp100.000

15. Garukan Tanduk

garukan tanduk
Garukan Tanduk, Foto Oleh Bukalapak Com

Jika Wayang Kulit hanya sebagai hiasan dinding, berbeda dengan Garukan Tanduk yang tak sekadar menjadi pajangan. Garukan Tanduk adalah souvenir khas Magelang yang biasa digunakan masyarakat Jawa sebagai alat penggaruk anggota tubuh. Alat bermanfaat ini terbuat dari tanduk binatang dan pegangannya dari kayu. Masyarakat setempat pun sering menjadikan alat ini untuk pijat refleksi sebagai pereda stres atau nyeri punggung. Sehingga, selain unik kerajinan ini juga dapat dijadikan oleh-oleh yang bermanfaat bagi kerabat di rumah.

Harga: Mulai Rp25.000

Itulah 15 oleh-oleh khas Magelang yang patut dibawa pulang. Magelang bukan hanya menjadi primadona jajanan khasnya, tetapi juga senantiasa memberi kepuasan bagi wisatawan yang mampir. Jangan lupa selalu memilih barang berkualitas dengan harga ramah kantong sebagai oleh-oleh di rumah. Jadi, mau berbelanja buah tangan yang mana dulu saat berkunjung ke kota ini?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 15 Oleh-Oleh Khas Magelang Paling Populer & Wajib Kamu Beli

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending