Ayu Setya Rini culinary enthusiast

20 Tempat Makan di Pekalongan Terkenal Bikin Ketagihan

8 min read

coffee and beyond

Selain terkenal dengan hidangan malam dan oleh-olehnya, Pekalongan pun menyediakan tempat kulineran recommended buat para wisatawan. Kota di Jawa Tengah satu ini termasuk banyak dikunjungi berkat sajian khasnya yang telah mendunia. Makanan khas Pekalongan memang tiada banding dan selalu sedap setiap santapan. Oleh karena itu, bagi kamu yang bertandang ke kota ini wajib banget mampir ke berbagai tempat makan yang ada di Pekalongan, karena jika menyantap di tempatnya langsung, hidangan khasnya akan selalu terasa memuaskan. Penasaran apa saja tempat makan di Pekalongan? Berikut rekomendasinya.

1. Lesehan Nasi Megono

lesehan nasi megono
Lesehan Nasi Megono, Foto Oleh Travelingyuk Com

Sebelum beranjak mengetahui tempat makan ini, tahukah apa itu nasi megono? Nasi megono merupakan salah satu hidangan khas daerah pekalongan terdiri dari nasi, cacahan nangka muda bercampur parutan kelapa dan bumbu lain. Nah, di warung lesehan ini disediakan variasi isian nasi megono, bisa memakai tambahan berupa ayam maupun hanya tahu dan tempe.

Menu tambahan lain juga tersedia mulai dari sate telur puyuh, pepes ikan, mendoan tempe sampai capitan. Nasi megono khas lesehan ini pun lebih lezat cita rasanya, sehingga harganya juga sedikit lebih mahal dari hidangan biasa. Tak sampai di situ, kamu pun akan mendapatkan pelayanan terbaik mulai dari porsinya yang mengenyangkan sampai fasilitas gratis.

Alamat; Jalan Urip Sumoharjo No. 209, Pringlangu, Pekalongan
Jam Buka: 18.00 – 23.00 WIB
Harga: Mulai Rp15.000

2. Teras Bali

teras bali
Teras Bali, Foto Oleh Cintapekalongan Com

Resto Teras Bali termasuk wisata kuliner yang cukup tersohor di daerah Pekalongan. Cocok bagi yang sedang mencari hidangan tradisional dan kekinian, kamu bisa memilih menu mulai dari sup, salad, aneka olahan ayam dan ikan. Tempat ini pun menyediakan sajian mancanegara yang dibandrol dengan harga bervariasi.

Konsep tempatnya menawan dengan dekorasi ala Bali lengkap dengan furnitur khasnya. Tak usah menunggu lama, kamu bisa menikmati pesanan, tempat duduknya pun banyak jadi tidak perlu khawatir kehabisan. Tanpa tunggu lama lagi, kunjungi tempat makan Pekalongan ini selagi berada di sana.

Alamat: Jalan H. Agus Salim No. 72, Poncol, Pekalongan
Jam Buka: 09.30 – 22.00 WIB
Harga: Mulai Rp20.000

3. Warung SS

warung ss
Warung SS, Foto Oleh Javatravel Net

Salah satu tempat makan di Pekalongan yang setiap hidangannya tak pernah terlupakan di lidah wisatawan adalah Warung SS. Warung makan ini cocok bagi kamu penyuka pedas maupun masakan dengan porsi banyak. Lokasinya dekat dengan POM Bensin Baros sehingga mudah dijangkau.

Menawarkan beragam tingkat kepedasan di setiap sambal yang dipadukan pada hidangan. Sedangkan menunya berupa ayam, sayur, lele dan masih banyak lagi. Biasanya Warung SS akan dipenuhi pelanggan saat jam makan siang, sehingga kamu hanya butuh kesabaran atau jika perlu datang saja ketika pagi.

Alamat: Jalan Raya Sapugarut No. 277, Sapugarut Barat, Sapugarut, Pekalongan
Jam Buka: 13.00 – 21.00 WIB

4. Angkringan Sang Dalang

angkringan sang dalang
Angkringan Sang Dalang, Foto Oleh Kedaisangdalang Business Site

Ingin menikmati hidangan nikmat sekaligus hemat di dompet? Kamu perlu datang ke Angkringan Sang Dalang. Meski terkenal dengan harganya yang murah, namun sampai sekarang warung makan ini selalu menjadi favorit masyarakat bahkan wisatawan. Hidangan yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari nasi uduk, nasi kucing serta aneka lauk tahu, tempe dan telur. 

Bukan angkringan biasa, tempat makan ini sebenarnya adalah resto berkonsep cafe juga bergaya klasik khas Jawa. Tempatnya pun nyaman sehingga kamu bisa berlama-lama disini. Tenang saja, kamu tak akan kehabisan tempat walau datang saat malam.

Alamat: Jalan Merdeka No. 29 – 42, Kraton Lor, Pekalongan
Jam Buka: 17.00 – 00.00 WIB
Harga: Sekitar Rp7.000

5. Nasgor Ibu Kustiani

nasgor ibu kustiani
Nasgor Ibu Kustiani, Foto Oleh Javatravel Net

Bagi yang tertarik mencoba nikmatnya nasi goreng khas Pekalongan, kamu bisa berkunjung ke Nasgor Ibu Kustiani loh. Warung makan di Pekalongan ini bercita rasa sedap dan mantap dimakan dalam porsi besar. Nasi gorengnya tentu berbeda dari nasi goreng biasa, karena memasaknya pun masih memakai cara tradisional yakni memakai tungku dan bara arang.

Tak hanya nasi goreng, ada pula capcay kuah yang rasanya tak kalah lezat. Dalam ukuran warung, tempat ini termasuk luas dengan banyak kursi yang melengkapinya. Walau dari luar terlihat biasa, namun kamu akan menemukan kenyamanan setelah masuk ke warung Nasgor Ibu Kustiani.

Alamat: Jalan Angkatan 45, Kraton Kidul, Pekalongan Barat, Pekalongan
Jam Buka: 17.00 – 23.00 WIB
Harga: Mulai Rp10.000

6. Ayam Gepuk

ayam gepuk
Ayam Gepuk, Foto Oleh Facebook Com

Kuliner ayam gepuk dan bebek goreng sudah menjadi andalan ketika berada di tempat makan ini. Resto Ayam Gepuk berada di daerah Tirto atau tepatnya di selatan alun-alun kota Pekalongan. Ayam gepuknya pun memakai resep turun temurun dengan sambal lezat dan tambahan nasi hangat yang membuatnya lebih mengenyangkan.

Rentang harga ayam gepuk dan bebek gorengnya pun tak sampai membuat dompet tipis, bahkan kamu bisa nambah nasi serta lauk. Saat memesan menu, pelanggan akan ditawarkan paket mulai dari paket istimewa sampai paket hemat. Istimewanya lagi, di sini kamu tidak akan menemukan hal yang mengganggu mata karena selalu bersih dan leluasa.

Alamat: Jalan Gajah Mada Bar No. 9, Tirto, Pekalongan
Jam Buka: 09.00 – 21.00 WIB
Harga: Mulai Rp10.000

7. Sego Kucing Jogja

sego kucing jogja pekalongan
Sego Kucing Jogja Pekalongan, Foto Oleh Facebook Com

Sego kucing identik dengan menu khas angkringan, namun kali ini ada pula resto yang menyediakan sego kucing khasnya. Meski dari namanya hanya sekadar nasi kucing, tetapi berbeda lagi dengan cita rasa yang lebih lezat dari sajian nasi kucing biasa. Karena mengusung tema prasmanan, di sini pelanggan akan dibebaskan memilih makanan dan porsinya.

Selain itu, porsi nasi kucingnya pun bervariasi, mulai dari porsi kecil sampai porsi keluarga. Jadi, kamu bisa ajak keluarga atau teman bersama-sama menikmati kelezatan nasi kucing. Resto Sego Kucing Jogja Pekalongan mementingkan kenyamanan pelanggan, sehingga pelayanannya pun selalu memuaskan.

Alamat: Jalan Tentara Pelajar No. 55, Kandang Panjang, Pekalongan
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

8. Rumah Makan Ikan Bakar Wiroto

rumah makan ikan bakar wiroto
Rumah Makan Ikan Bakar Wiroto, Foto Oleh Ranggawisata Com

Jika kamu adalah salah satu penyuka hidangan seafood, mesti coba berkunjung ke Rumah Makan Ikan Bakar Wiroto. Tempat makan di Pekalongan ini berada sekitar 3 km dari pusat kota. Seperti namanya, rumah makan ini menyediakan ikan bakar bercita rasa sedap dan direkomendasikan untuk santapan keluarga.

Saat memasuki warung, kamu sudah dapat mencium aroma sedap ikan bakar berpadu bumbu racik. Kalau tak suka pedas, pelanggan bisa memesan porsi ikan bakar biasa. Harganya pun terjangkau bahkan ketika memesan porsi besar.

Alamat: Jalan Pantai Sari No. 33, Panjang Baru, Pekalongan
Jam Buka: 09.00 – 21.00 WIB
Harga: Sekitar Rp15.000

9. Warung Lesehan Usman

lesehan usman
Lesehan Usman, Foto Oleh Javatravel Net

Mengunjungi Pekalongan tanpa menikmati hidangan khasnya tentu akan terasa kurang, jika begitu wajib datang ke Warung Lesehan Usman. Tempat makan di Pekalongan ini berada di tengah kota sehingga mudah dijangkau wisatawan yang baru menginjakan kaki di sana. Menyediakan nasi megono dan varian lauk bebas pilih.

Ada pula hidangan tambahan lain berupa gorengan, lalapan dan kopi tahlil khas Pekalongan. Walau datang ketika malam hari pun kamu masih bisa mendapatkan porsi lengkap, karena jika lauknya habis maka langsung mengolahnya kembali. Jika tertarik berkunjung ke Warung Lesehan Usman, jangan lupa bungkus untuk teman lapar tengah malam.

Alamat: Jalan Alun-Alun, Keputran, Pekalongan
Jam Buka: 17.00 – 22.00 WIB
Harga: Sekitar Rp8.000

10. Selaras

selaras
Selaras, Foto Oleh Javatravel Net

Salah satu tempat wisata kuliner berkonsep resto outdoor adalah Selaras. Tak hanya sekadar tempat menarik, soal hidangan Selaras juga tak sebaiknya diragukan. Setiap kuliner di sini selalu lezat dan tak sampai membuat kantong tipis. Kamu dapat menikmati berbagai hidangan berupa makanan khas sampai jajanan.

Salah satu hidangan favorit pengunjung adalah roti bakar coklat dan jus buah. Meski bergaya resto tetapi masih mengandalkan harga yang terjangkau, dijamin tak akan cukup jika hanya memesan satu menu. Lokasinya pun strategis, tak jauh dari area publik “Mataram”. Maka, mampir saja ke Resto Selaras apabila ingin merasakan sensasi makan di luar ruangan dengan sajian lezat.

Alamat: Jalan Sriwijaya No. 2, Bendan, Pekalongan
Jam Buka: 13.00 – 22.00 WIB

11. Nasi Uwet H. Zarkasi

nasi uwet h zarkasi
Nasi Uwet H. Zarkasi, Foto Oleh Cintapekalongan Com

Masyarakat Pekalongan jika ingin menikmati lezatnya nasi uwit pasti akan memilih tempat makan satu ini. Nasi Uwet H. Zarkasi merupakan tempat makan di Pekalongan yang menyediakan berbagai hidangan nasi, termasuk nasi uwet khasnya. Nasi uwet sendiri adalah nasi berpadu daging kambing yang kemudian diolah bersama bumbu rempah.

Tak lupa, siraman kuah gurih tempat ini tidak tertandingi dengan warung nasi uwet lain. Untuk seporsinya dijual dengan harga ramah kantong, apalagi kamu bisa mendapatkan lauk lain seperti kikil sapi, lidah sapi, sate kambing, telur dan masih banyak lagi.

Alamat: Jalan Sulawesi No. 25, Kergon, Pekalongan
Jam Buka: 07.00 – 16.00 WIB
Harga: Sekitar Rp17.000

12. RM. Kepiting Gemes Pak Mamo

rm kepiting gemes pak mamo
RM Kepiting Gemes Pak Mamo, Foto Oleh Twitter Com

Rumah Makan Kepiting Gemes Pak Mamo menyajikan menu olahan kepiting yang berbeda dari hidangan lain. Di sini kamu dapat menikmati beragam menu spesial kepiting dengan bumbu saus tiram, asam manis, kari dan masih banyak lagi. Kepiting rebusnya berwarna merah serta dagingnya yang empuk semakin menambah selera.

Selain menu kepiting, ada pula hidangan seafood lain seperti cumi-cumi, udang dan gurita. Banyak menu seafood yang tersedia dikarenakan letaknya pun dekat dengan pantai. Tetunya, menyantap hidangan akan lebih nyaman diiringi tenangnya ombak. Meski dekat pantai tetap tak menutup kemungkinan rumah makan ini mematok harga terjangkau di setiap masakannya.

Alamat: Jalan Pantai Sari No. 33, Panjang Wetan, Pekalongan
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

13. Sego Rakyat Mbah Ibah

sego rakyat mbah ibah
Sego Rakyat Mbah Ibah, Foto Oleh Detik Com

Kuliner sego megono memang telah lama tersohor di daerah Pekalongan. Tak heran banyak tempat makan termasuk Warung Sego Rakyat Mbah Ibah menyajikan menu sego megono khasnya. Dalam seporsinya disajikan nasi bercampur sayuran terbuat dari nangka muda.

Tempat makan di Pekalongan ini termasuk legendaris karena sudah berdiri sejak 33 tahun lalu, terkenal murah dan lezat setiap hidangannya. Dinamakan sego rakyat karena dulunya orang-orang yang selalu datang ke sini adalah tukang becak, tukang parkir, dan tukang rongsokan. Karena semakin terkenal hingga sekarang, bahkan banyak publik figur yang pernah datang ke warung ini. Menarik bukan?

Alamat: Jalan Teratai No. 81, Poncol, Pekalongan Timur, Pekalongan
Jam  Buka: 10.00 – 02.00 WIB
Harga: Sekitar Rp6.000

14. Sop Buntut Bu Leman

sop buntut bu leman
Sop Buntut Bu Leman, Foto Oleh Readymap Com

Sop Buntut Bu Leman sampai sekarang menjadi tujuan kulineran ketika pagi hari. Seporsi sop buntut di warung makan ini berisi sayur, kentang, wortel, daging dan buncis yang kemudian ditaburi daun bawang serta seledri. Agar lebih mantap, kamu bisa memesan minuman es teh, kopi atau jus untuk menemani lezatnya sop buntut.

Setiap olahannya pasti juara dan tak akan mengecewakan setiap pelanggan. Banyak juga para publik figur yang sudah menjajal nikmatnya sop buntut di sini. Jadi, tertarik makan sop buntut di warung Sop Buntut Bu Leman?

Alamat: Jalan Dokter Wahidin No. 91 D, Noyontaan, Pekalongan
Jam Buka: 08.00 – 18.00 WIB
Harga: Sekitar Rp25.000

15. Teh Jawa Resto

teh jawa resto
Teh Jawa Resto, Foto Oleh Facebook Com

Kalau tertarik dengan tempat makan kekinian namun masih mengandalkan menu tradisionalnya, Teh Jawa Resto merupakan pilihan tepat. Nuansa instagramable memenuhi setiap sudut ruangan, kamu pun bisa leluasa selfie sambil menikmati hidangannya. Menu andalan di sini berupa olahan ayam, gurame, nasi goreng, buntut dan iga sapi.

Sesuai namanya, di sini tersedia berbagai  jenis teh mulai dari teh khas daerah sampai teh kekinian seperti choco tea, milk tea, lemon tea dan jasmin tea. Selain teh, tersedia pula es campur, buah-buahan, jus dan beragam kopi.

Alamat: Jl. Dr. Sutomo, Depan Grosir Batik Setono
Jam Buka: 10.00 – 21.30 WIB
Harga: Mulai Rp16.000 – Rp50.000

16. Coffee and Beyond

coffee and beyond
Coffee and Beyond, Foto Oleh Hidupkita Com

Lagi-lagi Pekalongan menawarkan tempat makan kekinian yang cocok buat anak muda, Coffe and Beyond namanya. Cafe ini cocok bagi pecinta kopi dan kaum instagramable. Setiap spotnya pun kekinian baik ruang indoor, outdoor, kamar mandi sampai dapur. Disediakan fasilitas yang mesti ada di masa sekarang, yakni FREE WIFI dan charger.

Menu utamanya yakni beragam jenis kopi dari biji kopi pilihan. Tersedia pula manual brew yang dikombinasikan dengan camex. Selain minumannya, di sini menyediakan makanan khas Pekalongan juga loh. Jika sedikit bosan dengan hidangan khas kamu juga bisa memesan menu Italian Food dengan harga terjangkau.

Alamat: Jalan Diponegoro No. 15, Dukuh, Pekalongan Utara, Pekalongan
Jam Buka: 10.00 – 23.00 WIB

17. Obonk Steak & Ribs

obonk steak and ribs
Obonk Steak and Ribs, Foto Oleh Kratonmandiri Blogspot Com

Mencari menu steak di Pekalongan? Datang saja ke Obonk Steak & Ribs. Awalnya tempat makan di Pekalongan ini hanya diperuntukan pada kalangan menengah atas, namun dengan harga lebih murah dibanding steak di rumah makan lain. Tapi sekarang pun sudah menjadi resto yang disajikan pada semua kalangan.

Menunya pun bukan hanya steak, ada pula tenderloin, ribs, black pepper, T-Bone, tender pepper, gindara dan masih banyak lagi. Jika menyantap steaknya, kamu akan merasakan kelezatan khas dan empuk, daging yang dipakai pun berasal dari daging lokal dan impor. Jangan ketinggalan menyantap nikmatnya steak di tempat makan satu ini ya sobat Kuliner Kota!

Alamat: Jl. Progo No. 53A, Padukuhan Kraton, Pekalongan
Jam Buka: 11.00 – 22.00 WIB
Harga: Mulai Rp25.000

18. Rumah Makan Puas

rumah makan puas
Rumah Makan Puas, Foto Oleh 2pos Asia

Rumah Makan Puas sudah ada sejak 15 tahun dan hingga sekarang pun masih mempertahankan gaya timur tengah mulai dari tempat sampai hidangan khasnya. Makanan khas Timur Tengah berpadu dengan bumbu nusantara semakin menambah selera ketika makan di sini. Selain masakan Timur Tengahnya, ada pula beragam menu lain seperti nasi megono, nasi campur, nasi kebuli, ayam goreng, nasi gulai, sayur asem dan ayam panggang merah. Tempat berkonsep Timur Tengah ini menyediakan banyak kursi di luar dan dalam ruangan, jadi tak usah khawatir kehabisan tempat.

Alamat:  Jalan Progo No. 49, Dukuh, Pekalongan
Jam Buka: 08.00 – 22.00 WIB
Harga: Mulai Rp15.000

19. Warung Tauto Kunawi

warung tauto kunawi
Warung Tauto Kunawi, Foto Oleh Cintapekalongan Com

Warung Tauto Kunawi termasuk tempat makan legendaris dan terkenal hingga ke luar daerah. Walau letak warungnya berada di dalam gang kecil, tempat makan ini senantiasa ramai pengunjung. Dan jika kamu membawa mobil, bisa parkir di pinggir jalan raya dan tinggal jalan kaki menuju warung. 

Warung Tauto Kunawi menyediakan hidangan tauto yang nendang dan tidak eneg. Sedangkan untuk tempatnya, warung ini termasuk luas dengan meja panjang dan banyak kursi. Jika kamu mau pergi ke sini, jangan lupa bungkus juga sebagai lauk makan malam.

Alamat: Jalan Terate Klego 5, Pekalongan
Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB
Harga: Mulai Rp8.000

20. Rumah Makan Pande Rasa

rumah makan pande rasa
Rumah Makan Pande Rasa, Foto Oleh Cintapekalongan Com

Tak akan lengkap jika berada di Pekalongan tanpa mencicipi kuliner khas di Rumah Makan Pande Rasa. Salah satu menu andalan di rumah makan ini adalah ayam karang menanci yang hampir punah keberadaannya. Maka dari itu, hampir sebagian wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan tujuan utama mereka adalah mencari hidangan ayam karang menanci, termasuk yang ada di RM Pande Rasa.

Tempatnya pun simpel dan nyaman, jadi kamu bisa lebih menikmati kelezatan makanannya. Terlebih, pengunjung tak perlu menunggu lama pesanan. Tertarik mampir ke Rumah Makan Pande Rasa?

Alamat: Jl. Imam Bonjol 47, Pekalongan
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB
Harga: Sekitar Rp30.000

Itulah 20 tempat makan di Pekalongan paling recommended. Berlibur ke Pekalongan akan terasa spesial jika sudah mampir ke salah satu rumah makan diatas, apalagi jika sudah mencicipi hidangan khasnya bikin ingin datang kedua kali. Jangan ragu soal harga karena di setiap tempat makan Pekalongan ramah dikantong para wisatawan lokal. Jadi, mau mengunjungi tempat kuliner di Pekalongan mana lebih dulu?

Ayu Setya Rini
Ayu Setya Rini culinary enthusiast

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *