1. Kuliner

15 Kuliner dan Makanan Khas Kebumen Penuh Cita Rasa

Kebumen merupakan salah satu kabupaten yang ada di pesisir selatan Jawa Tengah. Kabupaten ini terkenal dengan sebutan kota walet. Berkunjung ke Kebumen tak akan membuat harimu sia-sia, sebab selain menyuguhkan tempat wisata menarik, kamu dapat mencoba berbagai hidangan khas Kebumen dengan masing-masing keunikannya. Sebagai wilayah yang mayoritas adalah masyarakat kreatif, tentunya kuliner khasnya juga tak kalah spesial. Itulah sebabnya ketika bertandang ke kabupaten ini 15 makanan khas Kebumen wajib banget untuk dicoba. Puaskan hasrat kulineran dengan mencoba ragam hidangan kebumen yang penuh cita rasa ini.

1. Soto Tamanwinangun

soto tamanwinangun
Soto Tamanwinangun, Foto Oleh Kompasiana Com

Kuliner soto memang tak bisa ditolak kehadirannya, bahkan kamu bisa menjajal hidangan ini di berbagai kota. Sajian berkuah yang begitu menyegarkan, tentunya juga dapat kamu temukan di Kebumen, Soto Tamanwinangun namanya. Soto Tamanwinangun adalah makanan khas Kebumen yang memakai daging entok atau itik serati.

Dimana, soto ini menggunakan kuah santan yang dicampur bersama kaldu entok. Umumnya, Soto Tamanwinangun juga dihidangkan bersama ketupat dan sambal. Kuliner khas Kebumen Soto Tamanwinangun dapat dijadikan menu makan siang apalagi disantap dalam keadaan hangat, bikin perpaduan rasa yang sempurna dan tentunya mengenyangkan.

Tempat: Warung Soto Entog Darsum
Alamat: Jalan Pemuda Nomor 50, Pasar Pari
Alamat: Jalan Pemuda Nomor 50, Pasar Pari

2. Sale Pisang

sale pisang
Sale Pisang, Foto Oleh Bog Sayurbox Com

Sale Pisang adalah salah satu oleh-oleh khas Kebumen yang wajib kamu bawa pulang. Sale Pisang khas Kebumen berasal dari buah pisang yang sudah diiris tipis dan dijemur di bawah sinar matahari, sehingga tahan lama. Selanjutnya, pisang yang sudah kering akan digoreng bersama adonan tepung terigu. Perpaduan rasa gurih dan manis serta tahan lama membuat Sale Pisang wajib dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah.

Tempat: Pasar Kutowinangun
Harga: Sekitar Rp8.000 per bungkus.

3. Nasi Penggel Kebumen

nasi penggel kebumen
Nasi Penggel Kebumen, Foto Oleh Inibaru Id

Hidangan khas Kebumen Jawa Tengah yang menggunakan bahan baku nasi, jeroan sapi atau kikil dan sayur nangka adalah Nasi Penggel. Kuliner Kebumen ini bentuknya mirip dengan bola kecil yang dihidangkan di atas daun pisang atau pincuk.Dimana, ada 7 – 8 penggel dalam sepincuk daun pisang.

Cita rasa gurih, pedas dan nikmat membuat Nasi Penggel Kebumen cocok dijadikan sebagai menu santap siang. Perpaduan rasa yang sempurna dalam setiap suapannya dijamin bikin kamu ketagihan untuk mencobanya berulang kali.

Tempat: Warung Nasi Penggel Pak Suratman
Alamat: Jalan Raya Pejagoan
Harga: Mulai Rp8.000 – Rp10.000 per porsi.

4. Yutuk Goreng

yutuk goreng
Yutuk Goreng, Foto Oleh Goodnewsfromindonesia Com

Selain Kota Cilacap, Kebumen juga menyediakan kuliner Yutuk yang tak kalah nagih loh. Yutuk merupakan sejenis hewan laut yang biasanya ditemui di pesisir Pantai Petanahan. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai undur-undur laut. Hewan laut ini selanjutnya diolah menjadi bermacam masakan misalnya Yutuk Goreng, bakwan atau rempeyek Yutuk.

Rempeyek atau bakwan Yutuk lebih enak dijadikan sebagai lauk ketika menjajal makanan khas Kebumen lain. Sedangkan Yutuk Goreng biasanya dijadikan cemilan atau lauk pendamping. Jadi, tertarik mencoba nikmatnya kuliner Yutuk saat berada di Kebumen?

Tempat: Sepanjang kawasan Pantai Petanahan
Harga: Sekitar Rp1.000 per biji.

5. Lanting Khas Kebumen

lanting khas kebumen
Lanting, Foto Oleh Id Wikipedia Org

Sobat Kuliner Kota mungkin sudah tak asing lagi dengan kudapan Lanting. Meski banyak diperdagangkan di berbagai daerah, tetapi Lanting khas Kebumen tetap menjadi idaman para wisatawan. Lanting adalah jajanan berbentuk angka delapan dengan singkong yang menjadi bahan dasarnya.

Awalnya, Lanting hanya diproduksi dengan dua varian rasa, yakni bawang goreng dan original, tetapi kini kamu bisa menemukan aneka varian mulai rasa keju, jagung bakar, pedas manis sampai balado. Rasa yang nikmat dan tentunya khas membuat Lanting juga cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Jadi, tertarik untuk mencobanya?

Tempat: Pusat Oleh-Oleh Bumbu Cahaya
Alamat: Desa Lemahduwur, Kuwarasan, Kebumen
Harga: Mulai Rp9.000 – Rp12.000 per bungkus.

6. Kethek

kethek
Kethek, Foto Oleh Cookpad Com

Terdengar unik, makanan khas Kebumen ini merupakan hidangan yang wajib untuk kamu cicipi, Kethek. Hidangan khas Kebumen berbahan dasar ampas pembuatan minyak kelapa, kemudian diproses sampai menjadikan sajian Kethek yang sedap.

Hidangan yang sudah melegenda sejak dulu ini, biasanya disajikan dengan nasi hangat, tempe goreng dan getuk, kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Dijamin rasanya unik dan bikin kamu ingin mencoba berulang kali.

Harga: Mulai Rp20.000 – Rp25.000 per kilogram.

7. Makanan Khas Kebumen Golak

golak
Golak, Foto Oleh Jejakpiknik Com

Makanan khas Kebumen Golak adalah sejenis jajanan yang dijual saat ada pertunjukan rakyat seperti Wayang dan Kuda Lumping. Golak berbentuk mirip Lanting tetapi dengan ukuran lebih besar, berbahan dasar singkong yang empuk. Kuliner khas Kebumen Golak biasanya berwarna kecoklatan.

Cara pembuatan hidangan nikmat khas Kebumen ini juga cukup sederhana. Dimana, singkong diparut sampai hancur kemudian dicuci lalu dipisahkan airnya dan diambil patinya kemudian diendapkan. Kemudian, Ampas singkong (onggok) tersebut dicampur dengan pati dan diuleni sampai rata. Kuliner Kebumen ini akan terasa makin nikmat dimakan selagi hangat.

Harga: Sekitar Rp10.000 per bungkus.

8. Mendoan

mendoan
Mendoan, Foto Oleh Mendoan Kebumen Blogspot

Bagi kamu pecinta mendoan, tak afdol ketika belum mencoba Mendoan khas Kebumen ini. Kuliner Kebumen Mendoan adalah sajian berbahan dasar tempe tipis yang dilapisi bumbu ketumbar, bawang, garam dan daun bawang kemudian digoreng. Ukuran tempe mendoan khas Kebumen pun tak tanggung-tanggung, jika diukur bisa sampai memenuhi satu piring. Tentunya dijamin lebih puas dan terasa makin nikmat saat disantap bersama cocolan sambal. Dijamin bikin sobat Kuliner Kota, tidak ingin berhenti mengunyah.

Harga: Sekitar Rp1.500 per biji.

9. Sate Ambal

sate ambal
Sate Ambal, Foto Oleh Id Wikipedia Org

Sate Ayam Ambal adalah jenis kuliner khas dari Kebumen yang sudah menjadi primadona. Dimana, kamu akan menemukan sajian sate dengan tekstur daging empuk serta bumbu khas yang bikin olahan sate makin terasa sedap. Saus sambal yang identik encer dan super pedas membuatnya sekilas mirip dengan kuah masakan padang. Satu lagi, aroma Sate Ambal yang khas makin membuat kamu tergoda untuk segera menikmatinya.

Tempat: Warung Pak Kasman
Alamat: Jalan Daendels, Kebumen
Harga: Sekitar Rp 34.000 per porsi.

10. Soto Ayam Petanahan

soto ayam petanahan
Soto Ayam Petanahan, Foto Oleh Perpus Jatengprov Go Id

Sedang berada di wisata Kebumen? Jangan sampai lupa meluangkan waktu untuk mampir mencicipi Soto Ayam Petanahan. Hidangan khas Kebumen Jawa Tengah ini terkenal nagih. Kamu akan menemukan Soto Ayam yang berisi suwiran daging, tauge, taburan bawang goreng dan potongan ketupat.

Perpaduan rasa nikmat akan makin terasa nendang karena dilengkapi kuah soto yang kental dan gurih sebab disajikan bersama bumbu rempah. Tentunya dijamin bikin kamu berselera seketika mencium aromanya saja. Jadi, sudah membayangkan nikmat dan sedapnya rasa Soto Ayam Petanahan ketika di santap dalam keadaan hangat?

Tempat: Kedai Pak Kored
Alamat: Pasar Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah
Harga: Sekitar Rp9.000 per porsi.

11. Kue Satu Kacang Ijo

kue satu kacang ijo
Kue Satu Kacang Ijo, Foto Oleh Bisikan Com

Singkong dan kacang hijau merupakan bahan pangan yang sering ditemukan di daerah Kebumen. Itulah sebabnya, ketika bertandang ke kabupaten ini olahan Kue Satu Kacang Hijau wajib banget dicoba. Kue khas Kebumen ini diproses menggunakan tepung kacang hijau yang sudah dicampur gula putih, kemudian dipanggang. Perpaduan cita rasa manis dan tentunya juga empuk menjadikan Kue Satu Kacang akan meleleh di lidah ketika kamu mulai mengingatnya. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mencoba bagaimana nikmatnya kue khas Kebumen satu ini.

Harga: Sekitar Rp15.000 per porsi.

12. Emping Mendem

Emping mendem
Emping Mendem, Foto Oleh Foodnesia Net

Selanjutnya oleh-oleh khas Kebumen yang terkenal di berbagai daerah adalah Emping Mendem. Kudapan khas Kebumen ini diolah dengan bahan biji melinjo serta memiliki berbentuk lebih kecil dan padat daripada emping pada umumnya. Cita rasa gurih yang dimiliki Emping Mendem bakal bikin terasa nikmat saat dipadukan dengan berbagai variasi lain seperti asin, pedas maupun manis. Tentunya rasa yang sempurna dan bikin kamu tidak mau berhenti mengunyah saat pertama kali mencoba kuliner Kebumen ini.

Harga: Sekitar Rp20.000 per bungkus.

13. Sagon Kelapa

sagon kelapa
Sagon Kelapa, Foto Oleh Cookpad Com

Selain Emping Mendemnya yang gurih, Sagon Kelapa khas Kebumen pun tak kalah terkenal. Makanan khas dari Kebumen ini terbuat dari parutan kelapa dan tepung ketan yang diolah dengan dipanggang tipis-tipis. Sagon Kelapa cocok dijadikan camilan saat bersantai ditemani dengan secangkir teh hangat. Perpaduan rasa nikmat, gurih dan manis tentu bikin kamu tergoda menyantapnya lagi dan lagi.

Harga: Sekitar Rp13.000 per kilo.

14. Keripik Pisang

keripik pisang
Keripik Pisang, Foto Oleh Keeprecipes Com

Keripik Pisang tak pernah hilang dari daftar oleh-oleh khas Kebumen. Di kota Walet ini kamu akan menemukan Keripik Pisang unik dengan cita rasa asin manis serta teksturnya renyah. Tentunya kuliner Kebumen ini juga cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah, karena tahan lama. Jadi, tidak ada alasan ketika bertandang ke Kebumen tapi pulang tidak membawa hidangan gurih satu ini.

Harga: Sekitar Rp13.000 per porsi.

15. Jipang Kacang

jipang kacang
Jipang Kacang, Foto Oleh Cookpad Com

Makanan khas Kebumen Jipang Kacang juga wajib banget kamu coba. Terbuat dari kacang tanah yang dicampur dengan minyak sayur dan gula jawa, menjadikannya punya rasa manis, gurih dan legit yang otentik. Tidak hanya itu, sensasi lengket ketika digigit, dijamin bikin kamu tergoda untuk mencicipinya. Tentunya selain nikmat, Jipang Kacang juga wajib banget kamu jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Rasa crunchy dan manis yang pas bakal bikin kamu mengingat momen manis di Kebumen ketika mencobanya.

Cukup beragam bukan, kuliner Kebumen ala Kuliner Kota diatas? Tentunya kamu tidak perlu khawatir akan kelaparan saat berada di kabupaten ini. Karena ragam wisata kuliner mulai dari bercita rasa gurih, manis, pedas dan beragam rasa lainnya siapa memanjakan lidah. Tentunya untuk harga juga sangat ramah di kantong, jadi dijamin kamu bisa puas wisata kuliner tapi nggak bikin kantong tipis. Jadi, ketika berada disini makanan khas Kebumen mana yang ingin dicoba terlebih dahulu?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 15 Kuliner dan Makanan Khas Kebumen Penuh Cita Rasa

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]