1. Oleh-Oleh Khas

12 Oleh-Oleh Khas Madura Murah dan Paling Recomended

Sejak dulu Pulau Madura hits dengan beragam destinasi wisatanya. Namun, dipastikan belum lengkap jika berlibur kesini tanpa berbelanja oleh-oleh khas Madura. Tak hanya petis Madura yang dikenal masyarakat luar, masih banyak buah tangan istimewa yang tidak kalah menarik. Itulah sebabnya, jika kamu sedang berwisata ke Madura, pastikan pulang dengan membawa sejumlah oleh-oleh khasnya. Untuk itu, Kuliner Kota merekomendasikan 12 oleh-oleh khas Madura yang tidak boleh kamu lewatkan.

1. Kerupuk Ikan

kerupuk ikan madura
Kerupuk Ikan, Foto Oleh Matamaduranews Com

Menikmati kuliner Madura dengan lauk Kerupuk Ikan memang menjadi pilihan tepat. Tekstur renyah bercita rasa gurih Kerupuk Ikan semakin menambah selera ketika disantap bersama hidangan lain. Adanya Kerupuk Ikan di Madura dikarenakan daerahnya sendiri bertepatan dengan lautan, sehingga banyak komoditas hasil laut yang diolah.

Kerupuk Ikan produksi pulau Madura lebih gurih dan enak, tak heran jika kebanyakan wisatawan selalu memborong oleh-oleh khas Madura ini untuk dibawa saat pulang. Selain dijual matang, ada pula beberapa toko oleh-oleh yang menjual Kerupuk Ikan mentah, sehingga aman dibawa dalam perjalanan jauh.

Harga: Sekitar Rp20.000

2. Otok

otok
Otok, Foto Oleh Hni Id

Otok menjadi salah satu buah tangan khas Madura paling ramai diburu wisatawan. Terbuat dari kacang tunjang atau kacang panjang yang menghasilkan cita rasa gurih ketika dilahap. Biasanya, buah tangan satu ini sering ditemui di daerah Pamekasan dengan berbagai merek dan ukuran kemasan.

Bukan hanya itu, rasa lain Otok yang manis dan pedas semakin memperkuat alasan kenapa jajanan ini menjadi favorit hingga sekarang. Tak perlu khawatir kantong jebol, di berbagai sudut daerah Madura Otok dikenal dengan harganya yang terjangkau. Makin cocok makan Otok didampingi secangkir teh atau kopi.

Harga: Mulai Rp15.000

3. Teri Krispi

teri krispi
Teri Krispi, Foto Oleh Steemit Com

Seperti namanya, Teri Krispi terbuat dari ikan teri bercita rasa asin gurih. Aromanya khas membuat hidangan ini diminati banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu,  cemilan ini juga cocok sebagai teman pendamping nasi hangat maupun jajanan santai. 

Di Madura, Teri Krispi memiliki berbagai varian rasa, salah satunya rasa pedas yang sering jadi favorit wisatawan. Selain itu, ada pula jenis ukuran Teri Krispi yang akan memengaruhi harganya. Namun dengan ukuran teri yang besar, harganya pun masih cukup terjangkau.

4. Petis Madura

petis madura
Petis Madura, Foto Oleh Oleholehmadura WordPress Com

Bagi sebagian masyarakat Jawa Timur termasuk Madura, menyantap hidangan dengan tambahan petis menjadi hal yang biasa. Banyak kuliner khas Madura yang menambahkan petis pada bahan makanannya agar menimbulkan rasa lezat. Untuk itu, Petis Madura menjadi salah satu buah tangan yang tak bisa terlewatkan para wisatawan.

Dari segi rasa, Petis Madura berbeda dengan petis lain. Rasanya lebih gurih, tak heran jika kebanyakan masyarakat Madura menggunakan petis ini sebagai tambahan rujak.  Dan yang terpenting, Petis Madura tidak membuat kantong tipis karena harganya cukup terjangkau. Tertarik membawa pulang Petis Madura sebagai bahan pelengkap makanan di rumah?

Harga: Mulai Rp10.000

5. Macho

macho
Macho, Foto Oleh Topijelajah Com

Ketika mengunjungi Madura, kamu akan menemukan jajanan yang dijuluki Macho. Oleh-oleh khas Madura ini cocok sebagai teman ketika suntuk menunggu waktu makan malam. Terbuat dari beras ketan yang ditambahkan gula merah.

Cita rasanya manis sehingga begitu digemari semua kalangan baik anak-anak sampai orang dewasa. Dilihat dari tampilannya memang sekilas mirip rengginang, tetapi soal rasa Macho tentu berbeda. Kamu bisa mudah menemukan Macho di berbagai pusat oleh-oleh khas Madura maupun swalayan dengan harga terjangkau. Kalau sudah membeli jajanan khas Madura ini, pastikan membaginya dengan keluarga agar semakin terasa lezatnya.

Harga: Sekitar Rp20.000

6. Buah Siwalan

buah siwalan
Buah Siwalan, Foto Oleh Food Detik Com

Pulau Madura menjadi wilayah yang dikelilingi pantai indah sebagai bentuk keragaman wisata, apalagi kamu bisa dengan mudah menemukan keberadaan Buah Siwalan. Buah Siwalan cukup populer karena sekilas mirip dengan kelapa. Kulitnya berwarna kehitaman serta terdapat warna hijau dibagian ujungnya.

Buah ini bertekstur kenyal dan bercita rasa manis segar. Kamu juga bisa menjadikan Buah Siwalan sebagai oleh-oleh khas Madura untuk keluarga di rumah. Ada pula Legen, yakni air Buah Siwalan yang segar dan bermanfaat. Di pinggiran pantai Madura, buah khas Madura ini dijual bersama tambahan es batu sehingga lebih menyegarkan dan menghilangkan dahaga.

Harga: Sekitar Rp6.000

7. Rengginang

rengginang
Rengginang, Foto Oleh Tatijuliani Com

Rengginang memang sudah menjadi jajanan khas di Jawa timur. Termasuk di Madura, Rengginang dijadikan buah tangan gurih dan terlaris. Uniknya, Rengginang khas Madura lebih kecil dibanding rengginang di daerah lain.

Meskipun begitu, oleh-oleh satu ini tak lekang dari deretan buah tangan yang harus dibeli ketika di Madura. Kamu bisa membawa pulang Rengginang khas Madura yang sudah matang maupun masih mentah. Maka dari itu, jangan sampai ketinggalan membeli Rengginang buatan daerah Madura untuk oleh-oleh unik lainnya.

Tempat: Rengginang Lorjuk
Alamat: Jalan Raya Sumenep, Nyamplong, Kapedi, Bluto, Madura.
Harga: Sekitar Rp20.000

8. Terasi

terasi madura
Terasi, Foto Oleh Tribunnews Com

Jangan sampai melewatkan lezatnya Terasi khas Madura ketika berkunjung ke sana. Terasi Madura terbuat dari udang rebon berkualitas yang mudah ditemukan di daerahnya. Kabar baiknya, terasi khas ini bercita rasa dan aroma lebih nikmat dibandingkan terasi daerah lain.

Apabila menginginkan lebih banyak jenis terasi, maka kamu bisa berkunjung ke Sumenep. Di sana kamu akan disuguhkan berbagai terasi dengan ukuran dan rasa berbeda yang tentunya semakin menambah selera makan. Biasanya Terasi Madura dibungkus berbentuk bulat besar, sehingga kebanyakan wisatawan membaginya pada tetangga dan keluarga dekat ketika dijadikan oleh-oleh.

Harga: Sekitar Rp70.000

9. Sewel

sewel
Sewel, Foto Oleh Tribunnews Com

Masyarakat Madura tentu sudah akrab dengan kelezatan Sewel atau akrab disapa cireng Madura. Sewel biasanya disandingkan dengan gorengan dan sambal petis. Teksturnya crunchy diluar dan lembut di dalam, cocok sebagai cemilan keluarga.

Terbuat dari tepung sagu dan tambahan udang membuat rasa Sewel semakin nendang. Oleh-oleh khas Madura ini bisa dengan mudah kamu temukan di kawasan Madura, terutama pada daerah Bangkalangan. Apalagi ketika menjelang puasa, Sewel semakin banyak dijual bahkan dengan harga semakin murah. Temukan jajanan khas Madura ini di pusat oleh-oleh atau swalayan Madura.

Harga: Mulai Rp20.000

10. Batik Sumenep

batik sumenep
Batik Sumenep, Foto Oleh Tripadvisor Com

Ketika sudah puas berbelanja jajanan khas, mari beralih dengan uniknya cinderamata Batik Sumenep. Daerah bagian Madura ini ternyata menyimpan keistimewaan batiknya yang cocok sebagai cinderamata unik. Corak batik yang memenuhi setiap lembar kainnya memiliki kesan tersendiri, seperti corak bunga, binatang dan candi-candi.

Uniknya lagi, batik khas Sumenep ini memakai dua sampai tiga warna dalam selembar kainnya. Soal harga tak perlu ditanya, walau terbilang tidak murah namun dengan kualitas dan keistimewaannya tetap tak mengecewakan konsumen. Selain itu, kamu pun bisa menjadikan Batik Sumenep sebagai hadiah untuk keluarga ataupun pasangan.

Tempat: Toko Apollo Batik Madura
Alamat: Jalan Trunojoyo, Lingkungan Dalam, Pajagalan, Sumenep, Madura.
Harga: Sekitar Rp750.000

11. Man Reman

man reman
Man Reman, Foto Oleh Shopee Co Id

Bukan hanya sewel, ada pula oleh-oleh khas Madura unik namanya Man Reman. Jajanan satu ini lebih tepatnya datang dari Kecamatan Kalianget. Terbuat dari gula aren dan tepung ketan menghasilkan rasa manis dan renyah dari gigitan pertama. Man Reman jarang ditemukan di daerah lain, tentu dikarenakan cara pembuatannya yang tidak gampang.

Jajanan khas Madura ini lebih sering dijual menjelang Ramadhan. Menurut kepercayaan masyarakat Madura, anggota keluarga yang masih mengkonsumsi Man Reman dianggap menghargai kebudayaan daerah. Dari segi tampilan, Man Reman sekilas mirip dengan rengginang, namun soal rasa tentu berbeda.

Harga: Sekitar Rp2.000

12. Bolu Jubada

bolu jubada
Bolu Jubada, Foto Oleh Fakta Co Id

Satu lagi jajanan khas Sumenep yang empuk dan memiliki nilai sejarah, yakni Bolu Jubada. Bolu Jubada merupakan kue bolu coklat populer dari Madura. Terbuat dari campuran tepung beras ketan dengan gula merah. Ukurannya mungil bertekstur kenyal menjadikan buah tangan ini semakin diminati. Sekilas jajanan ini mirip dodol. 

Proses membuatnya pun unik, sebelum diikat dengan daun pohon siwalan, adonan bolu dimasak, dipotong dan dijemur. Selanjutnya, Jubada dibagi menjadi tiga potongan dengan masing-masing ukuran 2 cm. Plesiran ke Madura jangan lupa mencicipi kue khas satu ini.

Salah satu kegiatan menyenangkan saat berkunjung ke suatu daerah adalah berbelanja buah tangan. Termasuk di Madura, kamu dapat dengan mudah mendapati jejeran oleh-oleh khas unik, lezat dan harganya terjangkau. Kalau sudah puas berwisata di Madura, saatnya mampir ke toko oleh-oleh dan pilih buah tangan paling menarik untuk dibawa pulang.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 12 Oleh-Oleh Khas Madura Murah dan Paling Recomended

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]