Ayu Setya Rini culinary enthusiast

15 Makanan Khas Gresik Yang Enak dan Bikin Kenyang

5 min read

pudak

Ketika mendengar nama kota santri, apa yang pertama kali tercetus dalam benak kalian? Yups, Kota Gresik merupakan wilayah yang dikenal dengan kota religi atau kota santri. Pesatnya perkembangan agama Islam di kota tersebut sebab adanya dua dari kesembilan wali songo. Bukan hanya itu saja, ternyata Gresik juga memiliki keistimewaan terhadap ragam kulinernya. Salah satu makanan khas Gresik paling populer yaitu Jubung, Sego Karak, Nasi Krawu dan masih banyak lagi. Setiap hidangan Kota Gresik memiliki sebuah keunikan yang menjadikan setiap orang sulit untuk melupakan cita rasanya. Lalu apa saja kuliner Gresik tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

1. Martabak Usus

martabak usus
Martabak Usus, Foto Oleh Cookpad Com

Pernahkah kamu mendengar tentang makanan khas Gresik Martabak Usus? Martabak spesial Gresik tersebut termasuk jenis gorengan yang memakai usus sebagai bahan bakunya. Tambah puas jika ditemani dengan berbagai macam gorengan, rasanya sudah pasti lezat juga gurih. Isian Martabak Usus ini berupa olahan bihun yang dicampur dengan telur dan usus. Sebelumnya usus dan bihun tersebut sudah dimasak secara terpisah.

Tidak hanya itu, cocolan sambal petis makin membuat cita rasanya sempurna. Petis sendiri terbuat dari bawang putih, cabai, garam dan gula yang ditumis kemudian dicampur air. Rasanya yang nikmat bikin kamu ingin segera menikmatinya sampai habis.

Tempat: Martabak Usus Mbak Ifa
Alamat: Jalan Sindujoyo Nomor 96, Tlogopojok Satu, Kemuteran, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik.

2. Nasi Krawu Gresik

nasi krawu
Nasi Krawu, Foto Oleh Masakapahariini Com

Nasi Krawu adalah salah satu kuliner khas Gresik yang sudah terkenal di berbagai daerah di Indonesia. Isian dari Nasi Krawu sendiri berupa sambal petis, nasi, ayam suwir, serundeng dan belacan. Tambahan lauk seperti belut, tahu, babat, usus, semur usus sapi dan paru goreng menjadikan Nasi Krawu semakin terasa nendang. Pastinya ketika kamu mulai menyuap nasi Krawu khas Gresik ini ingin menyuap lagi dan lagi.

Tempat: Nasi Krawu Bu Tiban
Alamat: Jalan Veteran No. 118, Sidomoro, Gresik

3. Sego Roomo

sego roomo
Sego Roomo, Foto Oleh Idntimes Com

Dilihat dari penampilan, Sego Roomo hampir mirip dengan bubur sumsum. Namun, jangan sampai salah Sego Roomo bukanlah sejenis bubur, melainkan hidangan dengan bumbu racikan yang hampir mirip dengan Sate Padang atau Lontong Manggul. Memiliki warna orange dan kental membuat Sego Roomo terlihat makin menarik.

Warna orange tersebut berasal dari bahan cabe dan sangria udang yang ditumbuk sampai halus. Cara penyajian Sego Roomo juga cukup unik, yaitu dengan pincuk yang terbuat dari daun pisang. Isiannya berupa nasi putih, singkong, peyek, kerupuk dan serundeng. Rasa yang lezat dan istimewa membuat siapa saja tergoda untuk menyantapnya. Makin tertarik dengan makanan khas Gresik Jawa Timur yang satu ini?

Tempat: Sego Roomo Bu Nasi’ah
Alamat: Maduran, Roomo, Manyar, Kabupaten Gresik

4. Bakso Giman GKB

bakso giman GKB
Bakso Giman GKB, Foto Oleh Bukanbocahbiasa Com

Saat berkunjung di Kota Gresik, disarankan untuk kamu mampir icip-icip kelezatan bakso di warung makan legendaris Bakso Giman GKB. Sudah menjadi rahasia umum kalau Bakso Giman adalah salah satu bakso paling enak di Kota Gresik. Empuknya daging bakso terasa nyaman saat digigit. Selain itu, kaldu dagingnya juga nendang dan bikin nagih. Tambahan mie putih, mie kuning, siomay dan gorengan semakin membuat cita rasanya nikmat dan bikin kenyang.

Tempat: Bakso H Giman GKB
Alamat: Jalan Jawa, Yosowilangun, Manyar, Gresik
Harga: Sekitar Rp20.000 – Rp.50.000 per porsi.

5. Otak-Otak Bandeng Gresik

otak-otak bandeng gresik
Otak-Otak Bandeng Gresik, Foto Oleh Bisnisukm Com

Otak-otak Bandeng tidak hanya datang dari Kota Sidoarjo saja, namun daerah Gresik juga punya otak-otak bandeng yang tak kalah nikmat. Seperti namanya, kuliner Gresik ini menggunakan ikan bandeng sebagai bahan dasarnya. Uniknya lagi, Otak-Otak Bandeng khas Gresik juga tidak menggunakan bahan pengawet. Jadi, sudah dipastikan lebih aman dan nikmat. Untuk itu, tertarik mencoba melengkapi kelezatan nikmatnya bersantap dengan Otak-Otak Bandeng?

Tempat: Otak-Otak Bandeng Gresik
Alamat: Jalan Sindujoyo, Telogopojok Satu, Lumpur, Gresik

6. Jubung

jubung
Jubung, Foto Oleh Bukalapak Com

Jika sudah mengenal jajanan jenang, pasti kamu akan familiar dengan Jubung khas Gresik. Kuliner khas Gresik ini dibuat dengan bahan dasar ketan hitam dengan taburan biji wijen diatasnya. Biasanya Jubung dimasak dengan menggunakan selongsong warna putih yang terbuat dari daun pinang muda. Untuk membuatnya sendiri diperlukan waktu sekitar 24 jam. Perpaduan rasa yang nikmat dan pastinya juga awet dan tahan lama membuat Jubung cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Harga: Sekitar Rp12.000 per bungkus.

7. Seafood Kerang Hijau

seafood kerang hiijau
Seafood Kerang Hijau, Foto Oleh Selerasa Com

Makanan khas Gresik Jawa Timur berikutnya datang dari jenis hewan laut berupa kerang, Seafood kerang hijau namanya. Kerang hijau Gresik memiliki ukuran lebih besar juga daging yang melimpah di dalamnya. Kuliner khas Gresik ini diolah bersama sosis asam manis dan sosis lada hitam. Hidangan khas dari Gresik ini akan lebih nikmat disantap dengan nasi hangat atau menyantapnya langsung. Jadi, tertarik mencoba bagaimana nikmatnya seafood kerang hijau khas Gresik ini?

8. Bonggolan

bonggolan
Bonggolan, Foto Oleh Wisata Harianjogja Com

Ketika berkunjung ke Gresik, kamu perlu mencoba kuliner yang unik ini, Bonggolan. Bonggolan sendiri dibungkus menggunakan daun pisang, berbentuk lonjong serupa dengan lemper, sosis atau otak-otak. Memiliki warna kecoklatan atau putih keruh, Bonggolan sebenarnya terbuat dari beragam jenis daging ikan dan tepung kanji yang sebelumnya dibumbui menggunakan garam, bawang putih, merica dan penyedap rasa. Soal rasa jangan ditanya lagi, gurih dan kenyal Bonggolan bakal makin terasa sempurna beradu ketika disantap bersama cocolan saus sambal.

Alamat: Jalan Raya Perumahan Gresik Kota Baru
Harga: Mulai dari Rp6.000 – Rp8.000 per bungkus.

9. Pudak

pudak
Pudak, Foto Oleh Kebudayaan Kemdikbud Go Id

Kue khas Gresik berikutnya yaitu Pudak. Pudak adalah jajanan khas Gresik yang terbuat dari santan kelapa, gula jawa dan tepung beras. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur sampai merata dan dibungkus menggunakan daun pisang, terakhir dikukus hingga matang. Pemakaian gula jawa memberikan warna pudak semakin terlihat menarik dengan cita rasa yang khas serta tampilannya yang unik.  Untuk itu, jangan sampai lupa membawa kudapan khas Gresik ini sebagai buah tangan ketika berada di Kota Santri.

Tempat: SARI KELAPA GROUP Toko Pudak Dan Oleh-Oleh Khas Gresik
Alamat: 15 No, Gg. XV No.2, Kebungson, Kemuteran, Gresik.

10. Sego Karak

segokarak
Sego Karak, Foto Oleh Cookpad Com

Bagi kalian yang tinggal di wilayah Gresik pasti mengenal dengan baik makanan khas Gresik, Sego Karak. Karak adalah nasi yang dikeringkan di atas sinar matahari, bila karak tersebut sudah kering, maka akan diproses kembali menggunakan campuran ketan hitam. Kedua bahan tersebut kemudian dimasak sampai matang serta disajikan bersama aneka lauk dan ditambahkan kerupuk juga rempeyek. Memiliki perpaduan rasa gurih juga tekstur renyah menjadikan hidangan khas Gresik ini semakin menggoda. Apalagi menikmatinya saat cuaca hujan, bikin ngunyah lagi dan lagi.

Harga: Sekitar Rp5.000 per biji.

11. Sego Menir

sego menir
Sego Menir, Foto Oleh Adventurose Com

Kuliner Gresik tidak jauh-jauh soal sego-segoan, masih ada Sego Menir yang wajib kamu coba. Sego Meneer, mener atau menir memiliki perbedaan yang menonjol jika dibandingkan dengan makanan khas Gresik lainnya. Menir adalah semacam beras kecil-kecil yang sudah dihaluskan. Bumbu dasar Sego Menir berupa bawang merah, bawang putih, kunci juga menir. Dan meski masakannya dicampur dengan bahan sejenis menir, kuah yang dihasilkan justru terlihat bening layaknya sayur bayam. Perpaduan rasa unik dan otentik dari olahan khas Gresik ini dijamin bikin kamu ingin mencoba untuk kedua kalinya.

Harga: Sekitar Rp7.000 per porsi.

12. Kotokan Bandeng

kotokan bandeng
Kotokan Bandeng, Foto Oleh Cookpad Com

Makanan khas Gresik Jawa Timur yang tak kalah nendang yaitu Kotokan Bandeng. Kuliner lebaran khas Gresik ini menggunakan kuah santan segar dan memiliki cita rasa gurih, apalagi ketika disantap bersama hangatnya ketupat, bikin ingin makan lagi dan lagi.

Bumbu kuah Kotokan Bandeng dipadukan dengan belimbing wuluh, maka dari itu cita rasa yang diberikan akan terasa pedas, asam dan manis dalam satu suapan. Tambahan lauk seperti tempe, tahu dan kerupuk bakal memberikan sensasi terlewatkan ya dan komplit yang selalu menggiurkan.

13. Ayas

ayas
Ayas, Foto Oleh Cookpad Com

Pernahkah mendengar tentang jajanan Ayas? Ayas adalah makanan sejenis jenang yang umumnya terbuat dari adonan tepung ketan. Rasa gurih yang diperoleh dari tepung ketan tersebut memanggil hati untuk memakannya terus-menerus. Selain itu, perpaduan rasa manis dari gula makin membuat hari-harimu lebih bertenaga. Ayas umumnya dihidangkan dengan banyak warna menarik seperti merah, hijau, kuning dan orange, juga taburan wijen sebagai topping. Untuk itu, bagi kamu yang bertandang ke Gresik wajib banget membawa Ayas sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Harga: Sekitar Rp14.000 per porsi.

14. Bubur Masin

bubur masin
Bubur Masin, Foto Oleh Cookpad Com

Jika ditanya apa sarapanmu ketika di Gresik, maka Bubur Masin merupakan jawaban yang tepat. Namun, kebanyakan bubur ini dijual saat bulan ramadhan, jadi kemungkinan dimakan saat buka puasa atau sahur, tenang saja karena kamu masih bisa menyantapnya untuk penunda lapar saat pagi. Selain cita rasanya yang nikmat, tambahan daun kemangi akan semakin menggugah nafsu makanmu.

Makanan khas Gresik Jawa Timur ini memang sekilas memiliki kesamaan dengan bubur Manado. Tapi jangan salah, rasa yang dihasilkan dari Bubur Masin bakal bikin kamu tergoda untuk menyantapnya lagi dan lagi.

15. Es Siwalan

es siwalan
Es Siwalan, Foto Oleh Cookpad Com

Cuaca terik dan gerah di siang hari memang paling nikmat minum yang segar-segar. Misalnya saja, Es Siwalan khas Gresik ini. Minuman khas Gresik ini berbahan utama buah siwalan atau buah lontar. Sedangkan campurannya berupa daun pandan, gula merah, air legen dan es batu. Perpaduan rasa manis juga segar bakal bikin tenggorokan segar seketika ketika kamu meminumnya.

Alamat: Timur Gress Mall Gresik

Bagaimana, cukup beragam dan unik bukan kuliner khas Gresik? Untuk itu belum sah rasanya ketika bertandang ke Kota Santri melewatkan ragam wisata kuliner khasnya. Itulah sebabnya siapkan budget dan cobain ragam kuliner Gresik yang enak abis dan rasa lezatnya sampai nyangkut dihati.

Ayu Setya Rini
Ayu Setya Rini culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *