1. Oleh-Oleh Khas

12 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya Terpopuler 2022

Salah satu kota yang cukup tersohor di Provinsi Jawa Barat adalah Tasikmalaya. Hal ini berhubungan dengan populernya makanan khas dan oleh-oleh yang ada di sana. Bicara soal oleh-oleh, bermacam oleh-oleh khas Tasikmalaya disajikan sebagai penghibur perut ketika lelah setelah menikmati beragam wisata, salah satu buah tangan yang terkenal yakni citruk. Tetapi bukan hanya itu, Kota di Jawa Barat ini menyimpan segudang buah tangan dengan cita rasa khas yang selalu menggoda lidah. Ingin tahu buah tangan apa saja yang ada di Tasikmalaya? Berikut 12 oleh-oleh khas Tasikmalaya dengan harga terjangkau yang wajib dibawa pulang.

1. Ladu Ketan

ladu ketan
Ladu Ketan, Foto Oleh Cookpad Com

Sudah pernah dengar Ladu Ketan? Hampir setiap masyarakat asli Tasikmalaya pasti hafal dengan jajanan ini. Ladu Ketan merupakan cemilan terbuat dari ketan hitam sejenis ranggey, kelapa dan gula aren. Teksturnya seperti kue dodol yang kenyal, sedangkan cita rasa ladu ini gurih dan beraroma khas. Warna hitam pekat membuat jajanan khas Tasikmalaya ini semakin digemari wisatawan.

Ketika menjelang hari lebaran, Ladu Ketan selalu ramai di borong masyarakat lokal untuk disajikan ketika hari raya. Namun, di hari biasa kamu bisa menemukan oleh-oleh Tasikmalaya ini di toko buah tangan. Harganya pun terjangkau jadi tak perlu berpikir dua kali ketika membelinya.

Tempat: Ladu Tasik Campernik
Alamat: Jalan AH Nasution Nasution No. 172, Mangkubumi, Tasikmalaya
Harga: Mulai Rp15.000

2. Opak Ketan Oven

opak ketan
Opak Ketan Oven, Foto Oleh Siklimis Com

Jajanan opak memang sering kita lihat bahkan hampir ada di setiap daerah. Namun, kamu akan merasakan sensasi berbeda ketika sudah menemukan Opak Ketan Oven khas Tasikmalaya. Berbahan tepung beras ketan sehingga teksturnya renyah dan gurih. Menariknya lagi, oleh-oleh khas Tasikmalaya ini diproses dengan dua cara, yakni di oven dan dipanggang. 

Pengunjung juga dapat menemukan dua pilihan rasa opak, mulai dari manis sampai asin. Karena keunikannya, maka membuatnya pun lumayan memakan waktu. Tepung beras ketan dibuat adonan dan dibentuk bulat pipih, kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari. Untuk proses memasaknya dimasukkan ke dalam oven hingga opak ketan matang berwarna keemasan. Menarik bukan?

Tempat: Outlet NESA Pusat Oleh-Oleh Tasikmalaya
Alamat: Jalan Paseh No. 106, Tuguraja, Cihideung, Tasikmalaya
Harga: Mulai Rp40.000

3. Citruk

citruk
Citruk, Foto Oleh Lazada Co Id

Setiap wisatawan yang pernah berkunjung ke Tasikmalaya pasti sudah akrab dengan nama Citruk. Citruk merupakan oleh-oleh khas Tasikmalaya sejenis kerupuk yang terbuat campuran terigu dan kanji. Berbentuk bulat pipih seperti uang koin.

Cara membuat jajanan ini pun cukup unik, yakni adonan terigu dan kanji yang sudah dibumbui, dibentuk silinder kemudian digoreng sampai terlihat kecoklatan. Selanjutnya ditiriskan dan dipotong tipis, berikutnya digoreng kembali sampai kering, renyah seperti kerupuk.

Alamat: Jalan Raya Sumedang, Cibeureum, Tasikmalaya
Harga: Mulai Rp35.000

4. Kolontong Tasikmalaya

kolontong
Kolontong Tasikmalaya, Foto Oleh Jabar Idntimes Com

Ingin membawa jajanan gurih dan tak membosankan walau terus disantap? Kamu perlu coba Kolontong Tasikmalaya. Cemilan ini terbuat dari ketan putih, gula pasir dan gula merah. Proses pembuatannya pun memerlukan banyak waktu dan ketelatenan dari membuat adonan sampai mencetaknya berbentuk persegi panjang. Yang membuat proses membuat Kolontong lama adalah pada penjemurannya. 

Jika sudah kering, Kolontong Tasikmalaya akan dipanggang pada tungku sampai mengembang. Tak perlu jauh-jauh mencari oleh-oleh khas Tasikmalaya ini, karena kamu akan dengan mudah menemukannya di berbagai toko oleh-oleh di Tasikmalaya.

Tempat: NESA Pusat Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya
Alamat: Jalan Paseh No. 106, Tuguraja, Tasikmalaya
Harga: Sekitar Rp40.000

5. Wajik Ketan Tasik

wajit ketan
Wajit Ketan Tasik, Foto Oleh Lupalibur Com

Jika sudah familiar dengan kata wajit, tentu akan penasaran jika mendengar Wajit Ketan Tasik. Wajit khas Tasikmalaya ini terbuat dari beras ketan putih yang dicampur gula merah atau gula putih. Hidangan ini biasanya disajikan pada acara-acara besar seperti hajatan, pernikahan, sunatan dan lainnya.

Soal harga sudah pasti  terjangkau, cita rasanya manis menjadikan daya tarik buah tangan khas Tasikmalaya ini. Tidak seperti wajit biasanya, Wajit Ketan Tasik berbentuk kecil dengan dibungkus kertas wajit sehingga lebih awet serta menarik. Kamu bisa mendapatkan wajit khas Tasikmalaya ini dengan mudah di berbagai pusat oleh-oleh Tasikmalaya.

Harga: Sekitar Rp25.000

6. Sambal Goang

sambal goang
Sambal Goang, Foto Oleh Bukalapak Com

Menyantap makanan khas Tasikmalaya akan lebih menyenangkan jika ditemani dengan Sambal Goang. Sambal ini merupakan salah satu sambal yang populer di Tasikmalaya. Hidangan seperti nasi tutug oncom, ikan bakar, ikan goreng dan pepes ikan akan terasa lebih nendang jika sudah bertemu dengan Sambal Goang.

Seperti sambal pada umumnya, Sambal Goang terbuat dari cabai rawit, bawang putih dan garam, namun perbedaannya ada pada tambahan kencur. Bahan tersebut dihaluskan dengan ditumbuk kemudian disiram sedikit minyak panas hingga aroma pedasnya tercium. Akan lebih menyenangkan makan bersama dengan keluarga dibarengi pedasnya cocolan Sambal Goang!

Tempat: Warung Nasi Sambal Goang
Alamat: Jalan Yudanegara, Argasari, Cihideung
Harga: Sekitar Rp25.000

7. Kalua Jeruk Khas Tasik

kalua jeruk
Kalua Jeruk Khas Tasik, Foto Oleh Lazada Co Id

Salah satu jajanan yang menjadi primadona masyarakat lokal bahkan wisatawan adalah Kalua Jeruk Khas Tasik. Makanan ini berupa manisan kulit jeruk. Rasanya sudah pasti manis yang berasal dari gula aren. Seiring berkembangnya zaman, sudah banyak varian Kalua Jeruk yang dijual di berbagai pusat oleh-oleh seperti rasa stroberi, durian, vanilla, melon sampai mocca. 

Selain itu, ragam warna oleh-oleh Tasikmalaya ini seketika menarik perhatianmu karena terlihat cantik dan manis. Jika sudah menemukan jajanan ini, jangan sampai lupa membawanya pulang sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Alamat: Jl. Raya Ciwidey, Tasikmalaya
Harga: Mulai Rp10.000

8. Payung Geulis

payung geulis
Payung Geulis, Foto Oleh Akurat Co

Bukan hanya soal makanan, Tasikmalaya juga menyajikan cinderamata menarik seperti Payung Geulis. Tak seperti payung biasa, kerajinan tangan ini terbuat dari kayu berlapis kertas sehingga hanya cocok dipakai untuk pelindung dari panas matahari. Payung buatan masyarakat Tasikmalaya ini identik dengan lukisan warna-warni bermotif bunga, dikerjakan dengan metode handmade membuat semakin terasa kekreatifannya.

Dengan warna souvenirnya yang beragam dan menarik, membuat payung khas Tasikmalaya ini tak hanya untuk pelindung cuaca melainkan sebagai pajangan rumah. Untuk mendapatkannya, kamu perlu berkunjung ke pusat souvenir terlengkap yang ada di Tasikmalaya. Jadi, tertarik membeli cinderamata khas Tasikmalaya satu ini?

Tempat: Payung Geulis
Alamat: Jalan Ciharashas, Sumelap, Tasikmalaya
Harga: Sekitar Rp50.000

9. Batik Tasik

batik tasik
Batik Tasik, Foto OlehRizkiabdillah WordPress Com

Provinsi Jawa Barat khususnya Tasikmalaya memiliki keragaman batik yang sudah tersohor hingga ke mancanegara. Batik Tasik identik dengan motif berkesan sederhana, terbuka dan pluralis. Terdapat tiga jenis batiknya, yakni Batik Sawoan, Batik Sukapura dan Batik Tasik.

Selain itu, paduan warna batik khas Tasikmalaya juga bernuansa cerah dan ceria, seperti warna biru, ungu, orange, hijau dan coklat. Sebelum melalui proses pembatikan, kain harus melewati perendaman untuk mendapatkan serat yang kuat. Karena cinderamata ini banyak diburu wisatawan, maka tak sedikit outlet batik yang lebih banyak menyediakan Batik Tasik sebagai cinderamata istimewa.

Tempat: Agnesa Batik Tasikmalaya
Alamat: Jl. Cigeureung No. 40, Nagasari, Tasikmalaya
Harga: Mulai Rp70.000

10. Kelom Geulis

Cinderamata selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Kelom Geulis. Kelom Geulis atau akrab disebut sandal kayu, dibuat oleh pengrajin rumahan dengan metode handmade. Kayu yang dipakai adalah kayu mahoni atau albasia. 

kelom geulis
Kelom Geulis, Foto Oleh Carvellakelom Com

Nama Kelom Geulis berarti alas kaki yang cantik, namanya memang lebih dominan ditujukan pada perempuan, namun tak sedikit juga outlet yang menjual Kelom Geulis hanya khusus untuk laki-lak. Ukuran sandalnya pun beragam dan terlihat menawan jika dipakai. 

Kelom Geulis memiliki dua macam, yakni dengan ukiran bunga atau bentuk batik, dan ada pula yang hanya polos dengan sedikit hiasan. Semakin lengkap bertandang ke Tasikmalaya dengan membawa cinderamata Kelom Geulis untuk keluarga di rumah.

Tempat: Kelom Geulis Carvella
Alamat: Jalan Tamansari No. 08, Mulyasari, Tasikmalaya
Harga: Mulai Rp50.000

11. Rengginang

rengginang
Rengginang, Foto Oleh Faridazp Info

Rengginang adalah makanan khas Sunda yang tak bisa terelak lagi dari daftar oleh-oleh terenak. Termasuk Tasikmalaya, Rengginang khas kota ini selalu ramai peminat apalagi ketika mendekati waktu lebaran. 

Rengginang memang sudah menjadi cemilan yang mendunia, bahkan para wisatawan dari mancanegara selalu memborong jajanan ini karena rasanya yang gurih dan renyah. Saat ini, Rengginang Tasikmalaya bisa ditemukan dengan bermacam varian warna, seperti putih, hijau muda, merah muda, coklat dan ungu.

Tempat: Nesa Toko Oleh-Oleh Klasik
Alamat: Jalan Paseh No. 106, Tuguraja, Tasikmalaya
Harga: Mulai Rp12.000

12. Keripik Sukun

keripik sukun
Keripik Sukun, Foto Oleh Kooliner Com

Selain rengginangnya yang gurih, ada pula sajian menggiurkan Keripik Sukun. Sesuai namanya, oleh-oleh khas Tasikmalaya ini terbuat dari buah sukun matang yang kemudian diiris tipis dan dibumbui. Teksturnya renyah saat digigit sehingga membuat lidah ketagihan.

Seperti keripik pada umumnya, oleh-oleh khas dari Tasikmalaya ini bisa menjadi teman seru saat ngobrol bersama teman. Kamu juga bisa menikmati Keripik Sukun sebagai cemilan di saat perjalanan yang suntuk. Tak perlu bingung mencari, karena hampir setiap pusat buah tangan Tasikmalaya menghadirkan Keripik Sukun sebagai oleh-oleh spesial.

Harga: Sekitar Rp15.000

Bukan hanya soal kelezatannya, 12 buah tangan khas Tasikmalaya di atas dapat membuatmu ketagihan dan rindu dengan suasana kotanya. Lebih menyenangkan jika pulang bertandang kemudian membawa beragam oleh-oleh khas Tasikmalaya untuk keluarga di rumah. Dijamin lelah berwisata akan terbayarkan jika sudah membeli salah satu buah tangan Tasikmalaya rekomendasi dari Kuliner Kota di atas.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 12 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya Terpopuler 2022

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]