Ayu Setya Rini culinary enthusiast

17 Kuliner dan Makanan Khas Pekalongan Paling Lezat

4 min read

Pindang Tetel

Pekalongan dikenal sebagai Kota Batik, karena batik khas Pekalongan mempunyai motif istimewa, menarik dan bervariasi. Selain batiknya, kota Pekalongan juga kaya akan kuliner khas yang memanjakan lidah juga tak kalah populer. Masing-masing makanannya tentu memiliki kelezatan yang berbeda. Disana kamu dapat mencicipi berbagai masakan kering, basah, goreng, kukus dan masih banyak lagi. Dari berbagai varian yang bisa jadi pilihan kamu, 17 makanan khas Pekalongan ini wajib banget di coba. Selain cita rasanya yang unik, pastinya juga istimewa. Mau tau apa saja kuliner Pekalongan tersebut? Simak ulasannya dalam artikel berikut ini.

1. Nasi Megono

Nasi Megono
Nasi Megono, Foto Oleh Jateng Idntimes Com

Makanan khas Pekalongan yang wajib banget kamu coba saat singgah di Kota Batik adalah Nasi Megono. Seperti namanya Nasi Megono merupakan kuliner khas Pekalongan berbahan dasar nasi dengan isian sayur, olahan nangka muda yang dipadukan bersama sambal kelapa. Cita rasanya yang gurih tentu bakal bikin kamu ketagihan. Apalagi kamu menikmatinya dalam keadaan hangat ditemani dengan petai dan ikan goreng? Bikin tidak ingin berhenti menyuap lagi dan lagi.

Harga: Mulai Rp2.000- Rp10.000

2. Garang Asem

Garang Asem
Garang Asem. Foto Oleh Topwisata Info

Ketika berada di Pekalongan, kamu wajib coba menu satu ini. Garang Asem namanya. Makanan khas Pekalongan Jawa Tengah yang disajikan menggunakan daging sapi empuk, lalu ditambah kuah asam bening segar. Garam Asem sekilas mirip dengan rawon sebab keduanya sama-sama menggunakan kluwek sebagai bahan utamanya. Namun jangan sampai salah! Cita rasa garang asem khas Pekalongan berbeda dengan rawon Jawa Timur yang pastinya tak kalah nikmat. Untuk itu, ketika kamu berkunjung ke Kota Batik ini, wajib banget menyantap Garang Asem ditemani dengan Nasi Megono, dijamin makin ingin menyuap terus dan terus.

Harga: Mulai dari Rp15.000 – Rp20.000

3. Tauto

Tauto
Tauto. Foto Oleh Ksmtour Com

Kamu pecinta aneka Sop? Wajib untuk mencoba menu yang satu ini, Tauto. Kuliner Pekalongan sejenis sop daging dengan kuah kental yang diracik menggunakan bumbu tauto. Tauto sendiri yaitu penyedap makanan, semacam saus yang diolah dari kedelai yang sudah dibusukkan sampai teksturnya kental. Makanan ini biasanya dihidangkan menggunakan daging sapi, ayam dan kerbau. Cita rasa tauto yang khas bakal bikin kamu ketagihan untuk mencobanya berulang kali.

Harga: Mulai Rp17.000

4. Kluban

Kluban
Kluban, Foto Oleh Id Pinterest Com

Makanan khas Pekalongan Jawa Tengah ini wajib untuk dimasukkan ke dalam list makanan favorit. Kluban merupakan sajian khas Pekalongan yang dihidangkan dengan cara mencampur sayur kol, bayam, kacang panjang, kangkung rebus serta tauge, kemudian dipadukan dengan parutan kelapa. Cita rasanya yang pedas dan gurih bakal makin terasa mantap saat dipadukan bersama nasi hangat.

Harga: Mulai Rp5.000

5. Pindang Tetel

Pindang Tetel
Pindang Tetel, Foto Oleh Cookpad Com

Dari namanya saja Pindang Tetel, tapi bukan berarti bahan utama olahan makanan ini adalah ikan pindang, melainkan tetelan daging sapi. Makanan khas Pekalongan Jawa Tengah ini dimasak menggunakan kluwek serta tambahan bumbu khusus. Pindang Tetel memiliki ciri khas berwarna hitam pekat serta kuahnya yang kental dan cita rasa gurih yang bikin siapa saja tidak ingin berhenti mencicipinya. Jadi, tertarik mencoba kelezatan kuliner Pekalongan ini?

Harga: Sekitar Rp6.000 per porsi.

6. Lontong Lemprak

lontong lemprek
Lontong Lemprak, Foto Oleh Liputan6 Com

Bicara soal soto, Lontong Lemprak merupakan salah satu makanan yang diolah hampir mirip dengan panganan soto. Bahan utamanya adalah ayam kampung yang sudah digoreng kemudian disirami kuah kental. Aroma dan cita rasa yang khas bikin Lontong Lemprak selalu jadi incaran wisatawan lokal maupun mancanegara ketika berkunjung ke Kota Batik. Apalagi kamu menyantap olahan ini saat siang hari? Rasanya bikin tidak ingin berhenti ngunyah.

Harga: Mulai Rp19.000

7. Kue Lumpang

Kue Lumpang
Kue Lumpang, Foto Oleh Resepkuerenyah Com

Bagi kamu pecinta kue, maka jajanan khas Pekalongan Kue Lumpang wajib dicicipi. Kue Lumpang merupakan olahan areh atau sejenis santan kelapa kental yang diberi topping daun bawang di atasnya. Perpaduan cita rasanya yang gurih dan manis akan makin terasa nikmat saat disantap bersama teh hangat di sore hari. Tidak cukup sampai disitu, Kue Lumpang juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Pekalongan untuk keluarga di rumah. Jadi, tertarik mencoba atau membawanya pulang sebagai buah tangan?

Harga: Mulai Rp10.000

8. Ongol-Ongol

ongol-ongol
Ongol-Ongol, Foto Oleh Cookpad Com

Tidak hanya kue, Pekalongan juga punya jajanan yang tidak boleh terlewatkan, Ongol-Ongol namanya. Cemilan ini terbuat dari tepung sagu yang dicampur bersama gula jawa atau gula merah untuk pelengkap. Memiliki cita rasa manis dan gurih yang khas dijamin bakal bikin kamu ingin segera menikmatinya saat ini juga. Jadi, bagaimana mau mencoba bagaimana kenikmatan camilan khas Pekalongan ini?

Harga: Mulai Rp7.000

9. Apem Kesesi

apem kasesi
Apem Kasesi, Foto Oleh Inibaru Id

Apem Kesesi adalah salah satu kue tradisional khas Pekalongan. Cemilan ini berbahan dasar kombinasi tepung beras dan gula aren. Memiliki pinggiran yang dibuat tipis dengan warnanya coklat. Warna tersebut berasal dari gula aren. Selain itu, Apem Kesesi juga dihidangkan di atas daun pisang sehingga aromanya khas dan cita rasanya nikmat. Mau disantap maupun dijadikan buah tangan Apem Kesesi bisa jadi pilihan jajanan murah meriah, nikmat khas dari Pekalongan.

Harga: Mulai Rp1.000

10. Kluban Bothok

kluban bothok
Kluban Bothok, Foto Oleh Inibaru Id

Jika kamu sudah berada di Pekalongan, pastinya jangan sampai melupakan makanan khas Pekalongan satu ini, Kluban Bothok. Makanan ini dihidangkan bersama bothok bongkrek. Isinya yaitu berupa kacang panjang, sayur bayam, kol, tauge dan kangkung. Kluban Bothok sekilas mirip dengan urap namun pastinya cita rasanya khas dan bikin kamu tergoda menyuap nasi berulang kali saat mengkonsumsinya.

Harga: Mulai Rp3.500 – Rp7.000

11. Srinthil

srinthil
Srinthil, Foto Oleh Bosmeal Com

Jika sudah paham dengan ongol-ongol, Srintil juga jajanan khas Pekalongan yang hampir mirip. Kedua makanan tersebut sama-sama bertekstur kenyal, gurih dan manis. Hanya saja perbedaannya terletak pada bentuknya. Dimana, jajanan tradisional Srinthil mempunyai bintik karena terbuat dari tepung yang menjadi bahan utama pembuatannya.

12. Glundung

glundung
Glundung, Foto Oleh Jajananpasarnusantara BlogspoT Com

Cemilan yang lagi-lagi wajib masukkan ke dalam daftar makanan khas maupun buah tangan dari Pekalongan adalah Glundung. Diberi nama Glundung sebab bentuknya bulat dan dapat digelindingkan. Glundung merupakan camilan khas Pekalongan yang terbuat dari ketela pohon dengan gula aren yang menjadi isiannya. Cita rasanya yang manis dan khas akan cocok disantap sebagai camilan saat bersama keluarga ditemani secangkir teh hangat di sore hari. Jadi, mau mencoba menghadirkannya sebagai camilan sore ini?

Harga: Mulai Rp.500

13. Iwel-Iwel

iwel-iwel
Iwel-Iwel, Foto Oleh Cookpad Com

Iwel-iwel atau familiar disebut Poci, adalah makanan khas Pekalongan Jawa Tengah yang harus dicoba saat sudah mengunjungi Kota Batik. Makanan ini berbentuk seperti limas dan dibungkus daun pisang. Bahan dasarnya beras ketan dengan isian serundeng. Cita rasanya yang gurih dan nikmat akan makin terasa lengkap saat dijadikan sebagai camilan ketika menyeduh secangkir kopi.

14. Growol

Growol
Growol, Foto Oleh Goodnewsfromindonesia Id

Growol merupakan makanan khas Pekalongan berbahan dasar singkong dan gula jawa. Makanan ini sering dijadikan sebagai makanan pengganti nasi karena cita rasanya gurih dan nikmat. Growol khas Pekalongan mempunyai berbagai varian yang bisa kamu pilih sesuai selera. Kadang gulanya yang rendah dan pastinya nikmat membuat Growol jadi primadona warga Pekalongan. Jadi, tak heran kalau sudah datang di Kota Batik, kuliner ini jangan sampai terlewatkan.

Harga: Mulai Rp3.000 – Rp30.000

15. Kopi Tahlil

kopi tahlil
Kopi Tahlil, Foto Oleh Discoverpekalongan Com

Kamu pecinta kopi? Saat yang tepat untuk mencoba rasa khas Kopi Tahlil. Berbahan dasar rempah yang diseduh seperti kapulaga, jahe, cengkeh, pandan, serai, kayu manis dan pala, cita rasa kopi khas Pekalongan ini berbeda dari lainnya. Rasanya yang khas dan tentunya bermanfaat sebagai penghangat tubuh menjadikan Kopi Tahlil wajib masuk minuman yang tidak boleh terlewatkan untuk dicoba ketika di Pekalongan.

Harga: Mulai Rp3.000 – Rp5.000

16. Keripik Tahu

keripik tahu
Keripik Tahu, Foto Oleh Fimela Com

Makanan khas Pekalongan Jawa Tengah satu ini merupakan menu terfavorit masyarakat Kota Batik. Seperti namanya, Keripik Tahu merupakan jajanan khas Pekalongan berbahan dasar tahu yang diberi bumbu khusus kemudian digoreng hingga teksturnya renyah. Rasanya yang gurih dan nikmat cocok dijadikan menu pelengkap beragam hidangan maupun dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Jadi, bagi kamu yang menyukai kerupuk sebagai pelengkap saat makan, wajib banget mencoba jajanan satu ini ketika berada di Pekalongan.

Harga: Mulai Rp17.000

17. Lopis

lopis
Lopis, Foto Oleh Grid Id

Lopis adalah salah satu cemilan khas Pekalongan berbahan dasar beras ketan. Memiliki bentuk yang mirip dengan lontong dan bertekstur lebih padat, Lopis biasanya dihidangkan dengan parutan kelapa. Rasanya yang gurih dan nikmat menjadikan makanan ini sering dijadikan sebagai makanan wajib orang Pekalongan ketika lebaran Idul Fitri.

Bagaimana cukup lengkap bukan kuliner khas Pekalongan di atas? Jadi, siapkan budget dan manjakan lidah ketika berada di Kota Batik. Jangan sampai kamu hanya berdiam diri di hotel tanpa mencoba berwisata kuliner Pekalongan yang pastinya enak, lezat, nampol dan murah meriah. Untuk itu, mau icip-icip kuliner mana lebih dulu ketika singgah di Pekalongan?

Last Updated on November 19, 2020

Ayu Setya Rini
Ayu Setya Rini culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *